Mengenal Keuntungan Facebook Ads Untuk Bisnis Anda

facebook ads

Facebook Ads menjadi pilihan para pebisnis agar dapat menjangkau audiens lebih spesifik dan luas, sehingga adanya potensi besar dalam interaksi sampai transaksi jual beli online.

Tampilan user-friendly serta fitur yang lengkap, menjadikan Facebook sebagai media sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak. Lalu terdapat salah satu fitur yang sangat diminati oleh para pebisnis yaitu Facebook Ads atau masyarakat sini menyebutnya FB Ads.

Sejak tahun 2010 hanya beberapa kalangan pengiklan yang menggunakan FB Ads, dan pada tahun 2014 semakin populer serta bisa diakses oleh semua kalangan.

Facebook Ads adalah

Sebuah layanan yang menyediakan iklan berbayar secara khusus untuk pebisnis, public figure, brand, komunitas, dan bagi siapapun yang ingin menawarkan produk atau jasa melalui Facebook.

Fitur ini membuat Anda dapat memasang iklan dengan target audience yang sangat spesifik dan bisa mengevaluasi kinerja iklan secara terperinci. Sudah mulai penasaran? Yuk, kenali lebih jauh tentang Facebook Ads.

Alasan Iklan Facebook Ads Terkenal

facebook ads
Sumber: pexels.com

Media sosial seperti dunia kedua bagi umat manusia karena setiap hari mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari hiburan semata hingga informasi terkini.

Para pebisnis saling berlomba untuk mempromosikan bisnisnya di media sosial karena Trend beriklan yang asalnya melalui media elektronik kini mulai beralih ke media sosial digital seperti iklan FB Ads, Instagram, Tiktok, Twitter, dan sebagainya.

Ketahui Jenis Ads FB

  • Page Likes

Pada Fanpage akun bisnis terdapat jumlah likes yang nyatanya sangat berpengaruh terhadap kepercayaan calon pelanggan terhadap suatu produk. Saat ini, masyarakat menilai kredibilitas suatu bisnis dari jumlah likes.  

  • Page Post Engagement

Bertujuan meningkatkan reputasi dengan cara membagikan konten foto atau video, dengan maksud mendapatkan respon dari berbagai kalangan dalam bentuk likes, comment, dan share.

Everpro
  • Click to Website

Perhatikan iklan yang tersebar di social media selalu mencantumkan tombol ajakan atau Call To Action (CTA). Jenis iklan ini mengajak calon pelanggan mengunjungi website produk/jasa tersebut dengan cara menekan tombol CTA.

  • Website Conversion

Iklan mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan tindakan yang lebih seperti registration, leads, dan checkout.

  • App Install

Selain menawarkan produk kebutuhan primer atau sekunder, di facebook ads juga bisa mengiklankan sebuah aplikasi yang mengajak audiens untuk download aplikasinya.

  • Event Responses

Tujuan iklan ini yaitu memperoleh respon dari target audiens yang lebih spesifik, terhadap acara yang akan bisnis Anda selenggarakan.

Apakah FB Ads Berbayar?

facebook ads
Sumber: pexels.com

Betul, FB Ads Berbayar. Mengutip informasi dari pihak Facebook, biaya iklan $50 hingga $50.000 per satu minggu. Menurut beberapa pengalaman para pelaku usaha, biaya iklan Facebook Ads mulai dari Rp10.000 sampai Rp30.000 per hari.

Sebagai contoh, Anda hanya memiliki dana sebesar Rp200.000 namun ingin memasang iklan secara optimal selama satu minggu. Sebelum memasang iklan pilih pengaturan anggaran otomatis supaya Facebook mengaturnya sendiri.

Contoh lainnya, bisnis Anda memasang iklan serta membatasi kampanye FB Ads sebesar Rp2.000.000. Saat iklan tersebut live dan pengeluaran terus terkumpul hingga mencapai batas budget tersebut, secara otomatis iklan tidak akan berhenti menayangkan.

Kelebihan Iklan FB Ads

Facebook Ads bisa menampilkan iklan berdasarkan demografi audiens mulai dari jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya.

Jadi kesimpulannya, jika bisnis Anda menggunakannya besar kemungkinan bisa menetapkan pelanggan lebih mudah, cepat, dan tepat.

  • Brand Awareness

FB Ads membuat masyarakat dari berbagai daerah semakin mengenali bisnis Anda, dan apabila menerapkan strategi iklan yang tepat memungkinkan mereka bisa menjadi pelanggan bisnis Anda.

  • Tepat Sasaran

Iklan Anda menjadi lebih tepat sasaran dan berpotensi mendapatkan pelanggan yang tepat, karena bisa melakukan pengaturan target audiens secara terperinci berdasarkan data jenis kelamin, usia, minat, pekerjaan, dan lain-lainnya. 

  • Harga Terjangkau

Memasang iklan di Facebook tak selalu wajib memiliki dana besar, Anda bisa menggunakan dana terbatas asalkan pengaturan target audiens nya sudah tepat.

Sebelum mengiklan, alangkah baiknya mempelajari cara membuat konten hingga caption yang menarik agar bisa lebih mempersuasif calon pelanggan.

  • Iklan Lebih Menarik

Kini Anda bisa memasang iklan berupa foto atau video unik yang kreatif sehingga lebih dapat menarik perhatian orang-orang dengan cara memberikan respon atau membagikan iklan Anda ke lingkungan pertemanannya.

  • Membangun Komunitas

Disini Anda dapat mengelola komunitas untuk menjalin interaksi yang lebih solid dengan pelanggan, sekaligus sebagai tempat menawarkan produk atau jasa.

Bagikan iklan di komunitas melalui konten kreatif maupun selang-seling dengan konten berupa tips atau informasi. 

Demikian penjelasan lengkap dan ringkas mengenai Facebook Ads, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Mau tau cara riset kompotitor dengan cepat dan mudah? kunjungi artikel facebook ads library

Apapun media iklan yang Anda pilih, keuntungan memang tidak akan datang langsung karena selalu ada prosesnya. Semoga setelah melewati prosesnya, keuntungan berlipat ganda menghampiri Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?