everpro

Media Promosi dan Contoh yang Efektif untuk Kembangkan Bisnis

media promosi

Media promosi adalah sarana yang penting untuk memasarkan produk atau layanan. Lalu media promosi apa yang tepat? Simak selengkapnya.

Promosi adalah suatu upaya untuk memberitahu atau menawarkan produk dan/atau jasa kepada calon pembeli atau pelanggan. 

Tujuan dari promosi tentu saja untuk menarik calon konsumen agar membeli dan menggunakan produk atau layanan dari penawaran tersebut.

Terdapat berbagai media sebagai sarana untuk melakukan promosi. Dengan menggunakan media tepat dan cara promosi yang menarik, produk atau layanan akan mudah mendapat perhatian masyarakat.

Maka dari itu, pahami lebih lanjut tentang media promosi dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Pengertian Media Promosi Adalah?

media promosi adalah
Sumber: pexels.com

Media promosi adalah sarana atau alat untuk mendukung kegiatan promosi serta mengenalkan produk atau jasa kepada calon atau target.

Melalui sarana promosi, calon pembeli atau audiens dapat mendapatkan gambaran terkait produk dan jasa dari penawaran suatu bisnis. Harapannya konsumen dapat mengenali dan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk dan/atau jasa tersebut.

Penggunaan sarana promosi dapat mendukung aktivitas pemasaran menjadi lebih efektif, dengan catatan telah membuat strategi pemasaran yang tepat.

Hal tersebut karena media merupakan sarana terbaik dalam mempromosikan produk dan/atau jasa yang suatu bisnis luncurkan.

Everpro

Baca juga: VUCA Adalah: Definisi, Dampak, dan Cara Bisnis Menghadapinya

Fungsi Media Promosi Adalah

fungsi sarana iklan
Sumber: pexels.com

Pada umumnya, suatu bisnis akan menggunakan macam macam media promosi karena terdapat berbagai fungsi yang pelaku bisnis bisa dapatkan. Adapun fungsi dari media promosi adalah sebagai berikut:

  • Mencapai Target Konsumen

Penggunaan sarana promosi dapat membantu dalam meraih target konsumen yang perusahaan inginkan dengan lebih baik. Hal ini karena sarana promosi mempunyai spesifikasi sendiri pada pasar tertentu berdasarkan jenisnya.

Dengan demikian, target konsumen bisa mengenali peluncuran sebuah produk atau jasa dan tertarik dengan penawarannya.

  • Mengenalkan Produk atau Layanan Secara Rinci

Fungsi selanjutnya adalah dapat mengenalkan produk atau layanan dengan lebih detail. Karena umumnya konsumen yang hanya mendengarkan penawaran tidak akan memahaminya dengan baik.

Namun hal ini berbeda jika calon konsumen melihat secara langsung mengenai penawaran produk atau jasa tersebut dengan lebih jelas.

Hal tersebut dapat mempengaruhi dalam meningkatkan keinginan calon konsumen memperoleh produk atau layanan tersebut.

  • Menjadi Sarana Penawaran

Media promosi juga bisa menjadi sarana yang efektif untuk menawarkan suatu produk atau jasa ke target konsumen. 

Selain itu, bisa juga menjadi metode paling efektif dan efisien agar produk atau layanan dapat diketahui target konsumen secara luas.

Dengan begitu, bisnis dapat berjalan lebih lancar dan cepat karena peluang penjualan yang lebih besar.

  • Dapat Memperbaiki Kesalahan

Sarana promosi menjadi alternatif terbaik dalam memperbaiki kesalahan ketika terdapat kesalahan dari produk dan jasa.

Selain untuk sarana klarifikasi, perusahaan juga bisa memberi informasi secara rinci dan lebih jelas mengenai promosi yang sedang berlangsung.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Fungsi lainnya dari sarana promosi adalah untuk meningkatkan citra atau brand awareness kepada masyarakat.

Brand awareness merupakan faktor yang penting untuk memperkuat citra bisnis yang mempengaruhi keinginan membeli calon konsumen. 

Dengan melakukan promosi yang tepat, tentu dapat membangun branding yang bagus untuk bisnis. Hal tersebut berdampak pada penawaran produk atau layanan kepada calon konsumen yang lebih mudah karena mereka telah tertarik

  • Menjaga Loyalitas Konsumen

Penggunaan sarana promosi juga dapat menjaga agar konsumen tetap loyal produk atau layanan bisnis. Karena media dapat menjadi sarana untuk berinteraksi dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Dengan demikian, konsumen dapat menumbuhkan kepercayaan dan berpotensi untuk melakukan pembelian berulang, bahkan menawarkannya ke orang lain sehingga menambah konsumen baru.

  • Memberi Nilai Tambah Produk atau Layanan

Dengan melakukan kegiatan promosi dapat meningkatkan nilai atau value dari suatu produk atau jasa. 

Tak hanya itu, promosi melalui media juga dapat mengubah sudut pandang calon konsumen terkait produk atau jasa yang anda tawarkan.

Tujuan Apa yang Dimaksud dengan Media Promosi?

tujuan sarana iklan
Sumber: pexels.com

Berdasarkan pengertian dan fungsi diatas, kesimpulan dari tujuan media promosi adalah sebagai berikut:

  1. Memberi informasi yang tepat mengenai produk atau layanan dari suatu bisnis.
  2. Dapat meningkatkan penjualan sehingga return on investment (ROI) perusahaan juga meningkat.
  3. Bisa mendapatkan konsumen baru dan membuatnya menjadi konsumen loyal.
  4. Membangun citra bisnis di mata konsumen.
  5. Menampilkan keunggulan produk atau layanan bisnis sehingga mampu bersaing dengan produk lain yang ada di pasaran.
  6. Dapat menjaga stabilitas penjualan produk atau jasa.

Macam Macam Media Promosi

media promosi
Sumber: pexels.com

Terdapat berbagai media sebagai sarana untuk melakukan promosi. Dengan memanfaatkan sarana promosi yang canggih, promosi dapat menjangkau pasar secara luas dan hasilnya juga menjadi lebih cepat.

Berikut ini adalah macam macam media promosi yang dapat digunakan untuk menawarkan produk atau jasa:

  • Media Online

Jenis media untuk promosi yang pertama adalah dengan mengandalkan jaringan internet melalui berbagai media online. Dengan adanya internet dapat memudahkan dalam melakukan berbagai kegiatan.

Kini masyarakat juga lebih suka belanja online karena praktis dan efisien. Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis perlu memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin.

Lakukan promosi secara online melalui berbagai media yang tersedia, mulai dari media sosial, email marketing, hingga menggunakan marketplace.

  • Televisi

Iklan di TV merupakan salah satu contoh dari promosi melalui media televisi. Dengan menggunakan media ini, dapat menampilkan video dengan suara dan cerita sehingga lebih memikat hati penonton.

Namun, membuat iklan di televisi membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sementara itu, waktu penampilan iklan juga terbatas dengan durasi penayangan yang singkat.

  • Poster

Poster adalah salah satu sarana promosi yang umum digunakan, karena dapat merangkum keseluruhan penawaran dalam satu gambar. Misalnya, poster konser, kursus, dan lainnya.

Pemasangan poster di tempat strategis dengan visual menarik serta ukuran yang cukup besar dapat menarik perhatian banyak orang disekitar.

  • Banner

Jenis media promosi selanjutnya adalah dengan menggunakan banner untuk jenis promosi dalam gambar. Penggunaan banner sebagai media untuk melakukan promosi adalah dengan mencetak gambar ukuran besar dan memasangnya di tempat strategis.

Umumnya, ukuran banner adalah 80 x 200 cm sehingga orang dapat melihat banner dari jarak jauh.

Pemasangan banner terdapat dalam bentuk horizontal yang dipasang di tiang, serta vertikal agar dapat berdiri sendiri karena terpasang rangka berbentuk X di bagian belakang banner. 

Tempatkan banner di depan toko atau booth saat mengikuti event agar mudah terlihat.

  • Brosur

Terdapat juga media cetak untuk melakukan promosi yaitu dengan menggunakan brosur. Sampai saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan brosur sebagai sarana promosi.

Agar dapat menarik calon konsumen, tampilan penawaran produk atau layanan pada brosur tentunya harus bagus dan eye-catchy, serta informasi juga lengkap dan jelas.

  • Radio

Memasang promosi melalui radio masih tergolong efektif untuk menarik minat konsumen. Karena biasanya masyarakat masih sering mendengarkan radio saat berkendara menggunakan mobil dan sejenisnya.

Menggunakan radio sebagai sarana promosi juga tidak membutuhkan biaya yang banyak, namun mampu menjangkau calon konsumen yang cukup luas.

Agar promosi melalui radio menarik perhatian pendengar, maka perlu penawaran singkat dan jelas dengan penyampaian yang menarik.

  • Majalah dan Koran

Sarana promosi dalam bentuk cetak selanjutnya adalah dengan menggunakan majalah dan koran. Untuk beriklan di koran, perlu menentukan kalimat singkat dan menarik karena terbatas dengan tarif iklan per kata.

Sedangkan penawaran melalui majalah mengandalkan visual yang menarik serta informasi yang jelas. Tarif beriklan di majalah tergolong mahal dan hanya menjangkau target tertentu saja.

  • Merchandise 

Merchandise dapat menjadi media yang cukup baik untuk menarik minat konsumen agar membeli produk atau layanan bisnis anda. Cara menjalankan promosi menggunakan media ini adalah dengan membagikannya ke calon konsumen.

Adapun berbagai barang yang bisa menjadi merchandise biasanya seperti alat tulis, topi, mug, kalender, stiker, payung, kaus, botol minum, dan lainnya.

Baca juga: GNP Adalah: Pengertian, Rumus, dan Perbedaannya dari GDP

Contoh Media Promosi Online Efektif

contoh media promosi
Sumber: google.com

Seiring perkembangan internet, mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang lebih terdigitalisasi. Bahkan saat ini banyak masyarakat yang lebih senang melakukan transaksi secara online.

Terdapat berbagai media online sebagai sarana promosi yang efektif. Dengan begitu dapat menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan peluang penjualan.

Berikut adalah beberapa contoh media promosi secara online:

  • Media Sosial 

contoh iklan media sosial
Sumber: google.com

Media sosial merupakan platform komunikasi jarak jauh yang memiliki banyak pengguna dan sangat berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

Cara menjalankan promosi melalui media sosial terbagi menjadi dua cara yaitu organik dan iklan berbayar. Promosi organik artinya hanya mengandalkan akun dan konten bisnis di media sosial secara natural.

Sedangkan iklan berbayar di media sosial adalah fitur yang platform tersebut tawarkan sehingga dapat langsung tampil ke target audiens.

Adapun platform media sosial yang cukup efektif untuk melakukan promosi antara lain: Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, Twitter, dan Aplikasi Messenger seperti Whatsapp.

  • Google

contoh media promosi
Sumber: google.com

Contoh media promosi online selanjutnya adalah dengan mengandalkan mesin pencari Google. Situs bisnis dan konten yang ada di dalamnya harus optimal agar mendapatkan posisi terbaik saat konsumen mencari menggunakan keyword tertentu.

Terdapat beberapa cara untuk memaksimalkan promosi menggunakan Google, yaitu melalui Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

  • Marketplace Ads

contoh marketplace ads
Sumber: google.com

Promosi menggunakan marketplace ads mengacu pada iklan di pasar elektronik seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya.

Dengan menggunakan marketplace ads terdapat fitur yang memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan kegiatan periklanan dengan membantu penyebaran informasi terkait produk kepada pengguna.

  • Email Marketing

contoh media promosi
Sumber: google.com

Contoh sarana promosi lainnya adalah melalui email marketing. Syarat untuk menjalankan promosi melalui media ini adalah telah memiliki database terkait calon pelanggan, setidaknya alamat email.

Dengan demikian, dapat mengirimkan penawaran melalui email kepada target audiens secara bersamaan.

  • Forum Online

contoh media promosi
Sumber: google.com

Contoh yang terakhir adalah dengan melakukan promosi melalui forum online seperti Kaskus. Namun saat ini terdapat berbagai forum seperti grup jual-beli di Facebook yang memudahkan pelaku usaha untuk memasarkan produknya. 

Melalui forum online penjual dan calon pembeli bisa melakukan diskusi hingga tawar menawar harga produk atau layanan. 

Demikian penjelasan mengenai media promosi beserta contohnya sebagai referensi untuk melakukan promosi kepada calon konsumen.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel Everpro lainnya yang informatif dan menarik.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?