Everpro

9 Cara Memasarkan Produk Agar Menarik Konsumen, Pebisnis Wajib Coba!

Kunci agar produk laris terjual adalah dengan memasarkannya. Simak artikel ini karena bakal kasih tahu kamu cara memasarkan produk agar menarik konsumen. 

Kalau kamu adalah pebisnis online dan masih galau kenapa produkmu belum kunjung terjual banyak, mungkin salah satu penyebabnya adalah promosi yang kurang menarik.

Karena biasanya konsumen bakal tertarik sama suatu produk karena promosinya yang bikin penasaran hingga memutuskan untuk beli produk tersebut.

Biar kamu juga bisa bikin target konsumen tertarik sama produk yang kamu tawarkan, yuk saatnya terapkan beberapa cara berikut ini!

Cara Memasarkan Produk Agar Menarik Konsumen

cara memasarkan produk agar menarik konsumen
Sumber: freepik.com

Pahami Siapa Target Pasar Kamu

Sebelum mulai jualan, kamu harus tahu dulu siapa yang bakal beli produkmu. Cara untuk kenal dengan target pasar kamu bisa lewat riset pasar atau market research. 

Mulai dari kenali identitas mereka seperti gender, usia, dan demografi, apa yang mereka suka, masalah yang mereka hadapi, dan gimana produkmu bisa bantu mereka.

Tentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Kalau udah kenal sama siapa target pasar kamu, selanjutnya tentukan strategi yang tepat untuk memasarkan produkmu. Kamu bisa mulai belajar tentang dasar-dasar digital marketing. 

Di digital marketing, ada banyak strategi pemasaran yang bisa kamu coba. Mulai dari optimasi website (SEO), pasang iklan berbayar, hingga mengelola media sosial organik.

Pilihlah  cara promosi yang paling cocok buat target pasar kamu. Misalnya, kalau targetmu anak muda, berarti promosi di media sosial Instagram mungkin lebih efektif daripada di Facebook.

Baca Juga: Pentingnya Memanfaatkan Digital Marketing Untuk Bisnis dan UMKM

Ajak Kerjasama Pihak Ketiga

Memang nggak bisa dipungkiri lagi kalau cara memasarkan produk agar menarik konsumen yang cukup ampuh bisa lewat kerjasama dengan pihak ketiga.

Pihak ketiga ini bisa influencer ataupun key opinion leader (KOL) yang punya pengikut banyak dan biasanya punya branding yang spesifik terhadap suatu bidang.

Misalnya, kamu jualan brand skincare, kamu bisa ajak kerjasama beauty influencer dengan sistem endorsement. Nantinya, influencer tersebut akan mereview produk kamu.

Lewat strategi kolaborasi bareng influencer ini, bisa bantu produk kamu dikenal lebih banyak orang terutama target pasar yang tertarik dengan produk skincare. 

Buat Campaign yang Menarik

Belakangan ini, kampanye iklan emang sering ampuh untuk menarik perhatian konsumen. Kalau kamu sering scroll media sosial, banyak brand yang sukses dengan campaign kreatif mereka.

Nah kamu juga bisa buat kampanye yang kreatif dan berbeda dari yang lain. Sesuatu yang bikin target konsumen penasaran bakal bikin mereka pengen tahu lebih lanjut tentang produkmu.

Baca Juga: Cara Membuat Campaign Marketing yang Meningkatkan Penjualan

Tentukan Budget untuk Promosi

Cara memasarkan produk agar menarik konsumen juga bisa lewat iklan berbayar. Mulai dari Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, atau beriklan di marketplace.

Kalau kamu mau pakai cara ini, tentukan dulu berapa banyak uang yang mau kamu habiskan buat promosi. Biar nggak boncos, pastikan budgetnya cukup buat capai tujuan kamu ya!

Kamu bisa cari tahu cara menentukan budget beriklan yang tepat dan efektif disini.

Optimalkan Media Sosial untuk Promosi

Kamu juga bisa pakai cara memasarkan produk agar menarik konsumen yang gratis alias nggak perlu budget ngiklan, yaitu dengan mengoptimalkan media sosial bisnis.

Manfaatkanlah media sosial sebaik mungkin karena sebagian besar pengguna smartphone kini mencari informasi produk yang mereka butuhkan lewat platform-platform ini.

Unggah konten yang menarik, lakukan interaksi dengan followers, dan jangan lupa pakai caption dan hashtag promosi yang relevan biar banyak orang yang lihat postinganmu.

Selalu Follow Up Customer dengan Baik

Strategi pemasaran yang paling efektif menarik konsumen adalah menjaga hubungan baik dengan mereka. Karena ini berkaitan dengan Customer Relationship Management (CRM).

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu follow up ke pelangganmu. Tanyakan pendapat mereka tentang produkmu, dan pastikan mereka puas.

Baca Juga: 9 Cara Follow Up Customer Agar Cepat Closing

Tawarkan Diskon dan Promo Menarik

Semua orang suka diskon! Berikan penawaran khusus atau promo menarik biar orang tertarik beli produkmu. Kamu bisa manfaatkan momen-momen spesial biar makin rame yang tertarik.

Misalnya, karena sebentar lagi akan ada perayaan HUT Ri 17 Agustus, kamu bisa pasang diskon atau promo 17% untuk setiap pembelian produk kamu di tanggal 17 Agustus 2024.

Manfaatkan media sosial dan media pemasaran lainnya untuk kasih tahu ke target konsumen tentang diskon dan promo yang kamu adakan.

Baca Juga: 15+ Strategi Promosi Paling Efektif, Bantu Capai Target Bisnis!

Tawarkan Sampel atau Uji Coba Produk

Beberapa konsumen yang udah mulai tertarik sama produk kamu biasanya butuh waktu dan informasi lebih yang bisa meyakinkan mereka kalau produk kamu memang bagus.

Nah biar cara pemasaran kamu makin menarik konsumen, kamu bisa tawarkan sampel atau uji coba gratis terlebih dahulu. Tujuannya biar mereka bisa ngerasain langsung kualitas produkmu.

Jadi, kalau mereka suka sama produk kamu, kemungkinan besar mereka bakal beli dan langganan.

Pelanggan yang puas bisa jadi pelanggan setia dan merekomendasikan produkmu ke orang lain.

Nah itulah beberapa cara memasarkan produk agar menarik konsumen untuk membeli.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kesukesan bisnis online kamu ya!

Nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya