everpro

Inilah Cara Mudah Membuat Bot WhatsApp untuk Bisnis!

Bagaimana cara membuat bot WhatsApp untuk bisnis? Simak artikel ini untuk mengetahui cara mudah untuk membuatnya!

Pada era modern dan digital seperti saat ini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi bertukar pesan yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya berguna untuk berbagi pesan dengan orang yang kita kenal saja, WhatsApp ternyata bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis. 

Namun, dalam penggunaan bisnis ada beberapa penyesuaian yang harus kita lakukan agar penggunaan WhatsApp tersebut menjadi lebih maksimal.

Salah satu penyesuaian yang sangat terkenal pada WhatsApp adalah penggunaan Bot untuk efisiensi dan efektivitas pada bisnis.

Nah, pada artikel ini kami akan membedah bagaimana cara membuat bot pada WhatsApp dengan mudah sehingga para pemula dapat membuatnya. Simak informasi ini sampai habis ya!

Baca juga: WhatsApp Business Automation: Pengertian, Cara Kerja, Strategi

Apa itu WhatsApp Bot

cara membuat bot whatsapp
Sumber: google.com

Sebelum kita jauh membahas tentang cara membuat WhatsApp Bot ini, mari kita bahas pengertian dan penjelasannya terlebih dahulu.

WhatsApp Bot atau WA Bot merupakan salah satu fitur yang ada di WhatsApp Business API. Pada fitur tersebut terdapat program kecerdasan buatan (AI) yang dapat bekerja secara otomatis.

Nah, biasanya Bot ini digunakan oleh para pebisnis untuk merespon setiap pesan yang masuk melalui platform WhatsApp. Mengapa demikian? Karena teknologi ini memungkinkan para pebisnis untuk melakukan komunikasi dua arah.

Selain untuk merespon atau membalas pesan dari pelanggan, WA Bot juga berguna untuk menyebarkan informasi penting seperti update bisnis, promo yang berlangsung, katalog dan lain-lain.

Untuk menggunakan teknologi ini secara gratis, para pebisnis yang berminat harus mendaftar WhatsApp API terlebih dahulu. Setelah itu, mereka dapat menggunakan Bot ini untuk melakukan hal-hal tersebut.

Kegunaan WhatsApp Bot

Bot WhatsApp hadir dengan beberapa keunggulan dan manfaat yang bisa pebisnis gunakan pada bisnis yang mereka jalankan. Dengan bantuan bot WA, pebisnis dapat melakukan beberapa kegiatan untuk efisiensi dan efektivitas bisnis.

Beberapa diantaranya adalah membalas pesan otomatis, laporan analitik sampai dapat diakses menggunakan beberapa perangkat. Dengan kegunaan tersebut, banyak menjadi pilihan para pebisnis untuk mengembangkan bisnis.

Tips Menggunakan Bot WhatsApp

cara membuat bot whatsapp
Sumber: google.com

Penggunaan WhatsApp Bot adalah cara yang sangat efektif untuk mengembangkan bisnis yang kamu punya. Namun, penggunaannya juga membutuhkan strategi tertentu agar semakin maksimal manfaat yang bisnis dapatkan.

Berikut adalah beberapa tips dan strategi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

1. Berikan Penawaran Kepada Pembeli

Tips pertama yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan bot WhatsApp adalah memberikan penawaran kepada pembeli.

Ketika pembeli melakukan komunikasi awal melalui WhatsApp, umumnya mereka akan memiliki pertanyaan seputar produk. Ketika komunikasi sudah berlangsung, kamu bisa memanfaatkannya untuk memberikan penawaran melalui bot WA tersebut.

2. Pengingat bagi Pembeli

Untuk tips yang satu ini sebenarnya hanya berlaku bagi bisnis yang sudah berskala menengah. Mengapa demikian? karena untuk dapat melakukan tips ini bisnis harus memiliki website sendiri.

Apabila kamu sudah mempunya website bisnis, ada baiknya kamu melakukan tips ini. Tips ini adalah dengan melakukan pengingat kepada pembeli. 

Contohnya adalah ketika pelanggan memasukkan produk pada keranjang belanja di website, namun mereka belum melakukan pembayaran. Nah, pada poin ini WA bot dapat kamu gunakan untuk mengingatkan mereka untuk segera melakukan pembayaran.

3. Meningkatkan Lead Conversion

Dengan bantuan bot WhatsApp dalam kebutuhan membalas pesan dengan cepat dan real time membantu menggiring pelanggan melewati funnel sales. Dengan begitu, kita sebagai penjual dapat mendorong pembeli untuk mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Hal inilah yang nantinya dapat berpengaruh kepada lead conversion pada bisnis yang kamu jalankan. Bantuan bot WA tersebut bisa meningkatkan lead conversion.

4. Menekan Pengeluaran

Dengan bantuan bot WA, bisnis yang kamu jalankan bisa menekan angka pengeluaran. Bagaimana caranya? caranya adalah bot WA dapat membalas pesan secara otomatis yang dari segi waktu dan biaya sangat efisien.

Dengan membalas pesan otomatis tersebut, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mempekerjakan tim customer service yang bisa membuat pengeluaran bisnis menjadi besar.

5. Meningkatkan Produktivitas Pada Karyawan

Terakhir adalah meningkatkan produktivitas pada karyawan. Dengan bantuan WA bot ini, karyawan dapat bekerja lebih efisien dan produktif karena tidak harus menjawab pertanyaan yang repetitif dari pelanggan.

Dengan begitu, karyawan dapat menggunakan waktunya untuk melakukan kegiatan lain yang terkait dengan bisnis sehingga mereka menjadi lebih efektif dan produktif.

Baca juga: Kuasai Whatsapp Marketing Tools Bikin Jualan Makin Cuan!

Cara Membuat Bot WhatsApp Gratis

cara membuat bot whatsapp
Sumber: google.com

Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang mudah untuk membuat bot WhatsApp:

  1. Download Aplikasi
  2. Daftar Akun Bisnis
  3. Lengkapi Profil Akun Bisnis WA
  4. Isi Form di Fitur Pemesanan Produk Bisnis
  5. Integrasikan dengan Everpro CRM

Perlu kamu perhatikan sebelum membuat Bot WhatsApp adalah dengan membuat WA Bisnis terlebih dahulu. Cara buat WA bisnis kamu bisa simak pada artikel berikut “WhatsApp Business, Cocok untuk Pebisnis Kecil

Dengan langkah-langkah di atas kamu bisa menggabungkan WA bot dengan layanan CRM dari Everpro agar bisnis yang kamu punya makin meroket! 

Layanan Everpro CRM adalah layanan yang bisa membantu para pebisnis untuk memgembangkan bisnisnya dengan keunggulan yang ditawarkan.

Apa saja keunggulan yang Everpro CRM tawarkan pada pebisnis? Ini dia daftar lengkapnya!

  • Akses Database Pelanggan
  • Label dan Segmentasi Customer
  • Broadcast Pesan dan Automasi Alur Kerja
  • Update Status Paket

Hanya dengan Rp. 149.000/bulan kamu bisa mendapatkan fitur unggulan di atas. Dengan fitur-fitur unggulan di atas kamu bisa mengembangkan bisnis kamu dengan cepat dan efisien!

Kalo kamu masih ragu kamu bisa mencoba secara gratis juga, lho.

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan