everpro

Mudah! Tingkatkan Efektivitas Pemasaran dengan Retargeting Facebook Ads

Dalam era digital yang semakin berkembang, media sosial telah menjadi alat yang sangat efektif dalam strategi pemasaran. Facebook, sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, menawarkan berbagai alat dan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para pemasar untuk mencapai audiens target mereka. Salah satu strategi yang populer adalah retargeting Facebook Ads. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep retargeting Facebook Ads dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran Anda.

Baca juga: Inilah Perbedaan Facebook Ads vs Google Ads, Manakah yang Bisa di Andalkan? 

Apa itu Retargeting?

retargeting facebook ads
Sumebr: Google.com

Retargeting merupakan strategi pemasaran digital yang digunakan untuk menargetkan kembali pengguna yang sebelumnya telah berinteraksi dengan bisnis atau situs web Anda.

Dalam konteks Facebook Ads, retargeting mengacu pada kemampuan untuk menampilkan iklan kepada pengguna Facebook yang sebelumnya telah mengunjungi situs web Anda, berinteraksi dengan aplikasi seluler, atau terlibat dengan konten Anda di platform Facebook lainnya.

Facebook Ads sebagai Alat Retargeting

Facebook Ads adalah platform periklanan yang di sediakan oleh Facebook yang memungkinkan bisnis untuk membuat, mengelola, dan memasarkan iklan kepada audiens yang di targetkan secara spesifik. Salah satu keunggulan Facebook Ads adalah kemampuannya dalam mengintegrasikan retargeting. Melalui Facebook Pixel, sebuah kode pelacakan yang di tanamkan di situs web Anda, Anda dapat melacak tindakan pengguna dan menggunakan informasi ini untuk menargetkan iklan yang relevan kepada mereka di platform Facebook.

Mengapa Retargeting Efektif dalam Pemasaran

Retargeting di Facebook Ads efektif dalam pemasaran karena alasan berikut:

Mencapai Audiens yang Sudah Akrab

Retargeting memungkinkan Anda untuk menjangkau orang-orang yang sudah memiliki kepentingan atau keterlibatan sebelumnya dengan bisnis Anda. Ini berarti Anda sedang berkomunikasi dengan orang-orang yang sudah di kenal dengan merek Anda, yang cenderung lebih mungkin merespons iklan Anda.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Dengan menampilkan iklan secara berulang kepada pengguna yang sebelumnya telah mengunjungi situs web Anda, Anda dapat membangun kesadaran merek yang lebih kuat. Pengulangan pesan dan tampilan iklan dapat membantu merek Anda tetap dalam pikiran pengguna dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk mengingat dan mempertimbangkan bisnis Anda.

Meningkatkan Konversi dan Retensi

Retargeting memungkinkan Anda untuk menyajikan iklan yang lebih relevan dan di sesuaikan dengan preferensi dan perilaku pengguna. Dengan menargetkan mereka dengan tawaran khusus, pengingat, atau konten yang relevan, Anda dapat meningkatkan kemungkinan konversi dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Mengoptimalkan Pengeluaran Iklan

Dalam periklanan, retargeting memiliki potensi untuk memberikan ROI (Return on Investment) yang lebih tinggi. Di bandingkan dengan iklan yang di tampilkan secara umum kepada audiens yang belum di kenal, retargeting memberikan peluang untuk menghabiskan anggaran iklan dengan lebih efisien karena Anda fokus pada orang-orang yang sudah memiliki minat dalam bisnis Anda.

Dalam keseluruhan, retargeting pada Facebook Ads memungkinkan Anda untuk memanfaatkan data dan interaksi pengguna sebelumnya untuk menciptakan kampanye yang lebih efektif, meningkatkan konversi, dan memperkuat hubungan dengan audiens yang sudah ada.

Baca juga: Mengapa Saldo Facebook Ads Tidak Masuk? Inilah Solusinya! 

Langkah-langkah dalam Menerapkan Retargeting Facebook Ads

retargeting facebook ads
Sumebr: Google.com

Berikut adalah langkah-langkah dalam menerapkan retargeting Facebook Ads:

Pasang Facebook Pixel

a. Buat dan pasang Facebook Pixel pada situs web Anda. Pixel ini akan melacak tindakan pengguna di situs web Anda dan mengumpulkan data untuk retargeting.

b. Verifikasi dan pastikan bahwa pixel terpasang dengan benar sehingga dapat mengumpulkan data dengan akurat.

Tentukan Tujuan Kampanye Retargeting

a. Pahami tujuan spesifik Anda dalam menggunakan retargeting. Apakah Anda ingin meningkatkan konversi, mengingatkan pengunjung yang meninggalkan keranjang belanja, atau meningkatkan kesadaran merek?

b. Jelaskan indikator kinerja kunci (KPI) yang akan di gunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye retargeting Anda.

Identifikasi Audiens Retargeting

a. Analisis data yang di kumpulkan oleh Facebook Pixel untuk mengidentifikasi kelompok audiens yang relevan untuk retargeting.

b. Buat segmen audiens yang berbeda berdasarkan perilaku pengguna, seperti pengunjung situs web, pembeli sebelumnya, atau pengguna aplikasi seluler.

Buat Kampanye Retargeting

a. Pilih jenis kampanye yang sesuai dengan tujuan retargeting Anda, seperti Kampanye Trafik atau Kampanye Konversi.

b. Tetapkan anggaran, jadwal, dan penargetan khusus untuk kampanye Anda.

c. Buat iklan yang menarik dan relevan untuk audiens retargeting Anda. Gunakan gambar, video, dan teks yang menarik perhatian dan memancing tindakan.

Atur Penargetan dan Penjadwalan Iklan

a. Gunakan Facebook ads manager untuk mengatur penargetan iklan Anda. Pilih audiens yang telah Anda identifikasi sebelumnya.

b. Tentukan frekuensi penayangan iklan dan jadwal iklan yang sesuai. Perhatikan kapan pengguna paling aktif dan terlibat di platform Facebook.

Pantau dan Optimalkan Kampanye

a. Pantau kinerja kampanye secara teratur menggunakan Facebook ads manager. Tinjau metrik seperti klik, konversi, tingkat tayang, dan biaya per klik/aksi.

b. Identifikasi area yang dapat di optimalkan, seperti perubahan penargetan atau penyesuaian kreatif.

c. Uji variasi iklan dan strategi penargetan untuk melihat apa yang paling efektif dalam mencapai tujuan retargeting Anda.

Analisis dan Peningkatan Lanjutan

a. Setelah kampanye berakhir, lakukan analisis mendalam terhadap hasil dan pembelajaran yang di peroleh.

b. Tinjau metrik dan KPI untuk melihat sejauh mana kampanye retargeting Anda berhasil mencapai tujuan yang di tetapkan. c. Gunakan wawasan yang di peroleh untuk meningkatkan kampanye retargeting di masa depan dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menerapkan retargeting Facebook Ads dengan lebih efektif dan meningkatkan hasil kampanye pemasaran Anda.

Demikian info sekilas mengenai retargeting facebook ads. Nikmati juga berbagai kemudahan beriklan agar sustainable dan semakin optimal dengan layanan Facebook ads Support, inilah benefit yang Anda dapatkan:

  • Edukasi Facebook ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

Ayo daftarkan usahamu melalui Layanan Everpro dengan bantuan Facebook ads Account Support, nikmati kemudahannya sekarang juga!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya