Everpro

Cara Membuat Campaign Marketing yang Meningkatkan Penjualan

Daftar Isi:

Penjualan bisnis kamu gitu gitu aja? Mau ningkatin penjualan tapi masih bingung campaign apa yang mau dilakuin? Simak artikel ini untuk mengetahui cara membuat campaign marketing yang meningkatkan penjualan pada bisnis!

Dalam membangun bisnis, strategi memegang peranan yang sangat penting. Oleh sebab itu, dalam merumuskan strategi untuk bisnis tidak boleh sembarangan dan harus dipikirkan dengan matang.

Karena strategi dapat berdampak pada setiap elemen dalam bisnis. Namun, merumuskan strategi dan campaign marketing bukanlah perkara yang mudah. 

Setiap orang yang memiliki posisi penting dalam perusahaan harus bisa memperhatikan point-point penting agar strategi dan campaign yang dirumuskan bisa sukses memberikan dampak positif.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas cara membuat campaign marketing yang dapat meningkatkan penjualan. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara membuat campaign marketing untuk meningkatkan penjualan, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu campaign marketing. 

Baca juga: Contoh Content Marketing Menarik Untuk Strategi Bisnis Anda!

Apa itu Campaign Marketing

cara membuat campaign marketing
Sumber: pexels

Campaign marketing atau kampanye marketing memiliki arti segala aktivitas strategis yang dilakukan untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand hingga bisnis secara menyeluruh. Aktivitas promosi ini bisa melalui berbagai chanel, mulai dari channel digital, iklan luar ruangan, sampai chanel penyiaran seperti TV dan radio.

Campaign marketing akan memanfaatkan chanel-chanel tersebut untuk memaksimalkan hasil campaign mereka. Agar dampak yang dihasilkan oleh campaign dapat memberikan dampak positif, campaign harus dirumuskan dengan matang melalui berbagai kegiatan. 

Pada dasarnya campaign marketing dirancang dengan berbagai tujuan, termasuk membangun brand awareness, mensosialisasikan produk atau layanan baru, mendatangkan traffic, meningkatkan penjualan produk yang sudah ada, hingga mengurangi dampak berita negatif terhadap brand. 

Oleh sebab itu, campaign marketing bersifat sangat penting bagi sebuah bisnis. Karena tujuan-tujuan dari campaign marketing memberikan dampak yang positif bagi bisnis itu sendiri.

Manfaat Campaign Marketing

Berikut beberapa manfaat dari campaign marketing bagi sebuah bisnis:

  • Mendorong penjualan produk atau jasa
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan interaksi dan engagement dengan pelanggan
  • Membangun loyalitas pelanggan

Manfaat dari campaign marketing di atas sangat penting bagi sebuah bisnis agar dapat bertahan dan meraup keuntungan yang lebih besar lagi.

Langkah-Langkah Membuat Campaign Marketing

cara membuat campaign marketing
Sumber: pexels

Berikut langkah-langkah untuk membuat campaign marketing yang baik dan efektif untuk bisnis:

1. Menentukan Tujuan Campaign

  • Menetapkan tujuan yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound).
  • Contohnya seperti meningkatkan traffic situs web, meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan.

2. Menentukan Target Audience

  • Mengidentifikasi demografi seperti usia, jenis kelamin, lokasi dan psikografi seperti minat, nilai, gaya hidup target audience.
  • Menggunakan data dan tools untuk memahami audience seperti tools Google Analytics atau melakukan survei pada pelanggan.

3. Membuat Pesan yang Efektif

  • Menyusun pesan utama campaign yang jelas dan menarik.
  • Memastikan pesan relevan dengan target audience.
  • Memilih tone dan gaya komunikasi yang sesuai dengan brand dan audience.

4. Memilih Media dan Platform yang Tepat

  • Analisis berbagai media dan platform seperti media sosial, email, iklan online, iklan offline dan lain-lain.
  • Memilih platform yang paling efektif untuk menjangkau target audience contohnya seperti TikTok, Facebook, Instagram, Marketplace dan WhatsApp

5. Menyusun Anggaran Campaign

  • Menentukan anggaran total campaign
  • Alokasi anggaran untuk berbagai kegiatan dan media contohnya seperti iklan berbayar, konten kreatif, biaya promosi.

6. Membuat Konten Campaign

  • Membuat konten yang menarik dan relevan seperti artikel blog, video, infografis, gambar dan lain-lain.
  • Menyesuaikan konten dengan platform yang dipilih seperti format vertikal untuk Instagram Stories atau video pendek untuk TikTok.

7. Menentukan Timeline dan Jadwal Campaign

  • Membuat timeline dari awal hingga akhir campaign
  • Menentukan jadwal publikasi konten dan aktivitas campaign
  • Memastikan semua kegiatan berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan

Pelaksanaan Campaign 

1. Implementasi Strategi Campaign

  • Menjalankan campaign sesuai rencana yang telah dibuat
  • Koordinasi tim dan pelaksanaan aktivitas (contoh: posting konten, menjalankan iklan berbayar, mengadakan event).

2. Monitoring dan Evaluasi

  • Menggunakan alat analisis untuk memantau kinerja campaign (contoh: Google Analytics, social media insights).
  • Menganalisis data dan metrik untuk menilai efektivitas campaign (contoh: jumlah klik, konversi, engagement rate).

3. Penyesuaian dan Optimasi

  • Menyesuaikan strategi berdasarkan hasil monitoring.
  • Melakukan optimasi untuk meningkatkan kinerja campaign (contoh: mengubah strategi bidding iklan, menyesuaikan konten berdasarkan feedback).

Baca juga:Internet Marketing: Pengertian, Manfaat & Contohnya, Cocok Untuk Pemula!

Studi Kasus dari Campaign Marketing

cara membuat campaign marketing
Sumber: pexels

Berikut ada contoh sukses dari campaign marketing dari brand peralatan olahraga terbesar di dunia:

1. Contoh Sukses Campaign Marketing – Nike Just do It

Analisis Campaign: 

  • Emosional dan Inspiratif

Kampanye ini menginspirasi orang untuk mengejar tujuan dan mimpi mereka tanpa ragu-ragu, menciptakan koneksi emosional yang kuat.

  • Relevansi Luas

Slogan “Just Do It” berlaku untuk berbagai situasi hidup, menjadikannya relevan bagi semua daerah di dunia.

  • Kemitraan dengan Atlet

Nike menggunakan atlet terkena untuk mempromosikan kampanye, meningkatkan kredibilitas dan daya tarik

  • Konsistensi Merek

Kampanye ini konsisten dengan identitas merek Nike sebagai pendorong prestasi olahraga

Kesimpulan

Campaign marketing merupakan salah satu poin penting dalam bisnis yang dapat mempengaruhi sebuah bisnis itu sendiri kedepannya. Oleh sebab itu, campaign marketing harus dirumuskan dengan sebaik-baiknya dan sematang-matangnya.

Pastikan untuk melakukan langkah-langkah di atas dengan baik agar nantinya campaign yang dibuat dapat efektif bagi bisnis. Karena setiap langkah-langkah di atas memiliki peranan penting bagi bisnis. Perhatikan pada pentingnya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam kampanye marketing.

Kemudian, jangan lupa untuk terus belajar dari campaign sebelumnya, evaluasi kekurangan, berani bereksperimen serta mendengarkan feedback dari pelanggan. 

Nah, tempat mempelajari kampanye marketing yang sudah terbukti adalah Everpro Academy. Layanan pembelajaran dari Everpro yang membantu para pebisnis untuk dapat menghasilkan omzet dan cuan melalui iklan dan marketplace.

Cocok banget buat kamu yang berprofesi sebagai content creator, freelancer, pebisnis juga pemula. Di Everpro Academy kamu bisa belajar dari para mentor berpengalaman lebih dari 10 tahun. Mulai dari teknik, konten sampai produk yang bisa dijual!

Berikut beberapa benefit dari Everpro Academy:

  • 50+ Materi berbentuk Live Webinar & Rekaman
  • Akses 150+ Produk Dropship, Beserta Konten & Landing Page
  • Gabung ke Komunitas Telegram Pro FB & TikTok Ads
  • GRATIS Dibuatkan Akun Iklan (FB Ads Whitelisted)

Yuk gabung agar kamu bisa menghasilkan Winning Campaign sampai cuan maksimal!

Daftar Sekarang

Artikel Terkait

Daftar GRATIS sekarang atau cari tahu paket berlangganan Everpro