Pentingnya, Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis dan UMKM

manfaat digital marketing

Apakah Anda brand owner yang ingin mendapatkan manfaat digital marketing? Jika iya, simak artikel ini untuk jawaban lengkapnya.

Para pelaku bisnis skala kecil hingga besar sekalipun, merasakan keuntungan dari pemasaran online yang menggunakan teknik khusus yang bisa menghasilkan keuntungan besar.

Baca juga: Ingin Belajar Digital Marketing? Berikut Bahasan Lengkapnya!

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

manfaat digital marketing
Sumber: google.com

Perkembangan marketing di era teknologi digital merupakan faktor penting bagi pertumbuhan bisnis Anda ke pemasaran yang lebih luas lagi.

Strategi marketing menggunakan media konvensional seperti spanduk, baliho, dan majalah cetak untuk promosi sudah kurang tepat di era  saat ini.

Kemajuan teknologi dan internet, mempengaruhi pola hidup manusia yang semakin ketergantungan kepada gadget.

Namun hal tersebut memberikan dampak yang menguntungkan terhadap kegiatan pemasaran untuk melakukan promosi melalui sosial media, website, aplikasi, dan sebagainya.

  • Menemukan Konsumen yang Tepat

Digital Marketing memiliki beberapa channel pemasaran online yang dapat menemukan konsumen sesuai dengan sasaran Anda.

Sehingga memiliki potensi penjualan yang besar, karena penawaran produk Anda tepat dengan kebutuhan konsumen.

Everpro
  • Menghemat Biaya Promosi

Menjalankan promosi di era teknologi canggih seperti saat ini, akan lebih memudahkan Anda dalam memaksimalkan budget perusahaan.

Hadirnya media sosial yang amat populer, menjadikan social media sebagai strategi pemasaran cepat, mudah, efisien. 

  • Meningkatkan Layanan Konsumen

Pada umumnya pelanggan ingin mendapatkan pelayanan maksimal, dalam artian apapun pertanyaan maupun kendala yang dihadapi oleh mereka.

Akan mendapatkan respon langsung dari customer service. Manfaat digital marketing, memudahkan komunikasi antara pembeli dan penjual.

  • Menciptakan Keuntungan Besar

Tadi sudah ada penjelasan mengenai konsumen yang tepat sasaran, hal itulah yang menciptakan keuntungan besar.

Meliputi keuntungan penjualan, hubungan baik dengan konsumen, mendapatkan feedback positif, dan lain-lainnya. 

  • Mendapatkan Angka Penjualan Maksimal

Mengapa bisa meningkatkan angka penjualan secara maksimal? Terdapat dua hal yang menjadi faktor penentunya.

Karena produk atau jasa Anda menemukan konsumen tepat sasaran dan tampilan produk semakin menarik dengan menggunakan format video atau foto.

  • Mendapatkan Data Akurat Konsumen

Manfaat digital marketing lainnya yaitu, Anda akan mendapatkan data terkait konsumen yang akurat mulai dari hobi sampai kebiasaan berbelanja.

Sehingga Anda dapat melakukan analisis kebutuhan para pelanggan dan mengetahui hal apa saja yang mereka sukai, agar bisa segera melakukan evaluasi.

Baca juga: Pilihan Terbaik 3 Jasa Digital Marketing Professional

Cara Mendapatkan Manfaat Digital Marketing

manfaat digital marketing
Sumber: google.com

Setiap perusahaan mulai menerapkan digital marketing pada setiap elemen penjualan, ini menjadi bukti bahwa manfaat digital marketing sangat besar. Ingin mendapatkan manfaatnya? Ikuti cara di bawah ini dan raih manfaatnya sekarang juga!

  • Website

Apabila bisnis Anda memiliki sebuah website, hal tersebut menunjukkan profesionalisme dan kredibilitas perusahaan di mata konsumen yang mengetahui bisnis Anda.

Dalam website, Anda dapat mencantum informasi apa saja yang akan mereka dapatkan meliputi company profile hingga promosi produk

  • Search Engine Marketing

Jenis search engine marketing terbagi menjadi dua yaitu, Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Manfaat jenis marketing ini, memberikan kemudahan bagi perusahaan Anda untuk ditemukan dalam mesin pencarian atau Google.

  • Social Media

Meningkatkan brand awareness melalui Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok dapat Anda lakukan dengan biaya yang minim atau bisa gratis

Manfaat digital marketing di media sosial juga, Anda selaku seller atau brand owner dapat melakukan komunikasi dua arah bersama konsumen.

  • Online Advertising

Promosi selanjutnya melalui iklan online berbayar di Facebook, Tiktok, Instagram, Twitter, dan lain-lainnya. Cara ini amat tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil secara cepat.

  • Email Marketing

Biasanya orang-orang menganggap pesan berisikan suatu produk ke email, merupakan spam informasi lalu mengabaikannya.

Namun jika jenis marketing ini dapat memenuhi informasi konsumen, siap-siap saja Anda akan mendapatkan hubungan jangka panjang dengan konsumen.

Demikian rangkuman informasi mengenai manfaat digital marketing bagi Anda yang sedang mencari referensi. Nantikan artikel berkualitas lainnya dari Everpro, yang pastinya bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda. Terima kasih sudah membaca!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?