everpro

Memulai Ide Usaha Rumahan dengan Modal 100 Ribu dan Tipsnya

Artikel ini akan merekomendasikan ide dan tips usaha rumahan dengan modal 100 ribu dan meningkatkan peluang sukses.

Memulai usaha dari rumah memiliki peluang yang bagus. Dengan memanfaatkan situasi lingkungan perumahan dan sekitarnya bisa jadi target customer yang mudah dicapai.

Meskipun memiliki keterbatasan modal semoga tips dan rekomendasi usaha berikut ini bisa berguna untuk Anda. Simak sampai akhir ya.

Baca : 5 Rekomendasi Peluang Usaha Rumahan di Desa, Pasti Untung!

Tips Mulai Usaha dari Rumah

Memulai usaha rumahan dengan modal 100 ribu mungkin membutuhkan kreativitas dan strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai usaha rumahan dengan modal tersebut:

1.Pilih Usaha yang Sesuai

Cari tahu jenis usaha yang dapat Anda mulai dengan modal 100 ribu. Contohnya, menjual produk handmade, jasa pengetikan, atau jualan makanan ringan.

2. Buat Rancangan Usaha

Buatlah rencana bisnis sederhana yang mencakup tujuan, target pasar, strategi pemasaran, dan perkiraan pendapatan dan pengeluaran.

3. Manfaatkan Bahan atau Sumber Daya yang ada

Gunakan bahan atau sumber daya yang sudah ada di sekitar Anda untuk mengurangi biaya produksi. Misalnya, jika Anda memiliki keahlian dalam menjahit dan membordir, atau peralatan elektronik dan printer manfaatkan peralatan yang ada di rumah.

4. Kembangkan Jaringan

Manfaatkan jejaring sosial dan komunitas di sekitar Anda untuk mempromosikan usaha Anda secara gratis atau dengan biaya yang rendah. Berbagi tentang usaha Anda kepada teman, keluarga, dan tetangga.

5. Fokus pada Kualitas dan Pelayanan

Pastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik. Berikan pelayanan yang memuaskan pelanggan agar mendapatkan ulasan positif dan referensi.

6. Gunakan Platform Digital dan Offline

Manfaatkan platform digital seperti marketplace, sosial media untuk promosikan produk atau jasa Anda dengan konten menarik dan gambar berkualitas.

Sedangkan untuk promosi secara offline bisa dengan membuat papan usaha dan memasukan lokasi tempat usaha di google maps.

7. Pantau dan Evaluasi

Selalu pantau perkembangan usaha Anda dan evaluasi strategi yang telah diterapkan. Lakukan penyesuaian jika diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan.

8. Kelola Keuangan dengan Bijak

Catat semua pemasukan dan pengeluaran dengan rapi. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan alokasikan dana dengan bijak untuk pengembangan usaha. 

Baca Juga : 10 Contoh Usaha Kecil Kecilan di Rumah, Yuk, Cobain!

7 Ide Usaha Modal 100 Ribu dari Rumah

Berikut ini adalah 7 ide usaha rumahan dengan modal 100 ribu yang bisa Anda mulai dengan skla kecil yang sebagain besar menawarkan jasa.

1. Jasa Jahit Pakaian

usaha rumahan modal 100 ribu
Sumber: Canva.com

Ide usaha yang pertama adalah jasa sebagai penjahit baju. Jika Anda memiliki keterampilan menjahit sekaligus mempunyai mesin jahit di rumah bisa mencoba bisnis ini.

Tawarkan jasa menjahit atau memperbaiki pakaian seperti memotong, mengecilkan pakaian, serta memasangkan bet khusus seragam sekolah kepada tetangga atau melalui platform online.

Peluang untung membuka usaha masih sangat tinggi karena masih dicari sedangkan jasanya terbatas dalam satu lingkungan perumahan.

Estimasi modal 100 ribu cukup untuk membeli benang jahit Yamalon 500 seharga 25 ribuan/ 1 lusin, benang obras polyester seharga 8 ribuan/ psc, meteran baju 150 cm 2 ribuan, gunting cekris 4 ribuan, karet elastik 9mm/12 mm Milton 3 ribuan/ meter.

Lalu jumlah keseluruhannya adalah 42 ribuan, namun perlu Anda ingat ini hanya gambaran harga secara kasar  yang penulis research lewat marketplace. 

2. Jasa Laundry

bisnis rumahan
Sumber: Canva.com

Ide usaha selanjutnya jika di sekitar perumahan Anda banyak bangunan kost-kost an maka membuka usaha jasa laundry rumahan bisa jadi peluang bisnis yang bagus.

Tawarkan jasa cuci dan setrika pakaian kiloan untuk meringankan beban orang-orang sibuk di sekitar Anda. Estimasikan modal awal sekitar 100 ribu cukup untuk membeli beberapa bahan yang diperlukan, seperti pewangi laundry kiloan grade A seharga 42 ribu/ liter.

Lalu pewangi softener sekali bilas 9 ribuan/ liter, pengharum pakain seharga 7 ribu dan plastik packing laundry sablon 1 kg seharga 56 ribu maka totanya sekitar 79 ribuan. 

Disclaimer dulu mesin cuci dan pengering tidak termasuk dalam peralatan yang harus dibeli itu balik ke preferensi masing-masing, karena ide usaha ini untuk skala kecil saja.

3. Jasa Print Dokumen

bisnis rumahan modal 100 ribu
Sumber: Canva.com

Buka usaha jasa print dokumen kecil-kecilan di sekitar rumah yang dekat dengan bangunan sekolah, kampus, atau kantor.

Estimasikan modal awal sekitar 100 ribu untuk membeli kertas HVS New PaperOne A4 75gr (500 lembar) , dan plastik HD roll. Ukuran 25×35 cm seharga 37 ribu.

Lalu untuk printer dan juga tinta tidak termasuk karena itu adalah barang yang memang ada di rumah sehingga bisa untuk membuka usaha ini.

4. Jasa Les Privat

usaha rumahan modal 100 ribu
Sumber: Canva.com

Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan atau pengetahuan berbahasa asing serta mengoperasikan komputer, coba ajarkan les privat kepada anak-anak tingkat 4-6 SD di sekitar rumahmu.

Tawarkan jasa less untuk bisa mengoperasikan komputer program microsoft word, ini berlaku jika Anda mempunya perangkat komputer atau laptop minimalnya berjumlah 2 buah. 

Atau opsi lain yaitu les privat  bahasa inggris, matematika untuk anak-anak tingkat sekolah dasar (SD) di waktu weekend.

Untuk membuka jasa les privat peralatan yang harus dibeli diantaranya papan tulis atau whiteboard ukuran 60×90 cm seharga 77 ribu, 2 Spidol Whiteboard Snowman Board Marker seharga 7 ribu / psc. 

Tinta spidol whiteboard Snowman wbi-20 refill senilai 15 ribu, dan penghapus whiteboard gunindo besar wb-803 seharga 6 ribu, Totalnya sekitar 112 ribu. 

5. Jasa Grooming Pet

usaha rumahan
Sumber: Canva.com

Anda pecinta bintang dan punya binatang peliharan di rumah? Ide usaha ini memungkinkan untuk Anda lakukan di rumah.

Disclaimer terlebih dahulu ini untuk Anda yang memang punya piaraan dan terbiasa merawat peliharaan tanpa perlu pergi ke grooming pet.

Tawarkan jasa grooming kucing, seperti mencukur bulu, mandi, atau merapikan kuku, kepada pemilik kucing di sekitar Anda.

Gunakan promosi online dan berikan promo jasa antar-jemput jika pelanggan tidak dapat datang ke tempat Anda.

Modal untuk peralatan mungkin tidak terlalu banyak karena dapat menggunakan stok yang ada di rumah.

6. Jualan Jajanan Anak dan  Minuman Saset

bisnis rumahan makanan
Sumber: Canva.com

Jualan jajanan anak dan minuman saset bisa menjadi ide usaha yang mudah, tidak memerlukan keterampilan khusus, dan dapat menghasilkan keuntungan.

Anda dapat menjual aneka gorengan dan minuman es cekek  dengan modal awal sekitar 100 ribu untuk bahan baku seperti frozen food, minuman saset, plastik, dan sedotan.

Modal awal usaha ini kemungkinan lebih dari 100 ribu, tapi lebihnya juga tidak akan sampai menghabiskan Rp 500 ribu an.

Anda bisa memanfaatkan lahan di depan rumah Anda untuk membuka usaha jajanan   

7. Dropship

ida usaha rumahan
Sumber: Canva.com

Mulailah bisnis dropship dengan menargetkan pelanggan di lingkungan sekitar rumah. Mendaftar sebagai dropshipper di Everpro Sourcing bisa menjadi pilihan yang sederhana dan mudah untuk memulai usaha dari rumah dengan modal 100 ribu.

Itulah 7 ide usaha yang menjual berupa jasa / pelayanan yang bisa dilakukan di rumah untuk skala kecil yang pasti bisa cuan. Jika perlu lebih banyak informasi lagi untuk ide usaha menjual makanan ringan,  baca juga artikel berikut ini. 

Baca juga : 10 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Ala Rumahan

Pilihlah ide usaha yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda. Lakukan riset pasar, promosikan dengan baik, dan berikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan peluang sukses usaha Anda.

Benefit Everpro Sourcing

  • Akses ke Ratusan Katalog Produk 
  • Stok terjamin
  • Winning Products yang telah diuji
  • Product Exclusive
  • CS Support (Full Form)
  • Free WL account (khusus Member Pro)
  • Daily mentorship & exclusive group
  • Weekly webinar
  • Monthly workshop
  • Marketing kit lengkap (tersedia konten siap posting)

 

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya