everpro

Panduan Riset Kompetitor Menggunakan Facebook Ads Library, Worth It!

Mau tau rahasia cara bikin iklan menarik dengan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dengan mudah dan cepat? Langsung simak aja yuk, panduan lengkap mengenai Facebook Ads Library.

Bagi Anda yang tidak memiliki akun Facebook, tenang saja karena fitur ini dapat diakses oleh siapapun dan bebas biaya alias gratis. Woah, sangat menarik kan!

Facebook Ads Library adalah

Apa itu facebook ads? Simak jawabannya berikut ini, Facebook ads library adalah  fitur Facebook yang berfungsi menampilkan semua tayangan iklan pada platform Facebook, Messenger, Instagram, sampai Audience Network. Kini Anda bisa menikmati mudahnya mencari referensi iklan dari kompetitor bagi perkembangan bisnis Anda.

Kategori Iklan FB Ads Library

facebook ads library
Sumber: unsplash.com

Berikut beberapa facebook ads yang digunakan untuk:

  • Iklan Umum (All Ads)

FB ads library hanya menampilkan iklan yang mempromosikan suatu produk maupun jasa. Perlu diketahui bahwa Facebook Ads Library hanya menampilkan iklan umum yang masih aktif.

Contohnya ketika Anda mencari iklan kompetitor di Ads library Facebook namun hanya menampilkan “Hasil Pencarian 0” kemungkinan iklan tersebut sudah tidak aktif atau memang kompetitor tersebut tidak menggunakan fitur Facebook Ads.

  • Iklan Isu, Pemilu, atau Politik (Issues, elections or politics)

Mempertunjukkan iklan yang memiliki unsur politik, partai, pemilu, dan isu tertentu. Berdasarkan riset pada jenis iklan ini, Anda masih bisa melihat iklan politik walaupun sudah tidak aktif sejak tahun 2020. 

Manfaat Ads Library FB

facebook ads library
Sumber: unsplash.com
  • Referensi Iklan

Membuat iklan membutuhkan banyak referensi dan out of the box thinking, dengan ads library FB Anda bisa mendapatkan referensi baru dari segi visual, copywriting, dan setelah itu terapkan dengan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

  • Referensi Visual

Pengaruh penerapan visual yang efektif dalam advertising mampu mempertahankan perhatian, lebih mudah melekat dalam memori, dan bisa memperkuat kepercayaan. Tipe visual pada iklan kompetitor bisa Anda jadikan referensi untuk membuat visual iklan yang lebih menarik.

  • Referensi Ad Copy

Peran Ad copy bertujuan membentuk persepsi pada suatu produk atau jasa, membuat orang berperilaku konsumtif, dan mempengaruhi emosionalnya. Komponen ad copy terdiri dari headline yang to the point, deskripsi singkat namun jelas, dan CTA (Call To Action) yang kekinian.

Baca Juga: Kenali Facebook Ads Manager Untuk Kelola Iklan Anda!

Panduan Lengkap Menggunakan Ads Facebook Library

Berikut cara kerja facebook ads:

facebook ads library
Sumber: everpro.id

Pertama, masuk ke situs Facebook Ads Library melalui akun Facebook atau bisa langsung menggunakannya tanpa akun Facebook.

facebook ads library
Sumber: everpro.id

Kedua, pilih lokasi negara iklan dengan cara klik nama negara atau Anda bisa mengetik nama negara tersebut di kolom navigasi.

facebook ads library
Sumber: everpro.id

Ketiga, pilih jenis iklan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda atau jika ingin membuat iklan out of the box bisa mencari referensi visual dan copywriting dari iklan politik lalu disesuaikan dengan bisnis Anda.

facebook ads library
Sumber: everpro.id

Keempat, ketik kata kunci atau nama pengiklan. Sebagai contoh, ketik nama pengiklan Everpro sebagai platform yang membantu semua kebutuhan bisnis online.

facebook ads library
Sumber: everpro.id

Kelima, pilih iklan dari kata kunci atau nama pengiklan. Jika Anda memilih berdasarkan nama pengiklan maka Anda bisa melihat hasil iklan dan tentang pengiklannya.

Fungsi Filter Facebook Ads Library

Pertama, Platform Iklan mempermudah Anda menemukan iklan yang tayang pada platform Facebook, Instagram, Audience Network, Messenger.

Kedua, Jenis Media untuk menampilkan iklan berdasarkan Gambar, Meme, Gambar dan Meme, Video, tanpa Gambar atau Video.

Ketiga, Status Aktif menayangkan iklan umum dan politik yang cocok dengan pencarian frasa atau kata kunci yang tepat.

Keempat, Impresi Berdasarkan Tanggal pilih tanggal yang tepat atau pilih rentang tanggal sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mencari referensi.

Demikian penjelasan lengkap dan ringkas mengenai Facebook Ads Library, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Yuk, mulai coba gunakan fiturnya dan tingkatkan performa iklan Anda!

Sulit beriklan di Facebook karena minim edukasi? Ingin maksimalkan iklan, tapi terhambat budget harian?

Optimalkan Performa Iklan dengan Everpro Facebook Ads Account Support, solusi beriklan mudah, cepat, dan aman untuk jangkau pasar yang lebih luas!

Benefit Everpro Facebook Ads Account Support

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis

Ayo daftar Everpro Facebook Ads Account Support sekarang!

Daftar Sekarang

Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya