everpro

Rasa Rumahan, Cuan Berlimpah! 24+ Ide Usaha Kuliner Rumahan Beserta Cara Memulainya!

Apakah kamu pernah bermimpi memiliki usaha kuliner rumahan yang sukses? Yuk, simak artikel ini sampai habis cara memulai dan contoh usaha yang bisa kamu coba!

Gaya hidup di era digital yang serba praktis dan ingin cepat dalam mendapatkan makanan sebagai kebutuhan pokok membuat peluang usaha kuliner rumahan terbuka lebar.

Beberapa keuntungan seperti fleksibilitas waktu, modal kecil, dan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan bisa kamu raih dengan usaha makanan.

Ditambah lagi, kamu bisa menciptakan inovasi terhadap makanan tersebut yang bisa mengundang potensial pelanggan untuk melirik bahkan berkeinginan untuk mencobanya.

Untuk itu, Everpro hadir untuk mengupas lebih dalam dan memberikan kamu beberapa inspirasi yang bisa dicoba dengan langkah yang tepat dan mudah. Yuk, simak!

Peluang Usaha Kuliner Rumahan

usaha kuliner rumahan
Sumber: Freepik

Keunggulan utama dalam menjalankan usaha kuliner rumahan adalah kemudahan dari segi waktu dan bisa dimulai dari modal kecil, sehingga peluang usaha ini luas dengan keuntungan yang menjanjikan.

Akan sangat menyenangkan ketika kamu memiliki hobi memasak yang bisa dijadikan ide usaha kecil-kecilan untuk menambahkan penghasilan menjadi pilihan yang tepat.

Makanan viral seperti camilan kekinian, makanan pedas dengan level, bahkan makanan sehat dapat kamu manfaatkan untuk dijadikan peluang usaha.

Selain itu, target pasar usaha makanan cukup luas mulai dari kalangan muda hingga kalangan tua dengan berbagai profesi.

Dibutuhkan kreativitas serta konsistensi dalam menjalankannya adalah kunci utama dalam memulai usaha kuliner rumahan dengan sukses dan memuaskan.

Cara Memulai Usaha Kuliner Rumahan

usaha kuliner rumahan
Sumber: Freepik
  • Membuat Perencanaan Bisnis

Business Plan dapat mempermudah kamu dalam menjalankan usaha kuliner rumahan karena dapat mengidentifikasi tujuan bisnis kamu kedepannya.

Fungsi lain dari perencanaan bisnis adalah ketika kamu sedang mencari investor untuk mendapatkan dana atau modal, sehingga dapat dijelaskan secara rinci dan acuan untuk investor tersebut.

Dalam perencanaan bisnis kamu perlu menentukan target pasar, kuliner yang ingin dijual, branding, identitas merek, bahkan sampai ke sistem operasional.

Maka dari itu, business plan sangatlah memiliki peranan penting karena bisa kamu jadikan sebagai pedoman memulai bisnis.

  • Mengatur Keuangan dengan Matang

Masalah yang krusial terhadap suatu usaha adalah mengatur keuangan dengan baik karena dapat mempengaruhi operasional bisnis kedepannya.

Jangan terlalu memaksakan keadaan jika budget yang kamu punya memiliki keterbatasan supaya mencegah dari adanya hutang.

Jika modal sudah kekumpul, maka sebaiknya dialokasikan dengan semaksimal mungkin supaya tidak ada yang memiliki kekurangan di masing-masing perencanaan.

  • Tentukan Harga

Menjadi hal yang memiliki galau berkepanjangan adalah menentukan harga, namun kamu bisa mengatasinya dengan melakukan riset harga pasar.

Cari tahu terlebih dahulu harga jual suatu produk makanan di pasar dikenakan berapa, sehingga kamu bisa menentukan harga wajar di sekitarmu.

Cara ini dapat memudahkan kamu untuk menentukan harga dan bersaing tanpa terlihat sangat murah atau bahkan sangatlah mahal.

Tentukan juga terkait persentase keuntungan yang akan didapatkan dari pengeluaran yang nantinya akan diputarkan kembali uangnya untuk membeli kebutuhan.

  • Riset Kompetitor

Jangan mulai usaha dulu sebelum melakukan riset kompetitor terlebih dahulu agar mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor dan bersaing secara sehat.

Melalui riset kompetitor berupa ciri khas, packing, harga kamu akan bisa melihat peluang untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

  • Mencari Lokasi Usaha yang Strategis

Salah satu yang diperhatikan oleh calon pelanggan adalah lokasi usaha yang strategis karena mudah diakses yang berpotensi menjadi ramai.

Kamu bisa mencari lokasi usaha di sekitar ruang lingkup perkantoran, pabrik, sekolah, kampus, dan lain-lain yang bisa dibilang akan selalu ramai pengunjung.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan kompetitor disekitarmu agar tidak kesulitan dalam menarik perhatian para calon pelanggan.

  • Membuat Inovasi

Memiliki kreativitas yang tinggi sangat dibutuhkan ketika menjalankan suatu usaha karena menjadi pembeda antara usaha kamu dengan kompetitor.

Inovasi bisa kamu kreasikan dari segi bentuk, rasa, tampilan, hingga kreasi dari pembuatan dan juga penyajian makanan.

Dengan begitu, inovasi yang kamu berikan dapat mengundang rasa penasaran calon pelanggan untuk mencicipi kuliner usahamu.

  • Membuat Strategi Promosi yang Tepat

Strategi marketing word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut diyakini ampuh  dari waktu ke waktu, tepat sasaran, dan paling sederhana.

Ketika pelanggan mencoba kuliner yang kamu hidangkan dan mereka merasa puas, maka mereka tidak akan segan-segan untuk merekomendasikan makanan kamu ke orang lain.

Saluran online salah satunya media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya bisa kamu manfaatkan untuk brand awareness usahamu.

Mulailah dari hal sederhana seperti memposting kulinermu dan setelah itu kamu mulai belajar untuk tahu cara edit foto makanan untuk jualan online agar semakin laris manis

  • Mencari Supplier 

Dalam membuat makanan yang lezat tentunya memerlukan supplier bahan masakan yang berkualitas tinggi dan terpercaya.

Memilih supplier yang tepat akan memudahkan kamu dalam menyediakan hidangan yang nikmat dan membuat calon pelanggan merasa puas.

  • Mengontrol dan Monitoring Secara Konsisten

Menjalankan sebuah usaha diperlukan konsistensi salah satunya adalah mengontrol dan monitoring seperti ketersediaan bahan baku dan peralatan, proses pembuatan makanan, sampai ke penyajian ke konsumen.

Upaya ini dilakukan agar makanan yang sampai ke tangan konsumen tetap terjaga kualitasnya yang membuat konsumen menjadi puas.

Ide Usaha Kuliner Rumahan

usaha kuliner rumahan
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi usaha kuliner rumahan yang bisa kamu jadikan inspirasi dan patut untuk dicoba!

Usaha Kuliner Rumahan Modal Kecil

  • Makanan Pedas dengan Level

Beberapa tahun belakangan, usaha rumahan yang lagi trend yaitu makanan pedas mengalami peningkatan terhadap peminat.

Dengan adanya level yang tersedia, maka para calon pembeli dapat menentukan tingkat kepedasan sesuai dengan preferensi atau kesanggupan mereka.

Variasi makanan pedas banyak sekali seperti seblak, makaroni, mie, dan lain-lain yang bisa kamu jadikan usaha kuliner rumahan.

  • Aneka Sambal

Sambal tidak bisa terpisahkan dari masakan Indonesia. Tidak lengkap tanpa adanya kehadiran sambal yang bisa menggugah selera makan banyak orang.

Kamu bisa menambahkan isian sambal dengan cumi, cakalang, ikan tongkol, dan bahan pendukung lainnya yang cocok jika disatukan dengan sambal.

Proses pembuatannya cukup sederhana dan modal yang relatif kecil ini sangat cocok untuk dijadikan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga.

  • Tahu Goreng

Usaha kuliner rumahan satu ini bahannya sangat mudah untuk didapatkan dan cocok jika dikombinasikan dengan makanan apapun.

Rasa kriuk dari serpihan tepung yang membaluti tahu menambah cita rasa yang membuat nafsu makan bertambah dan memberikan sensasi nagih.

Isian dari tahu goreng dapat kamu kreasikan bisa dengan ayam, cabai pedas, jamur, sosis, dan isian lainnya yang cocok.

  • Kue Basah dan Kering

Peluang usaha rumahan di desa satu ini dapat dijalankan hanya dirumah saja dan selalu ada yang memesannya apalagi di hari besar seperti Lebaran, lamaran, pernikahan, syukuran, dan lain-lain.

Usaha ini bersifat sepanjang tahun karena permintaan pasar yang tinggi untuk kebutuhan di berbagai acara-acara.

  • Makanan Olahan Aci

Usaha yang mungkin banyak ditemukan di sekitar lingkungan kamu yaitu makanan olahan aci tergolong cukup mudah dan mengeluarkan modal yang minim.

Berbagai macam makanan olahan aci seperti cibay, cirambay, cilok, cimin, cimol, bakso aci, dan lain sebagainya yang bisa kamu jadikan pilihan.

Tak heran, usaha ini terus diminati karena memiliki pasar yang luas dan digemari oleh berbagai kalangan.

  • Takoyaki

Camilan khas Jepang ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki modal kecil dan memiliki rasa gurih dan tekstur lembut di dalamnya.

Sekarang, isian takoyaki sangatlah variatif mulai dari keju, sosis, udang, sosis keju, sayuran, udang sosis, gurita, dan bisa kamu kreasikan.

Inspirasi Usaha Kuliner Rumahan

  • Donat

Kalau kamu memiliki keahlian di bidang bakery tidak ada salahnya mencoba usaha donat yang bisa kamu jadikan pilihan usaha kuliner rumahan yang tepat.

Sudah dikenal oleh masyarakat luas yang tidak membuatmu kesusahan ketika menjualnya dan bisa kamu kreasikan dengan berbagai pilihan topping.

Bahan dasar donat bisa berupa tepung maupun kentang tergantung tujuan atau rencana usaha yang sudah kamu buat.

  • Dimsum

Saat ini, dimsum varian mentai sedang viral di berbagai media sosial dan dimsum merupakan ide jualan rumahan yang patut kamu coba.

Tergolong sebagai usaha rumahan yang cocok untuk pemula karena penyajiannya mudah yaitu bisa dikukus maupun digoreng.

Jika kamu memiliki waktu luang yang banyak, maka bisa membuatnya sendiri. Namun, jika tidak sebaiknya kamu mencari supplier terpercaya.

  • Brownies

Usaha ini memiliki potensi yang sangat baik karena bisa berpotensi memiliki jangka waktu yang panjang.

Topping dari brownies bisa berupa tiramisu, green tea, coklat, dan lain sebagainya. Sering sekali brownies dijadikan sebagai hadiah, hampers, hantaran, dan kebutuhan yang lain.

Cara untuk menarik perhatian calon pembeli adalah dengan penampilan kemasan secara menarik dan rapi, sehingga mereka akan berkeinginan untuk membelinya.

  • Silky Pudding

Hidangan penutup yaitu silky pudding bisa menjadi ide bisnis online untuk pelajar yang dijalankan dengan mudah dan tidak membutuhkan banyak modal.

Hanya dengan modal kecil saja sudah bisa meraup cuan yang banyak dengan bahan yang sederhana dan mudah ditemui seperti gula pasir, tepung maizena, susu, bubuk agar-agar.

  • Pempek

Makanan khas Palembang yang memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat yang membuat banyak orang menyukainya.

Bisa kamu jual mulai dari sekitar lingkungan hingga secara online dipromosikan melalui media sosial atau platform online agar dikenal oleh masyarakat luas.

  • Es Krim Organik

Gaya hidup sehat sekarang banyak diterapkan oleh banyak orang salah satunya dari segi pola makan. Nah, kabar baiknya tidak memerlukan banyak bahan dalam pembuatan.

Bahan dasar yang digunakan bisa berupa sayur-sayuran, buah-buahan, susu almond, dan lain-lain yang memiliki rendah kalori.

Contoh Usaha Kuliner Rumahan

  • Ayam Geprek

Tak heran, ayam geprek selalu menjadi pilihan kebanyakan orang untuk menjadi makanan dengan harga yang terjangkau dan memiliki rasa yang lezat.

Untuk menjadi beda dari kompetitor, maka kamu bisa membedakan dari segi topping atau jenis sambal yang variatif yang tidak dimiliki kompetitor.

  • Dessert Box

Perpaduan tekstur yang terdapat di dessert box membuat makanan ini digemari oleh orang-orang karena memberikan pengalaman sensasi saat gigitan pertama.

Tampilan yang menarik dan estetik untuk dicoba dapat kamu kreasikan variasi topping atau rasa didalamnya.

  • Soft Baked Cookies

Sempat viral di TikTok karena resep dari soft baked cookies bisa dijadikan ide bisnis online untuk pemula yang selalu berseliweran yang menarik untuk dicoba.

Kamu dapat membuatnya dengan mudah karena bahan yang digunakan cukup sederhana dengan cara yang relatif mudah untuk diikuti.

  • Roti Bakar

Hidangan yang menjadi pilihan banyak orang ketika sudah tidak memiliki pilihan dan menjadikan roti bakar sebagai comfort food.

Sehingga, kamu bisa menjualnya dengan berbagai topping atau isian yang bermacam-macam untuk berinovasi supaya laku di pasaran.

  • Aneka Pasta

Salah satu hidangan kuliner yang memiliki omzet cukup menguntungkan adalah aneka pasta dengan penyajian yang mudah dan bahan yang dapat disesuaikan.

Dengan begitu, kamu bisa menjualnya dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan banyak pelanggan tetap yang selalu melakukan pembelian kembali.

  • Martabak Asin dan Manis

Kuliner yang bisa dijadikan buah tangan yaitu martabak asin maupun manis ketika bertamu untuk silaturahmi ke rumah orang terdekat.

Makanan ini bisa dinikmati orang-orang di berbagai waktu, sehingga kalau kamu menjualnya dari sepanjang hari akan mendapatkan keuntungan yang banyak.

Usaha Kuliner Rumahan yang Menjanjikan

  • Frozen Food

Bisnis frozen food bisa menjadi pilihan yang menjanjikan karena praktis dalam menyajikannya, sehingga bisa kamu coba untuk memulai usaha kuliner rumahan.

Untuk itu, kamu perlu untuk mencari supplier frozen food supaya mendapatkan harga terjangkau dan ketika dijual akan mendapatkan keuntungan yang melimpah.

  • Rice Bowl

Banyak dicari oleh orang ketika sedang istirahat karena isi di dalam rice bowl sudah padat dan lengkap, sehingga sangat tepat untuk menargetkan ke karyawan maupun mahasiswa.

Isi dari rice bowl antara lain sayuran, lauk, telur, dan berbagai macam yang bisa kamu kreasikan sesuai dengan kombinasi didalamnya.

Kamu bisa memberikan desain sendiri di mangkok makanan tersebut yang membuatnya menjadi menarik untuk dibeli.

  • Salad Buah

Opsi kuliner yang menyehatkan tubuh salah satunya adalah salad buah yang proses pembuatannya tergolong sederhana atau mudah.

Untuk itu, kamu perlu menyediakan banyak pilihan buah dengan kualitas yang baik dan segar, sehingga ketika diterima oleh konsumen tidak busuk.

  • Catering

Target dari usaha yang tidak pernah sepi ini yaitu para pekerja yang tidak memiliki waktu yang terbatas untuk memasak.

Tren catering diet kini kian populer karena banyak calon pembeli yang semakin sadar akan pentingnya memiliki asupan makanan yang bergizi sebagai bentuk menjaga kesehatan.

  • Risol Mayo

Camilan yang sempat viral di media sosial TikTok yaitu Risol Mayo Margo yang menjadikan kuliner ini sebagai makanan kekinian.

Isi dari risol mayo yaitu sayuran, daging asap, telur, mayo, wortel yang banyak disukai oleh banyak kalangan. Kamu bisa menawarkan kepada calon pembeli dalam bentuk penyajian yang beku (frozen) dan matang.

  • Camilan Aneka Keripik

Makanan yang menemani banyak aktivitas yaitu camilan aneka keripik memiliki potensi omset yang besar dengan modal yang kecil.

Ada banyak macam keripik mulai dari singkong, kentang, ubi, sayuran, buah yang tetap menjadi favorit bagi banyak orang.

Demikian pembahasan mengenai usaha kuliner rumahan, kira-kira dari semua rekomendasi manakah yang kamu tertarik untuk kamu jadikan usaha kuliner?

Semoga dengan adanya artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai usaha dalam bidang makanan dengan sukses dan berhasil.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial dan nantikan selalu artikel menarik dan informatif lainnya seputar bisnis hanya di Everpro, ya!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya