everpro

25+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Laku dan Cuan!

Sedang mencari rekomendasi usaha rumahan modal kecil? Simak ide usaha rumahan modal 50 ribu yang laku dan cuan pastinya!

Saat akan memulai suatu bisnis, modal memang menjadi hal utama yang diperhatikan. Karena modal tersebut yang menjadi biaya awal untuk memulai usaha.

Modal tersebut bisa anda gunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, perlengkapan, hingga biaya sewa tempat.

Tak jarang banyak yang mengurungkan niat untuk memulai bisnis karena tidak punya modal. Namun dengan canggihnya teknologi dan informasi, anda bisa mencari tahu rekomendasi serta cara untuk memulai usaha dengan modal kecil.

Salah satunya adalah dengan usaha rumahan, yang mudah dan modalnya pun kecil. Ingin tahu apa saja? 

Baca artikel mengenai usaha rumahan modal 50 ribu sampai tuntas untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

Tentang Jenis Usaha Rumahan

usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: google.com

Memulai suatu bisnis memang tidak selalu mudah, terutama bagi pemula yang belum memiliki pengalaman apapun, memulai usaha menjadi suatu tantangan. 

Anda perlu menentukan ide, cara menjalankan usaha, serta menghitung modal yang diperlukan. Modal sendiri menjadi hal yang sangat penting, karena bisnis sulit berjalan tanpa adanya modal.

Namun anda tidak perlu khawatir jika ingin memulai usaha tanpa modal yang besar. Anda bisa memulainya dengan usaha rumahan.

Jenis usaha rumahan adalah bisnis yang anda jalankan mulai dari produksi hingga menjualnya dari rumah. Saat ini terdapat berbagai jenis usaha rumahan mulai dari usaha makanan, cemilan, minuman, hingga kerajinan tangan.

Salah satu keuntungan dari bisnis rumahan adalah tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, seperti untuk sewa tempat dan sebagainya. 

Selain itu anda dapat menjalankan usaha dengan fleksibel dengan memasarkan secara online melalui marketplace maupun sosial media. Tentu hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk anda membuka toko offline di rumah. 

Baca juga: 15+ Ide Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar 2023

Rekomendasi Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: google.com

Memulai bisnis rumahan memang menarik karena anda tidak perlu modal besar dan tetap mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Syaratnya adalah anda rajin dan tekun dalam menjalankan usaha. Dengan begitu bisnis akan semakin berkembang dan keuntungan juga terus bertambah.

Tapi memang bisa memulai usaha rumahan modal 50 ribu? Tentu bisa! Bahkan anda juga bisa memulai usaha dengan modal 0 rupiah, yang penting anda memiliki smartphone dan internet untuk menjalankannya.

Berikut adalah rekomendasi yang bisa anda coba untuk meraih keuntungan besar dengan modal kecil, simak sampai selesai ya.

20 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: google.com

Anda bisa meraih penghasilan tambahan bahkan penghasilan utama dengan memulai usaha rumahan. Berikut adalah rekomendasi bisnis yang bisa anda coba:

  • Usaha Cemilan

Rekomendasi yang pertama untuk memulai usaha rumahan dengan modal 50 ribu adalah menjual cemilan. Anda bisa membuat cemilan sendiri dengan melihat resepnya di Youtube atau Google.

Banyak sekali jenis cemilan yang bisa anda jual seperti cireng, keripik, churros, dan lainnya. Selain itu anda juga bisa membeli cemilan kiloan lalu anda kemas dalam berbagai ukuran, kemudian menjual secara offline juga online

Mencoba jualan cemilan dapat anda lakukan dengan mudah dan murah. Tentunya keuntungannya pun lumayan besar.

  • Usaha Jualan Kue

Selanjutnya anda juga bisa memulai usaha rumahan modal kecil dengan menjual kue. Bisnis ini cukup mudah anda lakukan dari rumah, bahan-bahan kue juga relatif murah dan mudah untuk didapatkan.

Bahkan resep membuat kue juga sudah banyak di Youtube dan Google. Anda bisa membeli bahan dasar kue di pasar atau toko bahan-bahan kue agar lebih murah.

Kemudian anda bisa menjualnya di sekolahan, titip jual di toko atau warung, menjual dari rumah, hingga menerima pesanan untuk hari spesial.

Anda juga bisa mempromosikan melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram. Dengan begitu jangkauan pasar menjadi lebih luas, dan peluang penjualan juga lebih besar.

  • Bisnis Kopi Susu

Bisnis kopi susu bisa menjadi ide memulai usaha yang mudah dan murah. Saat ini banyak yang menyukai kopi susu, mulai dari anak muda hingga orangtua.

Anda bisa membeli bahan baku secara online melalui marketplace atau ke toko langsung. Kemudian anda juga bisa menjual secara online melalui aplikasi ojek online atau marketplace

  • Usaha Jual Milk Tea

Salah satu minuman kekinian ini patut anda coba untuk memulai bisnis dengan minim modal. Bahannya pun sederhana dan mudah untuk didapatkan. 

Anda bisa membeli bahan milk tea berbagai rasa seperti thai tea, matcha, dan lainnya di marketplace. Kemudian berikan berbagai pilihan topping agar lebih menarik seperti boba dan puding.

Sama seperti kopi susu, anda bisa menjual secara online melalui layanan Food seperti GoFood, ShopeeFood, dan GrabFood. Dengan begitu peluang penjualan juga menjadi lebih besar.

  • Jualan Pakaian Bekas (Thrift)

Rekomendasi usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah dengan menjual baju bekas yaitu thrift atau preloved. Bahkan anda juga bisa memulai usaha ini tanpa modal. Anda bisa menjual pakaian yang sudah tidak terpakai dengan kondisi yang bagus. Anda bisa memasarkannya secara online dan offline

Walaupun modalnya kecil bahkan nihil, namun keuntungannya bisa besar lho! Apalagi jika anda bisa mendapatkan baju bekas branded yang masih bagus. Anda bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi dan mendapatkan keuntungan yang besar.

  • Memberikan Kursus Online

Apabila anda memiliki suatu keahlian seperti bahasa asing, ilmu digital marketing, dan lainnya bisa anda jadikan bisnis dengan membuka kursus online. Bisnis ini tidak memerlukan modal besar.

Anda hanya perlu memiliki device yang terhubung dengan internet dan memiliki kamera aktif. Kemudian anda bisa membuat materi kursus dan menjalankannya melalui video call seperti Zoom, Google Meets, dan lainnya.

  • Usaha Katering Makanan Pre-Order

Ide bisnis rumahan lainnya adalah dengan membuka katering makanan pre-order. Jadi anda bisa menawarkan menu katering lalu mengumpulkan konsumen terlebih dahulu baru membuat pesanannya.

Dengan cara ini pengeluaran menjadi lebih jelas, dan tidak rugi karena sudah tahu berapa porsi yang harus anda buat. Anda bisa menawarkan menu makan siang ke kantor, sekolah, atau untuk acara tertentu melalui media sosial.

  • Jualan Gorengan

Dengan modal 50 ribu anda bisa membeli bahan baku untuk menjual gorengan. Gorengan merupakan jenis makanan yang bisa dimakan kapan saja, baik itu pagi, siang, maupun sore.

Cara membuatnya pun mudah, jadi anda bisa memulai segera untuk menjual gorengan. Anda bisa menjualnya di rumah, sekolah, ataupun tempat lainnya yang ramai. Selain itu bisa juga menjual secara online.

  • Usaha Sambal

Sambal menjadi jenis makanan pelengkap favorit di Indonesia. Rasanya yang pedas menggugah selera, apalagi jika dipasangkan dengan bakso, ayam goreng, dan nasi hangat.

Bisnis ini juga cukup mudah untuk dilakukan, bahan-bahannya pun tersedia di pasar. Anda bisa menjual berbagai jenis sambal seperti sambal cumi, sambal goang, sambal bawang, dan masih banyak lagi.

  • Bisnis Jastip (Jasa Titip)

Kini modal bukan menjadi halangan untuk memulai usaha. Anda bisa menjalankan usaha minim modal dengan memberikan jasa titip barang.

Modal bisnis ini adalah kemauan untuk pergi membeli barang titipan dari konsumen. Cara menjalankannya pun mudah, anda bisa mulai menawarkan ke saudara atau tetangga untuk membeli belanjaan yang mereka butuhkan. Kemudian mereka hanya perlu memberikan daftar belanjaan beserta uangnya.

Anda bisa mengatur sendiri berapa tarif yang diinginkan. Selain itu promosikan jasa titip anda melalui media sosial agar mendapat konsumen yang lebih luas.

  • Jasa Penulisan Artikel

Ide usaha tanpa modal bisa anda lakukan dengan memberikan jasa penulisan artikel. Anda hanya memerlukan laptop atau komputer yang terhubung dengan internet.

Anda dapat mengakses situs freelance dan sebagainya untuk mendapatkan klien. Buatlah artikel sesuai dengan brief yang diberikan oleh klien anda. 

Jenis pembayarannya bermacam-macam, ada yang per satu artikel, atau per project. Anda bisa menyesuaikan tarif jasa dengan rate artikel secara umum.

  • Usaha Menjual Aksesoris

Selanjutnya anda juga bisa memulai usaha mudah dan modal kecil dengan menjual aksesoris. Untuk menjual aksesoris bisa dengan membuatnya sendiri atau mencari membeli yang sudah jadi.

Cara memasarkannya pun bisa menggunakan media sosial serta marketplace agar menjangkau pasar yang lebih luas.

  • Usaha Laundry Pakaian dan Setrika

Memulai bisnis dari rumah selanjutnya adalah dengan memberikan jasa cuci dan setrika. Bisnis ini tidak perlu modal besar, yang penting anda bisa memiliki setrika dan alat mencuci.

Anda bisa mulai dengan menawarkan ke tetangga, mahasiswa, serta pasangan mudah yang sibuk dan memerlukan jasa cuci pakaian yang cepat.

Baca juga: 26 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

  • Usaha Rumahan Cuci Sepatu

Bisnis cuci sepatu menjadi salah satu jenis usaha yang ngetren belakangan ini. Apalagi dengan cuaca yang sering hujan seperti sekarang, jasa cuci sepatu menjadi lebih ramai.

Anda juga tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai usaha ini. Saat ini tersedia berbagai sumber untuk mempelajari teknik cuci sepatu serta informasi bahan yang dibutuhkan.

  • Jasa Penerjemah

Memiliki keahlian menerjemahkan bahasa asing? Hal ini merupakan modal untuk anda membuka jasa penerjemah. Menawarkan jasa terjemahan bisa anda lakukan melalui berbagai situs freelance

  • Menjadi Dropshipper

Rekomendasi bisnis minim modal dan anti ribet selanjutnya adalah dengan menjadi dropshipper. Anda hanya memerlukan device dan internet yang lancar, serta kemampuan menjual yang baik.

  • Jualan Seblak

Seblak menjadi salah satu jenis makanan yang populer di semua kalangan. Cara membuatnya mudah, dan bahan-bahannya pun murah. Anda bisa mendapatkan bahan dari pasar.

Buatlah pilihan toping bervariasi agar lebih menarik. Kemudian anda dapat menjualnya secara offline dari rumah, di sekolahan, atau kampus. Bisa juga menjual secara online melalui aplikasi penyedia layanan pesan makanan.

  • Menjual Donat Kentang

Rekomendasi pilihan bisnis selanjutnya adalah dengan menjual donat kentang. Bahan dan cara membuatnya mudah dan murah. Donat yang lembut ini banyak disukai oleh berbagai jenis kalangan.

Untuk memasarkannya anda bisa menjual sendiri di rumah secara online dan offline, bisa juga menitipkan dagangan di kantin atau warung.

  • Jasa Les Privat

Jika anda memiliki keahlian dalam mengajar bisa anda jadikan ide untuk memulai bisnis. Anda hanya perlu membuat materi pelajaran dan menawarkannya ke teman, saudaran, serta melalui media sosial.

  • Kerajinan Tangan

Apabila anda memiliki keahlian membuat kerajinan tangan, bisa menjadi modal untuk anda menjalankan usaha. 

Terdapat berbagai jenis kerajinan tangan yang bisa anda coba seperti membuat pakaian rajut, buket bunga kertas, pajangan, scrapbook, dan masih banyak lagi.

  • Usaha Tanaman Hias

Kamu dapat melakukan usaha tanaman hias bisa juga kamu jalankan dengan modal 50 ribu, lho. Triknya adalah kamu harus mencari penjual tanaman hias dengan harga yang murah sehingga kamu dapat melakukan usaha ini hanya dengan modal 50 ribu. Kamu juga bisa memulai dengan cara lain yaitu menanam bibit yang telah kamu beli sampai tumbuh besar dan sudah bisa untuk kamu jual.

  • Jualan Pulsa

Jualan pulsa mungkin kamu pikir akan membutuhkan banyak modal namun, sebenarnya kamu dapat memulai jualan pulsa hanya dengan modal 50 ribu saja. Gimana caranya? caranya cukup mudah kamu hanya perlu membeli saldo pulsa dan kemudian kamu tawarkan teman-teman sekitar atau orang terdekat kamu. Biasanya orang-orang terdekat yang membutuhkan pulsa akan menghubungi kamu untuk mengisi pulsanya.

  • Usaha Keripik

Selanjutnya yaitu usaha keripik, sudah tidak asing lagi makanan keripik untuk lidah orang Indonesia. Kamu dapat memanfaatkannya dengan membuka bisnis keripik dengan modal hanya 50 ribu. Kemudian kamu dapat membeli bahan dasarnya di pasar dengan harga yang murah, lalu kemudian olah menjadi keripik yang siap untuk disantap. Kamu bisa mencoba usaha ini karena mudah cara buatnya dan modalnya bisa hanya dengan 50 ribu.

  • Cuci Motor

Usaha yang satu ini memang agak tricky karena kamu pasti bertanya memang bisa usaha cuci motor hanya dengan 50 ribu? Jawabannya bisa, kamu hanya harus melakukannya di rumah kamu dengan alat yang sudah kamu punya seperti selang, sabun cuci, sikat, dll. Hanya dengan modal 50 ribu kamu bisa untuk memulai usaha cuci motor rumahan

  • Usaha Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan makanan yang seringkali kita jumpai dan memiliki cita rasa yang enak. Nah, ternyata kamu juga bisa memulai bisnis rumahan nasi uduk dengan modal 50 ribu. Kamu dapat membuat nasi uduk dengan jumlah yang sedikit dahulu untuk uji coba pasar. Cobalah buat nasi uduk untuk sarapan seperti nasi uduk betawi dengan gorengan dan topping lainnya. Dengan modal 50 ribu kamu dapat memulai usaha rumahan yang mudah dan hemat.

  • Usaha Nasi Kucing

Untuk usaha yang satu ini kamu perlu melakukannya dengan sistem titip jual kepada angkringan atau tempat makan yang lainnya yang sekiranya cocok. Kamu dapat menawarkan untuk titip jual dengan para angkringan dengan sistem bagi hasil. Usaha ini dapat kamu jalankan dengan modal yang sangat minim hanya dengan 50 ribu rupiah.

  • Usaha Lontong Sayur

Usaha yang satu ini juga muncul saat pagi-pagi dengan menargetkan orang yang mencari sarapan. Lontong sayur bisa kamu jalankan hanya dengan modal 50 ribu rupiah. Pastikan kamu memiliki tempat jualan yang strategis dengan orang rumahan atau kantoran. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pelanggan usaha ini.

Demikian penjelasan dan rekomendasi usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa anda coba untuk meraih penghasilan.

Ingin coba berbisnis berbagai produk di Everpro Product Sourcing! Banyak loh berbagai kemudahan yang bisa di ambil,

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan