everpro

30+ Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing di Tahun 2024

Anda ingin memulai usaha dengan modal kecil? Tentu bisa! Yuk, simak artikel contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dalam dunia bisnis!

Seiring berjalannya waktu, memulai usaha tidak melulu membutuhkan modal yang besar. Semakin canggihnya teknologi saat ini, maka terciptalah peluang untuk Anda menjadi pelaku usaha. 

Niche pasar usaha yang belum banyak memiliki pesaing menjadi salah satu kunci kesuksesan usaha yang bisa Anda raih. Oleh karena itu, semakin berkembangnya zaman dan persaingan di pasar pun juga akan semakin besar. 

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing
Sumber: Freepik

Untuk pemula, Anda patut mencoba 10 ide usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang paling mudah, seperti berikut ini:

  • Produk Eco-Friendly
  • Layanan Jastip
  • Sewa Mainan Anak
  • Kursus Online
  • Reseller atau Dropshipper
  • Bisnis Pemasaran Afiliasi
  • Bisnis Bucket 
  • Freelance Content Writing
  • Usaha Jasa Penerjemah
  • Usaha Jasa Desain Grafis

Tapi jangan khawatir, semua rekomendasi akan Everpro jelaskan beserta ragam produk yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis. 

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi usaha yang belum banyak orang ketahui.

  • Produk Eco-Friendly

Meningkatnya polusi udara yang melanda Indonesia membuat masyarakat memiliki gaya hidup ramah lingkungan. 

Sebenarnya, bisnis ini termasuk contoh usaha modal kecil yang belum banyak saingannya karena orang-orang tidak berani mencoba usaha ramah lingkungan.

Ide usaha rumahan kreatif ini banyak sekali yang bisa Anda coba, seperti lilin aromaterapi dari minyak jelantah, sabun cuci baju dari buah lerak, tas belanja re-usable, sikat gigi dari bambu.

  • Layanan Jastip

Jasa titip atau Jastip merupakan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yaitu layanan dari seseorang yang membelikan suatu barang berdasarkan permintaan. 

Usaha jastip tergolong belum banyak pesaing dan memiliki banyak peminat bagi kaum muda.

Anda bisa menawarkan berbagai jastip, seperti pakaian, merchandise band atau artis, barang unik, makanan, minuman sachet, camilan, dan lain-lain.

  • Sewa Mainan Anak

Nah, salah satu jenis usaha sewa mainan anak adalah ide usaha kecil-kecilan yang timbul karena mengingat kebiasaan anak-anak cenderung cepat bosan terhadap mainan mereka. 

Meskipun bisnis jarang pesaing, Anda bisa mencoba untuk sewakan mainan anak kepada ibu-ibu muda.

  • Kursus Online

Jika Anda sering bermain media sosial maka sering muncul akun kursus online bagi siapapun yang ingin belajar di mana saja dan kapan saja. 

Jenis usaha rumahan yang cocok untuk pemula ini menawarkan keahlian di bidang tertentu dan Anda perlu menyiapkan sejumlah peralatan pendukung untuk mengajar online.

Anda bisa mengajarkan kursus pelajaran akademik, seperti matematika, bahasa inggris, fisika, kimia, ataupun pelajar non akademik, seperti musik, olahraga, dan lain sebagainya.

  • Reseller/Dropshipper

Bisnis reseller dan dropshipper sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha tanpa modalSaat menjadi reseller dan dropshipper, Anda tidak perlu memikirkan biaya produksi barang. 

Dengan cara ini, keuntungan yang bisa dicapai cukup besar bahkan untuk trader yang tidak berpengalaman.

  • Bisnis Pemasaran Afiliasi

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis online, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah affiliate marketing yang merupakan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. 

Bisnis pemasaran afiliasi ini pada dasarnya adalah cara untuk memasarkan produk tertentu yang nantinya mendapatkan komisi sebagai imbalan atas layanan.

Besaran komisi yang bisa Anda peroleh sebagai affiliate marketer memang cukup tinggi hanya dari memasarkan produk.

  • Bisnis Bucket

Selanjutnya contoh usaha kecil-kecilan di rumah adalah bisnis bucket yang menjual berbagai macam isian, seperti bunga, makanan, camilan, dan lain-lain.

Bisa dijadikan sebagai kado untuk wisudawan. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup baik karena wisuda merupakan momen spesial yang biasanya dirayakan dengan memberikan hadiah.

  • Freelance Content Writing

Berikutnya contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah freelance content writing yang mengandalkan kemampuan menulis Anda.

Tugas Anda adalah seputar menulis isi konten dan tidak hanya terpaku pada media sosial saja bisa untuk konten website, iklan, marketplace, blog, dan media online lainnya.

  • Usaha Jasa Penerjemah

Anda memiliki kemampuan dalam berbahasa asing? Sepertinya, Anda harus mencoba contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yaitu usaha jasa penerjemah.

