everpro

Strategi Promosi Langsung Dapat Dilakukan dengan Menggunakan? Simak!

strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan apa? Simak penjelasan strategi promosi langsung dalam bisnis, selengkapnya.

Pemasaran merupakan hal penting yang perlu setiap perusahaan lakukan. Selain sebagai cara untuk menarik minat pelanggan akan penawaran produk atau layanan, pemasaran juga menjadi poin dalam menilai kinerja perusahaan.

Maka dari itu, para pebisnis perlu membuat strategi promosi yang efektif dan efisien agar dapat mengembangkan bisnis. 

Begitupun dengan strategi promosi langsung dapat perusahaan lakukan dengan menggunakan beberapa cara. 

Baca ulasan artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi seputar strategi pemasaran.

Tentang Strategi Pemasaran

strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan
Sumber: pexels.com

Strategi pemasaran adalah suatu usaha dalam memasarkan produk atau layanan melalui berbagai cara. Dengan begitu dapat memperkenalkan produk atau layanan tersebut ke masyarakat yang lebih luas, sehingga peluang penjualan pun meningkat.

Secara singkat, pemasaran atau promosi bisnis merupakan serangkaian upaya yang pelaku bisnis lakukan untuk mencapai suatu target.

Adapun tujuan utama dari strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran, sehingga dapat bekerja sama dengan baik, serta lebih efektif dan efisien.
  2. Menjadi alat ukur keberhasilan promosi berdasarkan standar yang telah perusahaan tentukan.
  3. Dapat meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika terdapat perubahan di dunia pasar yang dinamis.
  4. Merupakan dasar informasi untuk mengambil keputusan.

Baca juga: VUCA Adalah: Definisi, Dampak, dan Cara Bisnis Menghadapinya

Everpro

Berbagai Konsep Strategi Pemasaran

konsep pemasaran
Sumber: pexels.com

Sebelum menjawab pertanyaan “strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan apa?”, perlu memahami konsep dari strategi pemasaran terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa konsep strategi pemasaran:

  • Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah proses pemecahan kelompok heterogen dari calon konsumen menjadi lebih kecil yaitu kelompok homogen.

Melakukan proses segmentasi pasar adalah sebelum menentukan target pasar. Jadi perlu menganalisa dengan cermat dengan mengklasifikasi pasar untuk menentukan target pasar yang tepat.

Hal ini karena setiap orang mempunyai kebutuhan berbeda, tentunya berpengaruh kepada minat dalam membeli sesuatu.

  • Posisi Pasar (Market Positioning)

Market positioning adalah tindakan perusahaan dalam merancang produk dan promosi untuk mempengaruhi persepsi konsumen terkait produk atau layanan yang serupa dengan milik pesaing.

Dalam konsep ini, perusahaan perlu menentukan pola secara spesifik untuk mendapatkan konsumen yang sesuai dengan jenis bisnis.

Konsep ini bertujuan untuk mendapatkan kedudukan yang kuat di pasar melalui segmen yang dapat menguntukan bisnis. Karena pada dasarnya, tidak ada perusahaan yang bisa menguasai kebutuhan pasar.

  • Market Entry Strategy

Market entry strategy merupakan teknis yang perusahaan lakukan saat ekspansi bisnis dan memasuki pasar baru. Konsep ini dapat menjadi strategi pemasaran untuk memperoleh posisi yang kuat pada satu segmen tertentu.

Terdapat beberapa hal yang dapat perusahaan lakukan untuk melakukan konsep ini, yaitu: membeli perusahaan lain, internal development, serta kerjasama dengan perusahaan lain.

  • Strategi Pemasaran Campuran (Marketing Mix Strategy)

Marketing mix strategy adalah kumpulan dari berbagai variabel yang perusahaan gunakan untuk mempengaruhi pandangan konsumen.

Adapun variabel 7P yang terdapat dalam marketing mix strategy adalah sebagai berikut:

  • Produk (product)
  • Harga (price)
  • Lokasi (place)
  • Promosi (promotion)
  • Partisipan (participant)
  • Proses (process)
  • Bukti fisik perusahaan (people physical evidence)
  • Strategi Waktu (Timing Strategy)

Dalam strategi waktu atau timing strategy, perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan di bidang produksi dengan baik, serta menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Jadi, perusahaan perlu melakukan persiapan terlebih dahulu, baru menentukan kapan waktu terbaik untuk memasarkan produk atau layanan ke pasar.

Karena waktu merupakan hal yang penting, dengan memilih waktu pendistribusian yang tepat akan berdampak pada peluang penjualan yang tinggi.

4 Jenis Strategi Promosi Langsung Dapat Dilakukan Bisnis

jenis pemasaran
Sumber: pexels.com

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan direct selling, terdapat juga jenis strategi pemasaran lainnya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Direct Selling

Jenis strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan direct selling atau penjualan langsung. Strategi ini adalah kegiatan memasarkan produk dengan menjualnya secara langsung kepada konsumen.

Umumnya, strategi ini tidak terdapat pada toko retail. Caranya adalah dengan melakukan canvassing, yaitu menemui konsumen secara langsung atau door to door.

Dalam melakukan jenis strategi ini, pemasar perlu mempunyai kemampuan persuasif. Kelebihan dari strategi ini adalah biayanya yang relatif rendah, sehingga tidak perlu modal besar. 

Namun kekurangannya adalah lebih melelahkan untuk pemasar karena harus mencari konsumen secara langsung. Selain itu, tak jarang masyarakat atau calon konsumen merasa tidak nyaman dan terganggu karena seperti sebuah keharusan untuk membeli.

  • Earned Media

Berbeda dengan direct selling, pemasaran melalui jenis strategi earned media yaitu secara tidak langsung.

Perusahaan perlu membangun hubungan dan kepercayaan dengan audiens untuk menerapkan strategi ini. Oleh karena itu, perlu membangun brand image yang baik melalui media sosial.

Kelebihan dari strategi ini adalah anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, selain itu anda bisa lebih mudah mendapatkan konsumen karena banyak yang percaya dengan produk dan bisnis anda.

  • Internet Marketing

Internet marketing adalah strategi pemasaran dengan menggunakan internet untuk menyampaikan pesan promosi kepada konsumen.

Terdapat beberapa saluran media yang dapat anda gunakan untuk menerapkan strategi ini, seperti media sosial, website, mesin pencari, dan email.

Anda akan mudah mendapatkan konsumen dengan membuat konten yang menarik minat audiens. Selain itu, strategi pemasaran ini juga dapat meningkatkan brand image.

  • Point of Purchase

Strategi pemasaran melalui point of purchase adalah dengan menempatkan materi pemasaran atau iklan dekat dengan produk yang dipromosikan.

Jadi, point of purchase merupakan elemen promosi seperti pajangan, poster, petunjuk, dan materi promosi lainnya di dalam toko untuk mempengaruhi pilihan pelanggan saat membeli barang.

Cara menjalankan strategi promosi ini dapat anda lakukan dengan membuat display yang memiliki desain khusus, kemudian anda letakkan di tempat strategis seperti dekat pintu masuk atau keluar.

Baca juga: Promosi Produk yang Menggunakan Website Disebut? Cek Disini!

Langkah dalam Membuat Strategi Promosi Langsung yang Dapat Dilakukan Bisnis

strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan
Sumber: pexels.com

Setelah memahami pengertian, konsep, serta strategi pemasaran dari pembahasan sebelumnya maka anda dapat membuat strategi promosi dengan lebih mudah.

Setidaknya terdapat 7 langkah yang dapat anda lakukan untuk membuat strategi promosi yang dapat meningkatkan penjualan:

  1. Mengetahui target pasar dengan baik. Semakin spesifik target pasar, maka peluang untuk sukses juga semakin besar.
  2. Mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial. Karena strategi promosi langsung dapat perusahaan lakukan dengan menggunakan teknik pemasaran di sosial media. 
  3. Tawarkan promosi produk gratis berupa sample ke calon konsumen untuk menarik minat pembeli dengan lebih mudah.
  4. Pilih lokasi bisnis yang strategi dapat menjadi cara memasarkan produk yang efektif.
  5. Memberikan insentif untuk rekomendasi dari konsumen yang memakan produk atau layanan bisnis anda.
  6. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen untuk mendapatkan loyal customer yang penting bagi perusahaan.
  7. Memanfaatkan teknik pemasaran mulut ke mulut (mouth to mouth) karena terbukti ampuh untuk mengenalkan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Demikian penjelasan mengenai strategi promosi langsung yang dapat dilakukan dengan menggunakan pemasaran langsung (direct selling).

Semoga informasi dari artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Baca juga berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait