everpro

12 Usaha Tanpa Modal Hasil Melimpah, Berani Coba?

Apakah benar ada usaha tanpa modal tapi menghasilkan uang? Ada lho! Bahkan sebenarnya, banyak rekomendasi usaha online yang menguntungkan untuk pemula. Pada dasarnya, Anda hanya membutuhkan jaringan internet. Bukankah sangat mudah serta praktis kan?

Meskipun terdengar mudah, namun menjalankan usaha online tidak boleh sembarangan. Berdasarkan fakta Chris Ducker dalam karya tulisnya, bahwa 90% usaha kecil bisa gagal hanya dalam waktu 120 hari. Nah, tanpa berlama-lama, berikut rekomendasinya bagi Anda!

Baca juga: 15+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan di Desa dan Kota

Rekomendasi Usaha Tanpa Modal

Usaha tanpa modal
Sumber: freepik.com

Modal menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pebisnis baru. Namun beruntungnya, saat ini tersedia koneksi internet untuk memungkinkan Anda memulai usaha tanpa modal ataupun hanya modal HP. Berikut ialah rekomendasi usaha online yang menguntungkan.

Dropship

Bisnis dropship adalah model bisnis yang menguntungkan tapi minim risiko, karena menjual produk dari pihak lain. Kemudian, Anda bebas menentukan harga jual, tak perlu stok barang, tak perlu kirim barang sendiri, karena semuanya diurusi oleh Evermos.

Sebagai pemula wajib perhatikan dalam pemilihan produk serta supplier yang tepat, berikan tambahan nilai jual yang unik, perhatikan branding bisnis, buat website sendiri, dan tawarkan fitur sistem otomatis. Telah terbukti dari bisnis dropship, suatu saat bisa merintis brand sendiri.

Survei Berbayar

Cara mudah lainnya dalam mendapatkan uang lewat online adalah dengan jadi volunteer yang bersedia mengisi survey berbayar. Anda tidak perlu mengeluarkan modal awal karena cukup mengisi survei saja, namun jangan asal-asalan ya tetap harus profesional saat pengisian.

Informasi survei berbayar bisa Anda temukan di beberapa platform pencari kerja, freelance, maupun gabungan dengan komunitas tertentu. Sebagai saran penting, hati-hati dalam mengisi survey berbayar karena sering terjadi pencurian data pribadi dari survei tersebut.

Penerjemah

Sebagai penerjemah, Anda hanya perlu memiliki keahlian bahasa tertentu saja. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa baik dari bahasa asing ke bahasa Indonesia ataupun bahasa Indonesia ke bahasa asing.

Jika Anda lulusan sastra, keahlian ini dapat Anda manfaatkan karena tidak terikat jam kerja dan Anda bisa mengatur jam kerja sendiri. Nah, kalau Anda masih belum yakin dengan keahlian ini bisa tawarkan terlebih dahulu kepada kerabat terdekat dan kumpulkan portofolio nya.

Agen Penjual properti

Apakah Anda jago di bidang marketing? Jika benar, pilihan tepat menjadi agen penjual properti. Kini bisnis ini tergolong bisnis online menguntungkan tanpa modal dan risiko rendah. Informasi selengkapnya dapat Anda temukan melalui website.

Namun perhatikan juga ya, jangan sampai Anda malah jadi tertipu oleh perusahaan penjual properti abal-abalan. Seperti penjelasan sebelumnya, dalam memulai suatu bisnis selalu gunakan riset, tentukan strategi, konsistensi, dan tak lupa dengan iringan doa.

Jasa Penulisan

Perusahaan mulai melirik para penulis artikel di dunia blogger, mengapa demikian? Jasa penulisan dibutuhkan demi mendapat tulisan berkualitas sesuai kebutuhan perusahaan. Mulai dari kata kunci, deskripsi produk, artikel produk, press release, dan sebagainya.

Sebelum menawarkan jasa penulisan secara profesional, pahami lebih dulu mengenai jenis penulisan pada digital marketing. Mulai dari content writing, copywriting, dan UX writing yang memiliki perbedaan masing-masing dari segi strategi dan goals marketing.

Desain Website

Penghasilan dari desain website tergantung jam terbang dan bekal skill desain grafis. Usaha tanpa modal yang menguntungkan ini terdengar cukup menantang, padahal siapapun bisa melakukannya. Untuk memudahkan Anda, ikuti tahapan belajar desain website seperti ini.

Anda harus tahu jenis-jenis website untuk memahami pendekatan desain yang berbeda. Kemudian pelajari hirarki visual sebagai metode pengarahan bagi pengunjung website, untuk menemukan informasi penting. Lalu, Anda bisa meluncurkan website bisnis profesional.

Toko EBook

Pada umumnya, media percetakan menjual karya tulisan orang lain. Namun kini Anda pun bisa menjual buku buatan sendiri dengan cara membuka toko Ebook di website personal. Cara ini memudahkan Anda untuk bisa menerbitkan ebook langsung tanpa melalui seleksi penerbit.

Jual Barang Bekas

Jual barang bekas merupakan salah satu usaha tanpa modal yang menguntungkan. Apapun barang bekas yang Anda miliki dan sekiranya masih layak pakai, dapat Anda jual kembali dengan cara menjalankan thrift store. Untuk memudahkan proses penjualan, ikuti tips di bawah.

Tentukan target pasar secara spesifik, buat brand yang mudah diingat, buatlah potret menarik barang bekas, dan unggah foto barang ke platform jualan online. Saat Anda mengunggahnya, pastikan untuk memberi deskripsi lengkap tentang barang tersebut ya.

Jasa Titip

Membuka usaha menguntungkan dengan cara bisnis jasa titip atau jastip, merupakan pilihan tepat. Ide usaha online ini memiliki cara kerja sederhana dan Anda tak perlu stok produk. Jika Anda masih pemula, bisa lakukan jastip dari kerabat maupun keluarga.

Kebijakan pembayaran yakni mereka akan transfer DP terlebih dahulu, selanjutnya Anda akan membelikan barang tersebut dengan biaya tambahan bagi jasa Anda. Misalkan Anda tinggal di Bandung dan akan ke Jakarta, nah bisa kok buka jastip untuk kerabat dahulu.

Asisten Virtual

Asisten virtual adalah pekerjaan yang membantu pelaku bisnis dari jarak jauh. Untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan seperti membuat janji pertemuan, rancang jadwal acara, menjawab email, menyiapkan laporan, dan sebagainya.

Bisa dibilang bahwa asisten virtual termasuk salah satu pekerjaan freelance dan tergolong usaha online tanpa modal. Dalam artian, Anda bisa bekerja berdasarkan perjanjian tertentu dan dalam rentang waktu tertentu pula. Selain itu, usaha ini punya waktu fleksibel.

Video Editing

Apabila anda mahir dalam menggunakan software untuk edit video seperti Adobe Premiere, Vegas Pro, atau Filmora, maka bisa menjadi ide bisnis tanpa modal selanjutnya.

Sekarang ini, banyak yang membutuhkan jasa edit video baik itu untuk perorangan maupun perusahaan. Keperluan edit video bisa dalam berbagai jenis seperti video pernikahan, video konten iklan, profil perusahaan, dan masih banyak lagi.

Kebutuhan jasa edit video ini semakin meningkat seiring perkembangan dunia digital. Anda bisa mendapatkan klien dari berbagai situs freelancer hingga media sosial.

Jasa Fotografi

Hobi dan kemampuan yang anda miliki memang bisa menjadi ide bisnis tanpa modal  yang menguntungkan, salah satunya adalah dengan membuka jasa fotografi.

Hasil jepretan yang telah anda buat bisa menjadi cuan dengan menjualnya ke berbagai situs seperti Shutterstock, Pixabay, Adobe Stock, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan situs tersebut menggunakan mata uang Dollar Amerika Serikat. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu agar bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar kedepannya.

Cara Usaha Tanpa Modal untuk Pemula

Kebanyakan orang berpikir, saat memulai usaha online harus membutuhkan dana besar. Padahal, saat ini sudah banyak bisnis online yang sebetulnya dapat dijalani hanya dengan modal kecil hingga tanpa modal sepeserpun, alias cukup bermodalkan internet dan HP.

Bagi Anda sebagai pemula, cara usaha online dapat Anda ikuti sesuai cara dari website resmi business now how yang membahas tentang usaha online yang menguntungkan. Mulai penasaran apa saja? Mari simak poin-poin di bawah ini ya!

  • Kenali dan gunakan aset pribadi
  • Jual pengetahuan dan keterampilan
  • Memulai bisnis jasa layanan
  • Manfaatkan hobi dan passion
  • Bekerja dari rumah
  • Gunakan teknik pemasaran gratis
  • Lakukan semua pekerjaan sendiri

Tips Menemukan Usaha Tanpa Modal

Menentukan usaha online yang cocok untuk pemula memang jadi hal penting untuk Anda pertimbangkan. Peluang bisnis dari tahun ke tahun semakin banyak dan berbeda-beda, namun sering terlintas pertanyaan “apa jenis usaha online tanpa modal yang cocok untuk pemula?”.

Seperti ada dua pilihan yang Anda putuskan dalam hidup, apakah usaha online ini sebagai pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama (pengusaha). Maka dari itu, menentukan bisni online amat perlu Anda pikirkan secara matang, berikut poin dari tips cara menentukannya.

  • Pilih jenis usaha sesuai dengan minat
  • Buatlah daftar bidang usaha
  • Sesuaikan dengan modal yang Anda miliki
  • Tentukan lokasi target pasar
  • Lakukan riset kompetitor
  • Awali dengan doa dan terus semangat

Baca juga: 13+ Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Demikian pembahasan kali ini tentang usaha tanpa modal, yuk coba usaha produk di Everpro Product Sourcing! Banyak loh berbagai kemudahan yang bisa di ambil,

Daftar Sekarang

Picture of Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan