everpro

10+ Cara Mempromosikan Produk yang Murah, Menarik, dan Efektif untuk Bisnis Online!

Siapa bilang promosi produk harus mahal? Tentunya kamu perlu simak artikel cara mempromosikan produk satu ini agar kamu tidak ketinggalan informasinya!

Mempromosikan produk bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan karena banyaknya orang yang memiliki bisnis online, sehingga persaingannya akan semakin ketat.

Namun, kebanyakan orang beranggapan bahwa promosi harus mengeluarkan uang banyak agar berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan.

Kenyataannya, kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan mengadakan promo dan penawaran menarik, give away, diskon, dan lain-lain.

Maka dari itu, simak artikel Everpro selengkapnya cara mempromosikan produk supaya kamu bisa menerapkan di bisnis online dan meningkatkan keuntungan bisnis onlinemu.

Cara Mempromosikan Produk yang Menarik

Mempromosikan produk tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak. Biaya menjadi relatif karena yang paling penting adalah teknik kamu dalam memasarkan produk tersebut secara menarik.

Akan sia-sia biaya yang kamu keluarkan besar jika teknik yang kamu gunakan tidak benar yang membuat promosi tidak menarik.

Berikut ini adalah beberapa cara agar promosi produk kamu menarik dan berhasil yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk bisnis online yang sedang dijalankan.

  • Memanfaatkan Media Sosial

cara mempromosikan produk
Sumber: Pexels

Siapa yang tidak menggunakan media sosial di era digital ini? Rasanya mayoritas masyarakat Indonesia sudah terpaku dengan media sosial untuk aktivitas sehari-hari.

Strategi promosi paling efektif dalam menjangkau konsumen dengan lebih luas adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk membangun brand awareness yang kuat.

Namun, penting untuk kamu ketahui bahwa memilih media sosial perlu disesuaikan dengan target pasar kamu seperti contoh kamu memilih Instagram karena ingin mengincar generasi muda sebagai target pasarmu.

  • Membuat Blog Website yang Relevan

cara mempromosikan produk
Sumber: Pexels

Untuk meningkatkan brand trust pada bisnis kamu tentunya perlu membuat website bisnis online yang sedang dijalankan.

Akan tetapi lebih baik lagi kalau kamu menulis konten blog yang informatif dan relevan dengan permasalahan target audiensmu.

Ketika kamu bisa memberikan solusi dari permasalahan mereka akan dengan mudah kamu melakukan promosi secara halus atau yang biasa disebut soft selling.

Kamu bisa memberikan informasi secara mendetail yang berisi keunggulan produk atau bisnis kamu dan sumber informasi tersebut kredibel bagi calon pembeli.

Baca Juga: Promosi Produk yang Menggunakan Website Disebut? Ini Jawabannya!

  • Mengadakan Giveaway

cara mempromosikan produk
Sumber: instagram.com/phrsenayan

Cara promosi dengan melibatkan keterlibatan audiens kamu adalah dengan cara mengadakan giveaway bisa di media sosial maupun platform lainnya.

Pelanggan atau calon pelanggan kamu akan tertarik dengan pengumuman giveaway karena tidak perlu mengeluarkan uang mereka akan mendapatkan hadiah secara gratis.

Mempromosikan produk dengan cara ini selain menarik perhatian audiens juga menciptakan kesan positif dan juga memperluas jangkauan brand kamu.

  • Membuat Promo Bundling

Mempromosikan produk kamu untuk mendorong penjualan bisa menggunakan strategi promo bundling yang efektif di marketplace.

Banyak yang tertarik dengan promo bundling karena harganya yang lebih murah dan terjangkau daripada beli dengan harga satuan.

Kamu bisa mengedukasi dengan memberitahu kepada calon pembeli jika mengambil promo bundling akan menghemat uangnya berapa rupiah atau berapa persen.

Jangan lupa untuk gunakan contoh kalimat promosi kreatif supaya menarik minat mereka untuk membeli promo bundling yang kamu buat.

  • Memberikan Diskon dan Penawaran Menarik

Dimana ada diskon disitu ada banyak pembeli yang menyerbu. Siapa yang tidak senang dengan diskon dan penawaran menarik yang diberikan oleh brand.

Pembeli akan mempertimbangkan berbagai toko dengan toko lainnya untuk mendapatkan harga yang murah dan sesuai dengan budget mereka.

Pemberian diskon ini akan menarik calon pembeli, sehingga cara mempromosikan produk akan berhasil dan penjualan kamu meningkat.

Berikan diskon dan penawaran menarik kepada pelanggan setiamu supaya memotivasi calon pembeli untuk setia dengan brand kamu.

  • Jalin Kerjasama dengan Influencer

Jika kamu memiliki ekstra budget kamu bisa menjalin kerjasama dengan influencer. Ada banyak jenis kategori influencer yang bisa kamu sesuaikan dengan biaya pengeluaranmu.

Tidak harus mahal karena yang terpenting adalah produk kamu di review secara jujur dan positif untuk meningkatkan visibilitas dari brand kamu.

Selain itu, influencer tentunya memiliki jumlah pengikut yang banyak sehingga bisa meningkatkan jumlah followers media sosial bisnismu karena dapat menarik perhatian mereka.

  • Dengan Konsep yang Unik

Banyaknya pesaing bisnis online yang kompetitif dan ketat tidak ada salahnya kamu mencoba mempromosikan produk kamu dengan konsep yang unik untuk menjadi pembeda yang kuat.

Baiknya konsep tersebut dibuat dengan kerjasama tim supaya timbul ide-ide kreatif serta didukung dengan riset yang mendalam tentang kebutuhan audiens kamu.

Manfaatkan media promosi seperti media sosial untuk membagikan cerita konsep dan juga konten yang unik tentang produk bisnis kamu.

  • Adanya Batas Waktu Promosi

Batas waktu promosi membantu kamu dalam mendorong konsumen untuk melakukan tindakan karena membuat keputusan dengan cepat.

Tambahkan copywriting yang mendukung batas waktu promosi tersebut seperti “Jangan lewatkan kesempatan ini!” atau “Hanya tersisa beberapa hari lagi!”.

Tentukan juga jangka waktu yang diberikan untuk mempromosikan produk untuk menginformasikan konsumen untuk segera melakukan pembelian.

Konten seperti hitungan mundur yang di post di media sosial sebagai reminder konsumen tentang waktu yang tersisa untuk mengikuti promosi yang kamu selenggarakan.

  • Terlibat di Event Offline

Walaupun kamu sudah berbisnis di era digital atau online kamu juga perlu melibatkan bisnis atau produk kamu di event offline.

Adanya event offline kamu bisa membangun koneksi langsung dengan konsumen secara langsung dan membangun brand awareness.

Siapkan juga promosi berupa sampel produk, merchandise, atau brosur dan lain-lain yang dapat dibagikan kepada pengunjung yang mengunjungi booth kamu.

Agar pelanggan tetap terhubung dengan produk kamu bisa dengan membuat form pendaftaran yang berisikan alamat email dan nomor telepon untuk mengumpulkan informasi kontak.

Baca Juga: Strategi Promosi Langsung Dapat Dilakukan dengan Menggunakan? Simak!

  • Memberikan Gratis Ongkir

Pemberian gratis ongkir sangat penting karena calon pembeli akan merasa berbelanja hemat di toko marketplace kamu.

Biaya ongkos kirim menjadi pertimbangan juga dalam membeli produk secara online apalagi kalau calon pembeli tersebut jauh dari lokasi bisnis kamu.

Gratis ongkir akan mempengaruhi tingkat penjualan produk, maka untuk meningkatkannya adalah mempromosikan produk tersebut yang disertai dengan gratis ongkir.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mempromosikan produk bisnis kamu dan semoga dengan artikel ini kamu bisa mendapatkan manfaat untuk meningkatkan brand awareness maupun penjualan.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan