everpro

Intip Cara Kerja Affiliate Marketing, Inilah Kunci Suksesnya!

Menghadapi kenyataan dengan teknologi yang semakin canggih, akan membuatmu semakin ingin mendapatkan pekerjaan yang mudah namun bisa menghasilkan pendapatan yang besar maka dari itu cobalah pahami sejenak mengenai cara kerja Affiliate Marketing. 

Bagi yang belum pernah mendengar mungkin akan sangat asing. Namun pekerjaan ini hampir samanya dengan dropship. Yuk simak selengkapnya mengenai Affiliate Marketing di bawah ini.

Baca juga: 30+ Produk Affiliate Paling Laris, Laku Banget!

Apa itu Affiliate Marketing?

Cara Kerja Affiliate Marketing
Sumber: Pexels.com

Affiliate marketing adalah metode pemasaran di mana seorang afiliasi (publisher) mempromosikan produk atau layanan orang lain (merchant) dan menerima komisi atas setiap penjualan atau tindakan tertentu yang di lakukan oleh konsumen yang di referensikan oleh afiliasi.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Berikut cara kerja affiliate marketing secara lebih detail :

Lakukan Pendaftaran

Pertama-tama, afiliasi harus mendaftar ke program afiliasi yang di sediakan oleh merchant. Biasanya, proses pendaftaran ini gratis dan afiliasi akan diberikan tautan afiliasi khusus yang dapat di gunakan untuk mengarahkan pengunjung ke situs web merchant.

Buat Relasi dan Promosikan

Afiliasi harus mulai mempromosikan produk atau layanan merchant. Ini dapat di lakukan dengan berbagai cara, seperti menulis ulasan produk, menempatkan banner iklan di situs web afiliasi, atau memposting tautan afiliasi di media sosial.

Tujuan dari promosi ini adalah untuk mengarahkan pengunjung ke situs web merchant dan membuat mereka melakukan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian.

Konversikan

Ketika pengunjung mengklik tautan afiliasi dan melakukan tindakan tertentu di situs web merchant, afiliasi akan menerima komisi. Tindakan tersebut bisa berupa pembelian produk, pendaftaran layanan, mengisi formulir, atau tindakan lainnya yang telah di sepakati antara afiliasi dan merchant.

Pelacakan

Untuk menghitung jumlah tindakan yang dilakukan oleh pengunjung yang di rujuk oleh afiliasi, merchant menggunakan sistem pelacakan yang canggih. Setiap tautan afiliasi memiliki kode unik yang terkait dengan akun afiliasi, dan setiap tindakan yang di lakukan oleh pengunjung yang menggunakan tautan tersebut akan dicatat dan dihitung sebagai komisi bagi afiliasi.

Dapat Komisi

Komisi yang diterima oleh afiliasi biasanya bervariasi tergantung pada program afiliasi yang digunakan. Beberapa program memberikan komisi berdasarkan persentase penjualan, sementara yang lain memberikan komisi tetap untuk setiap tindakan yang di lakukan oleh pengunjung yang dirujuk oleh afiliasi.

Itulah cara kerja affiliate marketing secara umum. Affiliate marketing telah menjadi salah satu metode pemasaran yang paling populer dan efektif di dunia online.

Jika Anda tertarik untuk memulai sebagai afiliasi, ada banyak program afiliasi yang tersedia di internet yang bisa Anda pilih. Namun, sebelum memulai, pastikan Anda memahami aturan dan persyaratan dari setiap program afiliasi yang Anda pilih.

Tips Menjadi Affiliate Marketing

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi seorang affiliate marketing yang sukses:

Pilih Program Afiliasi yang sesuai dengan Niche Anda

Pilih program afiliasi yang relevan dengan niche atau topik yang Anda kuasai. Jangan mencoba mempromosikan produk yang tidak relevan dengan niche Anda karena hal tersebut dapat mengurangi kredibilitas Anda di mata pengunjung.

Gunakan Metode Promosi yang tepat

Anda harus memilih metode promosi yang paling efektif untuk niche dan target audiens Anda. Metode promosi bisa berupa ulasan produk, konten video, email marketing, atau iklan di media sosial. Cobalah beberapa metode promosi dan periksa mana yang memberikan hasil terbaik untuk Anda.

Bangun Hubungan dengan Pengunjung

Bukan hanya tentang mempromosikan produk atau layanan, Anda juga harus membangun hubungan dengan pengunjung Anda. Berikan nilai tambah bagi mereka dengan memberikan informasi yang bermanfaat, menjawab pertanyaan, dan memberikan saran.

Gunakan Tautan Afiliasi secara Strategis

Anda harus memasukkan tautan afiliasi Anda secara strategis di konten Anda. Jangan terlalu banyak menggunakan tautan afiliasi karena hal tersebut dapat membuat pengunjung merasa terganggu.

Berikan Informasi yang Akurat dan Jelas

Pastikan informasi yang Anda berikan tentang produk atau layanan yang Anda promosikan adalah akurat dan jelas. Hal tersebut akan membantu pengunjung memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang Anda promosikan.

Pantau Kinerja secara Teratur

Anda harus memantau kinerja Anda secara teratur, termasuk jumlah klik dan konversi yang Anda terima. Hal tersebut akan membantu Anda menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif di masa depan.

Jaga Reputasi Anda

Jaga reputasi Anda sebagai seorang affiliate marketing yang dapat dipercaya. Pastikan produk atau layanan yang Anda promosikan memiliki kualitas yang baik dan jangan pernah mempromosikan produk atau layanan yang buruk atau scam.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menjadi seorang affiliate marketing yang sukses dan dapat memperoleh penghasilan yang lebih baik.

Affiliate yang Sukses di Indonesia

Cara Kerja Affiliate Marketing
Sumber: Pexels.com

1. Iqbal Abdullah

Iqbal Abdullah adalah seorang affiliate marketer yang aktif di berbagai platform. Beberapa platform yang sering digunakan Iqbal Abdullah sebagai affiliate marketer antara lain:

  • Tokopedia, dengan mempromosikan produk-produk di Tokopedia sebagai affiliate marketer.
  • Clickbank, sebuah platform afiliasi internasional yang menyediakan produk digital seperti e-book, kursus online, dan software.
  • Amazon Associates,  program ini menyediakan komisi bagi affiliate marketer yang berhasil mempromosikan produk-produk di Amazon.
  • JVZoo, platform untuk mempromosikan produk-produk digital dan mendapatkan komisi sebagai affiliate marketer.

2. Cecep Firdaus

Cecep Firdaus juga menggunakan Shopee dan Lazada sebagai platform untuk mempromosikan produk-produk dan mendapatkan komisi sebagai affiliate marketer

3. Herdiansyah Hamzah

Berbeda dengan yang lain, beliau lebih memilih untuk mempromosikan Hostinger Affiliate Program, yang merupakan layanan hosting dan domain. Program ini menyediakan komisi yang cukup besar bagi affiliate marketer yang berhasil mempromosikan layanan Hostinger.

Tak hanya itu, beliau pun menjadi Affiliate di Namecheap Affiliate Program dan juga di CJ Affiliate. CJ Affiliate adalah salah satu platform afiliasi terbesar dan terpercaya di dunia.

4. Andry Alamsyah

Sama halnya seperti yang lain, beliau menjadi Affiliate di berbagai platform seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan platform lainnya.

Demikian pembahasan mengenai cara kerja affiliate marketing kali ini. Ingin mencoba menjadi Affiliator?

Yuk coba buat iklan semenarik mungkin agar Anda bisa menjadi Affiliate Marketing yang di minati penjualannya dengan mengoptimalkan iklan dengan menggunakan layanan dari Everpro pada Google Ads Account.

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted 

Optimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan Everpro Google Ads Whitelisted dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Tunggu apalagi? Ayo buat iklan bisnis affiliatemu segera!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya