everpro

Ini Dia Rincian Modal Usaha Laundry untuk Memulai Bisnis yang Menguntungkan

Apakah kamu tahu berapa modal usaha laundry? Jika belum tahu, simak artikel ini selengkapnya dan cari tahu jawabannya di sini!

Usaha laundry menarik banyak perhatian orang untuk memulainya baik di ruko maupun rumahan, namun banyak yang belum mengetahui berapa modal usaha laundry yang perlu dikeluarkan.

Sebelum memulai bisnis, mengetahui modal adalah langkah penting yang dilakukan bagi para pelaku usaha untuk memperkirakan uang yang dikeluarkan dengan uang yang akan didapatkan.

Oleh karena itu, Everpro akan memberikan informasi mengenai modal usaha laundry yang perlu kamu siapkan apabila ingin memulai usaha laundry.

Baca Juga: Penuh Cuan! 25+ Ide Usaha Rumahan Kreatif Untung Besar di Tahun 2024

Keuntungan Usaha Laundry

modal usaha laundry
Sumber: Freepik

Usaha laundry memiliki banyak keuntungan dimana ini menjadi alasan bagi banyak orang tertarik untuk memulai bisnis tersebut.

Pertama adalah memiliki target pasar yang luas dan terus berkembang. Laundry masih menjadi solusi nomor satu ketika seseorang sudah sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk membersihkan pakaian mereka.

Kedua adalah kemampuan dalam menjalankan usaha yaitu bisnis ini tergolong cukup fleksibel bisa di ruko maupun rumahan, sehingga tidak memerlukan lokasi yang strategis.

Ketiga adalah bisnis laundry sangat mudah untuk dijalankan karena tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya, sehingga bisa dijalankan oleh siapa pun selagi memiliki peralatan seperti setrika, deterjen, dan mesin cuci.

Baca Juga: 100 Nama Laundry Unik dan Bagus Pembawa Berkah

Modal Usaha Laundry

modal usaha laundry
Sumber: Freepik

Setiap menjalankan bisnis tentunya membutuhkan modal untuk menjalankan usaha dengan lancar dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Kisaran modal usaha laundry bisa meraup uang sebesar 30 hingga 50 juta rupiah dan jumlah ini bisa lebih kecil atau lebih besar tergantung dengan brand yang digunakan atau kebutuhan yang diperlukan.

Berikut ini adalah asumsi jika kamu menginginkan membuka usaha laundry di bawah 50 juta rupiah dengan rincian harga peralatan serta biaya lain untuk kebutuhan.

Kebutuhan

Harga

Mesin Cuci (1 pcs)

Rp 5.000.000

Mesin Pengering Pakaian

Rp 10.000.000

Lemari, Rak, Alat Jemur

Rp 1.500.000

Pembuatan Saluran Air

Rp 1.500.000

Promosi

Rp 4.000.000

Setrika dan Timbangan

Rp 1.000.000

Sewa Tempat (per tahun)

Rp 7.000.000

TOTAL

Rp 30.000.000

Rincian tersebut memiliki total usaha modal 30 juta rupiah, namun balik lagi bahwa modal dalam setiap usaha laundry bisa berbeda-beda tergantung dengan kemampuan dari pelaku usaha atau tempat dimana mereka membeli kebutuhan tersebut.

Membeli kebutuhan di online dengan offline pasti memiliki harga yang berbeda, walaupun brand yang sama dan spesifikasi yang sama juga.

Baca Juga: Ini Dia! 15+ Ide Usaha Kecil Kecilan yang Bisa Kamu Mulai Sekarang dan Menguntungkan

Tips Menjalankan Bisnis Laundry

modal usaha laundry
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika ingin memulai untuk memiliki usaha laundry yang sukses.

  • Lokasi yang Tepat

Ketika kamu sudah mengetahui target pasarmu yang tepat, maka kamu juga memilih lokasi yang tepat pula dengan keberadaan mereka.

Seperti contoh apabila target pasarmu mahasiswa, maka kamu bisa membuka di sekitaran kampus.

Lokasi akan mempengaruhi kamu dalam menyiapkan modal dan bila perlu lokasi tersebut mudah di jangkau oleh banyak orang.

  • Menentukan Harga

Harga yang kompetitif sangat penting untuk ditentukan apabila kamu sudah memiliki kompetitor di area sekitar bisnis laundry yang sedang kamu buat.

Perlu adanya survei supaya dapat membantumu dalam menentukan harga yang tepat, terjangkau, dan tidak lebih dari harga pasaran.

  • Berikan Pelayanan yang Baik

Harga terjangkau dan pelayanan terbaik akan membuat orang-orang akan kembali untuk datang ke bisnismu tanpa berpikir dua kali atau panjang.

Pelayanan terbaik bisa kamu berikan untuk menarik pelanggan seperti mencuci dengan wangi dan bersih serta tepat waktu.

  • Berikan Pelayanan yang Bervariasi

Tidak semua pelanggan membutuhkan satu jenis layanan untuk mengatasi permasalahan mereka.

Tentunya, kamu perlu adanya kreativitas untuk membuat pelayanan dengan paket bundling atau menawarkan pelayanan lain seperti pelanggan bebas memilih parfum atau wewangian yang ingin digunakan.

  • Mempromosikan Layanan

Kamu wajib membuat strategi untuk mempromosikan layanan laundry bisa dengan media sosial, aplikasi komunikasi, dan lain-lain.

Berikan juga kata kata promosi laundry menarik dan penawaran khusus untuk pelanggan pertama atau baru supaya mereka tertarik dengan bisnis kamu.

  • Lakukan Pembukuan

Pembukuan merupakan alat yang dapat membantu untuk mencatat seluruh transaksi yang sedang berjalan.

Melakukan pembukuan sebagai data untuk mengetahui apakah kamu mengalami keuntungan atau kerugian, sehingga kamu dapat mengevaluasi kesalahan yang terjadi agar tidak ada di masa yang akan datang.

Demikian pembahasan mengenai modal usaha laundry dan semoga informasi artikel ini bisa dijadikan panduan untuk kamu untuk menjalankan bisnis laundry dengan sukses dan menguntungkan.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan