everpro

Yuk, Intip! Rekomendasi Usaha Jangka Panjang di Desa Pasti Untung!

Ingin memulai usaha yang dapat memberikan keuntungan di desa? Coba deh simak artikel ini untuk mengetahui usaha yang bisa kamu lakukan dengan jangka panjang di desa!

Tinggal di desa memang berbeda dengan tinggal di perkotaan. Di desa banyak masyarakatnya yang berprofesi untuk menyambung hidup mereka sendiri.

Seperti contoh menjadi petani, di mana hasil taninya mereka gunakan sendiri untuk kebutuhan hidup. Berbeda dengan di kota, kebanyakan orang kota lebih memilih untuk membeli barang jadi.

Tapi kamu tidak perlu khawatir juga kamu tinggal desa. Karena ada banyak kesempatan yang bisa kamu jalani untuk mendapatkan pundi-pundi pendapatan.

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa usaha yang bisa kamu lakukan di desa, nih. Usaha yang kami rekomendasikan di sini beda ya dari kebanyak profesi yang ada di desa.

Pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi usaha dengan jangka panjang untu kamu. Dengan jangka yang panjang ini, nantinya kamu tidak perlu repot-repot memikirkan apakah akan bertahan lama atau tidak.

Penasaran sama rekomendasinya? Simak terus informasi selengkapnya di bawah ini!

Ingin memulai usaha untuk pemula yang cocok untu kamu tapi menguntungkan? Coba deh simak artikel ini “20 Peluang Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula, Cuan Banyak!” dijamin langsung pengen usaha!

Bagaimana Cara Mencari Peluang Usaha di Desa

usaha jangka panjang di desa
Sumber: google.com

Sebelum masuk ke bahasan rekomendasi usaha jangka panjang di desa, mari kita bahas sedikit cara mencari peluang usaha di desa. Seperti yang kita tahu jika desa dan kota memiliki perbedaan yang cukup besar.

Berikut adalah langkah yang bisa kamu ikuti untuk mencari peluang usaha di desa:

  • Siapkan Modal dan Rencana Usaha

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai usaha pastinya dengan menyiapkan modal dan rencana usaha. Modal tidak harus uang, kamu juga bisa memanfaatkan modal berbentuk barang atau jasa untuk memulai usaha.

Kamu dapat mencari modal usaha dari tabungan pribadi, pinjaman keluar, kredit bank, atau bantuan usaha dari pemerintah.

  • Cari Potensi Sumber Daya Alam di Daerah Kamu

Kedua, kamu dapat mencari potensi sumber daya alam di desa kamu. Sumber daya alam dapat berupa tanah, air, hutan, pertania, perkebunan, peternakan, perikanan, atau hasil tambang.

Seperti contoh jika di desa kamu mempunyai sungai atau laut yang di dalamnya banyak ikan, kamu bisa manfaatkan untuk usaha perikanan.

  • Cari Tahu Kebutuhan Masyarakat di Desa Kamu

Kemudian kamu bisa mencari tahu apakah kebutuhan dari masyarakat di desa kamu. Hal ini agar usaha yang kamu jalankan dapat memiliki banyak pembeli.

Dengan menghadirkan solusi dari kebutuhan mereka, bukan tidak mungkin usaha kamu dapat berkembang dengan pesat. Kebutuhan masyarakat desa dapat berupa barang atau jasa.

  • Plilh Peluang Usaha yang Sesuai dengan Kriteria Kamu

Untuk membangun usaha yang baik, hal yang utama adalah usaha yang memiliki kriteria yang sesuai dengan diri kamu. Kriteria ini dapat kamu pertimbangkan dari beberapa faktor seperti minat dan bakat kamu, kemampuan dan ketrampilan.

Dan juga pasar dan permintaan konsumen, persaingan dan kompetitor usaha sejenis dan juga keuntungan dan resiko dari usaha tersebut.

  • Perhatikan Persaingan dan Kompetitor Usaha Sejenis

Terakhir, kamu juga harus memperhatikan persaingan dan kompetitor dari usaha yang ingin kamu jalankan. Hal ini harus kamu lakukan untuk menganalisis perbedaan dari persaingan yang ada.

Kamu juga harus bisa menawarkan produk atau jasa yang lebih baik, lebih murah, lebih cepat, atau lebih unik dari kompetitor. Selain itu, kamu juga harus bisa terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha.

Baca juga: 5 Rekomendasi Peluang Usaha Rumahan di Desa, Pasti Untung!

Rekomendasi Jenis Usaha Jangka Panjang di Desa

usaha jangka panjang di desa
Sumber: google.com
  • Toko Sembako atau Kelontong

Usaha pertama yang bisa kamu lakukan adalah usaha membuka toko sembako atau kelontong. Kamu dapat menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti beras, gula, telur, mi instan, minyak goreng, dan kebutuhan lain.

Usaha ini dapat memiliki prospek yang baik untuk jangka panjang karena produk sembako merupakan produk yang merupakan kebutuhan dari masyarakat.

  • Pangkas Rambut atau Salon

Kemudian, kamu juga bisa untuk memulai usaha pangkas rambut atau salon. Usaha ini dapat menarik perhatian dari warga desa yang ingin merawat diri dan juga mempercantik diri.

Usaha ini juga berpotensi jangka panjang karena rambut merupakan salah bagian tubuh yang harus dirawat dengan baik.

  • Bisnis Pulsa dan Token Listrik

Kamu juga bisa memperhitungkan untuk membuka usaha pulsa dan token listrik. Usaha ini memiliki prospek yang baik meskipun di desa, karena pulsa dan token listrik adalah kebutuhan pokok bagi banyak orang tak terkecuali di desa.

  • Warung Makan

Apabila kamu mempunyai keterampilan dalam memasak, kamu juga memperhitungkan untuk membuka usaha warung makan.

Makan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, jadi tidak mungkin jika usaha kamu tidak memiliki prospek yang baik.

  • Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan juga bisa kamu perhitungkan meskipun usaha ini dilakukan di desa. Namun, kamu harus menyesuaikan harganya dengan pendapatan orang desa.

Usaha ini juga memiliki prospek yang lumayan karena banyak orang yang mungkin tidak memiliki waktu dan kemauan untuk mencuci pakaian sendiri.

  • Cuci Motor

Kamu juga bisa membuka usaha cuci motor, usaha ini cukup menjanjikan mengingat populasi motor yang sangat banyak di Indonesia.

Kamu hanya memerlukan akses air dan juga halaman rumah yang cukup luas serta peralatan cuci steam untuk membuka usaha ini.

  • Agen Gas Elpiji

Nah, untuk usaha yang satu ini memiliki prospek yang cukup bagus. Selain itu, usaha ini juga dapat kamu lakukan dan cocok untuk pemula di pedesaan.

Usaha sebagai agen gas elpiji bisa menjadi usaha yang laris manis di pedesaan karena kebutuhan pokok gas elpiji untuk kebutuhan memasak.

Nah, itulah beberapa rekomendasi usaha yang bisa kamu coba yang memiliki jangka panjang di desa. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kamu harus memperhatikan peluang yang ada di desa kamu.

Selain peluang kamu juga harus memperhatikan modal dan rencana usaha yang matang agar usaha kamu dapat berjangka panjang.

Jangan lupa juga dengan inovasi pada usaha yang kamu jalankan agar memiliki keunggulan dari kompetitor dan pesaing.

Demikianlah akhir dari artikel ini seputar usaha jangka panjang di desa, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai usaha di desa.

Jangan lupa untuk terus pantengin Everpro.id untuk informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya