Everpro

10 Langkah Praktis untuk Meningkatkan Kecepatan Loading Website Kamu

Daftar Isi:

Kecepatan loading website itu penting banget buat performa website. Kalau website kamu lama loadingnya, bisa-bisa ranking di mesin pencari turun. 

Gak cuma jelek buat strategi SEO, loading yang lama juga bikin kampanye iklan berbayar (Google Ads) jadi gagal. Soalnya, pengunjung website biasanya males nunggu lama-lama dan lebih milih cabut dari situs yang loadingnya lama. 

Ujung-ujungnya, budget iklan yang udah dikeluarin jadi sia-sia.

Nah, biar pengunjung betah dan puas sama pengalaman mereka di website kamu, perlu ada langkah-langkah praktis buat ningkatin kecepatan website.

Pilih Hosting yang Tepat

Hosting itu tempat menyimpan semua data dan file yang dibutuhin buat nampilin konten website.

Jadi, hosting punya pengaruh besar banget ke kecepatan loading website. Kalau hosting yang kamu pakai kurang oke, jadinya respon buat nampilin konten ke pengunjung bakal lambat.

Kriteria Memilih Hosting

Biar website kamu gak lama loadingnya, pilih hosting yang cepat dan andal. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan waktu memilih hosting:

  1. Kecepatan (speed): Hosting yang kuat dan optimal dengan teknologi terbaru.
  2. Lokasi server: Hosting dengan server yang dekat dengan mayoritas target audiens.
  3. Keamanan (security): Hosting yang punya perlindungan keamanan tingkat tinggi.
  4. Skalabilitas (scalability): Hosting yang gampang di-upgrade paketnya.
  5. Uptime yang Tinggi: Hosting yang jamin uptime tinggi minimal 99,9%.
  6. Layanan (support): Hosting dengan dukungan teknis yang responsif dan kompeten.

Jenis-jenis Hosting 

Selain kriteria di atas, kamu juga perlu milih jenis hosting yang sesuai dengan kondisi dan tujuan website kamu. Yuk, kenali jenis-jenis hosting berikut ini:

  1. Shared Hosting: Hosting yang relatif murah tapi servernya dipakai bareng pengguna lain. Cocok buat website dengan traffic rendah sampai menengah.
  2. VPS (Virtual Private Server) Hosting: Hosting dengan resources server terpisah untuk setiap akun, kasih kontrol lebih besar dan performa yang konsisten. Cocok buat website dengan traffic menengah sampai tinggi.
  3. Dedicated Hosting: Hosting yang nyediain server khusus buat satu website dengan kontrol penuh atas sumber daya server. Meskipun harganya mahal, tapi cocok buat website dengan traffic tinggi.
  4. Cloud Hosting: Hosting yang pakai teknologi cloud buat nyebarin data website ke beberapa server virtual. Cocok buat website dengan traffic yang fluktuatif karena skalabilitasnya tinggi.

Optimasi Gambar

Gambar punya pengaruh besar ke kecepatan loading website. Biasanya, ukuran file gambar lebih besar dibanding elemen website lain kayak kode atau teks. 

Jadi, biar website nggak lama loadingnya, sebelum upload gambar pastiin kamu pake format gambar yang efisien (JPEG, PNG, atau WebP) dan kompres gambarnya jadi ukuran yang lebih kecil.

Gunakan Content Delivery Network (CDN)

Content Delivery Network (CDN) adalah server yang didistribusikan secara global untuk membantu website agar memiliki kinerja yang lebih cepat dan aman. 

Dengan CDN, website kamu bakal loadingnya lebih ngebut, beban server utamanya jadi ringan, risiko website down juga berkurang, dan keamanannya lebih terjaga. Nah, buat nyambungin CDN ke website, kamu bisa ikuti langkah-langkah simpel ini:

  • Cari penyedia CDN yang cocok sama kebutuhan dan isi dompet kamu.
  • Daftar dan atur akun kamu di penyedia CDN.
  • Atur CDN yang udah kamu pilih biar nyambung ke website kamu.
  • Uji coba dan sesuaikan settingan CDN sesuai kebutuhan website kamu.
  • Cek terus kinerja CDN di website kamu dan pastiin semuanya berjalan mulus.

Kurangi HTTP Requests yang Tidak Perlu

Setiap HTTP request yang dilakukan oleh browser untuk mengunduh file bakal nambah waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web secara keseluruhan. 

Supaya loading website kamu lebih ngebut lagi, kurangi HTTP requests dengan cara berikut:

  • Gabungkan file CSS dan JavaScript menjadi satu file.
  • Kurangi penggunaan plugin yang berlebihan.
  • Hapus resource yang tidak diperlukan seperti gambar, CSS, atau JavaScript.

Baca Juga: Perbedaan Protokol HTTP dan HTTPS yang Wajib Anda Tahu

Aktifkan Plugin Cache 

Nyalain plugin cache juga penting banget buat bikin website jadi lebih cepat loadingnya. Cache tuh kaya simpanan file di browser pengguna, jadi loading halaman makin optimal dan gak terlalu berat buat server. 

Ada beberapa jenis caching yang bisa dipasang di website kamu, misalnya:

  • Client-side Caching
  • Browser Cache
  • Server Side Cache
  • Database Cache
  • Object Cache
  • Opcode Cache
  • Page Cache
  • Content Delivery Network (CDN) Cache

Meminimalkan dan Mengompresi File

Ngecilin dan nge-kompresi file juga bisa bantu ngebutin loading website, soalnya jadi nggak banyak file yang harus diunduh sama browser pengguna. 

Kamu bisa pakai tools buat ngecilin file seperti CSS, JavaScript, dan HTML. Pakai juga kompresi gzip atau Brotli di server biar ukuran file yang harus lewat jaringan jadi nggak terlalu besar.

Optimalkan Database

Buat mengatasi loading website yang lama, kamu juga bisa ngoptimalin database pake trik-trik ini:

  • Hapus entri yang gak penting, data sementara, dan perbaiki indeks yang rusak.
  • Pake plugin khusus yang bisa bantu bersihin tabel, perbaiki indeks, dan optimasi lainnya dengan gampang.
  • Hindarin query database yang kompleks dan berat karena bisa bikin server lambat.

Dengan ngelakuin langkah-langkah ngoptimalin database di atas, website kamu bisa jadi lebih cepat secara keseluruhan, termasuk pagespeed-nya.

Manfaatkan Teknik Asynchronous Loading dan Deferred Loading

Pemuatan asinkron juga bisa bikin loading website makin maksimal. Teknik ini bisa bikin sumber daya kayak gambar atau skrip diunduh sekaligus, jadi nggak harus nunggu satu-satu.

Caranya, tinggal tambahin atribut “async” atau “defer” di kode HTML halaman websitemu.

  • Asynchronous Loading, yaitu browser mengunduh sumber daya (script, gambar, atau gaya)  secara bersamaan tanpa harus menunggu sumber daya lain selesai diunduh. 
  • Deferred Loading, yaitu sumber daya tambahan seperti script atau gambar yang dimuat setelah konten utama halaman telah selesai dimuat dan ditampilkan kepada pengguna..

Dengan pake kedua teknik itu, dijamin website kamu bakal lebih kencang loadingnya.

Hapus atau Ganti Resource yang Lambat 

Memang ada aja hambatan buat pengguna bisa masuk cepat ke halaman website, salah satunya karena resource yang lambat. Bisa dari konten flash yang kebanyakan, terlalu banyak plugin, atau penyebab lainnya.

Cara ngatasinya, kamu harus tahu dulu sumber daya apa yang bikin website jadi lelet, misalnya script eksternal. Nah, setelah itu, ganti sumber dayanya dengan yang lebih cepat biar loading website bisa makin oke.

Selalu Pantau dan Analisis Performa Website

Setelah kamu ngelakuin berbagai trik buat ngebutin loading website seperti yang penjelasan di atas, jangan lupa untuk tetap pantau dan analisis performanya, ya!

Kamu bisa pakai tools seperti Google PageSpeed Insight, GTmetrix, Pingdom, atau yang lainnya buat liat perubahan performa loading website setelah kamu ngelakuin optimasi. 

Selain itu, lakukan analisis juga untuk tahu langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil buat memaksimalkan kecepatan loading website.

Solusi Praktis untuk Percepat Loading Website Kamu 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya loading website kamu cepat. Kalau kamu masih awam sama dunia per-website-an,  cara-cara di atas mungkin bikin kamu bingung banget. 

Kamu harus optimasi satu persatu yang pastinya bakal makan waktu. Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa lakukan cara-cara di atas lewat satu layanan aja, yaitu Everpro Funnel

Di layanan Everpro Funnel, mulai dari bikin landing page sampai daftar nama domain dan hosting bisa kamu lakukan dengan gampang alias no ribet. 

Nggak perlu khawatir lagi sama loading website yang lemot karena di Everpro load time landing page kamu bakal ngebut. Jadi kamu bisa kasih pengalaman yang baik ke pengguna. 

Penasaran benefit apa aja yang bakal kamu dapetin di Everpro Funnel? Ini dia!

  • Jualan online jadi gampang karena banyak fitur di satu platform. 
  • Kamu bisa optimasi pertumbuhan nilai konversi bisnis. 
  • Seluruh fitur mudah banget untuk dipakai termasuk jika kamu imers pemula.
  • Nggak cuma landing page builder, kamu juga bisa dapetin fitur WA Rotator, LPWA Tracker, dan Custom Keyboard.

Yuk, saatnya wujudkan website impian kamu bareng Everpro. Kamu bisa dapetin hosting dan domain gratis kalau kamu daftar sekarang, loh! Pakai Everpro Pasti Cuan!

Daftar Sekarang

Artikel Terkait

Daftar GRATIS sekarang atau cari tahu paket berlangganan Everpro