everpro

Raih Keuntungan dari Usia Muda: 20+ Ide Usaha untuk Anak Sekolah yang Mudah dan Menguntungkan

Siapa bilang anak sekolah tidak bisa menghasilkan uang sendiri? Yuk, buktikan dengan simak artikel ide usaha untuk anak sekolah beserta tips memulainya!

Di usia muda, kita memang suka mengeksplorasi hal baru dan belajar hal-hal baru. Salah satunya, tertarik menjalankan usaha sendiri saat masih sekolah.

Mendapatkan uang tambahan tentunya sudah pasti, namun kamu juga bisa mengembangkan skill yang terpendam di dalam diri seperti komunikasi, problem solving, entrepreneurship, dan lain-lain.

Jadi, tak perlu khawatir untuk memulai karena Everpro akan memberikan rekomendasi atau ide usaha untuk anak sekolah yang bisa kamu jalani. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Manfaat Berbisnis di Usia Muda

ide usaha untuk anak sekolah
Sumber: Freepik

Berbisnis di usia muda mungkin menjadi alasan utama kamu untuk belajar hidup mandiri tanpa perlu meminta kepada orang tua untuk memenuhi kebutuhanmu.

Keputusan untuk mengambil langkah memulai bisnis di usia muda sangatlah tepat untuk kamu karena memiliki banyak manfaat sebagai berikut.

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sekarang kamu pikirkan apakah di sekolahmu sudah ada yang memiliki usaha dan sukses? Jika belum, kamu bisa menjadi orang nomor satu yang akan melakukannya!

Jiwa kompetitif dan mental kuat kamu akan terbentuk dari sejak usia dini ketika memulai bisnis, sehingga kamu akan menjadi seseorang yang percaya diri.

Ini sangat bermanfaat untuk kamu kedepannya supaya sudah memiliki pengalaman dalam menghandle customer dan bersaing dengan kompetitor dari sebelum kamu bekerja.

  • Menjadi Wadah Meningkatkan Kreativitas

Manfaatkan pemikiran di usia muda dengan kreativitas karena di usia itulah kamu masih bisa berpikir untuk menghasilkan ide yang unik dan inovatif.

Ketika kamu dihadapkan dengan situasi yang mengharuskanmu berpikir secara kreatif, kamu bisa menjadi pemecah masalah yang baik.

  • Belajar Manajemen Waktu

Keputusan yang kamu ambil yaitu berbisnis akan menyita waktu luang kamu untuk kegiatan bermain atau bersantai-santai, sebab kamu menjalani sekolah dan bisnis bersamaan.

Kamu akan belajar bagaimana me-manage waktu yang baik agar sekolah dan bisnis sama-sama imbang supaya menghasilkan hasil yang baik di kedua kegiatan tersebut.

  • Banyak Kesempatan Belajar

Keberhasilan akan timbul dari banyaknya kegagalan yang teratasi, maka kamu akan memiliki banyak kesempatan belajar untuk merasakan kegagalan dan cara mengatasinya.

Habiskan jatah gagal mumpung masih muda, itu adalah ungkapan yang tepat untuk manfaat satu ini. 

Seiring berjalannya waktu kamu tentunya semakin dewasa dan semakin banyak tantangan, sehingga membuatmu akan menjadi terlatih untuk bisa mencapai kesuksesan di awal.

  • Memperluas Relasi

Di sekolah kamu mempunyai relasi, namun ketika berbisnis relasi kamu akan jauh lebih luas lagi karena banyak bertemu dengan banyak pihak seperti supplier, customer, dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa ketika kamu menjalani relasi baik itu kerjasama dengan seseorang atau brand kamu harus tetap amanah kepada siapapun bahkan customer kamu.

Ide Usaha untuk Anak Sekolah

ide usaha untuk anak sekolah
Sumber: Freepik
  • Jasa Pengetikan

Memiliki banyak tugas dan organisasi yang diikuti membuat mereka terkadang melupakan untuk mengetik tugasnya.

Kamu bisa menjadi solusi untuk mereka dengan memberikan tawaran usaha jasa pengetikan, maka ketika dia puas dengan hasil yang kamu ketik ia akan mempromosikan ke teman kelasnya.

  • Jual Buku Bekas

Harga buku baru memiliki nominal yang sangat fantastis, sehingga banyak anak sekolah yang memilih alternatif untuk mencari buku bekas.

Peluang tersebut dapat kamu jadikan ide untuk membuka usaha jual buku bekas. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan keuntungan yang bisa menjadi uang tambahan.

  • Jasa Desain Grafis

Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan satu ini yaitu desain grafis. Ketika kamu memiliki bakat dalam mendesain sesuatu bisa membuka gerbang awal kamu dalam memulai bisnis.

Jasa ini bisa ditawarkan terlebih dahulu ke lingkungan sekolah yang nantinya akan menyebar ke seluruh warga sekolah bahkan sampai ke luar sekolah.

  • Jual Pulsa atau Paket Data

Informasi banyak sekali ditemukan di Google untuk mencari sumber mengerjakan tugas, maka diperlukan pulsa atau paket data untuk dapat mengaksesnya.

Bisnis ini memiliki jangka waktu panjang dan bertahan lama karena di zaman sekarang orang-orang banyak yang membutuhkan, sehingga menjadi pilihan tepat untuk dijadikan ide usaha kamu.

  • Membuat Online Shop

Berjualan secara online memudahkan untuk banyak kalangan seperti anak sekolah. Selain mudah, kamu juga bisa mengatur jam operasional sendiri sesuai dengan jadwal sekolahmu.

Artinya tidak akan ada alasan untuk kamu terhambat sekolahnya karena online shop karena memiliki sifat yang tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Sekarang, kamu bisa usaha dengan cara jualan online tanpa modal dan stok barang dengan mudah dan menguntungkan, lho!

  • Usaha Ikan Hias

Sejak COVID-19 hadir di Indonesia, orang-orang mencari hiburan dengan memelihara ikan hias salah satunya adalah ikan cupang.

Berjualan ikan cupang dapat kamu jadikan inspirasi karena perawatannya mudah tidak perlu banyak mengeluarkan uang, menghasilkan banyak anakan, dan dapat dijual dengan harga yang tergolong tinggi.

  • Aneka Aksesoris

Aksesoris banyak digemari oleh kaum wanita karena selain lucu harganya juga terjangkau. Tapi untuk sekarang banyak juga kaum lelaki yang membutuhkan aksesoris sebagai pelengkap.

Kamu bisa mulai menjual aksesoris untuk handphone, kebutuhan berpakaian seperti kacamata, gelang, kalung, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan harga yang terjangkau kamu bisa ke distributor aksesoris HP jika ingin berjualan aksesoris handphone di sekolah.

  • Jasa Fotografi

Kamu memiliki hobi fotografi dan memiliki kamera? Bisa kamu coba ide yang satu ini yaitu jasa fotografi untuk menghasilkan uang tambahan.

Mulailah dengan memotret hal simple seperti pemandangan, tempat wisata, dan lain-lain yang nantinya foto tersebut bisa kamu jual di website.

  • Guru Private 

Metode belajar private sedang marak dicari karena lebih fokus dan memiliki banyak waktu untuk seorang anak untuk bertanya banyak kepada gurunya tanpa malu.

Kalau kamu memiliki keahlian di ilmu pengetahuan hal ini bisa kamu coba. Memberikan kamu pengalaman sekaligus mendapatkan uang hasil usaha kamu.

  • Freelance Writer

Zaman yang sudah berkembang membuat kamu dengan mudah menemukan ide usaha rumahan kreatif seperti freelance writer.

Hobi menulismu akan semakin berkembang dengan banyaknya permintaan dari berbagai topik menulis, sehingga sembari mencari uang tambahan kamu juga bisa belajar banyak hal.

  • Alat Tulis 

Ketika sekolah, alat tulis menjadi kebutuhan utama untuk kegiatan belajar kamu. Ide ini bisa kamu jadikan usaha untuk dijalani karena kamu sadar akan kebutuhan disekitarmu.

Untuk mendapatkan harga yang murah, maka kamu perlu mencari grosir alat tulis supaya mendapatkan harga yang murah dan terjangkau.

  • Content Creator

Berani tampil di depan kamera? Jika iya, kamu bisa coba menjadi content creator dan kamu harus tahu platform yang tepat untuk kamu dimana.

Kamu bisa melakukannya di Instagram, TikTok, Youtube, dan lain-lain. Kelebihannya adalah kamu mempunyai jangkauan relasi yang luas karena berpotensi untuk diajak kerjasama oleh suatu brand.

  • Reseller Snack

Jajanan di kantin sekolah memang variatif, namun terkadang sangat membosankan karena “itu itu saja”. Nah, kamu bisa menjual berbagai aneka camilan dengan menjadi reseller snack.

Modal yang dikeluarkan tidak besar bahkan tidak mengeluarkan modal karena reseller memiliki distributor snack yang pastinya menawarkan banyak variasi dengan harga terjangkau.

  • Podcaster

Ide usaha selanjutnya disarankan untuk kamu yang memiliki segudang topik pembicaraan atau cerita yang bisa dibagikan kepada orang lain sebagai teman yang didengar disaat sepi atau perjalanan.

Menjadi podcaster bisa kamu mulai untuk usaha ketika menjadi anak sekolah karena bisa dibuat dimanapun dan kapanpun tentunya menguntungkan bagi kamu.

  • Jual DIY Kit

Tak banyak yang menjual DIY Kit untuk dijadikan usaha anak sekolah. Peminat dari produk ini sangat banyak karena seru dan hasilnya dari tangan sendiri dengan mengikuti petunjuk yang ada.

Oleh karena itu, bisa dijadikan ide usaha kecil kecilan yang menghasilkan penjualan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

  • Masker Kain

Kebiasaan memakai masker rutin dilakukan sejak hadirnya COVID-19 dan kamu bisa membuat masker kain yang didesain dan dibuat sendiri untuk nantinya dijual.

Menjual masker kain akan membantu kamu dalam mencari penghasilan tambahan di masa sekolah dan kamu bisa bereksperimen membuat desain menarik untuk masker tersebut.

  • Produk Daur Ulang

Ide yang unik dan menarik yaitu produk daur ulang merupakan produk yang terbuat dari bahan-bahan yang bisa di daur ulang untuk mengurangi sampah atau go green.

Kreativitas menjadi kunci untuk membuat produk ini seperti membuat tas dari plastik sabun cuci piring, lilin aromaterapi dari minyak jelantah, dan lain-lain yang bisa kamu coba pelajari.

  • Jilbab atau Hijab

Selanjutnya, kalau kamu bersekolah di sekolah berbasis Islam yang diharuskan memakai jilbab atau hijab bisa menjadi peluang bagi kamu memulai usaha.

Untuk tampil berbeda dari penjual lain, kamu bisa menjual jilbab modern dan untuk mendapatkan harga terjangkau kamu bisa membuat strategi dengan membeli di grosir jilbab modern.

  • Totebag

Tentu saja ketika sekolah bawaan kamu dan teman-teman banyak dan membutuhkan totebag agar semua yang dibawa dapat masuk.

Ketika kamu ingin mulai usaha totebag kamu bisa mulai dengan desain yang kamu buat atau menawarkan mereka untuk bisa custom sesuai keinginan mereka.

  • Kursus Keterampilan

Benar sekali, memiliki keahlian di bidang keterampilan non-akademik bisa menjadi modal besar untuk memulai usaha.

Kamu memiliki keterampilan di alat musik misalnya piano, maka kamu bisa membuka kursus private untuk anak-anak maupun orang dewasa sekalipun.

Tips Memulai Usaha untuk Anak Sekolah

ide usaha untuk anak sekolah
Sumber: Freepik
  • Jangan Takut untuk Memulai

Ketakutan dapat menghambat kamu dalam melakukan sesuatu termasuk memulai usaha karena banyak sekali yang memiliki keinginan, namun tidak ada aksi.

Tidak perlu ada yang kamu perlu khawatirkan dan takutin karena ketika kamu tidak berani untuk nekat, maka tidak akan pernah belajar dan tahu akan banyak hal.

  • Jangan Mudah Menyerah

Ketika kamu memiliki usaha, pasti akan dihadapkan dengan masalah. Situasi tersebut bisa berpotensi untuk membuatmu menjadi ingin menyerah.

Dengan adanya kegagalan tindakan yang perlu kamu lakukan bukan dengan menyerah, namun mengevaluasi kesalahan yang bisa memotivasi kamu untuk tetap belajar.

  • Memperluas Koneksi Jaringan Sosial

Usaha tidak akan terlepas dari koneksi jaringan sosial yang bisa menjadi wadah untuk kamu mempromosikan produk bisnismu dan mendapatkan banyak ilmu.

Kamu bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dengan mengikuti event UMKM, seminar pengusaha, atau bergabung di komunikasi bisnis.

  • Pelajari Pengetahuan Lain

Tidak ada salahnya kamu mempelajari hal lain atau pengetahuan yang bisa membuat bisnismu menjadi lebih berkembang.

Salah satunya adalah mempelajari ilmu digital marketing karena saat ini sangatlah berpengaruh untuk mempromosikan bisnis khususnya di media sosial atau marketplace.

  • Membangun Potensi Diri

Memulai usaha di usia dini kamu perlu tahu potensi di dalam diri seperti kekuatan, kelemahan, dan lain-lain dan hal ini bisa mempermudah kamu dalam mengeksekusinya.

Untuk mempermudah kamu bisa menggunakan analisa dengan menggunakan contoh analisis SWOT usaha kecil (Strengths, Weakness, Opportunity, Threats)

  • Menetapkan Tujuan yang Jelas

Tujuan yang jelas akan membuatmu fokus pada tujuan dari usaha yang sedang kamu jalani, sehingga kamu tidak mudah terdistraksi oleh hal-hal lain.

Kamu perlu memikirkan ingin menjual produk atau layanan apa, target pasarnya siapa, ingin menjadi pengusaha yang seperti apa, atau target memulainya di usia berapa.

  • Membuat Strategi yang Matang

Strategi yang matang bisa kamu buat dengan adanya Business Plan untuk mengurangi risiko terjadinya kegagalan di masa yang akan datang.

Dengan begitu, kamu bisa menganalisis kompetitor juga dan mencari cara untuk menjadi unik dan berbeda dibandingkan dengan kompetitor.

  • Mudah Beradaptasi dengan Perubahan

Zaman sekarang perubahan sudah semakin cepat di era digital ini. Kamu perlu beradaptasi dengan berbagai perbedaan.

Dengan begitu, kamu akan dengan mudah memiliki ide unik, kreatif, dan inovatif yang bisa kamu terapkan di dalam usaha tersebut.

Nah, itulah beberapa ide usaha untuk anak sekolah beserta tipsnya dan semoga dengan artikel ini kamu bisa mendapatkan insight baru dan juga keberanian untuk memulai.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti