Everpro

Cara Memanfaatkan Database Pelanggan dalam Bisnis, Lebih Optimal!

Daftar Isi:

Ingin tahu contoh database pelanggan dari sebuah bisnis? Ingin memanage bisnis kamu dengan lebih baik dengan database pelanggan? simak artikel ini untuk mengetahui cara memanfaatkan database pelanggan dan contohnya!

Dalam sebuah bisnis memiliki sebuah database pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Database pelanggan sendiri merupakan sebuah kumpulan data yang berisi informasi tentang pelanggan dari suatu bisnis. 

Informasi yang disebut dengan database pelanggan ini dikumpulkan dan disimpan secara terstruktur sehingga bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti analisis pemasaran, layanan pelanggan dan pengembangan produk.

Karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan untuk bisnis, memiliki database pelanggan menjadi hal yang sangat penting bagi bisnis. Namun, kenyataannya banyak yang memiliki database pelanggan tapi belum bisa memanfaatkan dengan baik untuk kepentingan bisnis. 

Pada artikel ini kami akan memberikan bagaimana caranya untuk memanfaatkan database pelanggan untuk kepentingan bisnis agar kamu dapat meraup keuntungan yang besar dan juga untuk keberlangsungan bisnis itu sendiri. 

Yuk, simak informasinya di bawah ini sampai habis!

Baca juga: CRM Adalah Solusi Tepat untuk Mengelola Data Pelanggan

Pentingnya Memanfaatkan Database Pelanggan

cara memanfaatkan database pelanggan

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya jika database pelanggan penting untuk dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Berikut beberapa alasan pentingnya memanfaatkan database pelanggan:

  • Meningkatkan Retensi Pelanggan
  • Personalisasi Layanan dan Promosi
  • Analisis Perilaku Pelanggan
  • Efisiensi Kampanye Pemasaran
  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan beberapa manfaat dari database yang bisa kamu lakukan di atas, dapat membuat bisnis kamu dapat berjalan dengan baik kedepannya. 

Langkah-langkah Memanfaatkan Database Pelanggan

Karena memanfaatkan database pelanggan sangat penting untuk bisnis, berikut kami berikan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan database pelanggan:

1. Pengumpulan Data

Pada proses ini kamu dapat mengumpulkan jenis data penting seperti demografi, histori pembelian, preferensi, feedback. Untuk metode pengambilan datanya kamu dapat menggunakan beberapa metode seperti formulir pendaftaran, pembelian online, survei, media sosial.

2. Pengolahan dan Penyimpanan Data

Setelah mendapatkan sumber data pada tahapan sebelumnya, kamu dapat mengolahnya menggunakan sistem manajemen database yang efisien. Selain itu, kamu juga harus memastikan sumber data tadi aman dan privasi data.

3. Analisis Data

Tahapan selanjutnya kamu dapat melakukan analisis data yang sudah terolah. Lakukan beberapa analisis seperti segmentasi pelanggan serta identifikasi tren dan pola target audiens.

4. Implementasi Hasil Analisis

Setelah melakukan analisis dari data yang telah terkumpul, kamu akan bisa mengetahui perkembangan strategi pemasaran seperti yang bisa kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan personalisasi komunikasi dan juga penawaran kepada target market.

Bahkan kamu juga dapat melakukan optimalisasi layanan pelanggan guna menjaga meningkatkan retensi dari pelanggan.

Baca juga: 5 Manfaat WhatsApp CRM Marketing dan Strategi yang Wajib Diketahui Pebisnis!

Contoh Implementasi Dari Pemanfaatan Database Pelanggan

cara memanfaatkan database pelanggan
Sumber: freepik

Contoh yang kami ambil adalah dari salah satu perusahaan kopi yang sudah memiliki banyak cabang di dunia yakni Starbucks.

Perusahaan ini memanfaatkan database pelanggannya dengan baik sehingga mampu memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan loyalitas dan mendorong penjualan. 

Contohnya seperti melakukan strategi berbasis data seperti program loyalitas bernama Starbucks Rewards untuk mengumpulkan data. Selain itu, Starbucks juga tak jarang memberikan penawaran berdasarkan data setiap pelanggannya.

Tak hanya itu saja, Starbucks juga melakukan optimalisasi menu dan penjualan sehingga dapat mengelola persediaan lebih efisien dan dapat mengurangi pemborosan. Selain itu, mereka juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan strategi yang mereka lakukan.

Tantangan dan Solusi Dalam Memanfaatkan 

Memanfaatkan database pelanggan memang memberikan manfaat bagi sebuah bisnis, tetapi tidak hanya manfaat hal ini juga hadir dengan berbagai tantangannya tersendiri. Berikut beberapa tantangan utamanya:

  • Kualitas Data
  • Keamanan dan Privasi Data
  • Integrasi Sistem
  • Analisis dan Pemanfaatan Data
  • Pengelolaan Perubahan

Baca juga: Inilah! 3 Aplikasi CRM Indonesia Cocok untuk Bisnis Pemula!

Contoh Database Pelanggan

Kami akan mengambil contoh dari database pelanggan menggunakan layanan dari Everpro. Everpro adalah platform yang bisa kamu gunakan untuk mengelola dan mengoptimasi bisnis kamu secara menyeluruh. 

Berikut adalah contohnya dari database pelanggan atau database dari Everpro:

cara memanfaatkan database pelanggan
Sumber: everpro

Nah, jika kamu ingin memaksimalkan dan memanfaatkan informasi atau database pelanggan dari bisnis kamu dengan efektif, Everpro dapat menjadi solusi yang tepat!

Dengan bantuan Everpro seperti di atas, kamu bisa bikin database pelanggan menjadi lebih rapi dalam 1 tempat dan bisa di-export ke excel dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa bikin labelling untuk pelanggan jadi bisa lebih mudah untuk bikin campaign CRM!

Selain itu, Everpro juga bisa bantuin kamu untuk menyimpan kontak pelanggan dengan lebih mudah melalui WhatsApp. Nah, ini penting banget buat bisnis kamu jadi bisa lebih efektif secara operasional bisnisnya. 

Ini beberapa keuntungan dari layanan CRM yang bisa bisnis kamu rasakan:

  • Bisa broadcast pesan sebanyak-banyaknya
  • Buat pesan makin dilirik dengan gambar
  • Hemat waktu dan tenaga impor kontak otomatis
  • Simpan pesan sekali untuk dikirim berkali-kali
  • Kelola data pelanggan jadi ladang cuan
  • Sapa pelanggan lebih akrab dan personal
  • Kirim pesan kapan saja dan dimana saja
  • Jangkau pelanggan relevan dengan label dan segmentasi
  • Tekan RTS dengan kirim resi otomatis
  • Impor kontak instan dari grup WA

Yuk, segera daftarkan bisnis kamu ke Everpro agar bisnis kamu agar menjadi lebih optimal dan dapatkan keuntungan sebesar-besarnya!

Daftar Sekarang

Kesimpulan 

Manfaatnya yang nyata bagi bisnis membuat pemanfaatan database pelanggan sangat dianjurkan untuk beberapa kebermanfaatannya. Meningkatkan Retensi Pelanggan, Personalisasi Layanan dan Promosi, Analisis Perilaku Pelanggan, Efisiensi Kampanye Pemasaran, Meningkatkan Layanan Pelanggan. 

Dengan bukti nyata dari perusahaan Starbucks tadi, setiap bisnis kami rasa harus memanfaatkan database pelanggan yang mereka punya agar bisnis berjalan dengan optimal dan bisa memberikan keuntungan.

Kamu dapat memanfaatkan layanan seperti Everpro yang bisa membantu untuk memanfaatkan database pelanggan dengan efektif untuk keberlangsungan bisnis. 

Demikianlah artikel seputar database pelanggan serta contoh dan cara memanfaatkannya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Artikel Terkait

Daftar GRATIS sekarang atau cari tahu paket berlangganan Everpro