Modal usaha jasa ini hanya memerlukan kemampuan berbahasa asing. Semua kalangan bisa mencobanya termasuk pelajar yang bisa menjadikannya sebagai ide usaha untuk anak sekolah.

  • Usaha Jasa Desain Grafis

Termasuk ke dalam usaha yang tidak pernah sepi pelanggan karena banyaknya kebutuhan baik itu jualan online, event, sampai perusahaan membutuhkan jasa desain grafis.

Anda bisa menjadikan jasa ini sebagai contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing karena tidak banyak yang memiliki keahlian pada bidang desain grafis.

Sebagai awalan, Anda bisa menawarkan jasa desain grafis kepada teman yang mempunyai bisnis makanan untuk dibuatkan daftar menu makanan atau minuman untuk sebagai bahan portofolio Anda.

  • Jual Barang Antik

Tren vintage atau kembali ke zaman era 80 dan 90an kembali lagi. Makin banyak kolektor pencari barang antik dan kebanyakan berasal dari daerah pedesaan yang masih menyimpannya.

Jika Anda tinggal di daerah desa, maka menjual barang antik bisa dijadikan usaha jangka panjang di desa yang bisa dipilih karena memiliki nilai jual yang tinggi dan akan terus dicari oleh kolektor.

Barang antik yang paling dicari antara lain uang kuno, perangko, lukisan, guci, jam dinding, kendaraan, gramophone yang masih diburu oleh kolektor.

  • Hampers Unik

Ketika hari besar atau perayaan tertentu hampers selalu dibutuhkan oleh siapapun. Dengan kebutuhan yang stabil, maka contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini bisa mendatangkan keuntungan.

Permintaan akan hampers akan meningkat ketika mendekati Lebaran, maka dari itu Anda perlu mencari ide hampers lebaran unik untuk dijual dan menarik calon pembeli.

  • Usaha Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan juga bisa menjadi pilihan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang menarik. 

Anda bisa membuat kerajinan tangan dari berbagai bahan, mulai dari kain, kayu, hingga keramik yang memiliki nilai tambah dan harga jual yang menguntungkan.

  • Perlengkapan Hewan Peliharaan

Akhir-akhir ini banyak sekali yang mempunyai hewan peliharaan dirumah. Namun, banyak yang belum terpikirkan untuk menjual perlengkapan hewan peliharaan.

Anda bisa menjualnya melalui marketplace online, sehingga tidak hanya di daerah perkotaan yang bisa menjualnya namun bisnis ini bisa untuk usaha di daerah sepi juga.

Perlengkapan hewan yang Anda sediakan antara lain baju hewan yang lucu, tas untuk membawa ke pet shop, mainan hewan peliharaan, dan masih banyak lagi.

  • Foto dan Video Produk Katalog

Bisnis diluaran sana banyak sekali yang terjun ke dunia digital di media sosial, maka akan membutuhkan jasa foto dan video produk katalog untuk dijadikan konten.

Jika Anda memiliki keahlian dalam fotografi, maka contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing seperti ini bisa Anda pertimbangkan karena tidak semua orang memiliki skill tersebut.

  • Packaging Ramah Lingkungan

Banyak bisnis yang sudah mulai didorong untuk peduli dengan lingkungan, maka Anda bisa menjual packaging ramah lingkungan lalu dijual ke bisnis atau brand lain.

Dengan begitu, Anda bisa menawarkan packaging take away ramah lingkungan, kantong belanja, botol ramah lingkungan, dan macam-macam yang bebas Anda kreasikan.

  • Social Media Management

Apabila Anda mengikuti tren di media sosial, maka bisa mencoba usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yaitu social media management.

Bermodalkan smartphone dan internet Anda bisa mengelola media sosial dari bisnis yang menjadi klien karena banyak sekali bisnis yang ingin beradaptasi di dunia digital namun tidak paham akan teknologi.

  • Hobi dan Workshop Kerajinan

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan seru untuk dijalani adalah hobi dan workshop kerajinan yang banyak dicari untuk beraktivitas dengan teman atau keluarga.

Anda bisa menjual pengalaman dengan mengajak orang-orang untuk membuat kerajinan tangan misalnya sabun, lilin, keramik, karpet, lukisan yang hasilnya bisa mereka bawa pulang.

  • Virtual Assistant

Jika Anda memiliki pengalaman di bidang administrasi bisnis, maka virtual assistant bisa dicoba untuk dijadikan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Anda melakukan jasa tersebut secara online yang memiliki tugas yaitu balas dan kirim email, membuat laporan, mengurus semua dokumen, dan hal administrasi lainnya.

  • Bisnis Fotocopy

Kemudian bisnis fotocopy, bisnis yang menyediakan layanan untuk menyalin atau menduplikasi tulisan atau gambar dari buku, dokumen, atau sumber lainnya. Bisnis ini juga biasanya menjual perlengkapan alat tulis kantor (ATK).

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup baik karena fotocopy merupakan kebutuhan yang banyak dicari oleh berbagai kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, karyawan, dan masyarakat umum.

  • Bisnis Tanaman

Selanjutnya ada bisnis tanaman, bisnis yang bergerak di bidang pertanian atau hortikultura yang memanfaatkan tanaman sebagai produk utama.

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup baik karena tanaman merupakan sumber pangan, obat, hiasan, dan bahan baku industri yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

  • Bisnis Florist

Everpro
Sumber: Pexels.com

Sekarang banyak sekali yang senang menghiasi rumahnya dengan mendekorasi rumah dengan bunga dan bisnis florist adalah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Bisnis ini kian lama semakin viral berseliweran di media sosial TikTok karena banyak peminat untuk hanya sekedar membeli bunga untuk sendiri atau berbagai acara atau perayaan untuk orang terdekatnya.

  • Thrift Shop

Thrift shop adalah toko yang menjual pakaian bekas dengan harga murah. Bisnis thrift shop sangat populer di kalangan anak muda yang suka berganti-ganti gaya berpakaian tanpa mengeluarkan banyak uang.

Modal usaha ini sangat minim, hanya membutuhkan tempat usaha, rak atau gantungan baju, dan stok pakaian bekas yang masih layak pakai.

  • Consignment Barang 

Consignment barang merupakan sebuah metode bisnis yang melibatkan dua pihak atau pemilik barang dan penjual barang. Pemilik barang menitipkan barangnya kepada penjual barang untuk dijual dengan perjanjian tertentu.

Perjanjiannya tersebut seperti pembagian keuntungan, lama waktu dan kualitas barang.

Contoh Usaha Makanan Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing
Sumber: Freepik
  • Menjual Camilan

Bisnis snack atau makanan kering adalah bisnis yang menjual makanan ringan yang bisa tahan lama dan mudah disimpan. 

Bisnis ini memiliki peluang yang menjanjikan karena snack banyak digemari oleh berbagai kalangan dan bisa dijadikan sebagai camilan, oleh-oleh, atau bahan masakan.

Anda bisa memanfaatkan platform marketplace untuk menjualnya secara online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain untuk menjangkau pasar secara luas.

Berbagai macam camilan dapat Anda jual misalnya berbagai jenis keripik, seperti keripik singkong, keripik ubi, keripik sayur dan buah, keripik kentang, dan masih banyak jenis camilan lainnya.

  • Usaha Makanan dan Minuman Sehat

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah usaha makanan sehat. Jarang sekali bisa temui untuk mendapatkan makanan dan minuman sehat disekitar kita.

Sehingga, sangat cocok menjadi peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan dalam membuat makanan dan minuman sehat.

  • Jualan Kue Kekinian

Usaha rumahan yang menguntungkan satu ini memiliki banyak peminat sekaligus permintaan yang tinggi. 

Anda dapat mencoba peluang usaha ini dan mengeksplorasi variasi kue yang sedang hits. Dengan banyaknya ragam kue jaman now, Anda bisa menghasilkan keuntungan besar tanpa menyita banyak waktu.

Macam-macam kue kekinian yang bisa Anda buat, seperti kue lava, kue berbentuk karakter, matcha boba roll cake, dan masih banyak lagi yang bisa Anda kreasikan.

  • Usaha Makanan Pendamping ASI

Saat ini banyak sekali ibu muda yang memiliki aktivitas bekerja dan harus memenuhi kebutuhan gizi si kecil, maka contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing seperti usaha makanan pendamping ASI bisa Anda coba.

Usaha rumahan satu ini tidak banyak yang menyediakan padahal permintaan akan kebutuhan MPASI tergolong sangat tinggi.

Apabila Anda berpengalaman dalam membuat MPASI bisnis ini patut untuk Anda coba. Cari terlebih dahulu resep serta kandungan yang ada di dalamnya.

  • Food Truck

Pernah melihat kendaraan truk yang berhenti disekitarmu dan menjual makanan? Yap, itu sebutannya adalah food truck yang bisa menjadi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Untuk yang memberikan fleksibilitas dan menjangkau target konsumen ini bisa Anda manfaatkan kendaraan mobil yang bisa dimodifikasi menjadi tempat untuk berjualan.

  • Makanan Praktis

Seiring berjalannya waktu orang makin menyukai suatu hal yang praktis karena sibuk dengan pekerjaannya yang membuatnya tidak memiliki waktu untuk makan.

Atau bisa juga memiliki keterbatasan waktu untuk memasak, sehingga usaha yang menghasilkan uang setiap hari adalah menjual makanan praktis.

Jenis-jenis makanan praktis yang bisa Anda coba yaitu catering, frozen food, atau makanan setengah jadi yang menyediakan bahan dan bumbu dan konsumen hanya memasak dengan mengikuti langkah sangat sederhana.

Demikianlah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang bisa kamu jadikan referensi untuk berbisnis. Selamat mencoba!

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca!

Jangan lupa untuk share artikel ini dan nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Picture of Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti