Strategi Mengoptimalkan 11 Campaign Objective Facebook Ads di 2025

Saat menjalankan iklan berbayar di Facebook, sebagai pengiklan pastinya kamu harus tahu objective Facebook Ads yang akan ia jalankan. 

Sederhananya, objective ini yang akan menjadi peta arah kamu untuk menyusun strategi kampanye iklan mencapai tujuan yang diharapkan. 

Tujuan ini bisa dengan jualan yang semakin laris, lebih banyak orang yang tahu tentang brand tersebut, hingga kunjungan website yang makin tinggi. 

Jadi, kalau kamu butuh panduan utama biar iklan nggak salah arah, maka menentukan objective jadi salah satu langkah pentingnya. 

Apa itu Campaign Objective Facebook Ads?

Objective Facebook Ads
Sumber: google.com/bersosial

Campaign objective adalah tujuan utama yang ingin pengiklan capai saat menjalankan iklan berbayar di Facebook. 

Selain untuk setting-an saat pasang iklan di Facebook Ads Manager dan dijadikan acuan dalam mengusun strategi iklan, objective juga menentukan metrik yang dipakai untuk mengukur keberhasilan iklan. 

Misalnya, sebagai bisnis owner yang jualan online, kamu mau produk terjual laris manis. Berarti objective yang kamu pakai bisa sales atau conversions. 

Dengan objective ini, kamu akan menyusun strategi iklan yang berfokus ke orang-orang yang kemungkinan besar bakal beli produk kamu. 

Nah, untuk mengukur keberhasilan iklan, maka metrik yang dipakai adalah conversion rate, cost per conversion, ROAS, purchase, CTR, hingga Ads to Cart. 

Jenis-jenis Campaign Objective Facebook Ads 

Ada beberapa tujuan membuat strategi kampanye iklan Facebook Ads, berikut diantaranya: 

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dalam marketing funnel, brand awareness jadi tahap awal dalam pemasaran karena berkaitan dengan seberapa banyak orang yang tahu tentang suatu brand atau produk. 

Karena itulah, sebelum tujuan kampanye FB Ads mengarah ke penjualan, pengiklan juga perlu memasang target brand awareness pada iklan mereka. 

2. Meningkatkan Penjualan

Objetive campaign Facebook Ads yang paling banyak jadi tujuan pengiklan adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. 

Kalau dijalankan dengan strategi yang tepat, iklan bisa menjangkau target audiens yang mungkin besar tertarik untuk membeli. 

3. Meningkatkan Jangkauan (Reach)

Objektif satu ini bertujuan untuk menjangkau sebanyak mungkin audiens, tanpa memandang apakah mereka akan berinteraksi lebih lanjut dengan iklan atau sebaliknya. 

Kalau kamu mau meningkatkan visibilitas secara luas, cocok untuk pakai objetive Facebook Ads yang satu ini. 

4. Mengumpulkan Leads

Objective FB Ads mengumpulkan leads cocok untuk kamu yang mau memperoleh banyak informasi tentang calon pembeli, seperti nama mereka, alamat email, nomor telepon, gender, dan segmentasi lainnya. 

Dengan data tersebut, kamu bisa pakai untuk strategi iklan lainnya, seperti email marketing atau WhatsApp marketing. 

5. Meningkatkan Engagement 

Engagement adalah objective Facebook Ads yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens, bisa lewat likes, comments, share, atau mengklik konten yang ada di iklan. 

Kalau kamu ingin memperkuat hubungan dengan audiens dan memperluas jangkauan organik, cocok untuk pakai objektif satu ini.

6. Meningkatkan App Install 

Seperti namanya, objective meningkatkan app install bertujuan untuk mengajak target audiens untuk mengunduh aplikasi bisnis kamu. 

7. Meningkatkan Video Views

Objective ini menggunakan metrik video views, video average watch time, dan video percentage watched untuk mengukur seberapa banyak orang yang menonton video kamu dan seberapa lama mereka menontonnya.

8. Meningkatkan Pengiriman Pesan (Messages)

Messages bertujuan untuk meningkatkan jumlah percakapan antara bisnis kamu dengan audiens target kamu melalui Messenger, WhatsApp, atau Instagram Direct.

Objective ini pakai metrik messaging connections, messaging conversations started, dan cost per messaging conversation started.

9. Penjualan Katalog 

Penjualan katalog atau catalog sales cocok untuk kamu yang mau menampilkan produk dari katalog online ke target audiens bersadarkan perilaku dan minat mereka. 

10. Meningkatkan Traffic ke Toko

Kalau kamu punya toko online dan ingin angka kunjungan toko meningkat, maka objective Facebook Ads store traffic cocok dijadikan tolak ukurnya. 

Objective ini menggunakan metrik store visits dan cost per store visit untuk mengukur seberapa banyak orang yang mengunjungi lokasi fisik bisnis kamu setelah melihat iklan kamu.

11. Meningkatkan Traffic ke Website

Jika bisnis kamu punya website resmi dan aktivitas penjualan berpusat pada halaman website tersebut, maka pasang objective traffic untuk FB Ads. 

Objective ini menggunakan metrik link clicks dan landing page views untuk mengukur seberapa banyak orang yang mengklik iklan kamu dan mengunjungi tujuan online kamu.

Langkah Implementasi Iklan Facebook Ads yang Efektif

Selain paham tentang objective Facebook Ads, sebagai pengiklan kamu juga perlu tahu langkah dasar untuk menjalankan iklan FB Ads yang efektif, yaitu: 

1. Menentukan Tujuan Iklan 

Nah, setelah kamu tahu berbagai jenis objective FB Ads, kira-kira mana nih yang sesuai dengan tujuan kampanye kamu? 

Pilih satu atau lebih objective supaya langkah berikutnya bisa lebih terarah!

2. Pastikan Target Audiens Sudah Tepat

Selanjutnya, pastikan kamu juga sudah paham siapa target audiens sekaligus orang yang kira-kira tertarik dengan bisnis, produk, atau layanan kamu.

Langkah ini sangat penting agar kamu bisa memasarkan produk yang menarik kepada target pembeli yang tepat sasaran. 

3. Proses Pembuatan Materi Iklan

Membuat materi iklan yang menarik, bisa dengan menggabungkan gambar, teks, audio, hingga video yang sesuai dengan tujuan kampanye. 

Pastikan pesan yang disampaikan jelas dan mengundang aksi dari audiens. Kamu bisa merampungkan materi iklan sebelum membuat kontennya.

Setelah itu, kamu bisa tinggal ikuti panduan lengkap cara iklan di Facebook termudah untuk pemula. 

4. Monitoring, Evaluasi, dan Optimasi Berkala

Saat iklan berjalan, jangan lupa selalu memantau performa iklan. Kira-kira sudah berjalan sesuai dengan yang kamu harapkan atau sebaliknya?

Lakukan evaluasi dan cari solusi jika ada yang perlu diperbaiki. Mengoptimasi iklan secara berkala itu penting agar iklan kamu bisa makin efektif berjalan!

Strategi Mengoptimalkan Konten Iklan Facebook Ads

Selain langkah membuat iklan FB Ads yang sesuai dengan objective nya dari awal hingga tahap evaluasi, kamu juga perlu mengoptimalkan konten iklan lewat beberapa strategi berikut:

1. Pilih Jenis Konten yang Efektif untuk FB Ads

Setiap objective punya tipe konten yang berbeda-beda supaya bisa efektif. Karena itu, kamu perlu pilih jenis konten seperti apa yang mau dibuat?

Bisa konten gambar, video, carousel, dan banyak lagi. Pastikan konten dibuat dengan ukuran dan format yang sesuai kebijakan Facebook Ads, ya!

2. Pahami Tentang Frekuensi Posting

Memposting iklan dengan jeda waktu yang terlalu singkat dan konten yang itu-itu aja bisa bikin audiens bosan dengan iklan FB Ads kamu. 

Karena itu, kamu perlu tentukan frekuensi iklan yang tepat untuk agar selalu menarik di mata target audiens. 

3. Optimalisasi Konten Iklan dengan A/B Testing

Kalau kamu bikin konten iklan yang lebih dari satu, untuk bisa tahu konten mana yang efektif, lakukan A/B testing atau split test terlebih dahulu. 

Bandingkan variasi konten iklan mana yang kira-kira berpotensi mencapai objective Facebook Ads kamu sebagai pengiklan. 

4. Ambil Insight dari Hasil Performa Iklan

Selanjutnya, dari performa konten iklan yang kamu buat, analisis data yang ada dan pahami apa yang bekerja dan tidak dari konten iklan FB Ads kamu. 

5. Manfaatkan Fitur Retargeting di Facebook Ads 

Terakhir, jangan lupa manfaatkan retargeting agar tampilan iklan bisa sampai ke audiens yang sebelumnya sudah berinteraksi dengan brand atau website. 

Tinggal ikuti panduan menggunakan retargeting ads di FB Ads dari Everpro. Strategi satu dijamin bisa ningkatin peluang konversi penjualan, lho!

Kalau udah implementasi strategi di atas, jangan sampai langkah kamu terhambat karena beberapa perkara yang nggak terduga, seperti masalah atur budget, saldo yang habis, akun Facebook yang tiba-tiba dinonaktifkan, sampai fitur ngiklan yang terbatas.

Untuk mengantisipasi, pakai Everpro Ads Service bisa jadi pilihan yang tepat!

Strategi Manajemen Anggaran Facebook Ads

Bukan hanya konten iklan, menentukan budget Facebook Ads juga penting sekali agar pengiklan bisa mencapai objective Facebook Ads. 

Berikut ini beberapa strategi manajemen budget ngiklan yang efektif: 

1. Alokasi Sumber Daya untuk Kampanye Facebook Ads

Ada dua hal yang harus kamu lakukan saat alokasi sumber daya, yaitu: 

  • Mengatur budget iklan: Tentukan budget iklan FB Ads harian yang tepat dan sesuaikan dengan objective Facebook Ads.
  • Investasi budget untuk belajar: Kamu juga bisa sisihkan budget untuk menggali ilmu tentang Facebook Ads, misalnya dengan ikut pelatihan atau kursus beriklan. 

2. Monitoring dan Penyesuaian Anggaran 

Selama iklan Facebook Ads berjalan, selain melihat performa iklan apakah sesuai dengan objective nya, kamu juga perlu cek secara berkala kinerja anggaran iklan selama seminggu atau per bulan. 

Jika belum sesuai harapan, kamu bisa sesuaikan budget dengan hasilnya. Misalnya, jika iklan bagus maka budgetnya ditambah, begitu sebaliknya. 

Manfaatkan seluruh data performa iklan FB Ads kamu untuk mengambil keputusan selanjutnya, termasuk soal anggaran iklan. 

3. Manfaatkan Layanan Everpro Ads 

Bagi pengiklan pemula, budget iklan Facebook Ads bisa sangat krusial kalau tidak diimplementasikan dengan tepat. 

Sekalinya salah strategi, maka bukannya mencapai objective campaign, tapi kamu malah boncos dan rugi. 

Ditambah lagi, pengiklan pemula akan ada berbagai hambatan lainnya yang kerap dihadapi saat set up iklan, mulai dari akun iklan yang sering kena limit, set budget ternyata kurang optimal, sampai kesulitan optimasi campaign yang efektif.

Nah, kalau kamu mengalami kesulitan ini, Everpro bisa jadi layanan andalan kamu!

Sebagai platform aggregator, Everpro akan bantu kamu ngiklan jadi lebih lancar dengan sewa akun Whitelist Facebook Ads. 

Dengan akun ini, kamu bisa menikmati performa iklan yang lebih stabil, jangkauan lebih luas, serta minim risiko akun kena banned.

Selain itu, Facebook Ads Whitelisted Account di Everpro juga menyediakan dashboard analitik, optimasi campaign, dan support khusus biar iklanmu makin gacor.

Udah 1000+ orang pebisnis online hingga internet marketers yang pakai FB Ads Whitelisted Everpro untuk running iklan produk dan layananya.

Bulan ini juga lagi banyak promo dari Everpro. Kamu bisa ngiklan CTWA pakai FB Ads Whitelist plus gratis Everpro Chat dan cashback saldo iklan 1%. 

Kalau mau gratis management fee 0%, kamu bisa pakai promo khusus pengguna baru.

Semua promo ini bisa kamu pakai sampai 30 April 2025 ini aja. Jadi tunggu apa lagi? 

Jangan sampai ketinggalan, yuk daftar dan berlangganan FB Ads Whitelist di Everpro sekarang juga!

Picture of Sania Majida
Sania Majida
Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya