Contoh Content Marketing Menarik Untuk Strategi Bisnis Anda!

contoh content marketing

Ingin meningkatkan strategi bisnis anda? Simak contoh content marketing menarik yang bisa menjadi bahan referensi anda berikut ini.

Kian hari pelaku bisnis semakin giat memasarkan produk atau layanannya melalui media sosial. Tentu saja karena penggunaan strategi digital marketing ini memberi dampak yang baik untuk pemasaran.

Terdapat banyak platform media sosial yang bisa anda gunakan sebagai upaya menciptakan content marketing, diantaranya: Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan sebagainya.

Melalui artikel ini anda akan mempelajari beberapa contoh content marketing terbaik dan menarik yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam meningkatkan strategi bisnis anda.

Mari simak lebih lanjut.

Pentingnya Content Marketing

contoh content marketing
Sumber: google.com

Content marketing adalah salah satu channel dalam digital marketing yang menciptakan dan mendistribusikan konten berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik perhatian target audiens.

Content marketing bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu yang lama. Caranya yaitu dengan memanfaatkan media sosial yang ada seperti Instagram, Blog, Facebook, TikTok, Youtube, dan lain sebagainya.

Melalui konten yang bagus dan menarik akan menghasilkan dampak yang baik juga untuk strategi bisnis anda. Karena konten yang berhasil akan meningkatkan brand awareness, traffic, keterlibatan audiens, dan pada akhirnya akan meningkatkan potensi penjualan.

Maka dari itu penting untung anda mempelajari content marketing untuk meningkatkan strategi bisnis anda. Simak lebih lanjut mengenai tips content marketing yang menarik.

Everpro

Tips Content Marketing yang Menarik

contoh content marketing
Sumber: pexels.com
  • Menetapkan Tujuan

Jika ditanya mengenai apa tujuan konten marketing? Akan banyak yang menjawab “meningkatkan penjualan”. Tentu tidak salah, karena segala upaya pemasaran akan berujung pada keinginan meningkatkan penjualan dan profit.

Tapi, perlu anda pahami bahwa itu merupakan tujuan akhir dan dampak dari konten marketing yang bagus. Seperti halnya ketika kita pergi ke suatu tempat, sampai ke tempat yang dituju merupakan akhir dari perjalanan.

Content marketing berada pada awal dan proses perjalanan tersebut, misalnya dengan menaiki kendaraan menuju tempat yang anda tuju. Konten marketing yang menarik harus anda lakukan secara bertahap dan berkala sebelum mencapai hasil akhir berupa peningkatan penjualan.

Dengan menetapkan tujuan, akan menjadi arah konten marketing yang anda buat. Misalnya, pada awal memulai usaha makan anda ingin agar brand anda dikenal, maka tujuan yang anda tetapkan adalah brand awareness.

Selanjutnya anda bisa membuat konten pengenalan bisnis, company profile, dan sebagainya.

  • Membuat Konten yang Berkualitas dan Sesuai Tren

Hal penting yang harus anda perhatikan dalam membuat content marketing adalah kualitas. Tentu anda ingin konten yang anda buat dapat menarik banyak audiens.

Anda dapat membuat konten berkualitas dengan mengikuti tren yang ada agar lebih relevan dan menarik minat target audiens untuk menyimak konten yang anda buat.

Untuk mengetahui topik yang sedang tren anda dapat mencari tahu melalui Google Trends.

Selanjutnya anda dapat menyesuaikan tren topik yang cocok dengan usaha anda. Lalu aplikasikan dalam konten yang anda buat.

Contohnya: topik yang sedang tren adalah mengenai liburan pasca pandemik, dan bisnis yang anda jalankan adalah travel agency. Anda dapat membuat konten mengenai tempat liburan untuk healing dan promo menarik terkait itu.

  • Menerapkan metode ATM

Jika anda sedang bingung dan kehabisan ide mengenai konten yang akan anda buat, anda dapat menerapkan metode ATM. Maksudnya adalah metode Amati-Tiru-Modifikasi. 

Yang perlu anda perhatikan dari penggunaan metode ini, yaitu arti kata “tiru” bukan maksudnya menjiplak sama persis konten orang lain. Anda dapat meniru ide dan dasar pemikirannya. 

  • Konsisten dalam Membuat Konten

Tentu anda pernah mendengar istilah “consistency is the key” bukan? Betul, konsistensi adalah kunci  menuju kesuksesan.

Hal ini penting untuk anda lakukan, sebab dengan konsistensi membuat konten produk dan brand akan dapat dikenal audiens lebih mudah.

Bayangkan bila anda baru membuat usaha, awal mula konten anda belum mendapatkan hasil apapun dan anda menyerah. Tentu semakin tidak ada yang mengenali apa yang anda buat.

Namun dengan konsistensi, seiring berjalan waktu anda akan mengenali konten apa yang cocok dan audiens juga akan melihat apa yang anda sediakan.

Contoh Content Marketing Menarik

Seperti salah satu tips di atas anda dapat menggunakan metode ATM untuk mengembangkan konten anda. Berikut contoh content marketing yang menarik untuk anda pelajari:

1. Contoh Content Marketing di Instagram – @hellostorytale

contoh content marketing
Sumber: instagram.com

Contoh yang pertama adalah konten-konten dari Amanda seorang Marketing Expert, pemilik akun @hellostorytale. Banyak hal yang bisa anda pelajari dari akun ini.

Konten yang disediakan yaitu berupa informasi, tips, dan motivasi mengenai marketing, khususnya storytelling marketing. Hal yang menarik dari konten yang dia sediakan adalah cara menyampaikannya.

Dalam kontennya dia tidak banyak bercerita panjang lebar, bahkan dia hanya menggunakan sedikit kata namun berhasil membuat audiens tertarik melalui framework yang digunakannya yaitu H.O.T (Hook-Opinion-Trigger).

Nilai jual yang ia berikan yaitu “membuat jualan anda terdengar seksi melalui storytelling”. Melalui konten-konten menarik dan informatif yang dibuatnya, dalam 8 bulan dia telah mendapat 100 ribu followers, bahkan salah satu post nya mencapai ke 1,7 juta pengguna dalam 10 hari. 

Kini Amanda sudah memberikan jasa konsultasi, les, dan template sales yang memiliki banyak peminat.

2. Contoh Content Marketing Produk – Ahrefs

contoh content marketing
Sumber: google.com

Ahrefs adalah rangkaian perangkat lunak (software) yang dapat membantu tim melakukan penelitian untuk melihat kinerja konten tertentu melalui tools terkait penelitian kata kunci, pelacakan peringkat, dan sebagainya.

Strategi marketing yang dilakukan adalah dengan memperlihatkan feedback dari konsumen yang sudah menggunakannya. Dengan begitu, calon konsumen akan lebih percaya atas produk yang mereka jual.

3. Contoh Content Marketing Makanan – FiberCreme

contoh content marketing
Sumber: google.com

FiberCreme telah berhasil meraih penghargaan dari Indonesia Content Marketing Awards 2020, untuk nominasi The Best Content Marketing Implementation in Food Category dan The Best Influencer Marketing Campaign in Private Sector Category.

Kekuatan dari konten yang dibuat hingga meraih awards ini yaitu karena mampu menjaga kualitas, estetika visual, dan performa engagement.

Strategi konten marketing yang diterapkan melibatkan partisipasi aktif dari customer, konten edukatif, dan kehadiran event-event yang bisa meningkatkan kualitas content marketing.

Jadi itulah beberapa contoh content marketing  menarik yang sukses dari berbagai jenis bisnis. Anda dapat mempelajarinya dengan metode Amati-Tiru-Modifikasi untuk bisa meningkatkan strategi bisnis anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi inspirasi untuk anda.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?