Everpro

Inilah 15+ Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan!

Apakah kamu ibu rumah tangga yang ingin memiliki usaha? Jika iya, simak artikel usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sampai habis untuk mendapatkan penghasilan tambahan!

Memang peran dan tanggung jawab menjadi ibu rumah tangga tidaklah mudah, apalagi harus selalu ada di sisi buah hati di kala sang buah hati membutuhkan kasih sayang ibunya.

Namun apalah daya ketika partner rumah tangga sedang mengalami penurunan secara financial, di saat itulah ibu rumah tangga pun harus turun tangan ikut membantu.

Meskipun, dalam keseharian pastinya sudah lelah dalam mengurus anak dan membereskan rumah agar tetap terkondisikan seperti memasak, cuci piring, merawat anak, mengantar dan menjemput anak sekolah dan lain-lain.

Selagi mengerjakan tugas, peran dan tanggung jawab ibu rumah tangga, Anda bisa menyimak artikel berikut ini agar terinspirasi dari usaha rumahan.

Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha rumahan yang akan dibahas merupakan usaha yang cukup mudah di pahami dan di jalankan sesuai kemampuan diri. Yang pastinya bisa langsung di lakukan hari ini juga, yuk simak berikut ini :

  • Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Daycare

daycare
Sumber: Pexels

Kalau Anda seorang ibu yang tinggalnya di kota dan memiliki ruangan yang begitu luas meski hanya satu ruangan, maka Anda bisa membuka usaha ini.

Usaha ini bisa menjadi solusi utama di kala teman-teman Anda pun memiliki anak berusia 0-4 tahun (pra sekolah).

Di samping Anda pun mengasuh anak anda, maka Anda pun bisa sambil mengasuh anak lainnya yang nantinya akan mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Usaha daycare ini bergerak di bidang jasa, sehingga Anda membutuhkan fasilitas yang aman dan pelayanan jasa yang nyaman

  • Usaha Rumahan Menjahit

Apakah Anda punya hobi menjahit atau punya keterampilan menjahit? Mungkin kegiatan menjahit ini bisa menjadi hobi yang berpenghasilan. Banyak keluarga yang memiliki pakaian yang harus di permak dengan cara di jahit.

Mungkin, Anda bisa membuka jasa menjahit di sekitar rumah, sehingga tak perlu lagi mencari pekerjaan yang harus keluar rumah.

Anda tetap bisa tinggal di rumah dan menawarkan jasa jahit, sehingga bisa menerima orderan dan menjahit di rumah.

Anda pun bisa mengatur waktu untuk mengerjakan tugas dan tanggungjawab Anda sebagai ibu rumah tangga.

Usaha ini pun tak perlu mengeluarkan modal besar, bisa disesuaikan dengan kebutuhan apalagi sudah punya kemampuan.

Ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, sehingga usaha rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga bisa mengandalkan kemampuan menjahit.

  • Jasa Penerjemah

Bagi ibu-ibu yang memiliki kemampuan bahasa asing, baik itu bahasa Inggris, Mandarin, Jepang atau bahasa lainnya, ibu-ibu bisa membuka usaha terjemahan untuk menghasilkan uang.

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari jasa terjemahan yang umumnya dibayar berdasarkan jumlah lembar yang dikerjakan. Anda juga bisa melakukannya sendiri secara online melalui marketplace.

Sehingga, kemampuan Anda dalam berbahasa bisa tetap digunakan dan dilatih selain bermanfaat bagi orang lain, Anda pun mendapatkan tambahan penghasilan.

  • Catering Makanan

Usaha yang tidak pernah sepi yang bisa dilakukan ibu rumah tangga hanya dirumah saja adalah bisnis catering makanan. 

Sebagai awalan dalam memulai usaha catering Anda bisa membuatnya dalam skala kecil untuk kebutuhan makanan sehari-hari.

Setelah skill Anda sudah mahir dan memiliki banyak pelanggan, maka Anda bisa menjual catering dalam skala besar dengan berbagai jenis catering seperti catering untuk diet, perusahaan, pernikahan, aqiqah anak, dan lain sebagainya.

  • Usaha Makanan Kekinian

Dampak dari media sosial berdampak positif bagi pelaku usaha kebanyakan untuk mencari inspirasi sampai meningkatkan penjualan mereka.

Sebagai ibu rumah tangga kamu perlu mengikuti trend makanan yang ada di media sosial dan memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan.

Ide jualan makanan yang lagi viral patut Anda coba misalnya es kul-kul, corn dog, gohyong, dan masih banyak lagi untuk menambah penghasilan tambahanmu.

Jenis Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

  • Usaha Rumahan Jasa Cuci Pakaian

usaha rumahan untuk ibu rumah tangga
Sumber: Pexels

Peluang usaha jasa cuci pakaian saat ini sedang sangat dibutuhkan. Apalagi jika hampir disemua rumah tangga, baik sang suami maupun sang istri keduanya dalam keadaan bekerja.

Pastilah banyak tugas rumah tangga yang perlu di bantu, salah satunya mencuci pakaian sehari-hari. Jika Anda seorang ibu rumah tangga, usaha ini bisa menjadi peluang menambah penghasilan yang bisa dikerjakan dirumah.

Hanya dengan satu mesin cuci dan perairan yang bagus setidaknya cukup lancar, tidak dalam keadaan susah mendapatkan air, maka usaha ini bisa Anda jalankan.

Agar usaha ini berjalan lancar dan bertahan lama, Anda perlu memperhatikan target pasar yang produktif ketika menawarkan usaha ini.

Target pasar yang produktif seperti menawarkan kepada mahasiswa kampus, anak-anak kosan yang sedang bekerja atau di sekitar daerah perkantoran. Target pasar yang tepat akan sangat membantu usaha ini semakin berkembang.

  • Kerajinan Tangan Membuat Aksesoris Rambut

Kalau Anda senang sekali dengan kerajinan, mungkin Anda dapat mencoba jenis usaha yang satu ini.

Membuat kerajinan seperti ikat rambut dengan berbagai model dan hiasan lainnya bisa membuat Anda semakin senang berkarya.

Tak hanya bisa digunakan untuk diri sendiri, tapi orang lain pun bisa menggunakan manfaat dari hasil karya Anda. Anda pun bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dengan waktu yang tidak terbatas.

Apalagi jika penjualannya secara online Anda akan banyak memiliki keuntungan.

  • Menjual Produk Skincare

usaha rumahan untuk ibu rumah tangga
Sumber: Pexels

Meski menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti tidak tahu tentang skin care. Banyak para ibu-ibu Indonesia yang pada akhirnya menjadi reseller produk skin care.

Selain mendapatkan keuntungan yang banyak, proses penjualan pun sangat mudah. Apalagi jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang senang bersosialisasi.

Sehingga, sangat mudah dan menyenangkan mempromosikan produk skin care di berbagai acara seperti arisan, teman-teman pengajian dan berbagai relasi lainnya.

  • Dropshipper

Ibu rumah tangga bisa juga mencoba usaha bisnis online tanpa modal lewat HP yaitu menjadi dropshipper yang sangatlah mudah.

Anda cukup menjual produk orang lain dan tidak perlu untuk menyimpan stock produk tersebut dirumah, sehingga sangatlah mudah dan praktis, bukan?

Proses pengiriman barang pun langsung dilakukan oleh supplier, maka dari itu kamu harus selektif dalam memilih supplier yang terpercaya dan berkualitas.

  • Membuka Kursus Online

Menjadi ibu rumah tangga tidak menutup kemungkinan untuk lupa dengan materi pembelajaran yang sudah pernah dikuasai.

Usaha rumahan dengan membuka kursus online bisa kamu jadikan inspirasi karena banyaknya kebutuhan banyak orang untuk mengembangkan skill secara online.

Keuntungan dari usaha ini adalah memiliki fleksibilitas yang tinggi, sehingga Anda bisa mengatur waktu dan tempat dengan bebas.

Macam Macam Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

  • Jasa Public Speaking

Jika Anda adalah seorang ibu yang memiliki kemampuan dalam hal komunikasi, Anda sangat beruntung. Anda bisa melatih dan menggunakan kemampuan ini untuk berbagai acara kegiatan.

Anda bisa menawarkan diri sebagai MC, karena kegiatan MC biasanya tidak banyak pesaing. Selain itu, Anda pun bisa mengatur jadwal sesuai kebutuhan.

Selain menjadi MC Anda pun bisa melatih para relasi yang ingin memiliki public speaking yang bagus melalui Google Meet.

  • Jasa Content Writer

Apakah Anda senang menulis? Jika iya, maka kemampuan ini bisa Anda manfaatkan untuk menambah penghasilan.

Kini semakin banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan sebagai freelance penulis atau kita sebut saja content writer.

Anda bisa menuangkan berbagai ide dan inspirasi melalui kata-kata yang bisa menginspirasi banyak orang, seperti cara mengurus anak di usia 5-10 tahun.

  • Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Frozen Food

usaha rumahan untuk ibu rumah tangga
Sumber: google.com

Hampir setiap hari kita tak pernah luput dari makanan siap saji seperti frozen food. Makanan ini bisa kita temukan di berbagai toko makanan, namun perlu waktu dan proses perjalanan.

Makanan seperti bakso, sosis, nugget, kentang, dimsum, dan lainnya pasti disukai oleh siapapun.

Jika Anda ingin usaha di rumah dan ingin berjualan yang target pasarnya memiliki peluang besar, maka Anda bisa berjualan Frozen Food di rumah.

  • Jasa Rangkai Bunga

Kegiatan merangkai bunga sangatlah menyenangkan bagi para ibu-ibu yang menyukai bunga. Apalagi yang memiliki hobi menanam bunga. Tak hanya harum di sekitar bunga, namun hobi ini dapat menghasilkan rezeki juga.

Sebagai ibu rumah tangga, Anda bisa merintis usaha merangkai bunga dengan modal yang murah dan target pasar yang berpeluang sangat besar.

Banyak mahasiswa yang lulus dan perayaan lainnya membutuhkan rangkaian bunga ini sebagai bentuk ucapan selamat.

  • Usaha Online Shop

Rekomendasi usaha rumahan yang tidak ada matinya adalah online shop yang bisa Anda lakukan dirumah tanpa perlu menyewa tempat seperti ruko.

Anda bisa menjual produk atau barang yang disukai terlebih dahulu supaya ketika memulai bisnis online shop berjalan dengan lancar dan sukses.

Cukup sekian penjelasan artikel mengenai usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga, semoga bermanfaat bagi Anda dalam meraih rezeki.

Jangan lupa share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan artikel menarik seputar bisnis berikutnya yang pasti hanya di Everpro, ya!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya