everpro

15+ Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya 2022, Cuan!

usaha rumahan yang tidak ada matinya

Sedang mencari kemitraan usaha rumahan yang cuan? Simak artikel tentang usaha rumahan yang tidak ada matinya berikut ini.

Harga kebutuhan pokok yang terus naik menjadi hal yang menyulitkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika memiliki gaji yang kecil, maka akan lebih sulit untuk menutupi pengeluaran sehari-hari.

Oleh karena itu banyak yang ingin menambah penghasilan dengan menjalankan usaha. Salah satu caranya adalah dengan memulai usaha rumahan.

Berbagai keuntungan bisa anda dapatkan seperti waktu kerja yang fleksibel. Namun, anda perlu memperhatikan usaha apa yang akan anda jalankan agar mendapat banyak keuntungan. 

Baca ulasan artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan ide usaha yang tidak ada matinya agar penghasilan semakin berlimpah.

Sekilas Tentang Usaha Rumahan

usaha rumahan yang tidak ada matinya
Sumber: google.com

Home Industry atau usaha rumahan adalah jenis bisnis yang segala kegiatan produksi serta pemasaran dilakukan dari rumah atau di lingkungan rumah. Biasanya usaha rumahan ini yang menjalankannya adalah anggota keluarga atau warga sekitar.

Selain itu hasil produksi barang atau jasa dari bisnis ini juga untuk jumlah konsumsi yang terbatas. Namun, tak jarang yang berhasil menjalankan usaha rumahan dan mendapatkan omset hingga ratusan juta.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar caranya adalah dengan memulai usaha yang tidak ada matinya. Maksudnya adalah jenis usaha yang anda jalankan bertahan lama karena banyak yang membutuhkan.

Dengan begitu walaupun harga-harga pada naik, tapi konsumen dari bisnis anda tetap banyak. 

Everpro

Baca juga: 15+ Ide Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar 2022

Kelebihan Usaha Rumahan

kelebihan home industry
Sumber: google.com

Terdapat berbagai keuntungan dari usaha rumahan yang bisa anda dapatkan apalagi jika anda pintar dalam mengelola bisnis tersebut.

Keunggulan dari home industry adalah sebagai berikut:

  • Waktu Kerja Fleksibel

Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan dari usaha rumahan adalah jam kerja yang fleksibel. Karena ini bisnis anda, tentu anda sendiri yang mengatur kapan waktu terbaik untuk bekerja.

Dengan begitu anda juga memiliki waktu yang lebih bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Terlebih untuk ibu rumah tangga yang harus mengurus anak dan rumah, anda tetap bisa mendapat penghasilan lebih dengan usaha rumahan.

  • Lebih Efisien

Kelebihan selanjutnya adalah anda bisa mulai beroperasi dengan biaya modal yang relatif kecil. Selain itu, pengelolaan manajemen juga lebih sederhana, sehingga pekerjaan dapat anda lakukan lebih cepat dan efisien.

  • Tidak Perlu Uang Sewa untuk Tempat Bisnis

Biaya sewa tempat usaha tidaklah murah, tak jarang yang mengurungkan niat berjualan karena sewa tempat yang mahal. Dengan menjalankan bisnis rumahan anda tidak perlu dipusingkan dengan sewa tempat mahal yang membuat modal jadi lebih besar.

Karena jenis bisnis ini berbasis di rumah, tentu anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk sewa tempat usaha.

  • Mudah dalam Menghitung Keperluan Usaha

Saat anda menjalankan bisnis yang berlokasi di rumah, tentu anda lebih mudah mengawasi dan melihat apa saja kebutuhan bisnis seperti karyawan, biaya listrik, bahan baku, dan sebagainya.

Hal tersebut memudahkan anda untuk menghitung keperluan usaha dengan lebih cepat dan akurat.

  • Pajak Penghasilan Lebih Kecil

Dengan menjalankan usaha skala rumahan, biaya pajak yang harus anda keluarkan relatif lebih sedikit. Dengan begitu penghasilan yang anda dapatkan juga bisa lebih besar.

Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

usaha rumahan yang tidak ada habisnya
Sumber: google.com

Berbagai keuntungan bisa anda dapatkan dengan menjalankan usaha rumahan. Agar mendapatkan hasil maksimal tentu anda perlu menjalankan jenis usaha rumahan yang bertahan lama.

Berikut adalah ide-ide usaha rumahan yang tidak ada matinya 2021 dan 2022:

  • Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya: Menjual Sembako

Rekomendasi pertama untuk mulai menjalankan usaha yang tidak ada matinya dan meraih keuntungan besar adalah dengan menjual sembako.

Berbagai kebutuhan pokok bisa anda jual seperti minyak goreng, beras, telur, tepung, dan masih banyak lagi. Tentunya jenis bisnis ini akan berlangsung lama karena yang anda jual adalah kebutuhan pokok.

  • Usaha Rumahan Makanan Ringan

Terdapat berbagai jenis makanan ringan atau camilan yang bisa anda jadikan bisnis seperti keripik, kue dan jajanan tradisional, serta banyak jenis lainnya.

Menjual makanan ringan merupakan hal yang menguntungkan karena banyak peminatnya. Selain itu proses pembuatannya relatif lebih sederhana dari makanan berat.

Anda juga bisa melihat berbagai resep di internet untuk anda ikuti dan mulai berjualan makanan ringan.

  • Menjual Pulsa dan Paket Internet

Pulsa dan paket internet menjadi kebutuhan pokok saat ini. Pasalnya penggunaan handphone semakin besar, sehingga kebutuhan internet dan pulsa seakan tidak ada habisnya.

Cara menjalankan usaha ini adalah dengan mendaftar ke distributor pulsa, yang bisa anda lakukan secara online. Selanjutnya anda bisa menjual melalui voucher dan pulsa elektrik.

  • Usaha Rumahan Frozen Food

Jenis makanan praktis ini sangat memudahkan banyak masyarakat yang sibuk dan tidak memiliki waktu banyak untuk memasak. Sebab itu, anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual frozen food seperti sosis, nugget, bakso, dimsum, dan lainnya.

  • Laundry

Dengan sibuknya kegiatan sehari-hari tak jarang orang lebih memilih menggunakan jasa binatu atau laundry untuk mencuci pakaian agar lebih praktis dan harum.

Tentunya peluang ini bisa menjadi usaha yang tidak ada matinya untuk anda jalankan. Apabila anda memiliki lokasi yang tepat, strategi pemasaran yang matang, serta kemampuan mengelola bisnis tentu bisa dengan cepat mendapat penghasilan.

  • Menjual Aneka Kue

Makanan manis yang menjadi kesukaan banyak orang ini juga bisa menjadi peluang untuk anda mendapat penghasilan dari usaha rumahan.

Terdapat berbagai jenis kue yang bisa anda jual seperti donat, dessert box, kue bolu, dan masih banyak lagi.

  • Warung Makan

Makanan merupakan kebutuhan pokok dan salah satu cara bertahan hidup. Dengan banyaknya kesibukan pekerjaan, banyak yang tidak memiliki waktu untuk memasak.

Warung makan tentu menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan makanan. Oleh karena usaha warung makan selalu memberikan peluang penghasilan yang tidak sedikit.

  • Jasa Menjahit Pakaian

Apabila anda memiliki kemampuan menjahit, tentu bisa anda manfaatkan untuk meraih pundi-pundi rupiah. Tempat jahit selalu banyak yang mencari entah itu sekedar potong baju, rombak, hingga membuat baju.

Apalagi pada musim banyaknya nikahan, anda bisa mendapat banyak orderan dari yang ingin membuat pakaian ke pesta pernikahan tersebut.

  • Usaha Budidaya Ikan Hias

Apabila anda menyukai ikan hias dan tertarik untuk menjadikannya ladang penghasilan, tentu bisa langsung mencoba bisnis ikan hias karena harganya pun tidak selalu mahal.

Namun, keuntungannya besar. Contohnya ikan cupang, anda bisa melelang hingga mendapat harga satu ikan jutaan rupiah.

Agar sukses menjalankan bisnis ini anda perlu mempelajari sistem pasar ikan hias, cara mengembang biakan ikan hias, mengikuti forum dan komunitas ikan hias, dan lain-lain.

  • Jasa Servis Barang Elektronik

Mungkin bisnis ini terlihat ketinggalan zaman. Namun faktanya masih banyak yang membutuhkan jasa ini.

Karena kemajuan teknologi menyebabkan banyak barang elektronik yang dipakai untuk memudahkan kebutuhan dan hiburan manusia. Apabila anda memiliki keahlian di bidang ini, bisa langsung membuka jasa servis barang elektronik sebagai usaha rumahan.

  • Menjual Makanan Hewan Peliharaan

Ide selanjutnya untuk usaha rumahan yang tidak ada matinya adalah dengan menjual makanan hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung, dan kelinci.

Jenis bisnis ini memiliki resiko yang kecil karena makanan hewan tidak mudah busuk. Jadi anda bisa menghindari kerugian besar, bahkan peluang keuntungannya yang lebih besar.

Anda juga bisa menjual makanan hewan dalam bentuk curah agar lebih banyak peminat dan keuntungan lebih besar.

  • Depot Air Minum Isi Ulang

Air adalah sumber kehidupan. Manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa air. Namun harga galon asli terbilang cukup mahal, maka anda bisa memulai usaha depot air minum isi ulang dan meraih keuntungan besar.

  • Menjual Tanaman Hias

Saat ini permintaan tanaman hias cukup tinggi, sehingga memberikan peluang penghasilan yang besar. Anda bisa menawarkan berbagai tanaman hias seperti keladi, monstera, janda bolong, dan masih banyak lagi.

Selain itu anda juga bisa menjual bibit, akar, daun, batang, dan lainnya untuk memulai usaha ini.

  • Usaha Rumahan Kerajinan Tangan

Jika anda memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan tangan tentu bisa dikembangkan sebagai usaha yang menjanjikan. Terdapat berbagai jenis kerajinan tangan yang memiliki cukup banyak peminat seperti contohnya buket bunga kertas.

Kemudian anda bisa menjual melalui sosial media hingga marketplace. Dengan begitu peluang penjualan juga menjadi lebih besar.

  • Katering Aqiqah

Sekali lagi praktis menjadi pilihan yang lebih diutamakan dalam menjalankan suatu kegiatan. Begitupun dengan proses Aqiqah, yaitu dengan memilih katering daripada memasak sendiri daging aqiqah.

Hal tersebut tentu menjadi peluang untuk menjalankan usaha yang menguntungkan.

  • Agen PPOB

PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Banking yaitu bisnis agen pembayaran resmi. Terdapat beberapa jenis pembayaran yang dilayani seperti tagihan PDAM, listrik bulanan, TV berlangganan, internet & telepon, hingga tiket pesawat.

Cari tahu lebih dulu mengenai persyaratan dan tata cara menjalankan usaha ini agar lancar .

  • POM Mini

Motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia, terutama untuk kebutuhan pergi sehari-hari karena lebih sederhana dan cepat.

Apabila rumah anda di pinggir jalan dan memiliki cukup lahan, anda bisa memulai usaha pom mini yang pastinya menguntungkan. Karena bensin menjadi keperluan penting setiap kendaraan.

Baca juga: 10 Ide Usaha Online Tanpa Modal, Penghasilan Maksimal!

Kemitraan Usaha Rumahan

usaha rumahan yang tidak ada matinya
Sumber: google.com

Kemitraan usaha rumahan adalah proses kerjasama dari yang memproduksi barang skala rumahan untuk dipasarkan ke industri yang lebih besar. Berikut adalah beberapa ide kemitraan usaha rumahan yang bisa anda jalankan.

  • Toko Jamu dan Herbal

Minuman herbal dan jamu memberikan banyak khasiat bagi tubuh. Di Indonesia sendiri masih banyak pecinta jamu, sehingga dapat anda jadikan peluang usaha yang menguntungkan.

Anda bisa menjadikan jamu dalam bentuk bubuk agar memudahkan dalam proses pemasaran, serta lebih awet. Gunakan kemasan yang mendeskripsikan bahan serta khasiat dari jamu tersebut agar lebih menarik.

Kemudian anda bisa menjual dengan cara menjadi mitra di marketplace dan menjualnya secara online.

  • Supplier Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Tak jarang yang menjual bakso bukan hasil buatannya sendiri, melainkan membeli dari supplier bakso.

Hal tersebut memberi anda peluang meraih penghasilan dengan membuat bakso kemudian menjadi supplier dari pedagang bakso. Bisa juga dengan menjadi supplier untuk restoran dan hotel.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Rumahan

home industry
Sumber: google.com

Banyak ide usaha rumahan yang tidak ada matinya bisa anda pilih untuk memulai bisnis dan meraih keuntungan. Agar usaha rumahan yang anda jalankan sukses, perhatikan juga beberapa tips berikut:

  1. Pelajarilah cara mengelola administrasi yang baik, hal ini dapat mempermudah dalam menjalankan usaha. Pastikan anda tidak mencampurkan keuangan bisnis dengan pribadi.
  2. Buang jauh-jauh rasa takut gagal. Namanya berbisnis, untung dan rugi adalah hal yang wajar. Hal terpenting adalah bangkit ketika mengalami kerugian atau kegagalan. Belajar dari kekurangan sebelumnya untuk meningkatkan strategi selanjutnya.
  3. Pilihlah usaha yang sesuai dengan minat atau passion. Dengan begitu anda lebih menikmati perjalanan usaha.
  4. Lakukan perhitungan modal awal dengan teliti. Hindari membeli barang yang tidak terlalu butuh, serta manfaatkan apa yang ada di rumah agar biaya lebih efektif dan efisien.
  5. Utamakan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Demikian penjelasan, tips, serta ide usaha rumahan yang tidak ada matinya untuk meraih penghasilan maksimal.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?