everpro

Omset Bersih Adalah: Pengertian, Peran dan Cara Menghitung

Omset bersih adalah? Simak jawabannya pada artikel ini untuk mengetahui jawaban dan penjelasan lengkap seputar omset bersih spesial untuk kamu!

Omset merupakan salah satu istilah yang digunakan pada bisnis untuk menghitung dan mengukur keuntungan. Pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan lengkap seputar omset bersih mulai dari pengertian sampai cara menghitungnya.

Yuk, simak artikelnya di bawah ini sampai habis!

Apa itu Omset Bersih

omset bersih adalah
Sumber: freepik.com

Omset bersih atau laba bersih adalah salah satu indikator penting untuk mengukur kinerja keuangan suatu perusahaan. Omset bersih yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan tersebut berhasil menghasilkan pendapatan yang besar setelah dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan.

Dengan begitu, penting untuk mengetahui berapa omset yang bisnis atau perusahaan dapatkan. Karena hal tersebut dapat memberikan pengetahuan tentang bisnis atau perusahaan yang kita jalankan.

Nah, pada poin berikutnya kami akan memberikan mengapa omset ini penting untuk bisnis atau perusahaan. Yuk, simak!

Mengapa Omset Bersih Penting?

Omset bersih sangat penting bagi suatu bisnis atau perusahaan. Namun, mengapa omset  menjadi penting? Berikut adalah beberapa alasan mengapa omset penting bagi perusahaan atau bisnis:

  • Dasar Perhitungan Laba Bersih

Omset merupakan salah satu komponen untuk menyusun laba bersih. Laba bersih adalah jumlah pendapatan yang diperoleh setelah dikurangi dengan semua biaya dan beban yang dikeluarkan. Oleh karena itu, omset yang tinggi menghasilkan laba bersih yang tinggi pula.

  • Dasar Perhitungan Pajak

Kemudian, laba kotor juga merupakan salah satu dasar untuk mengihitung pajak penghasilan badan (PPh badan). Semakin tinggi laba kotor, semakin besar pula jumlah pajak yang harus dibayarkan perusahaan.

  • Dasar Pengambilan Keputusan Bisnis

Terakhir, omset juga bisa perusahaan atau bisnis gunakan sebagai dasar untuk mengambil keputusan bisnis, seperti keputusan untuk ekspansi, keputusan berinvestasi, atau keputusan untuk melakukan promosi.

Faktor yang Mempengaruhi Omset Bersih

  • Harga Jual

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi omset adalah harga jual produk atau jasa. Harga jual yang terlalu tinggi dapat membuat pelanggan enggan untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

  • Volume Penjualan

Faktor selanjutnya yaitu volume penjualan atau seberapa banyak penjualan yang berhasil kamu dapatkan. Dengan jumlah atau volume penjualan yang tinggi akan menghasilkan omset yang tinggi pula.

  • Biaya Produksi

Kemudian faktor biaya produksi yang juga dapat mempengaruhi omset. Dengan biara produksi yang rendah maka akan berdampak kepada omset yang semakin besar.

  • Biaya Operasional

Berikutnya adalah biaya operasional, dengan biaya operasional yang rendah juga memiliki dampak baik pada omset yang semakin tinggi.

  • Biaya Pemasaran

Terakhir, ada faktor biaya pemasaran yang kamu gunakan untuk memasarkan produk atau jasa. Semakin rendah biaya pemasaran maka semakin tinggi omset yang bisa kamu dapatkan.

Cara Menghitung Omset Bersih

omset bersih adalah
Sumber: freepik.com

Berikut cara menghitung omset atau laba kotor dengan mudah dan praktis:

Rumus Perhitungan

Menghitung omset sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu mengurangkan total biaya dari total pendapatan:

Contoh Perhitungan

Misalnya, sebuah perusahaan memiliki omset sebesar Rp100.000.000 dan biaya sebesar Rp50.000.000. Maka, omset perusahaan tersebut adalah sebesar Rp50.000.000.

Cara Meningkatkan Omset Bersih

Namun, bagaimana cara untuk meningkatkan omset dari bisnis yang kita jalani? Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan omset secara lebih efektif:

  • Meningkatkan Penjualan

Cara yang pertama dan yang paling umum untuk meningkatkan omset adalah dengan meningkatkan penjualan. Ini bisa kamu capai dengan melakukan berbagai cara seperti strategi pemasaran yang baik, pengembangan pangsa pasar, dan peningkatan kualitas produk.

  • Pengurangan Biaya 

Selanjutnya, kamu bisa mengidentifikasi area di mana biaya operasional dapat kamu kurangi tanpa perlu mengorbankan kualitas adalah langkah penting dalam meningkatkan omset. Pengurangan biaya yang tidak efisien akan berkontribusi positif terhadap profit yang kamu hasilkan.

  • Efisiensi Pajak

Kemudian, kamu bisa mempelajari dan memahami aturan pajak yang berlaku dan mencari cara-cara efisien untuk mengelola beban pajak. Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan omset pada bisnis kamu.

Pengetahuan tentang insentif pajak dan peraturan perpajakan merupakan aset berharga.

  • Inovasi Produk

Terakhir, kamu harus terus berinovasi dalam hal produk yang kamu tawarkan. Mengembangkan produk atau jasa baru dan mencari cara untuk mencapai pasar yang berbeda dapat membantu mencapai omset yang lebih besar.

Inovasi produk merupakan kunci untuk pertumbuhan jangka panjang. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memahami dan mengelola omset dengan baik adalah kunci kesuksesan.

Perusahaan yang dapat mengoptimalkan omset mereka cenderung lebih profitabel dan siap untuk pertumbuhan di masa depan.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas omset bersih pada bisnis secara lengkap. Semoga artikel yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk share artikel dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya