everpro

Tips! Agar Usaha Online Shop Terlaris di Media Sosial

Usaha online shop terlaris – bingung harus menjalankan usaha seperti apa agar bisa mendapatkan penghasilan yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Artikel kali ini akan memberikan gambaran dan tips bagaimana bisa memiliki usaha online shop terlaris. Yuk simak selengkapnya di bawah ini:

Apa itu Online Shop?

Online shop atau toko online adalah sebuah platform digital yang memungkinkan seseorang untuk menjual produk atau jasa secara online melalui internet.

Dalam online shop, penjual biasanya membuat sebuah website atau akun di media sosial yang di arahkan untuk memperkenalkan produknya, menerima pesanan dari pembeli, dan mengirimkan produk yang di pesan.

Pembayaran biasanya di lakukan secara online melalui sistem pembayaran elektronik atau transfer bank.

Online shop telah menjadi sangat populer dan banyak di minati karena memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pembeli.

Dengan membeli melalui online shop, pembeli dapat melihat produk yang di jual, memilih produk yang di inginkan, melakukan pembayaran, dan menunggu produk di kirimkan tanpa harus keluar rumah.

Bagi para penjual, online shop memungkinkan mereka untuk memperluas jangkauan bisnis mereka dengan menjangkau pelanggan yang berada di seluruh dunia, dengan biaya yang lebih murah di bandingkan membuka toko fisik.

15 Produk yang Populer di Google Trends

Berikut beberapa produk populer berdasarkan analisis Google Trends, dimana setiap produk memiliki angka populer dengan rentang skor 0-100:

usaha online shop terlaris
Sumber: Google.com
  1. Fashion Wanita dan Pria
  2. Pakaian Anak
  3. Make Up
  4. Tas Wanita dan Dompet
  5. Sepatu
  6. Jam Tangan
  7. Kacamata dan Softlens
  8. Perlengkapan Bayi
  9. Produk Kecantikan
  10. Parfum
  11. Busana Muslim
  12. Perlengkapan Ibadah
  13. Makanan dan Kuliner
  14. Alat Masak dan Dapur
  15. Gadget

Dengan mengetahui produk yang populer di Google Trends setidaknya teman-teman memiliki gambaran untuk memulai usaha apa nih yang cocok dan di minati oleh banyak orang di saat ini.

Online Shop Terlaris di Indonesia

Agar produk teman-teman bisa di kenal masyarakat luas, cobalah untuk mempromosikan produk di banyak marketplace yang semua orang mengenal dan menggunakannya. Berikut beberapa contoh online shop di Indonesia yang cukup terkenal:

usaha online shop terlaris
Sumber: Google.com
  1. Shopee – merupakan salah satu marketplace online shop terbesar di Indonesia dengan beragam produk yang di jual seperti fashion, gadget, makanan, dan lain-lain dengan menyajikan harga paling murah dan banyak promosi.
  2. Tokopedia – salah satu marketplace online shop yang cukup di minati di Indonesia yang menyediakan beragam produk seperti perlengkapan dapur, belajar dan lain-lain.
  3. Bukalapak – semakin berkembang dan menyediakan berbagai kebutuhan produk seperti fashion, gadget, makanan, hingga jasa seperti tiket pesawat.
  4. Lazada – platform yang menyediakan beragam produk mulai dari fashion, gadget, hingga barang-barang rumah tangga.
  5. Blibli – merupakan online shop yang menyediakan beragam produk mulai dari fashion, gadget, hingga produk-produk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, dan produk-produk kecantikan.
  6. JD.id – online shop yang menyediakan beragam produk mulai dari fashion, gadget, hingga produk-produk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, dan produk-produk kecantikan.
  7. MatahariMall – Kini Brand Matahari sudah beranjak ke media online dan menyediakan beragam produk seperti fashion, gadget, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain.
  8. Sociolla – merupakan online shop yang khusus menjual produk-produk kecantikan dan perawatan kulit.
  9. Hijup – merupakan online shop yang khusus menjual produk-produk fashion muslimah.
  10. Bhinneka – merupakan online shop yang menyediakan beragam produk seperti gadget, komputer, fashion, dan lain-lain.

Tips! Usaha Online Shop Terlaris di Media Sosial

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadikan usaha online shop Anda terlaris di media sosial:

Tampilkan Produk Menarik

Tampilkan produk teman-teman dengan menarik Posting gambar produk dengan kualitas yang baik, pencahayaan yang baik, dan sudut pandang yang menarik dapat menarik perhatian calon pembeli. Gunakan caption yang informatif dan menarik serta jangan lupa untuk menyertakan harga dan detail produk yang jelas.

Aktifkan Media Sosial

Jadilah aktif di media sosial Aktif di media sosial memungkinkan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan mempromosikan produk secara teratur. Teman-teman bisa memposting konten secara teratur, seperti foto produk, ulasan dari pelanggan, atau tips terkait produk.

Aktif Status Stories

Gunakan fitur “stories” di Instagram Stories di Instagram dapat membantu menarik perhatian pelanggan dan membuat merek sendiri lebih di kenal. Teman-teman dapat menggunakan stories untuk memberikan cuplikan produk baru, promo, dan kegiatan lainnya.

Buat Program Referral

Membuat program referral dapat membantu meningkatkan penjualan dan memperluas jaringan pelanggan. Berikan insentif seperti diskon produk atau voucher belanja gratis kepada pelanggan yang berhasil mereferensikan teman atau keluarga untuk membeli produk.

Balas Chat Cepat

Berikan pelayanan yang baik Pelayanan yang baik merupakan kunci utama dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Selalu siap menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan informasi yang jelas dan memperhatikan keluhan atau masukan pelanggan.

Investasi dengan Iklan Berbayar

Gunakan iklan berbayar di media sosial Iklan berbayar di media sosial seperti Facebook dan Instagram dapat membantu mempromosikan produk teman-teman, kepada target audiens yang tepat.

Tentukan Target Pasar

Gunakan targeting yang tepat, seperti usia, lokasi, dan minat, sehingga iklan akan tampil pada target audiens yang sesuai dengan produk.

Promosi dengan Diskon

Berikan promo dan diskon Memberikan promo dan diskon dapat membantu menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan. Berikan promo atau diskon secara berkala, seperti saat event tertentu atau pada saat peluncuran produk baru.

Kerjasama dengan Influencer

Gunakan influencer marketing Kerjasama dengan influencer yang relevan dengan produk teman-teman dapat membantu meningkatkan visibilitas merek dan menarik perhatian pelanggan potensial.

Pastikan influencer yang di pilih memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda dan memiliki reputasi yang baik.

Membuat Konten yang Informatif dan Bermanfaat

Membuat konten yang informatif dan bermanfaat seperti tips penggunaan produk atau informasi terkait produk yang dapat meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek. Hal ini juga dapat membantu membangun citra merek yang kuat.

Semoga tips ini membantu meningkatkan penjualan dan keberhasilan usaha online shop teman-teman di media sosial.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat! Nantikan artikel inspiratif dan informatif lainnya di Everpro.id!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman