everpro

15+ Peluang Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula, Cuan Banyak!

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Sedang mencari peluang usaha rumahan untuk pemula? Simak artikel tentang usaha rumahan yang cocok untuk pemula disini.

Kesuksesan merupakan hal yang setiap orang cari. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memulai bisnis.

Ide untuk meraih kesuksesan menjadi pengusaha telah menjadi tren di segala kalangan, terutama di kalangan anak muda. Inilah mengapa saat ini banyak yang sudah sukses menjadi pengusaha di usia muda.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan memulai bisnis, tak hanya soal penghasilan. Anda juga bisa mendapat banyak ilmu dan pengalaman yang berguna untuk menjalani hidup.

Namun, banyak juga yang mengurungkan niat karena takut akan resiko kerugian. Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan memilih usaha yang sesuai dan minim resiko seperti usaha rumahan.

Simak lebih lanjut mengenai usaha rumahan yang cocok untuk pemula berikut ini.

Baca juga: 15+ Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya 2022, Cuan!

Cara Mencari Peluang Usaha Rumahan untuk Pemula

peluang bisnis
Sumber: pexels.com

Skill bisnis seperti keterampilan teknis, kepemimpinan, manajemen bisnis, dan kreativitas merupakan hal penting dalam menjalankan usaha. Tanpa kemampuan tersebut, pasti akan sulit dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.

Selain kemampuan bisnis untuk memulai tentu perlu memiliki kemampuan melihat peluang usaha yang potensi besar. Berikut adalah cara mencari peluang usaha untuk pemula:

Everpro
  • Melihat Tren

Agar mampu mendapatkan ide serta peluang bisnis yang cocok, anda bisa mengamati perkembangan zaman dan melihat apa yang sedang trending saat ini.

Anda dapat mengamati melalui media sosial seperti Instagram dan Tiktok. Bisa juga dengan melihat dari Google Trend. Kemudian anda bisa menjadikannya sebagai ide dasar untuk anda kembangkan dan berinovasi.

  • Mengamati Lingkungan Sekitar

Riset merupakan hal penting dalam memulai bisnis. Salah satu caranya adalah dengan mengamati lingkungan sekitar, apa saja yang mereka butuhkan dan sukai. 

Begitupun dengan jenis usaha yang berhasil di daerah anda, amati apa kelebihan dan strategi pemasarannya. 

  • Melihat Passion Diri Sendiri

Cara selanjutnya adalah dengan mengamati bakat dan keahlian yang anda miliki. Anda bisa mulai membuat usaha dari hobi, dengan begitu tidak sulit untuk anda menjalankan apa yang sudah menjadi kegemaran.

  • Bertukar Pikiran dengan Orang Terdekat

Untuk mendapatkan peluang dan ide anda perlu memperluas jaringan pertemanan. Dengan banyaknya relasi memudahkan anda untuk bertukar pikiran serta menemukan peluang yang sesuai.

Libatkan juga orang terdekat baik itu kerabat maupun keluarga. Apalagi jika anda memiliki kerabat yang telah berkecimpung di dunia bisnis lebih dulu. Tentu anda bisa belajar dari pengalaman mereka.

  • Melihat Usaha di Daerah Lain

Cara lainnya adalah dengan memperhatikan usaha yang sedang berkembang di daerah bahkan negara lain. Kemudian anda bisa menjadikannya ide untuk memulai usaha di daerah sendiri.

Tentunya anda perlu memastikan bahwa ide usaha tersebut relevan jika anda terapkan di lingkungan sekitar. Selanjutnya anda bisa berinovasi dan menyesuaikan dengan selera masyarakat di daerah anda.

Tips Memulai Usaha Rumahan untuk Pemula

usaha rumahan yang cocok untuk pemula
Sumber: google.com

Meraih kesuksesan saat menjalankan usaha memang tidak selalu berjalan mulus. Perlu kerja keras, cerdas, dan ketekunan untuk mendapatkannya. Berikut adalah 5 tips agar sukses memulai usaha rumahan untuk pemula:

  1. Fokus pada satu peluang bisnis, dengan begitu anda bisa menyalurkan seluruh ide dan pikiran secara terarah.
  2. Lakukanlah hal yang anda sukai atau sesuai passion, hal ini tentunya memudahkan anda saat menjalankan usaha. Jadi anda bisa menjalankan hobi sembari meraup keuntungan.
  3. Kuasai segala hal tentang bisnis anda. Pelajari dan pahami lebih lanjut mengenai segala hal terkait bisnis yang anda jalankan agar dapat mengembangkannya.
  4. Selalu ingin belajar dari orang lain. Perlu anda ketahui bahwa tidak ada yang paling mengetahui segala hal tentang sesuatu. Jadi anda perlu bersikap terbuka dan berkonsultasi dari yang orang yang sudah sukses.
  5. Belajar dari kegagalan, karena tidak ada yang pasti di dunia ini. Gagal bukan merupakan akhir, anda bisa belajar dari pengalaman tersebut untuk lebih mempersiapkan langkah selanjutnya.

Peluang Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

usaha rumahan yang cocok untuk pemula
Sumber: pexels.com

Perkembangan teknologi di berbagai bidang memberi banyak kemudahan, salah satunya adalah berbisnis. Saat ini anda dapat mengelola bisnis melalui perangkat yang bisa anda bawa kemana saja.

Jadi anda tidak harus memiliki toko atau menyewa tempat untuk mulai berbisnis. Dengan begitu modal yang anda keluarkan juga jadi lebih kecil. Berikut adalah ide usaha rumahan yang cocok untuk pemula:

  • Usaha Rumahan yang Cocok – Dropshipping

Peluang usaha rumahan yang cocok untuk pemula dan minim resiko adalah dengan menjadi dropshipper. Dengan usaha ini anda tidak perlu repot menyiapkan tempat untuk produk yang anda jual.

Anda cukup bermitra dengan supplier, lalu membuat toko online yang menarik. Kemudian anda akan mendapatkan penghasilan dari selisih harga dari supplier dan harga jual toko anda.

  • Usaha Rumahan – Reseller

Ide lainnya adalah dengan menjadi reseller untuk produk ternama dan memiliki banyak peminat. Pastikan anda memilih supplier yang berkualitas, bagus, aman, dan dapat dipercaya.

Cara kerjanya adalah anda membeli barang dengan harga lebih murah dari pasaran. Kemudian menjual kembali dengan harga yang kompetitif. Pasarkan dengan menarik agar banyak yang membeli dari usaha anda.

  • Usaha Rumahan dengan Menjual Paket Internet & Pulsa

Menjual pulsa dan paket internet merupakan peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya. Karena setiap hari pasti membutuhkan pulsa dan koneksi internet untuk handphone

Meskipun orang bisa mendapatkannya dengan mudah sekarang, namun masih banyak juga yang tidak bisa membelinya dengan bebas. Belum lagi, ada juga orang yang tidak mau repot membeli sendiri.

  • Usaha Rumahan – Jasa Top Up Game

Game online memiliki banyak penggemar mulai dari anak kecil hingga dewasa. Hal ini tentu menjadi peluang usaha untuk pemula yang cocok dan minim resiko. 

Anda bisa mendaftarkan diri sebagai mitra di portal top up game yang terpercaya.

  • Usahan Rumahan – Menjual Camilan

Makanan ringan atau camilan selalu memiliki peluang usaha yang besar, karena banyak peminatnya. Selain itu menjalankannya pun mudah, anda bisa membeli langsung camilan kiloan dari supplier kemudian mengemas sendiri.

Bisa juga dengan menjual camilan hasil buatan sendiri yang memiliki banyak disukai seperti tahu krispi, telur gulung, cilok, seblak, kentang spiral, dan masih banyak lagi.

  • Usaha Katering Rumahan Pre-Order

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah menjual makanan atau katering dengan sistem pre-order. Dengan sistem pesanan anda dapat mempersiapkannya lebih pasti. 

Selain itu bisnis seperti ini minim resiko, karena anda sudah mengetahui berapa banyak yang harus dibuat.

  • Usaha Rumahan Menjual Kerajinan Tangan

Apabila anda memiliki keahlian membuat kerajinan tangan, bisa anda jadikan usaha rumahan yang menguntungkan. Anda dapat memasarkannya melalui media sosial, dan menjualnya di marketplace agar menjangkau pasar yang luas.

Berbagai kerajinan tangan yang laku dan banyak peminat adalah buket bunga dari kerta, buket makanan, scrapbook, pop up frame, kado pop up, dan masih banyak lagi.

  • Usaha Rumahan –  Cuci Pakaian

Selanjutnya anda juga bisa membuka jasa laundry atau cuci dan setrika pakaian sebagai ide usaha rumahan. 

Cara menjalankannya pun relatif mudah, yang penting anda memiliki alat untuk menjalankannya yaitu mesin cuci, setrika, dan perlengkapan lain.

  • Usaha Rumahan – Cuci Sepatu

Cuci sepatu juga memberikan peluang usaha yang besar dengan banyaknya target pasar. Target pasar dari bisnis ini antara lain anak sekolah, mahasiswa, hingga pekerja.

Apalagi sekarang banyak konser terselenggara di musim penghujan, tentu menjadi peluang besar untuk menjalankan usaha ini. 

  • Usaha Rumahan Menjual Barang Bekas atau Thrift

Anda punya banyak pakaian dan barang bekas yang masih bagus? Bisa anda manfaatkan untuk usaha preloved. Selain itu, anda juga bisa membeli dari supplier baju bekas.

Menjalankan bisnis ini memberikan peluang usaha rumahan yang besar, karena thrifting sendiri menjadi tren di banyak kalangan terutama anak muda.

Baca juga: 20 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Laku dan Cuan!

  • Memberikan Jasa Penulisan

Jika anda memiliki hobi dan bakat menulis, pergunakanlah sebagai usaha untuk meraih penghasilan. Anda bisa membuat blog dan juga memberikan jasa penulis lepas melalui berbagai situs freelance yang bisa anda cari di browser.

  • Usaha Rumahan dengan Menjual Sembako

Kebutuhan pokok adalah salah satu peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya. Seperti namanya, masyarakat tentu akan membelinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Maka dari itu anda bisa membuka warung sembako yang menjual berbagai produk seperti beras, minyak goreng, telur, mie, dan masih banyak lagi.

  • Jasa Desain Grafis

Keahlian menggambar dan membuat desain grafis menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Anda dapat memberikan jasa untuk membuat logo perusahaan, materi iklan, desain produk, poster, gambar, dan lainnya.

  • Menjual Minuman Kekinian

Boba, kopi susu, dan milk tea adalah beberapa contoh minuman kekinian yang memiliki banyak peminat. Hal ini tentu bisa anda jadikan peluang usaha rumahan yang menjanjikan. 

Cara membuatnya pun mudah, karena telah tersedia minuman bubuk yang bisa anda beli di supplier

  • Usaha Angkringan

Angkringan menjadi salah satu pilihan bisnis yang memiliki prospek yang baik. Karena modalnya tidak terlalu besar namun keuntungannya cuku banyak. 

Buatlah menu yang beragam dan tetap menjaga kebersihan dari lokasi anda berjualan, agar banyak yang tertarik membeli dari angkringan anda. Tentunya kualitas rasa juga menjadi hal penting untuk anda perhatikan.

  • Membuka Petamini

Apabila anda memiliki rumah atau lahan di pinggir jalan, bisa anda jadikan peluang menjalankan bisnis dengan membuka Pertamini atau POM Mini.

Bensin merupakan hal penting dalam kebutuhan berkendara. Apalagi jika anda menjalankannya di desa atau tempat yang jarang terdapat SPBU namun merupakan jalur yang banyak dilintasi pengendara.

  • Agen Gas Elpiji

Gas Elpiji merupakan kebutuhan pokok untuk bisa memasak, tentunya banyak yang membutuhkan mulai dari ibu rumah tangga hingga pedagang masakan.

Berjualan gas elpiji tentu memberi peluang usaha rumahan yang cocok dan selalu menguntungkan. 

Demikian penjelasan mengenai usaha rumahan yang cocok untuk pemula, mulai dari cara mencari, tips menjalankannya, hingga rekomendasi peluang bisnis.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya dari Evepro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?