everpro

Ini Dia! 16+ Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Mencari peluang usaha rumahan di desa? Tak perlu khawatir, simak artikel ini dan temukan peluang yang menguntungkan dan menjanjikan bagi Anda!

Memiliki usaha sendiri adalah keinginan semua orang, apalagi bisa diawali dengan modal yang tidak terlalu besar. Masalahnya terkadang seseorang kebingungan akan membuka usaha apa dengan modal yang cukup kecil.

Namun sekarang Anda tak perlu bingung, artikel ini akan memberikan rekomendasi peluang usaha rumahan di desan dengan modal kecil yang berpotensi untung besar. Simak artikelnya sampai selesai, ya.

Rekomendasi Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha rumahan yang bisa Anda coba untuk menambah pemasukan keuangan Anda:

  • Peluang Usaha Rumahan di Desa – Minuman Kekinian 

Anda juga bisa membuka usaha kekinian, yakni usaha minuman kekinian. Dengan membuka usaha minuman kekinian ini, Anda bisa menciptakan trend minuman kreasi sendiri. 

Anda bisa mulai menciptakan trend minuman, misalnya menjual thai tea, mojito, cheese tea, dan masih banyak usaha minuman kekinian modal kecil yang bisa Anda buat.

Untuk memulai bisnis minuman kekinian, Anda bisa memulai dengan modal yang cukup kecil dan bisa Anda kembangkan menjadi besar.

  • Peluang Usaha Rumahan di Desa – Warung Kopi

Masyarakat kampung memiliki budaya kumpul dan bercengkrama dengan orang sekitar, sehingga usaha rumahan yang lagi trend yang bisa Anda pilih.

Makanan dan minuman yang dijual warung kopi memiliki banyak pilihan seperti kopi, teh, wedang jahe, cireng, gorengan, pancong, dan lain-lain.

  • Peluang Usaha Rumahan di Desa – Ternak Lele

Salah satu usaha rumahan yang cocok untuk pemula budidaya ternak lele sangat populer karena banyak dikonsumsi masyarakat di desa.

Modal yang dibutuhkan terjangkau dengan perawatan yang relatif mudah, sehingga Anda perlu mencari bibit lele dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau.

Dari hasil panen ikan lele dapat Anda jual ke pedagang di pasar, pengusaha pecel lele, dan usaha lainnya yang membutuhkan bahan baku berbahan dasar lele.

  • Usaha Jahit

Apabila Anda memiliki keahlian dalam hal menjahit pakaian dengan modal kecil dan bisa menghasilkan pendapatan tambahan adalah usaha jahit.

Permintaan usaha jahit di daerah desa cukup tinggi karena semakin banyak acara seperti pernikahan yang selalu ada di setiap bulan dimana membutuhkan baju baru.

Peluang Usaha Desa Secara Offline

  • Jualan Beras

Peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda lakukan adalah menjual beras.

Karena pada zaman sekarang semua sudah mulai berkurang, baik petani maupun sawahnya, maka orang-orang memerlukan yang serba instan.

Modalnya kurang dari 1 juta, dan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dari bisnis ini.

  • Jual Kue Kering

Jika Anda mempunyai hobi membuat kue tidak ada salahnya mengembangkan hobi sebagai salah satu sumber penghasilan. 

Untuk memulai bisnis kue kering, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar. Sebagai permulaan Anda bisa membuat satu atau dua toples kue kering untuk ditawarkan kepada teman dan orang sekitar.

Memilih aneka kue kering yang hendak dijual bisa dipilih sesuai dengan selera dan kemampuan Anda membuat kue kering. 

Sekalipun banyak orang yang membuat usaha serupa, namun Anda bisa menciptakan tampilan dan variasi rasa yang menarik untuk dijual. 

Modal usaha di bawah 1 juta sudah cukup untuk memulai bisnis kue kering, dan bisnis kue kering akan banyak diminati terutama menjelang hari raya. 

Selain kue kering Anda pun dapat menambahkan variasi kue yang dijual seperti kue basah, cake atau kue-kue jajanan pasar lainnya.

  • Counter Pulsa

Kebutuhan akan pulsa dan paket internet akan semakin meningkat di era digital yang semakin canggih dan cepat, sehingga dibutuhkan untuk didaerah terpencil seperti di desa.

Anda perlu mencoba usaha ini karena memiliki modal kecil yang menguntungkan dan menjanjikan untuk jangka panjang di sekitar desa Anda.

Oleh karena itu, bisnis ini termasuk usaha yang tidak pernah sepi karena sangat dibutuhkan dan selalu banyak peminatnya.

  • Usaha Salon Rumahan

Selanjutnya usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang memiliki potensial dalam jangka panjang dan bisa mengembangkan skill dalam merias dan menata rambut.

Jika Anda tidak memiliki skill tersebut, maka Anda bisa mengikuti pelatihan yang sesuai dengan tabungan untuk mempersiapkan sebelum memulai usaha salon rumahan.

Usaha salon rumahan di kampung menjadi bisnis yang bisa Anda fleksibel dan jarang berada di kampung, sehingga dibutuhkan oleh orang di daerah untuk acara tertentu.

Peluang Usaha Desa Secara Online

  • Makanan Ringan

Kemudian, jika Anda memiliki modal kecil dan ingin membuka usaha, cobalah membuka usaha makanan ringan. Bisnis makanan ringan atau camilan tidak hanya diminati oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. 

Dari mulai pelajar dan pekerja banyak yang menyukai makanan ringan untuk camilan di kala melakukan aktivitas. 

Tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang dan ubi pun banyak diminati. 

Membuat keripik singkong beraneka rasa bisa menjadi pilihan bisnis dengan modal usaha 1 juta bahkan kurang dari 1 juta.

  • Bisnis Pot Tanaman

Hobi memelihara tanaman hias meningkat sejak pandemi COVID-19 menyerang masyarakat Indonesia, maka permintaan bisnis pot tanaman akan meningkat pula.

Sehingga, menjadi peluang usaha rumahan di desa karena biasanya orang perkotaan akan lebih memilih buatan dari kampung yang berkualitas dengan harga terjangkau.

  • Kerajinan Mebel

Di daerah kampung memiliki banyak jenis pepohonan yang bisa dijadikan kerajinan mebel dimana hal tersebut merupakan ide usaha rumahan kreatif.

Anda bisa memproduksi berbagai produk dengan kayu seperti meja, hiasan dinding, kursi, lemari, dan lain sebagainya yang dapat dijual ke dalam negeri maupun luar negeri.

Kemudahan internet yang sangatlah canggih dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan usaha dan menjalin komunikasi dengan calon pembeli atau bekerja sama dengan pengusaha mebel lainnya.

  • Kerajinan Tangan 

Ketika bepergian ke luar kota selalu ada kerajinan tangan yang dijual sebagai buah tangan seperti gelang, baju, topi, tas, keranjang, kerajinan kain dan kayu, dan lain-lain.

Bisnis kerajinan tangan bisa menembus pasar yang luas bahkan sampai ke luar negeri dengan memanfaatkan kemudahan internet atau jualan online.

Melihat hal tersebut, maka Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan online untuk meningkatkan penjualan kerajinan tangan.

Ide Usaha Rumahan di Desa

  • Usaha Makanan Sarapan

Nah, ini adalah usaha yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang, yakni membuka usaha makanan untuk sarapan.

Sekarang tidak sedikit orang yang memiliki rutinitas pagi yang padat. Banyak yang harus berangkat ke kantor beberapa jam sebelum waktunya masuk kantor demi tidak datang terlambat. 

Hasilnya, tidak ada lagi waktu untuk menyiapkan sarapan setiap pagi untuk diri sendiri maupun keluarga.

Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat potensial. Anda dapat menawarkan menu sarapan pagi seperti bubur ayam, nasi uduk atau nasi kuning. 

Bahan-bahan yang digunakan dan cara membuat menu sarapan tidaklah sulit. Dengan modal usaha yang tidak terlalu besar Anda dapat meraup keuntungan yang cukup setiap harinya.

  • Budidaya Tanaman Hias

Orang kota senang berkunjung ke daerah desa hanya untuk sekedar berlibur dan mencari oleh-oleh dan salah satunya mencari tanaman hias.

Sehingga, budidaya tanaman hias adalah peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan yang dapat Anda jalankan karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Kondisi desa yang mendukung untuk membudidayakan tanaman hias tersebut, namun Anda perlu tahu cara packing tanaman untuk dikirim agar dalam kondisi segar dan aman.

  • Usaha Bibit Tanaman

Selain budidaya tanaman hias juga Anda bisa menjadikan usaha bibit tanaman sebagai pilihan usaha rumahan di desa apabila memiliki tanah yang cukup luas dan bagus untuk pertumbuhan.

Dengan Anda mengembangkan bibit tanaman yang berkualitas dengan kuantitas yang besar, sehingga bisa ditawarkan ke petani dan pengusaha tanaman.

  • Bisnis Ayam Petelur

Telur menjadi kebutuhan sehari-hari karena dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan menjadi bahan untuk sebuah adonan, sehingga bisnis ayam petelur menjadi ide yang tepat.

Hasil panen telur tersebut bisa Anda jual ke warung sembako, rumah makan, atau Anda bisa menjadi distributor telur ayam untuk toko-toko.

Itulah rekomendasi peluang usaha di desa yang menjanjikan dan menguntungkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang bisa Anda coba sekarang juga.

Jangan lupa share artikel ini ke media sosial Anda dan nantikan artikel menarik seputar bisnis berikutnya yang pasti hanya di Everpro, ya!

Picture of Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy, merupakan SEO Content Writer di Blog Everpro yang fokus pada konten bisnis, jasa ekspedisi, dan kurir. Sebelumnya saya merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Setelah lulus, saya bekerja di dunia kepenulisan selama 1 tahun, yakni menjadi wartawan di sebuah media berita. Namun sejak masih kuliah saya aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan selama 3 tahun. Bahkan semasa kuliah saya sudah bekerja sebagai penulis lepas di berbagai media berita dan penyiar radio. Oleh karena itu saya memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan mencari sumber yang kredibel untuk sebuah tulisan yang saya buat. Semoga yang saya sajikan dapat bermanfaat untuk semua yang membacanya.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti