everpro

Facebook Business Manager: Ulasan Lengkap dan Cara Menggunakannya

Salah satu tools yang dapat kamu manfaat untuk mengelola bisnis online kamu adalah Facebook Business Manager. Tools ini merupakan buatan Facebook yang dapat membantu penggunanya untuk mengelola akun ads dengan lebih mudah dan praktis.

Pada artikel ini kami akan memberikan ulasan lengkap beserta cara menggunakannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini sampai habis ya! Check it out!

Baca juga: Ini Cara Membuat Iklan Bersponsor di Facebook, Mudah dan Praktis

Apa itu Facebook Business Manager

facebook business manager
Sumber: google.com

Sebelum lebih jauh kita membahas Facebook Business Manager, baiknya kita mengetahui pengertian Facebook Business Manager terlebih dahulu. Facebook Business Manager merupaka sebuah platform atau tools yang memungkinkan kamu untuk mengelola semua aset bisnis kamu di Meta.

Kamu bisa mengontrol akses dan perizinan untuk halaman, akun iklan, katalog produk, dan lainnya. Kemudian, kamu juga bisa mengintegrasikan Facebook Business Manager dengan tools lainnya dari Meta. Contohnya seperti Meta Business Suite dan Meta Ads Manager untuk meningkatkan kinerja bisnis kamu.

Tools buatan Facebook ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki bisnis online, terutama jika kmau bekerja sama dengan tim, mitra, atau vendor. Nah, itulah penjelasan singkat dari tools buatan Facebook ini.

Baca juga: Cara Menghubungkan Akun Instagram ke Halaman Facebook, Praktis! 

Manfaat Pengunaan Facebook Business Manager

facebook business manager
Sumber: google.com

Setelah mengetahui penjelasan dari tools ini, selanjutnya kita akan membahas manfaat dari Facebook Business Manager. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakannya:

1. Manajemen Tagihan yang Mudah

Manfaat pertama yaitu kamu dapat mengelola dan melacak penagihan untuk bisnis online kamu dengan mudah dan praktis. Kamu tidak akan menemui kesulitan meskipun kamu adalah orang yang awam.

Kemudian, kamu bisa mengelola penagihan untuk vendor, mitra, atau klien berbeda secara rinci yang bertujuan untuk menetapkan limit budget di campaign yang kamu jalani.

2. Memiliki Akses ke Data Penting

Manfaat yang bisa kamu dapatkan selanjutnya jika menggunakan tools ini yaitu kamu akan memiliki akses untuk data penting yang kamu butuhkan. Artinya kamu dapat mengkustomisasi website kamu untuk tujuan yang kamu inginkan.

Seperti contoh kamu bisa memberikan kode pada website kamu guna meningkatkan pengunjung atau traffic, mendapatkan data konversi, sampai data insight di website kamu. Semua ini bisa kamu dapatkan jika menggunakan tools dari Facebook ini.

3. Dapat Melakukan Split Testing

Manfaat berikutnya yaitu FB Business Manager menyediakan fitur untuk melakukan split testing atau pengujian terpisah. Split testing merupakan pengujian yang berguna untuk strategi marketing. Dengan fitur ini kamu bisa melakukan pengujian lebih dari satu iklan.

Pengujian dengan lebih dari satu iklan tersebut berguna untuk mengetahui iklan yang efektif untuk campaign bisnis online kamu. Dengan begitu kamu dapat mengetahui iklan seperti apa yang cocok bagi bisnis online kamu dan yang pasti dapat memberikan keuntungan bagi kamu.

4. Mudah Digunakan

Salah satu keunggulan dari FB Bisnis Manager ini yaitu mudah digunakan oleh siapa aja, tak terkecuali bagi orang awam sekalipun. Kamu tidak akan menemukan kesulitas saat menggunakannya. Karena memang tools ini dirancang agar mudah kamu gunakan atau user friendly.

5. Akuntabilitas

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan yaitu akuntabilitas. Jika bisnis kamu semakin berkembang dan bisnis kamu berskala besar dan memiliki karyawan akuntabilitas merupakan faktor yang penting.

Dengan tools ini kamu bisa memberikan dan mengubah izin akses sesuai dengan peran yang kamu berikan kepada karyawan kamu pada tim marketing. Hal ini sangat berguna untuk memudahkan pelacakan peran tim saat menggunakan tools ini.

6. Keamanan Terjamin dan Aksebilitas yang Baik

Terakhir, FB Business Manager sudah memiliki proteksi two factor authentication atau 2FA. Jadi kamu tidak perlu khaawatir soal keamanan data kamu akan bocor. Kemudian, FB Business Manager memiliki aksesibilitas yang sangat baik.

Kamu bisa mengakses dari beberapa akun berbeda tanpa ada batasan. Hal ini dapat memudahkan kamu dalam mengelola bisnis kamu agar lebih efisien lagi. Aksesibilitas yang baik ini memungkinkan kamu bisa menggunakan semua layanan yang ada pada tools secara bersamaan.

Cara Menggunakan Facebook Business Manager 

Nah, setelah mengetahui penjelasan dan manfaat dari Facebook Business Manager ini, mari kita membahas bagaimana cara menggunakannya. Berikut akan berikan langkah-langkah menggunakan Facebook Business Manager:

1. Membuat Akun FB Bisnis

Bagi kamu yang belum memiliki akun FB Bisnis Manager baiknya kamu membuat akun terlebih dahulu untuk dapat menggunakan tools ini. Cara membuatnya cukup mudah kok. Jika kamu sudah memiliki akun FB Bisnis kamu bisa melewati langkah ini.

Di bawah ini adalah langkah dalam membuatakun FB Bisnis Manager:

meta business suites
Sumber: meta business suites
  • Lalu masukkan nama bisnis, nama kamu, dan alamat email kantor, lalu klik Berikutnya.
  • Masukan detail bisnis kau dan klik Kirim.
  • Tambahkan aset untuk bisnis kamu jika punya, seperti halaman media sosial seperti Facebook, Instagram, akun iklan dan lain sebagainya.
  • Tambahkan orang-orang yang akan membantu kamu untuk mengelola aset bisnis kamu dengan memberikan hak akses dan izin sesuai dengan peran yang kamu berikan.
  • Atur pembayaran dan faktur untuk iklan yang kamu buat.
  • Manfaatkan fitur-fitur FB Business Manager untuk memantau dan mengoptimalkan bisnis yang kamu jalani. Kamu bisa memanfaatkan fitur seperti insights, notifications, requests, support inbox, dan fitur lainya.

Baca juga: Gunakan 4 Fitur Terbaik Ini, Untuk Cara Jualan di Facebook

2. Membuat Page Dalam Facebook Business Manager

meta business suites
Sumber: meta business suites

 

  • Pada menu Dashboard Meta Business Suites, Klik Aset Bisnis lalu Halaman lalu Tambahkan Halaman
meta business suites
Sumber: meta business suites
  • Akan muncul jendela baru dan pilih Buat Halaman Facebook Baru
  • Isi semua kolom informasi yang tersedia dengan benar, lalu ikut setiap langkahnya.
  • Selesai! kamu telah berhasil menambahkan akun Facebook Ads kamu

3. Menambahkan Akun Facebook Ads 

  • Pada menu Dashboard Meta Business Suites, Klik Pengaturan
  • Kemudian pilih Pengaturan Akun Iklan
  • Akan muncul tab baru, pada tab tersebut klik Buka Pengaturan Bisnis
  • Klik tombol berwarna biru dengan tulisan Tambahkan
  • Akan muncul jendela baru yang memiliki beberapa opsi, pilih dan klik Tambahkan Akun Iklan
  • Ikuti langkah selanjutnya yaitu dengan mengisi kolom informasi yang tersedia dengan benar sampai iklan kamu berhasil dibuat

Demikianlah informasi seputar Facebook Business Manager yang dapat membantu kamu mengelola bisnis online kamu. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu dan selamat mencoba menggunakan Facebook Business Manager. Nantikan artikel dan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Sulit beriklan di Facebook karena minim edukasi? Ingin maksimalkan iklan, tapi terhambat budget harian?

Optimalkan Performa Iklan dengan Everpro Facebook Ads Account Support, solusi beriklan mudah, cepat, dan aman untuk jangkau pasar yang lebih luas!

Benefit Everpro Facebook Ads Account Support

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis

Ayo daftar Everpro Facebook Ads Account Support sekarang!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman