everpro

Sukses di Usia Muda! 5+ Ide Bisnis Online untuk Pemula di Era Digital 2024

Kamu pemula yang ingin bisnis tapi bingung mau mulai dari mana? Tenang saja! Yuk, simak artikel ide bisnis online untuk pemula sampai habis agar kamu tidak kesulitan.

Di era digital, peluang terbuka lebar bagi pertumbuhanmu dengan mudah dan cepat.

Dengan berbekal koneksi internet dan juga smartphone atau perangkat lainnya, kamu bisa menjangkau semua orang secara luas.

Sebagai pemula, kita harus memulai dari mana? Tak perlu khawatir niscaya kamu akan mendapatkan kemudahan dengan membaca artikel Everpro yang satu ini!

Sekilas Tentang Bisnis Online

Bisnis online melibatkan aktivitas jual beli antara penjual dan pembeli secara online menggunakan internet.

Memang peluang berbisnis online selalu terbuka lebar untuk pemula, namun strategi yang terpenting adalah mampu membaca tren yang ada karena sangatlah cepat berubah dari waktu ke waktu.

Platform yang menjadi wadah pun sudah banyak seperti media sosial, marketplace, e-commerce, website yang memudahkan kamu dalam meningkatkan penjualan.

Jenis-Jenis Bisnis Online

  • Media Sosial

Jenis bisnis online yang memanfaatkan media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan lain-lain untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui konten menarik dan relevan yang bisa meyakinkan mereka untuk membeli.

Fitur dari media sosial seperti live, direct message, kolom komentar sebagai sarana berinteraksi antara penjual dengan pembeli yang dapat dijangkau dengan cepat dan langsung.

  • Marketplace

Tentunya bisnis online memanfaatkan marketplace diantaranya seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain untuk menjual produk dan layanannya dengan cepat.

Pelanggan didalam marketplace beragam sesuai dengan minat mereka, namun karena jangkauan pelanggan yang luas itulah yang menyebabkan persaingan juga besar yang akan menjadi tantangan untukmu.

  • Website

Banyak perusahaan atau bisnis online yang sudah menerapkan jenis ini karena website dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan, sehingga mereka yakin untuk memberikan kepercayaan kepadamu.

Kelebihan dari jenis bisnis online website adalah strategi pemasaran SEO dapat memudahkan pelanggan menemukanmu di pencarian Google.

Ide Bisnis Online untuk Pemula

Sebagai pemula tentunya kamu bertanya-tanya bisnis online apa yang cocok untuk pemula. Tapi tenang saja, karena Everpro akan berikan 5 contoh bisnis online untuk kamu sebagai berikut.

5 Contoh Bisnis Online

  • Reseller

ide bisnis online untuk pemula
Sumber: Freepik

Menjadi reseller merupakan pilihan yang tepat untuk pemula yang ingin memulai bisnis online tanpa modal yang besar dan tidak ribet karena kamu tidak perlu memiliki produk sendiri.

Kamu cukup menjual produk orang lain dan akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga. Risiko dari bisnis ini tergolong rendah dan mudah untuk dijalankan.

Sebagai reseller kamu perlu memahami kebutuhan orang disekitarmu, sehingga nantinya akan memilih produk dan juga supplier yang tepat dan terpercaya.

  • Dropshipper

ide bisnis online untuk pemula
Sumber: Freepik

Model bisnis online dropshipper sangat menarik minat pemula karena modal yang kecil bahkan tanpa modal untuk menjalankannya.

Sama halnya dengan reseller, dropshipper juga tidak perlu memiliki produk sendiri bahkan menyimpan produk tersebut, sehingga tidak membuatmu repot.

Memiliki fleksibilitas yang tinggi karena kamu hanya membutuhkan handphone serta internet untuk menjalankan bisnis ini dan memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan tinggi.

  • Affiliate Marketer

ide bisnis online untuk pemula
Sumber: Freepik

Kamu mungkin sering melihat temanmu atau orang lain yang membagikan link yang mengarahkan pembelian ke marketplace itu yang disebut dengan affiliate marketer.

Cara kerja affiliate marketing adalah kamu cukup hanya mempromosikan produk orang lain di media sosial dengan menyertakan link

Setelah orang yang mengklik link dan melakukan pembelian, maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan melalui link tersebut.

  • Online Shop

ide bisnis online untuk pemula
Sumber: Freepik

Memiliki online shop rasanya di era sekarang bukan lagi menjadi hal yang langka karena banyak sekali yang mencari penghasilan tambahan dengan bisnis ini.

Alasan online shop banyak diincar oleh orang-orang karena dapat menjangkau pasar luas dan memiliki fleksibilitas, sehingga dapat mengatur waktu dan tempat sendiri.

Tantangan dari memulai bisnis online shop adalah memiliki persaingan yang tinggi, sehingga kamu perlu memiliki strategi dan keunikan yang berbeda dari pesaingmu agar menjadi usaha online shop terlaris.

  • Membuka Jasa Online

ide bisnis online untuk pemula
Sumber: Freepik

Lewat keahlian atau skill yang kamu miliki bisa kamu kembangkan untuk dijadikan bisnis online tanpa modal lewat HP.

Biasanya, perusahaan membutuhkan skill seperti desain grafis, penulisan artikel, social media marketing, penerjemah, web developer, SEO, virtual assistant, online tutor, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mempromosikan keahlian kamu dengan membuat akun di media sosial dan konten menarik yang bisa mengundang klien untuk menggunakan jasamu.

Berakhir sudah pembahasan mengenai ide bisnis online untuk pemula dan semoga informasi artikel ini bermanfaat bagi kamu yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis di era digital.

Jangan lupa share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan artikel menarik seputar bisnis berikutnya yang pasti hanya di Everpro, ya!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan