everpro

Ini Dia! 15+ Ide Usaha Kecil Kecilan yang Bisa Kamu Mulai Sekarang dan Menguntungkan

Siapa sangka, ide usaha kecil kecilan bisa menghasilkan cuan berlimpah? Yuk, simak artikel ini selengkapnya dan temukan inspirasi yang menarik!

Modal terbatas tidak menjadi halangan untuk kamu memulai dan meraih keuntungan dari bisnis yang kamu miliki. Kamu bisa mencobanya dengan usaha kecil kecilan.

Bisnis kecil kecilan bisa dilakukan oleh semua kalangan, bahkan anak yang masih di bangku sekolah pun bisa menerapkannya untuk mengawali perjalanan bisnisnya.

Disini, kamu akan menemukan beberapa rekomendasi yang akan diberikan oleh Everpro dan bisa kamu jadikan inspirasi atau ide ketika ingin memulai bisnis kecil kecilan.

Baca Juga: 10+ Cara Mempromosikan Produk yang Murah, Menarik, dan Efektif untuk Bisnis Online!

Pengertian Usaha Kecil Kecilan

ide usaha kecil kecilan
Sumber: google.com

Usaha kecil kecilan adalah usaha dengan skala yang tidak banyak yaitu secara individual atau usaha yang memiliki jumlah pekerja tidak lebih dari 50 orang.

Usaha ini dijalankan dengan modal yang terbatas dan memiliki struktur organisasi yang sederhana, akan tetapi usaha kecil kecilan tidak bisa diremehkan.

Banyak keuntungan yang sebenarnya bisa kamu dapatkan dari menjalankan jenis bisnis yang satu ini yaitu fleksibilitas dari segi waktu dan tempat.

Untuk itu, simak penjelasan selanjutnya mengenai apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika memiliki bisnis kecil kecilan.

Keuntungan Usaha Kecil Kecilan

ide usaha kecil kecilan
Sumber: google.com

Berikut ini adalah keuntungan dari usaha kecil kecilan yang perlu kamu ketahui sebelum akhirnya memutuskan untuk memulainya.

  • Modal yang Dikeluarkan Kecil

Keuntungan pertama adalah modal yang dikeluarkan kecil dan sangat cocok untuk pemula yang memiliki keterbatasan budget.

Oleh karena itu, tidak menjadi masalah apabila kamu memiliki budget sedikit untuk memulai usaha sendiri dan nantinya akan menghasilkan keuntungan.

  • Fleksibilitas

Jangan salah, jenis bisnis ini memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamu bekerja di suatu perusahaan.

Kamu dengan mudahnya diberikan untuk mengatur tempat kerja, waktu, dan juga alur kerja secara mandiri atau manual.

  • Potensi Menguntungkan

Selain fleksibel, terbukti bahwa usaha kecil kecilan dapat berpotensi untuk menghasilkan keuntungan jika kamu menjalankan dengan konsisten dan mempunyai strategi.

  • Peluang Inovasi

Walaupun kecil, namun kamu bisa mulai banyak belajar untuk mengeksplorasi lebih untuk berinovasi dan menemukan ide-ide baru.

Dengan begitu, kamu bisa menemukan yang paling cocok untuk usaha kamu seperti layanan, produk, bahkan strategi.

Ide Usaha Kecil Kecilan

ide usaha kecil kecilan
Sumber: google.com
  • Online Shop

Rekomendasi yang pertama adalah online shop dimana kamu bisa menjual apapun yang kamu senangi atau yang banyak orang minati hanya di online.

Kamu bisa memanfaatkan Instagram, WhatsApp, atau berbagai marketplace dan media sosial lainnya untuk menjadi wadah untuk melakukan transaksi jual beli.

Baca Juga: Modal Minim, Untung Maksimal! 7+ Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

  • Reseller atau Dropship

Selanjutnya adalah reseller atau dropship dimana kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal atau bahkan tidak mengeluarkan sama sekali untuk memulainya.

Bisnis ini sangatlah praktis dan mudah karena kamu tidak perlu untuk menyimpan stok barang yang dibutuhkan untuk pembeli, sehingga kamu hanya perlu handphone dan internet.

  • Pulsa atau Paket Data

Internet sudah menjadi kebutuhan harian bagi kebanyakan orang di zaman sekarang, sehingga permintaan akan pulsa dan paket data akan terus meningkat dan jangka lama.

Bisa kamu jadikan peluang sebagai ide usaha kecil kecilan karena sangatlah mudah dan tidak membutuhkan banyak budget yang dikeluarkan.

  • Jus Buah 

Selain segar, jus memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita karena banyak mengandung vitamin yang baik. 

Jus buah juga banyak diminati untuk orang yang sedang ingin menikmati kesegaran dari buah di siang hari. Maka dari itu, kamu bisa jadikan inspirasi nih!

  • Usaha Makanan Sehat

Gaya hidup sehat sudah marak di sekitar kita dan makanan sehat menjadi salah satu yang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang melakukan diet.

Dengan begitu, kamu bisa jadikan ide usaha rumahan kreatif dimana bakat memasakmu bisa tersalurkan dan juga dikerjakan hanya di rumah saja.

  • Thrifting

Beredarnya informasi tentang kebiasaan orang terhadap fast fashion membuat sebagian dari masyarakat memilih untuk membeli baju dari thrifting.

Pakaian yang didapatkan dari thrifting memiliki harga terjangkau dan model yang sangat unik jarang orang banyak menggunakannya, sehingga membuat peminatnya sangatlah banyak.

  • Usaha Warung

Warung menjadi solusi kebanyakan ibu rumah tangga ketika kelupaan membeli sesuatu atau persediaan sudah habis.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu membuka warung karena menguntungkan bagi kamu hanya dengan modal yang kecil.

Baca Juga: 20+ Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung, Laku Terus!

  • Laundry

Kenyataannya, banyak sekali yang membutuhkan laundry selain pekerja kantor ada juga anak kuliah yang sedang merantau atau kost.

Kamu bisa memulai bisnis laundry mulai dari modal kecil hingga nantinya kamu akan kembangkan dengan modal yang besar dan jangan lupa untuk menggunakan kata kata promosi laundry menarik untuk menarik calon pelanggan.

  • Usaha Warnet

Sudah tidak asing banyak sekali anak remaja yang masa mudanya dihabiskan di warnet untuk mencari informasi dari PR sampai bermain game.

Maka, usaha warnet bisa kamu jadikan alternatif untuk memulai usaha mendapatkan keuntungan dan memiliki banyak peminatnya asalkan internet warnet kamu kencang.

  • Ternak

Termasuk ke dalam rekomendasi ide usaha kecil kecilan, ternak diyakini banyak digemari oleh para pebisnis karena bermodal kecil dan menguntungkan.

Salah satunya ternak lele yang memiliki perawatan mudah dan juga media pembesarannya cukup sederhana, namun harga jualnya sangatlah menguntungkan.

  • Frozen Food

Banyaknya kegiatan membuat orang tidak memiliki waktu untuk membuat atau bahkan membeli makanan, sehingga sangatlah cocok untuk kamu hadir memberikan solusi yaitu dengan usaha frozen food.

Jenis makanan satu ini banyak disukai karena selain mudah dan praktis untuk dibuat dan juga memiliki rasa yang enak meskipun tidak fresh.

  • Sembako

Usaha sembako selalu ramai dikelilingi oleh pembeli karena sebagai tempat untuk membeli kebutuhan pokok harian dengan harga yang terjangkau.

Mulai dulu dengan modal yang kecil untuk melihat keadaan sekitar apakah jenis usaha ini sesuai untuk kamu jalani atau tidak.

  • Travel dan Tour Guide

Pasti kamu berpikir bahwa rekomendasi ini membutuhkan modal yang besar. Nyatanya bisa kamu lakukan dengan modal kecil kecilan.

Kamu bisa memulai dengan perjalanan antar kota untuk memperkenalkan usaha tersebut ke orang-orang terdekat yang nantinya mereka memberikan rekomendasi kepada orang disekitarnya.

  • Usaha Kue

Berikutnya adalah usaha kue kering maupun basah bisa kamu coba. Setiap perayaan pasti membutuhkan kue sebagai kudapan untuk ditaruh di ruang tamu atau diberikan sebagai hadiah kepada orang terdekat.

Jika kamu memiliki hobi baking, maka kamu bisa mencoba hal ini untuk bisa kamu kembangkan mulai dari usaha kecil kecilan sebagai permulaan.

  • Parcel atau Souvenir

Tidak hanya kue saja yang dibutuhkan pada beberapa perayaan, parcel dan souvenir juga menjadi kebutuhan di berbagai acara.

Untuk mendapatkan harga isian yang murah, maka kamu bisa membeli isian dari parcel atau souvenir tersebut dengan grosir untuk mendapatkan harga termurah dan modal yang dikeluarkan tidak banyak.

Baca Juga: Berikan Kejutan Berkesan! 17 Ide Hampers Lebaran Unik yang Tak Terlupakan

Tips Memulai Ide Usaha Kecil Kecilan

Mencoba peluang yang ada seperti memulai usaha kecil tidak ada salahnya untuk dilakukan dan berikut ini adalah tips untuk memulainya.

  • Pilih Jenis Usaha yang Sesuai

Mulailah dari usaha yang sesuai dengan kemampuan, minat, atau passion kamu supaya memberikan motivasi dan juga ketika mengembangkan bisnis kamu sudah memiliki bayangan.

  • Buat Rencana Bisnis yang Sederhana

Rencana bisnis berfungsi untuk membantu kamu dalam mengatur serta mengambil keputusan bisnis dengan bijak. 

Sederhana namun terperinci supaya kamu bisa memahami dengan mudah, sehingga proses dalam mengembangkan usaha tersebut akan berjalan dengan lancar.

  • Memanfaatkan Ide dan Kemampuan Unik

Ide yang unik bisa menjadi hal penting untuk membuka kesuksesan suatu bisnis kecil kecilan. Hal ini dikarenakan dapat membuat kamu lebih menonjol dari pesaing.

  • Perhatikan Peluang Pasar

Kamu bisa memulai survei untuk melihat kebutuhan yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga kamu bisa menghadirkan solusi untuk mereka.

Demikianlah pembahasan mengenai ide usaha kecil kecilan dan semoga dengan informasi dari artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari inspirasi untuk memulainya.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan