everpro

20 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Laku dan Cuan!

usaha rumahan modal 50 ribu

Sedang mencari rekomendasi usaha rumahan modal kecil? Simak ide usaha rumahan modal 50 ribu yang laku dan cuan pastinya!

Saat akan memulai suatu bisnis, modal memang menjadi hal utama yang diperhatikan. Karena modal tersebut yang menjadi biaya awal untuk memulai usaha.

Modal tersebut bisa anda gunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, perlengkapan, hingga biaya sewa tempat.

Tak jarang banyak yang mengurungkan niat untuk memulai bisnis karena tidak punya modal. Namun dengan canggihnya teknologi dan informasi, anda bisa mencari tahu rekomendasi serta cara untuk memulai usaha dengan modal kecil.

Salah satunya adalah dengan usaha rumahan, yang mudah dan modalnya pun kecil. Ingin tahu apa saja? 

Baca artikel mengenai usaha rumahan modal 50 ribu sampai tuntas untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

Tentang Jenis Usaha Rumahan

usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: google.com

Memulai suatu bisnis memang tidak selalu mudah, terutama bagi pemula yang belum memiliki pengalaman apapun, memulai usaha menjadi suatu tantangan. 

Anda perlu menentukan ide, cara menjalankan usaha, serta menghitung modal yang diperlukan. Modal sendiri menjadi hal yang sangat penting, karena bisnis sulit berjalan tanpa adanya modal.

Namun anda tidak perlu khawatir jika ingin memulai usaha tanpa modal yang besar. Anda bisa memulainya dengan usaha rumahan.

Everpro

Jenis usaha rumahan adalah bisnis yang anda jalankan mulai dari produksi hingga menjualnya dari rumah. Saat ini terdapat berbagai jenis usaha rumahan mulai dari usaha makanan, cemilan, minuman, hingga kerajinan tangan.

Salah satu keuntungan dari bisnis rumahan adalah tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, seperti untuk sewa tempat dan sebagainya. 

Selain itu anda dapat menjalankan usaha dengan fleksibel dengan memasarkan secara online melalui marketplace maupun sosial media. Tentu hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk anda membuka toko offline di rumah. 

Baca juga: 100+ Nama Toko yang Bagus 2022, Pasti Pembeli Tertarik!

Rekomendasi Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

rekomendasi bisnis
Sumber: google.com

Memulai bisnis rumahan memang menarik karena anda tidak perlu modal besar dan tetap mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Syaratnya adalah anda rajin dan tekun dalam menjalankan usaha. Dengan begitu bisnis akan semakin berkembang dan keuntungan juga terus bertambah.

Tapi memang bisa memulai usaha rumahan modal 50 ribu? Tentu bisa! Bahkan anda juga bisa memulai usaha dengan modal 0 rupiah, yang penting anda memiliki smartphone dan internet untuk menjalankannya.

Berikut adalah rekomendasi yang bisa anda coba untuk meraih keuntungan besar dengan modal kecil, simak sampai selesai ya.

20 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

usaha rumahan modal 50 ribu
Sumber: google.com

Anda bisa meraih penghasilan tambahan bahkan penghasilan utama dengan memulai usaha rumahan. Berikut adalah rekomendasi bisnis yang bisa anda coba:

  • Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Menjual Cemilan

Rekomendasi yang pertama untuk memulai usaha rumahan dengan modal 50 ribu adalah menjual cemilan. Anda bisa membuat cemilan sendiri dengan melihat resepnya di Youtube atau Google.

Banyak sekali jenis cemilan yang bisa anda jual seperti cireng, keripik, churros, dan lainnya. Selain itu anda juga bisa membeli cemilan kiloan lalu anda kemas dalam berbagai ukuran, kemudian menjual secara offline juga online

Mencoba jualan cemilan dapat anda lakukan dengan mudah dan murah. Tentunya keuntungannya pun lumayan besar.

  • Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Jualan Kue

Selanjutnya anda juga bisa memulai usaha rumahan modal kecil dengan menjual kue. Bisnis ini cukup mudah anda lakukan dari rumah, bahan-bahan kue juga relatif murah dan mudah untuk didapatkan.

Bahkan resep membuat kue juga sudah banyak di Youtube dan Google. Anda bisa membeli bahan dasar kue di pasar atau toko bahan-bahan kue agar lebih murah.

Kemudian anda bisa menjualnya di sekolahan, titip jual di toko atau warung, menjual dari rumah, hingga menerima pesanan untuk hari spesial.

Anda juga bisa mempromosikan melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram. Dengan begitu jangkauan pasar menjadi lebih luas, dan peluang penjualan juga lebih besar.

  • Usaha Rumahan Bisnis Kopi Susu

Bisnis kopi susu bisa menjadi ide memulai usaha yang mudah dan murah. Saat ini banyak yang menyukai kopi susu, mulai dari anak muda hingga orangtua.

Anda bisa membeli bahan baku secara online melalui marketplace atau ke toko langsung. Kemudian anda juga bisa menjual secara online melalui aplikasi ojek online atau marketplace

  • Usaha Rumahan Menjual Milk Tea

Salah satu minuman kekinian ini patut anda coba untuk memulai bisnis dengan minim modal. Bahannya pun sederhana dan mudah untuk didapatkan. 

Anda bisa membeli bahan milk tea berbagai rasa seperti thai tea, matcha, dan lainnya di marketplace. Kemudian berikan berbagai pilihan topping agar lebih menarik seperti boba dan puding.

Sama seperti kopi susu, anda bisa menjual secara online melalui layanan Food seperti GoFood, ShopeeFood, dan GrabFood. Dengan begitu peluang penjualan juga menjadi lebih besar.

  • Usaha Rumahan Jualan Pakaian Bekas (Thrift)

Rekomendasi usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah dengan menjual baju bekas yaitu thrift atau preloved. Bahkan anda juga bisa memulai usaha ini tanpa modal. Anda bisa menjual pakaian yang sudah tidak terpakai dengan kondisi yang bagus. Anda bisa memasarkannya secara online dan offline

Walaupun modalnya kecil bahkan nihil, namun keuntungannya bisa besar lho! Apalagi jika anda bisa mendapatkan baju bekas branded yang masih bagus. Anda bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi dan mendapatkan keuntungan yang besar.

  •  Usaha Rumahan dengan Memberikan Kursus Online

Apabila anda memiliki suatu keahlian seperti bahasa asing, ilmu digital marketing, dan lainnya bisa anda jadikan bisnis dengan membuka kursus online. Bisnis ini tidak memerlukan modal besar.

Anda hanya perlu memiliki device yang terhubung dengan internet dan memiliki kamera aktif. Kemudian anda bisa membuat materi kursus dan menjalankannya melalui video call seperti Zoom, Google Meets, dan lainnya.

  • Usaha Rumahan Katering Makanan Pre-Order

Ide bisnis rumahan lainnya adalah dengan membuka katering makanan pre-order. Jadi anda bisa menawarkan menu katering lalu mengumpulkan konsumen terlebih dahulu baru membuat pesanannya.

Dengan cara ini pengeluaran menjadi lebih jelas, dan tidak rugi karena sudah tahu berapa porsi yang harus anda buat. Anda bisa menawarkan menu makan siang ke kantor, sekolah, atau untuk acara tertentu melalui media sosial.

  • Usaha Rumahan Jualan Gorengan

Dengan modal 50 ribu anda bisa membeli bahan baku untuk menjual gorengan. Gorengan merupakan jenis makanan yang bisa dimakan kapan saja, baik itu pagi, siang, maupun sore.

Cara membuatnya pun mudah, jadi anda bisa memulai segera untuk menjual gorengan. Anda bisa menjualnya di rumah, sekolah, ataupun tempat lainnya yang ramai. Selain itu bisa juga menjual secara online.

  • Usaha Rumahan Menjual Sambal

Sambal menjadi jenis makanan pelengkap favorit di Indonesia. Rasanya yang pedas menggugah selera, apalagi jika dipasangkan dengan bakso, ayam goreng, dan nasi hangat.

Bisnis ini juga cukup mudah untuk dilakukan, bahan-bahannya pun tersedia di pasar. Anda bisa menjual berbagai jenis sambal seperti sambal cumi, sambal goang, sambal bawang, dan masih banyak lagi.

  • Usaha Rumahan Bisnis Jastip (Jasa Titip)

Kini modal bukan menjadi halangan untuk memulai usaha. Anda bisa menjalankan usaha minim modal dengan memberikan jasa titip barang.

Modal bisnis ini adalah kemauan untuk pergi membeli barang titipan dari konsumen. Cara menjalankannya pun mudah, anda bisa mulai menawarkan ke saudara atau tetangga untuk membeli belanjaan yang mereka butuhkan. Kemudian mereka hanya perlu memberikan daftar belanjaan beserta uangnya.

Anda bisa mengatur sendiri berapa tarif yang diinginkan. Selain itu promosikan jasa titip anda melalui media sosial agar mendapat konsumen yang lebih luas.

  • Usaha Rumahan Jasa Penulisan Artikel

Ide usaha tanpa modal bisa anda lakukan dengan memberikan jasa penulisan artikel. Anda hanya memerlukan laptop atau komputer yang terhubung dengan internet.

Anda dapat mengakses situs freelance dan sebagainya untuk mendapatkan klien. Buatlah artikel sesuai dengan brief yang diberikan oleh klien anda. 

Jenis pembayarannya bermacam-macam, ada yang per satu artikel, atau per project. Anda bisa menyesuaikan tarif jasa dengan rate artikel secara umum.

  • Usaha Rumahan Menjual Aksesoris

Selanjutnya anda juga bisa memulai usaha mudah dan modal kecil dengan menjual aksesoris. Untuk menjual aksesoris bisa dengan membuatnya sendiri atau mencari membeli yang sudah jadi.

Cara memasarkannya pun bisa menggunakan media sosial serta marketplace agar menjangkau pasar yang lebih luas.

  • Usaha Rumahan Laundry Pakaian dan Setrika

Memulai bisnis dari rumah selanjutnya adalah dengan memberikan jasa cuci dan setrika. Bisnis ini tidak perlu modal besar, yang penting anda bisa memiliki setrika dan alat mencuci.

Anda bisa mulai dengan menawarkan ke tetangga, mahasiswa, serta pasangan mudah yang sibuk dan memerlukan jasa cuci pakaian yang cepat.

Baca juga: Plang Nama Toko Unik Agar Banyak Pelanggan Tertarik

  • Usaha Rumahan Cuci Sepatu

Bisnis cuci sepatu menjadi salah satu jenis usaha yang ngetren belakangan ini. Apalagi dengan cuaca yang sering hujan seperti sekarang, jasa cuci sepatu menjadi lebih ramai.

Anda juga tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai usaha ini. Saat ini tersedia berbagai sumber untuk mempelajari teknik cuci sepatu serta informasi bahan yang dibutuhkan.

  • Usaha Rumahan Jasa Penerjemah

Memiliki keahlian menerjemahkan bahasa asing? Hal ini merupakan modal untuk anda membuka jasa penerjemah. Menawarkan jasa terjemahan bisa anda lakukan melalui berbagai situs freelance

  • Usaha Rumahan dengan Menjadi Dropshipper

Rekomendasi bisnis minim modal dan anti ribet selanjutnya adalah dengan menjadi dropshipper. Anda hanya memerlukan device dan internet yang lancar, serta kemampuan menjual yang baik.

  • Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Jualan Seblak

Seblak menjadi salah satu jenis makanan yang populer di semua kalangan. Cara membuatnya mudah, dan bahan-bahannya pun murah. Anda bisa mendapatkan bahan dari pasar.

Buatlah pilihan toping bervariasi agar lebih menarik. Kemudian anda dapat menjualnya secara offline dari rumah, di sekolahan, atau kampus. Bisa juga menjual secara online melalui aplikasi penyedia layanan pesan makanan.

  • Usaha Rumahan Menjual Donat Kentang

Rekomendasi pilihan bisnis selanjutnya adalah dengan menjual donat kentang. Bahan dan cara membuatnya mudah dan murah. Donat yang lembut ini banyak disukai oleh berbagai jenis kalangan.

Untuk memasarkannya anda bisa menjual sendiri di rumah secara online dan offline, bisa juga menitipkan dagangan di kantin atau warung.

  • Usaha Rumahan Jasa Les Privat

Jika anda memiliki keahlian dalam mengajar bisa anda jadikan ide untuk memulai bisnis. Anda hanya perlu membuat materi pelajaran dan menawarkannya ke teman, saudaran, serta melalui media sosial.

  • Usaha Rumahan Kerajinan Tangan

Apabila anda memiliki keahlian membuat kerajinan tangan, bisa menjadi modal untuk anda menjalankan usaha. 

Terdapat berbagai jenis kerajinan tangan yang bisa anda coba seperti membuat pakaian rajut, buket bunga kertas, pajangan, scrapbook, dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan dan rekomendasi usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa anda coba untuk meraih penghasilan.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?