everpro

Roas Adalah: Mengenal Konsep Pengukuran Iklan

Sering beriklan di Google Ads dan Facebook Ads? Belum tahu cara mengukur iklan yang sedang berjalan? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui ROAS sebagai konsep pengukuran iklan digital!

Dalam beriklan di platform periklanan yang ada saat ini seperti Google Ads dan Facebook terdapat metriks yang bernama ROAS. Metriks ini dapat berguna untuk mengukur keuntungan yang kamu dapatkan jika menjalankan suatu iklan.

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan ulasan dan pembahasan detail tentang ROAS untuk kamu. Penasaran dengan pembahasannya? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini, check it out!

Baca juga: Objective Facebook Ads: Cara Memilih Tujuan Iklan yang Sesuai dengan Bisnis Kamu

Apa itu ROAS

roas adalah
Sumber: pexels.com

ROAS atau Return on Ad Spend (ROAS) adalah marketing metriks yang mengukur pendapatan yang diperoleh untuk setiap biaya yang kamu keluarkan untuk campaign iklan.

Dengan menghitung dan melacak ROAS, kamu bisa mengetahui apakah campaign iklan yang kamu jalankan sudah efektif atau belum. Kemudian, kamu bisa menggunakan data ROAS tersebut untuk berbagai inisiatif dan strategi guna menaikan keuntungan iklan.

Pentingnya ROAS 

Dalam mobile marketing, manager dari user acquisition menggunakan perhitungan ROAS untuk memperkirakan upaya pemasaran mereka guna memastikan bahwa upaya tersebut berada pada jalur yang benar.

Perhitungan ROAS jika bisa digunakan untuk mengevaluasi bagaimana kinerja dari iklan. Selain itu, ROAS juga bisa digunakan untuk membuat keputusan terkait channel dan format iklan seperti yang efektif.

Perbedaan ROAS dan ROI

Nah, ada metriks pengukuran lain selain ROAS yaitu ROI. Apa perbedaan di antara keduanya? berikut adalah perbedaan mendasar dari metriks ini:

ROAS

ROI

Mengukur laba kampanye iklan tertentu

Mengukur pengembalian total dari keseluruhan investasi

Memperhitungkan pendapatan

 Memperhitungkan keuntungan
Hanya mempertimbangkan pembelanjaan langsung  Mempertimbangkan pengeluaran dan pengeluaran langsung
Tidak memberi tahu kamu apakah kampanye iklan berbayar kamu menguntungkan 

Menentukan apakah kampanye iklan berbayar kamu menguntungkan 

Dari tabel di atas dapat kita tarik kesimpulan jika dua metriks ini sangat penting untuk mengetahui iklan berbayar yang kamu jalani.

Cara Menghitung ROAS

Bagaimana sih cara menghitung Return on Ad Spend? Caranya cukup mudah kamu hanya perlu menghitungnya dengan cara keuntungan dari kampanye iklan dibagi dengan biaya dari kampanye iklan tersebut lalu kemudian dikali dengan 100 persen.

ROAS = ( Keuntungan Kampanye Iklan ÷ Biaya Kampanye Iklan) x 100%

Berikut contoh langsungnya:

ROAS = (1.000.000 ÷ 200.000) x 100% = 500%

Jika angka hasil perhitungan positif maka kampanye iklan telah berjalan dengan efektif. Itulah mengapa pentingnya menghitung Return on Ad Spend untuk mengetahui efektivitas dari kampanye iklan.

Baca juga: Ini 3 Metric yang Tidak Ada Dalam Facebook & Instagram Ads

Faktor yang Mempengaruhi ROAS

roas adalah
Sumber: pexels.com

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Return on Ad Spend, antara lain:

  • Tipe Produk yang Diiklankan

Contohnya seperti produk yang memiliki fisik biasanya memiliki ROAS yang tinggi jika dibandingkan dengan produk digital.

  • Target Audience

Audience yang berbeda akan memberikan respons yang berbeda juga pada jenis iklan tertentu.

  • Penempatan Iklan

Beberapa penempatan tertentu bisa lebih efektif dibandingkan penempatan lain.

  • Materi Iklan

Seperti copywriting, gambar, dan video, karena hal ini bisa mempengaruhi seberapa menarik sebuah iklan.

  • Strategi Bidding

Perbedaan strategi dapat menentukan hasil yang berbeda pula. Simak artikel berikut “Panduan Praktis untuk Bidding Strategy Google Ads” untuk mengetahui strategi bidding yang baik

  • Kualitas dari Landing Page

Landing page yang berkualitas akan membantu dalam meningkatkan konversi.

  • Harga

Produk dengan harga yang tinggi atau produk yang memiliki target pasar cenderung memiliki Return on Ad Spend yang lebih tinggi daripada produk dengan harga rendah atau produk yang kamu jual pada pasar yang lebih umum.

  • Tipe Kampanye Iklan

Tipe Kampanye yang dijalankan juga dapat mempengaruhi return on ad spend karena kampanye iklan yang berfokus pada brand awareness memiliki ROAS yang rendah.

Cara Meningkatkan ROAS

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan Return on Ad Spend. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Optimasi Kampanye untuk Penargetan yang Lebih Baik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengoptimalkan kampanye iklan. Kamu harus menyesuaikan kampanye iklan kamu dengan kebutuhan target audience kamu.

Jika kamu menargetkan sesuai dengan lokasi tertentu kamu dapat membuat kampanye yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah mereka.

  • Menyempurnakan Materi Iklan

Selanjutnya, kamu harus melakukan penyempurnaan pada materi yang ada dalam iklan kamu. Seperti copywriting, gambar, dan video yang menarik dan lebih mencerminkan pesan dari brand atau produk kamu. Ini dapat meningkatkan konversi.

  • Menguji Strategi Bidding yang Berbeda

Menggunakan strategi bidding yang berbeda dapat memberikan hasil yang berbeda. Jadi pastikan untuk menguji strategi bidding yang paling efektif.

  • Meningkatkan Kualitas Landing Page

Kemudian, kamu harus melakukan optimasi pada kualitas dari landing page kamu. Pastikan jika landing page telah kamu buat dengan baik dan berkualitas. Dengan begitu pelanggan dapat merasakan experience yang baik dan ini bisa berdampak pada tingginya return on ad spend. 

  • A/B Testing

Terakhir, kamu bisa melakukan A/B testing untuk mengetahui versi manakah kampanye iklan atau landing page sehingga kamu dapat mengetahui yang mana yang lebih efektif.

Kesimpulan

ROAS adalah metrik canggih yang memberikan informasi berharga kepada pengiklan mengenai efektivitas dari kampanye iklan yang mereka lakukan.

Dengan memahami cara menghitung dan menafsirkan ROAS, serta mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya, pengiklan dapat membuat keputusan berdasarkan data untuk mengoptimalkan kampanye mereka dan mencapai kesuksesan iklan yang lebih baik.

Dengan return on ad spend sebagai alat pengukuran utama, pengiklan dapat memastikan bahwa strategi periklanan mereka memberikan hasil yang diinginkan dan memaksimalkan keuntungan dari biaya yang sudah mereka keluarkan. 

Demikianlah artikel yang mengulas tentang ROAS, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa share artikel ini di media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya