everpro

Makin Laris! 10+ Cara Edit Foto Makanan untuk Jualan Online yang Wajib Diketahui Pemula

Pernahkah kamu melihat foto makanan di media sosial yang menggiurkan? Yuk, simak artikel cara edit foto makanan untuk jualan online dan pelajari tutorialnya!

Bisnis kuliner sudah menjamur dimana-mana karena makanan sendiri merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, sehingga bisnis ini memiliki persaingan yang ketat.

Tidak hanya mengandalkan cita rasa yang khas dan nikmat dalam suatu makanan, namun bisnis kuliner perlu mengunggah foto makanan yang menarik dan menggiurkan untuk dilihat calon pembeli.

Untuk bersaing dengan kompetitor lain sebagai pelaku usaha kamu perlu mempelajari cara edit foto makanan untuk jualan online.

Dengan begitu, bisnis kulinermu akan memiliki foto yang berkualitas tinggi dan menarik yang bisa membantu meningkatkan penjualan.

Simak sampai habis artikel Everpro kali ini agar kamu tahu aplikasi yang bisa membuat foto makanan biasa menjadi luar biasa hanya dengan menggunakan aplikasi berikut ini.

Baca Juga: 20+ Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung, Laku Terus!

Cara Edit Foto Makanan untuk Jualan Online

Salah satu cara yang efisien dan efektif dalam mendapatkan foto makanan untuk jualan online dengan kualitas tinggi dan visual yang menarik adalah penggunaan aplikasi edit foto.

Ada beberapa aplikasi terbaik yang bisa membantu permasalahanmu dalam mendapatkan foto makanan yang menarik dan menggiurkan selera untuk dilihat.

Menariknya adalah kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengedit foto makanan yang sudah kamu ambil dari kamera profesional maupun handphone untuk mempermudah dan mempercepat.

Aplikasi tersebut bisa dengan mudah memperbaiki kekurangan dari foto yang kamu ambil agar terlihat menggugah selera yang membuat orang yang melihatnya ingin mencicipi.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit foto makanan untuk di media sosial bisnis kulinermu.

  • Lightroom

cara edit foto makanan untuk jualan online
Sumber: google.com

Aplikasi yang memiliki fitur sinkronisasi untuk mengedit foto di berbagai jenis perangkat seperti handphone, laptop, PC, dan lain-lain.

Kamu bisa memilih aplikasi satu ini untuk memudahkan proses edit foto makanan dengan fleksibel tanpa adanya batasan perangkat yang digunakan.

Adobe Lightroom memiliki fitur edit foto yang kuat seperti presets, colour, crop, light, dan effect yang bisa mengubah tampilan makanan menjadi menarik.

Untuk memiliki kualitas gambar yang tinggi, maka kamu bisa menyesuaikan kembali dengan split tone dan dehaze yang dimiliki aplikasi Lightroom.

Baca Juga: Ide Jualan Makanan Kekinian Modal Kecil Untung Besar, Bisa Cuan Banyak!

  • VSCO

cara edit foto makanan untuk jualan online
Sumber: google.com

Selanjutnya, aplikasi alternatif yang bisa kamu gunakan untuk edit foto makanan jualan online adalah dengan aplikasi VSCO.

VSCO mempunyai berbagai filter untuk foto makanan supaya terlihat seperti foto makanan dengan gaya ala-ala Tumblr.

Fitur Grain and Fake di dalam aplikasi VSCO bisa menambahkan bayangan di makanan, sehingga memberikan kesan makanan tersebut lebih hidup.

Namun, sayangnya aplikasi VSCO memiliki batasan penggunaan filter dan fitur antara gratis dan berlangganan.

  • PicsArt

cara edit foto makanan untuk jualan online
Sumber: google.com

Telah diunduh oleh kurang lebih 500 juta orang yang membuat aplikasi PicsArt menjadi andalan bagi pebisnis dalam mengedit foto untuk jualan online.

Memiliki fitur seperti cutout, mengubah ukuran foto, cloning, collage, dan lain-lain yang membantu kamu menghasilkan foto yang menarik untuk makanan.

Tersedia juga koleksi filter foto artistik seperti frame, border, frame, background dimana kamu bisa membuat kualitas tinggi di foto makanan bisnis kulinermu.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Ala Rumahan

  • Canva

cara edit foto makanan untuk jualan online
Sumber: google.com

Banyak sekali pemula yang menggunakan aplikasi berikut ini karena terkenal dengan kemudahannya dalam penggunaan serta menghasilkan foto yang menarik.

Canva membuatmu mengedit foto tanpa harus melalui langkah-langkah yang rumit. Biasanya, Canva digunakan untuk mempercantik konten feed Instagram.

Di sini kamu bisa menambahkan stiker, ikon, teks ide nama usaha makanan, bahkan mengubah ukuran foto pun juga bisa sesuai dengan kebutuhan media sosial yang ingin diunggah.

  • Snapseed

cara edit foto makanan untuk jualan online
Sumber: google.com

Menariknya, aplikasi berikut ini memiliki fitur yang bisa menghapus objek yang tidak diinginkan untuk masuk ke dalam foto makanan kamu.

Aplikasi tersebut adalah Snapseed yang sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan memiliki ukuran aplikasi sebesar 23 MB.

Selain itu, aplikasi Snapseed juga memiliki fitur kuas untuk memoles foto dengan lebih rinci untuk menghasilkan foto dengan kualitas tinggi.

Baca Juga: Contoh Analisis SWOT untuk Usaha Makanan: Kunci Sukses dalam Bisnis Kuliner

  • Foodie

cara edit foto makanan untuk jualan online
Sumber: google.com

Aplikasi Foodie menyediakan berbagai fitur khusus untuk foto makanan yang bisa dengan cepat dan mudah menghasilkan foto yang menggugah selera bagi orang yang melihat.

Tentunya kamu juga bisa menambahkan efek, menyesuaikan cahaya, dan menggunakan fitur Best Angle dan Best Moment untuk pengambilan foto di waktu dan angle terbaik.

Nah, Foodie juga menyediakan fitur Smart Guide yang cocok untuk pemula untuk meningkatkan kualitas foto dengan memberikan instruksi yang mudah.

  • Photofy

aplikasi edit foto photofy
Sumber: google.com

Jika kamu ingin edit foto makanan dengan bentuk collage atau kolase, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Photofy untuk membantumu.

Teks berupa slogan makanan yang menarik dan font bisa kamu tambahkan ke dalam foto melalui aplikasi tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan karakter kartun.

  • Pic Collage

aplikasi edit foto pic collage
Sumber: google.com

Alternatif lainnya yang bisa kamu pilih adalah aplikasi Pic Collage yang bisa mengedit foto dan video dalam satu frame.

Tersedia juga font dan stiker lucu untuk membuat gaya bisnis kamu terlihat menyenangkan dan juga santai untuk dilihat calon pembeli.

  • Pixlr

aplikasi edit foto pixlr
Sumber: google.com

Aplikasi selanjutnya adalah Pixlr yang memiliki fitur unik dan inovatif untuk mengedit foto makananmu menjadi menarik untuk dilihat.

Memiliki dua fitur yaitu Pixlr Editor untuk mengedit penggantian warna, transformasi objek, dan image layers dan Pixlr Express untuk simple overlays and borders dan perbaikan cepat.

Untuk mengubah seluruh atau sebagian gambar tenang saja karena Pixlr memiliki alat yaitu Pixelate yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi ini gratis, sehingga sangatlah cocok untuk pebisnis pemula yang baru terjun di dunia bisnis kuliner.

  • Fotor

aplikasi edit foto fotor
Sumber: google.com

Sedang mencari aplikasi yang user friendly untuk digunakan? Ada Fotor yang bisa bantu kamu dalam edit foto makanan, nih!

Gambar yang dihasilkan akan tajam karena fitur khusus yang disediakan oleh aplikasi Fotor, sehingga membuat foto akan menarik untuk dibagikan ke media sosial.

Tentunya kamu juga bisa melihat di platform online seperti Youtube atau media sosial TikTok untuk mengetahui beberapa langkah dalam menggunakan aplikasi-aplikasi di atas.

Perlu diingat bahwa kamu juga harus memperhatikan pencahayaan pada saat pengambilan foto untuk menghasilkan cahaya alami dan natural, sehingga foto yang dihasilkan terlihat nyata.

Selesai sudah pembahasan mengenai cara edit foto makanan untuk jualan online dan harapannya dengan kamu membaca artikel ini bermanfaat untuk kamu menghasilkan foto dengan kualitas yang tinggi.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan