everpro

Curi Perhatian dengan Optimalkan Ukuran Gambar Iklan Facebook!

Dalam era digital saat ini, iklan media sosial menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda. Facebook, sebagai platform media sosial terbesar di dunia, menawarkan berbagai macam format iklan yang dapat digunakan oleh pengiklan. Salah satu aspek penting dalam menciptakan iklan yang menarik adalah ukuran gambar yang tepat. Artikel ini akan membahas kerangka ukuran gambar iklan Facebook yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja kampanye iklan Anda.

Baca juga: Facebook Ads Break: Cara Memonetisasi Konten Anda, Untung!

Apa itu Iklan Facebook?

Seperti yang kita kenal, iklan Facebook adalah iklan yang di tampilkan di Facebook, Instagram, Messenger, atau Audience Network kepada pengguna yang sesuai dengan kriteria yang di tentukan oleh pengiklan. Iklan Facebook bisa berupa gambar, video, karusel, koleksi, atau tayangan slide yang menarik perhatian dan mengajak tindakan.

Adapun Iklan Facebook bisa membantu Anda mencapai berbagai tujuan bisnis, seperti meningkatkan penjualan online, mendorong traffic ke situs web atau toko fisik, menciptakan prospek yang berkualitas, membangun awareness merek, meningkatkan penginstalan aplikasi, dan lain-lain.

Untuk membuat iklan Facebook, Anda bisa menggunakan Pengelola Iklan Facebook, yaitu fitur serbaguna untuk membuat iklan, mengelola waktu dan tempat penayangannya, serta memantau seberapa baik kinerja kampanye Anda terhadap tujuan marketing Anda.

Cara Membuat Iklan Facebook

ukuran gambar iklan facebook
Sumber: Google.com

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat iklan Facebook dengan Pengelola Iklan:

Tentukan Tujuan Iklan Anda

Anda bisa memilih salah satu dari 11 tujuan iklan yang tersedia, seperti awareness merek, reach, traffic, interaksi, prospek, penjualan online, promosi aplikasi, video view, konversi situs web atau aplikasi, katalog penjualan, atau traffic toko.

Buat Kampanye Iklan Anda

Anda bisa memberi nama kampanye Anda, menentukan anggaran keseluruhan atau harian untuk kampanye Anda, dan memilih strategi penawaran yang sesuai dengan tujuan iklan Anda.

Buat Set Iklan Anda

Set iklan adalah kumpulan iklan yang memiliki pemirsa target, penempatan iklan (di mana iklan akan di tampilkan), dan anggaran yang sama. Anda bisa membuat beberapa set iklan dalam satu kampanye untuk menguji variasi pemirsa atau penempatan.

Tentukan Pemirsa Target Anda

Anda bisa menyesuaikan pemirsa target Anda berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, perilaku, koneksi (orang-orang yang sudah menyukai halaman atau aplikasi Anda), atau pemirsa khusus (orang-orang yang sudah berinteraksi dengan bisnis Anda sebelumnya).

Pilih Penempatan Iklan Anda

Oleh sebab itu Anda bisa memilih penempatan otomatis untuk membiarkan sistem Facebook menentukan di mana iklan Anda akan di tampilkan sesuai dengan tujuan dan anggaran Anda, atau memilih penempatan manual untuk menentukan sendiri di mana iklan Anda akan di tampilkan (misalnya di Kabar Beranda Facebook atau Reels Instagram).

Buat Materi Iklan Anda

Anda bisa memilih format iklan yang sesuai dengan tujuan iklan Anda1, seperti gambar tunggal atau video tunggal untuk menampilkan produk atau layanan Anda secara sederhana; karusel untuk menampilkan beberapa gambar atau video dalam satu iklan; koleksi untuk menampilkan katalog produk dalam format grid; atau tayangan slide untuk membuat video dari beberapa gambar statis. Kemudian tambahkan teks iklan yang menarik dan jelas serta panggilan tindakan (call to action) yang sesuai dengan tujuan iklan Anda.

Oleh sebab itu tinjau dan luncurkan iklan Anda. Sebelum meluncurkan iklan Anda, pastikan semua informasi sudah benar dan sesuai dengan kebijakan periklanan Facebook. Jika sudah yakin, klik tombol Luncurkan Kampanye untuk memulai penayangan iklan Anda.

Manfaat Iklan Facebook

ukuran gambar iklan facebook
Sumber: Google.com

Iklan Facebook memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda, di antaranya:

  • Meningkatkan jangkauan dan visibilitas bisnis Anda kepada miliaran pengguna Facebook dan Instagram yang berpotensi menjadi pelanggan.
  • Menargetkan pemirsa yang tepat berdasarkan karakteristik demografis dan psikografis serta perilaku online mereka.
  • Mengukur kinerja dan hasil iklan secara realtime dengan fitur pelaporan yang detail dan mudah di pahami.
  • Mengoptimalkan anggaran dan strategi iklan dengan fitur uji A/B dan materi iklan dinamis yang menyesuaikan materi iklan dengan minat pemirsa.
  • Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui interaksi di media sosial dan pesan langsung di Messenger atau WhatsApp.

Jenis-Jenis Format Iklan Facebook

Beberapa jenis format yang biasa di jadikan sebagai iklan facebook yaitu:

a. Iklan Gambar

Format iklan yang paling umum menggunakan gambar tunggal untuk menarik perhatian pengguna.

b. Iklan Video

Format iklan yang menggunakan video untuk menyampaikan pesan atau memperkenalkan produk.

c. Iklan Carousel

Format iklan yang memungkinkan Anda menggabungkan beberapa gambar atau video dalam satu iklan. d. Iklan Slideshow: Format iklan yang menggabungkan beberapa gambar untuk menciptakan efek video yang sederhana.

d. Iklan Koleksi

Format iklan yang menampilkan gambar atau video dengan tautan ke koleksi produk yang relevan.

Ukuran Gambar Iklan Facebook

Berikut beberapa ukuran gambar iklan di facebook:

a. Iklan Gambar

  • Ukuran Gambar: 1.200 x 628 piksel (rekomendasi), minimal 600 x 600 piksel.
  • Rasio Aspek: 1,91:1.
  • Jenis File yang Di dukung: JPG atau PNG.
  • Batasan Ukuran File: Maksimum 30 MB.

b. Iklan Video

  • Ukuran Video: Maksimum 4 GB.
  • Rasio Aspek: 9:16 hingga 16:9.
  • Jenis File yang Di dukung: MP4 atau MOV.
  • Resolusi Minimum: 720 piksel.

c. Iklan Carousel

ukuran gambar iklan facebook
Sumber: Google.com
  • Ukuran Gambar: 1.080 x 1.080 piksel.
  • Rasio Aspek: 1:1.
  • Jenis File yang Di dukung: JPG atau PNG.
  • Batasan Ukuran File: Maksimum 30 MB per gambar.

d. Iklan Slideshow

  • Ukuran Gambar: 1.280 x 720 piksel.
  • Rasio Aspek: 16:9.
  • Jenis File yang Di dukung: JPG atau PNG.
  • Batasan Ukuran File: Maksimum 30 MB per gambar.

e. Iklan Koleksi

  • Ukuran Gambar Utama: 1.200 x 628 piksel.
  • Ukuran Gambar Kecil: 254 x 133 piksel.
  • Rasio Aspek Gambar Utama: 1,91:1.
  • Rasio Aspek Gambar Kecil: 1,91:1.
  • Jenis File yang Didukung: JPG atau PNG.
  • Batasan Ukuran File: Maksimum 30 MB per gambar.

Baca juga: Mengapa Saldo Facebook Ads Tidak Masuk? Inilah Solusinya!

Tips untuk Mengoptimalkan Gambar Iklan Facebook

Berikut tips yang mudah untuk di ikuti untuk membuat iklanmu semakin optimal:

Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

Pastikan gambar yang Anda gunakan dalam iklan memiliki resolusi yang baik dan terlihat profesional. Hindari penggunaan gambar yang buram atau pecah agar ukuran iklan gambar facebook Anda terlihat menarik bagi pengguna.

Perhatikan Komposisi Gambar

Pastikan elemen penting dalam gambar Anda tidak terpotong atau tersembunyi. Pertimbangkan rasio aspek yang di sarankan untuk setiap jenis iklan dan pastikan gambar Anda sesuai dengan rasio tersebut agar tampilan iklan tetap proporsional dan menarik.

Gunakan Teks yang Efektif

Jika Anda menyertakan teks dalam gambar iklan, pastikan teksnya mudah di baca dan berukuran cukup besar. Hindari teks yang terlalu panjang dan usahakan menyampaikan pesan utama dengan singkat dan jelas.

Uji Variasi Gambar

ukuran gambar iklan facebook
Sumber: Google.com

Cobalah menggunakan beberapa variasi gambar dalam kampanye iklan Anda. Dengan melakukan uji A/B, Anda dapat melihat mana gambar yang paling efektif dalam menarik perhatian target audiens dan menghasilkan respons yang lebih baik.

Perhatikan Batasan Ukuran File

Pastikan ukuran file gambar atau video Anda memenuhi batasan yang di tetapkan oleh Facebook. Mengunggah file yang terlalu besar atau melebihi batas dapat menghambat kecepatan muat iklan dan mengurangi pengalaman pengguna.

Responsif terhadap Perangkat

Pastikan gambar Anda responsif dan terlihat baik pada berbagai perangkat seperti desktop, ponsel, atau tablet. Perhatikan bahwa tampilan gambar dapat bervariasi tergantung pada ukuran layar yang di gunakan oleh pengguna.

Pertimbangkan Panduan Facebook

Oleh karena itu Facebook memiliki panduan resmi tentang ukuran dan spesifikasi iklan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Mengikuti panduan ini akan membantu Anda mengoptimalkan tampilan iklan Anda sesuai dengan format Facebook yang di perlukan.

Ukuran gambar iklan yang tepat adalah faktor penting dalam menciptakan iklan Facebook yang menarik dan efektif. Dengan mengikuti kerangka ukuran gambar yang di sebutkan di atas, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda tampil proporsional, berkualitas tinggi, dan menghasilkan respons yang positif dari target audiens. Dengan mengoptimalkan ukuran gambar iklan Facebook, Anda dapat meningkatkan kinerja kampanye iklan Anda dan mencapai hasil yang lebih baik dalam upaya pemasaran Anda.

Demikian info sekilas mengenai ukuran gambar iklan facebook. Nikmati juga berbagai kemudahan beriklan agar sustainable dan semakin optimal dengan layanan Facebook ads Support, inilah benefit yang Anda dapatkan:

  • Edukasi Facebook ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

 

Ayo daftarkan usahamu melalui Layanan Everpro dengan bantuan Facebook ads Account Support, nikmati kemudahannya sekarang juga!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya