Kenali Facebook Ads Manager Untuk Kelola Iklan Anda!

facebook ads manager

Ingin mengelola iklan melalui Facebook dan Instagram? Simak ulasan mengenai serba-serbi Facebook Ads Manager disini.

Kini kita telah memasuki era digitalisasi, dimana aktivitas dapat dengan mudah dilakukan secara online. Begitupun dengan metode pemasaran yang sering kita kenal dengan digital marketing.

Strategi dalam digital marketing satu diantaranya ialah dengan memanfaatkan media sosial. Ada banyak saluran media sosial yang dapat dipergunakan termasuk Facebook. 

Apabila anda sedang belajar atau berkecimpung di dunia social media marketing, Facebook Ads Manager menjadi hal yang penting untuk anda pelajari penggunaannya.

Seperti yang kita ketahui, Facebook atau yang biasa disingkat sebagai FB merupakan pemilik media sosial lainnya yaitu Instagram dan WhatsApp, media sosial yang banyak digunakan masyarakat dan sudah terkenal. Facebook sampai saat ini juga masih menjadi media sosial yang diminati.

Maka dari itu anda perlu menggunakan Fb Ads Manager untuk bisa menghasilkan iklan bisnis yang efektif. Anda bisa mulai mempelajarinya dengan membaca artikel ini sampai habis.

Apa Itu Facebook Ads Manager?

facebook ads manager
Sumber: pexels.com

Menurut data Meta, pengguna Facebook di dunia mencapai 2,93 per kuartal II/2022. Hal ini bisa anda manfaatkan sebagai media marketing untuk berbisnis. Anda perlu menggunakan Facebook Ads Manager untuk bisa mulai beriklan di Facebook dan Instagram.

Facebook Ads Manager adalah fitur serbaguna dari Facebook untuk membuat iklan, mengelola waktu dan tempat menjalankan iklan, serta memantau seberapa baik kinerja kampanye terhadap tujuan marketing anda. Ads manager fb ini menjadi titik awal untuk menjalankan iklan di Facebook, Instagram, Messenger, atau Audience Network.

Sebelumnya setiap pebisnis harus mengelola akun Facebook Ads dan Facebook Fanpage secara terpisah. Dengan menggunakan Fb Ads Manager ini dapat membantu para pebisnis dalam mengelola akun iklan dan aplikasi bisnis facebook lainnya secara bersamaan dalam satu tempat.

Everpro

Ads Manager Facebook sudah terhubung langsung dengan akun Facebook personal anda. Selain itu, anda bisa mengontrol dan membatasi akun-akun yang tidak berkepentingan, sehingga aset bisnis menjadi lebih aman.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kelebihan penggunaan Facebook Ads Manager.

Baca Juga: Panduan Riset Kompetitor Menggunakan Facebook Ads Library

Kelebihan Facebook Ads Manager

facebook ads manager
Sumber: pexels.com

Akhir-akhir ini Facebook Ads semakin diminati oleh banyak kalangan dari pebisnis UMKM hingga profesional. Meskipun banyak yang mengira bahwa Facebook merupakan channel yang kuno, namun nyatanya Facebook masih memiliki market yang cukup besar dan menjanjikan.

Melihat dari definisinya banyak hal yang bisa anda dapatkan dengan penggunaan FB Ads Manager ini, berikut penjelasannya:

  • Facebook Ads Manager Sebagai Wadah Beriklan yang Lebih Luas

Ada beberapa platform yang berbeda untuk beriklan dengan menggunakan Ads Manager, antara lain yaitu Facebook, Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Anda dapat menyesuaikannya dengan menarget pelanggan berdasarkan sosial media yang mereka gunakan.

  • Facebook Ads Manager Mampu Mengelola Kampanye Secara Objektif

Terdapat tiga pilihan yang bisa anda gunakan dari fitur Ads Manager Facebook ini, yaitu Awareness, Consideration, dan Conversion.

Ketiga objektif ini dapat anda sesuaikan dengan tujuan iklan atau kampanye yang anda buat.

  • Audiens yang Lebih Relevan dan Spesifik

Kelebihan lain dari Fb Ads Manager yaitu anda dapat menentukan target yang lebih spesifik dan relevan dengan pelanggan anda. Karena banyak tersedia kustomisasi yang bisa anda sesuaikan.

Contohnya dalam kustomisasi rentang usia, jenis kelamin, lokasi, dan interest. Dengan begitu produk dan brand yang anda iklankan dapat tersampaikan dengan baik ke target yang sesuai.

  • Facebook Ads Manager Dapat Menampilkan Iklan dengan Format yang Beragam

Dengan menggunakan tools ini anda dapat memilih berbagai format iklan mulai dari teks, carousel, single image, single video, dan slide show. Anda dapat membuat iklan sekreatif mungkin agar target audiens yang melihatnya tertarik dan melakukan action.

Misalnya membuat gambar dengan latar minimalis dan elegan yang menggambarkan kelebihan produk ditambah teks iklan mengandung CTA (call to action).

  • Keamanan Lebih Terjamin

Facebook Ads Manager menyediakan fitur Security Center yang memungkinkan anda untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk semua yang bertanggung jawab terhadap akun tersebut.

Adanya sistem ini memberikan keamanan agar pengguna yang sudah tidak aktif tidak bisa mengakses FB Ads Manager lagi.

Fitur-fitur Facebook Ads Manager

Terdapat beberapa fitur yang bisa anda gunakan dalam Fb Ads Manager, berikut daftar fiturnya:

1. Commerce Manager

facebook ads manager
Sumber: google.com

Fitur Commerce Manager berguna untuk memantau aktivitas penjualan online, yaitu dengan mengelola katalog dan penjualan melalui Facebook dan Instagram.

Anda dapat mengelola toko online dengan lebih efisien. Anda bisa memilih dimana pelanggan dapat menyelesaikan pesanannya baik itu melalui website, facebook atau instagram, dan direct message.

2. Pengelola Iklan

facebook ads manager
Sumber: google.com

Pengelola Iklan ini  merupakan fitur yang dapat anda gunakan dalam menjalankan iklan di Facebook, Instagram, Messenger, atau Audience Network.

Melansir dari laman resmi Facebook, fitur ini memungkinkan anda untuk membuat iklan, mengelola waktu dan tempat dijalankannya iklan, hingga memantau kinerja campaign.

Dengan begitu anda dapat terus memantau campaign atau iklan yang anda buat, mengelola anggaran, serta jadwal iklan dari manapun anda berada.

3. Pixel Helper

facebook ads manager
Sumber: google.com

Pixel Helper dapat membantu anda memeriksa ulang penerapan, memecahkan masalah pixel jika ada, juga mempelajari cara meningkatkan kinerja iklan sebelum meluncurkannya.

Facebook Pixel merupakan kode yang ditempatkan pada situs web anda yang bertujuan untuk mengumpulkan data agar bisa melacak konversi dari iklan Facebook, optimasi iklan, dan membangun jaringan target audiens.

Dengan ini anda dapat membuat iklan penargetan berulang ke pengguna yang mengunjungi website anda dan mendorongnya untuk melakukan action. Contohnya yaitu meminta audiens untuk berlangganan newsletter.

4. Creative Hub

facebook ads manager
Sumber: google.com

Melalui fitur Creative Hub memungkinkan pengguna untuk menguji berbagai jenis iklan, penempatan, dan elemen sebelum iklan tersebut diluncurkan. Contoh iklan yang dapat anda uji melalui fitur ini yaitu Iklan slide show, iklan gambar, iklan video, dan sebagainya.

5. Campaign Budget Optimization

facebook ads manager
Sumber: google.com

Optimasi Anggaran Iklan atau CBO merupakan fitur yang dapat membantu anda dalam mengelola anggaran di seluruh set iklan. Dengan menggunakan fitur ini anda dapat menghemat waktu karena tidak perlu membuat anggarannya satu per satu.

Contohnya, anda memiliki 2 set iklan yang aktif di campaign, Facebook akan membelanjakan sebagian besar anggaran pada satu set iklan jika cara itu dapat memberikan hasil keseluruhan yang lebih baik.

6. Facebook Analytics

facebook ads manager
Sumber: google.com

Nama lain fitur ini yaitu Facebook Insight yang menawarkan anda pengetahuan tambahan mengenai kinerja iklan yang brand tayangkan di Facebook.

Cara kerjanya mirip dengan Google Analytics, hanya ini khusus untuk Facebook. Jadi, anda dapat melihat metrik pengguna, keterlibatan, halaman, dan demografi pengguna.

Selain itu fitur ini dapat membuat kelompok pengguna untuk melacak perilaku audiens dari waktu ke waktu, membuat tabel pivot untuk pelaporan data yang sedang berlangsung, membuat dashboard, dan meninjau nilai umur, di antara fitur-fitur lainnya.

Sehingga anda dapat mengetahui efektifitas campaign bagi brand anda yang anda jalankan di Facebook.

Demikian ulasan mengenai Facebook Ads Manager yang berguna untuk memaksimalkan campaign anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Blog Everpro!

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?