everpro

13 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online, Mudah dan Ampuh!

Cari tahu cara meningkatkan omset penjualan online untuk bisnis kamu di artikel ini. Kami akan memberikan beberapa cara meningkatkan omset penjualan online yang bisa kamu terapkan pada bisnis kamu!

Salah satu tujuan berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang besar membutuhkan beberapa cara yang tidak mudah.

Salah satu istilah yang digunakan untuk menghitung keuntungan adalah omset. Omset merupakan salah satu istilah pada bisnis untuk menghitung keuntungan. Nah, pada artikel ini kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan seperti apa itu omset? dan bagaimana cara menghitungnya?

Selain itu kamu juga akan memberikan beberapa cara untuk meningkatkan omset pada penjualan online yang bisa terapkan pada bisnis kamu. Penasaran apa saja caranya? Simak artikel ini sampai habis ya!

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Jualan, Mudah dan Praktis!

Apa itu Omset

cara meningkatkan omset penjualan online
Sumber: freepik.com

Seperti yang telah kami singgu sedikit, jika omset merupakan istilah untuk menghitung keuntungan pada suatu bisnis. Nah, pada bab ini kami akan menjelaskan secara lebih mendalam apa itu omset.

Omset sendiri adalah akumulasi yang perusahaan atau usaha dapatkan dari jumlah kseeluruhan dalam kurun waktu tertentu dalam proses akuntansi. Penghitungan omset dapat kamu hitung secara berkala mulai dari harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan.

Penghitungan omset berguna untuk dapat memahami kondisi keuangan usaha atau perusahaan. Omset sendiri bersifat keuntungan kotor karena tidak memasukkan modal pada hitungan.

Bagaimana Cara Menghitung Omset

Setelah mengetahui penjelasan omset secara lebih mendalam, mari kita bahas bagaimana cara menghitung omset. Caranya cukup mudah kok, berikut rumusnya:

Omset = Jumlah Produk atau Jasa Terjual x Harga Jual Per Produk atau Jasa

Contohnya seperti ini:

Perusahaan Handphone A menjual jenis Handphone tipe AB. Handphone tipe AB memiliki harga jual Rp. 1.500.000. Dalam sebulan handphone tipe AB mampu terjual sejumlah 30 buah.

Cara menghitungnya:

Omset = Jumlah produk yang terjual x harga jual per produk

Omset Perusahaan Handpone A = 30 x Rp. 1.500.000

Omset Perusahaan Handphone A = Rp. 45.000.000

Nah, dari perhitungan di atas hasil perhitungan untuk omset perusahaan handphone A dalam satu bulan berjumlah Rp. 45.000.000. Hasil perhitungan ini adalah keuntungan kotor karena belum dikurangi oleh modal.

Baca juga: Mudah Banget! Ini Cara Menghitung Penghasilan Kena Pajak

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online

Terdapat beberapa strategi yang dapat membantu meningkatkan omset penjualan online

1. Optimasi Situs Web 

Pastikan situs web kamu mudah dinavigasi, responsif, dan cepat dimuat. Desain yang menarik dan intuitif dapat membantu pelanggan menemukan produk dengan lebih mudah dan memperbaiki pengalaman mereka

2. Optimasi SEO

Gunakan teknik optimasi mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan peringkat situs web kamu di hasil pencarian Google. Ini akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak trafik organik dan potensial pelanggan

3. Pemasaran Konten

Buat konten berkualitas tinggi yang relevan dengan produk atau layanan kamu. Blog, video tutorial, atau artikel informatif dapat menarik pengunjung dan membangun otoritas dalam industri kamu.

4. Pemasaran Media Sosial

Manfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk kamu. Berinteraksi dengan pelanggan, membuat posting kreatif, dan menjalankan iklan yang sesuai dapat membantu kamu mencapai audiens yang lebih luas.

Baca juga: Tips! Agar Usaha Online Shop Terlaris di Media Sosial

5. E-mail Marketing

Kirimkan newsletter atau promosi melalui email kepada pelanggan yang sudah ada dan yang berminat. Pastikan pesan kamu relevan dan menarik agar pelanggan tertarik untuk membeli.

6. Program Loyalitas dan Diskon

Tawarkan program loyalitas atau diskon khusus kepada pelanggan yang sering berbelanja atau yang melakukan pembelian besar. Ini dapat mendorong mereka untuk kembali berbelanja

7. Pengoptimalan Halaman Produk

Halaman produk yang baik harus mencakup deskripsi yang jelas, gambar berkualitas tinggi, dan ulasan pelanggan. Berikan informasi yang cukup kepada pelanggan untuk membantu mereka membuat keputusan pembelian.

8. Pengiriman Gratis

Pertimbangkan untuk menawarkan pengiriman gratis atau biaya pengiriman yang lebih rendah. Ini dapat menjadi faktor penentu bagi pelanggan yang membandingkan harga dengan pesaing.

9. Pilihan Pembayaran yang Fleksibel 

Pastikan pelanggan dapat membayar dengan cara yang mereka pilih. Terima kartu kredit, transfer bank, dan metode pembayaran online lainnya.

10. Analisis Data

Gunakan alat analisis web untuk melacak perilaku pengunjung dan perilaku pembelian. Data ini dapat membantu kamu memahami pola pembelian pelanggan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

11. Kualitas Layanan Pelanggan

Berikan layanan pelanggan yang cepat, responsif, dan membantu. Pelanggan yang puas cenderung kembali berbelanja dan merekomendasikan produk kamu kepada orang lain.

12. Kampanye Iklan Online

Gunakan iklan online seperti iklan Google AdWords atau iklan media sosial untuk mengarahkan trafik yang lebih banyak ke situs web kamu. Pastikan iklan kamu ditargetkan dengan tepat

13. Eksperimen dan Pelajari

Cobalah berbagai strategi dan periksa apa yang bekerja dan tidak bekerja. Jangan takut untuk mengadaptasi strategi kamu berdasarkan hasil dan umpan balik pelanggan.

Meningkatkan omset penjualan online memerlukan kombinasi strategi yang efektif, ketekunan, dan pemahaman yang baik tentang pasar kamu. Teruslah berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online kamu.

Itulah cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan omset penjualan online kamu, bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan Shopee, Tokopedia dan marketplace lainnya.

Demikianlah artikel tentang cara meningkatkan omset penjualan online yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin meningkatkan omset penjualan online kamu dan selamat mencoba!

Kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu dan baca artikel bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya