Everpro

10 Cara FYP di Tiktok dengan Cepat & Jam Posting Terbaik! 

Daftar Isi:

Artikel ini bakal bahas cara FYP di TikTok dengan cepat dan jam posting terbaik bagi content creator.

Siapa sih yang nggak kenal TikTok? Platform video pendek ini udah jadi sorotan miliaran pengguna di seluruh dunia. Nah, pasti kamu juga tahu lah yaa kalau FYP itu incaran kreator TikTok banget. 

Tapi, sebenarnya apa sih FYP itu? Jadi, FYP (For Your Page) adalah halaman yang nampilin rekomendasi konten video TikTok yang berpotensi besar buat menjangkau banyak audiens. 

Karena bakal menjangkau audiens yang luas banget, konten yang FYP juga bisa ningkatin eksposur, nambah followers, dan berpotensi untuk viral di media sosial lainnya. 

Nah sayangnya, biar konten TikTok bisa FYP itu caranya nggak semudah yang dikira guys. Untuk itu, yuk simak cara-cara FYP di TikTok dengan cepat di artikel ini!

Pahami Algoritma TikTok 

Algoritma TikTok itu semacam sistem yang dipakai sama platform TikTok untuk nentuin video mana yang bakal ditampilin ke halaman penggunanya. 

Ada banyak faktor yang bisa nentuin algoritma TikTok, yaitu: 

  • Interaksi pengguna, seperti like, komen, dan durasi menonton. 
  • Informasi video, seperti caption, sound atau suara, dan hashtag. 
  • Perangkat dan pengaturan akun, seperti preferensi bahasa dan jenis perangkat. 

Dari ketiga faktor tersebut, interaksi pengguna jadi salah satu faktor yang paling berpengaruh.

Karena kalau like, komen, dan durasi nontonnya lama berarti video itu paling relevan sama kebutuhan konten pengguna. Bisa dibilang penonton puas sama konten kamu. 

Buatlah Konten yang Menarik

Big no banget kalau kamu pengen konten FYP di TikTok tapi kontennya sendiri nggak menarik. Apalagi kalau kamu bikin konten TikTok untuk bisnis yang lagi dijalankan.

Soalnya, TikTok lebih suka kalau konten kamu menarik biar enak buat disajiin ke penonton. Ini dia tiga hal yang perlu kamu perhatiin kalau mau bikin konten yang menarik: 

  1. Kualitas Video

Video yang bersih tentu bakal lebih enak buat ditonton. TikTok sendiri nyaranin buat posting konten video dengan resolusi minimum 720*1280px, 640*640px, atau 1280*720px. 

Nggak cuma resolusinya, pencahayaan yang baik juga bakal ngaruh banget sama kualitas video kamu. Untuk itu, pastiin kamu take konten TikTok dengan pencahayaan yang terang dan jelas.

  1. Kreativitas dan Originalitas

Buatlah konten dengan ide yang unik, menarik, dan sesuai sama niche konten kamu. Yuk saatnya mainkan kreativitas kamu biar jadi content creator yang kontennya dinanti-nanti pengguna. 

Nggak cuma itu, jangan lupa juga untuk selalu jaga keaslian konten kamu. Hindari ngejiplak konten orang lain tanpa perizinan yaa!

  1. Durasi Video

Durasi video TikTok emang harusnya kamu sesuain sama pesan yang mau disampaikan. Tapi biar video TikTok bisa FYP, biasanya punya durasi yang lebih singkat. 

TikTok ngerekomendasiin kamu untuk bikin video dengan durasi 21 sampai 34 detik aja biar FYP.

Gunakan Backsound dan Efek dengan Bijak

Kamu pasti udah tahu lah yaa TikTok itu punya pengaruh besar buat nge-viralin musik lewat sound videonya. Nah ini juga bisa jadi salah satu cara biar konten kamu FYP di TikTok. 

Pakailah sound yang lagi tren atau viral di TikTok. Kamu bisa cari sound tren ini lewat fitur search bar di TikTok, lalu cara “suara viral” atau kata kunci serupa lainnya. 

Selain itu, kamu juga bisa manfaatin efek dan filter yang bisa nambah daya tarik visual kontenmu. 

Maksimalkan Penggunaan Hashtag

Sama kayak platform media sosial lainnya, hashtag TikTok bisa dibilang sebagai kata atau frasa yang diawali dengan simbol “#” dan biasanya dipakai untuk mengkategorikan konten di platform. 

Kalau konten TikTok kamu pakai hashtag tertentu yang spesifik, besar kemungkinan pengguna lain mudah nemuin video kamu. Ini bakal bikin konten kamu lebih banyak yang nonton nantinya. 

Ada beberapa cara supaya kamu bisa nentuin hashtag TikTok yang trending, diantaranya: 

  • Pakai fitur Discover di TikTok 
  • Follow content creator TikTok yang terkenal dan sering FYP
  • Cari tahu lewat platform atau media sosial lain

Rajin Berinteraksi dengan Pengguna Lain

Cara FYP di TikTok depan cepat juga bisa lewat kolaborasi dengan kreator TikTok lain yang tipe kontennya sama denganmu. Kamu bisa temukan kolaborator lewat ajakan kerjasama di TikTok. 

Nggak cuma lewat kolaborasi, ningkatin interaksi lewat bales-balesin komentar di konten kamu juga penting banget untuk ningkatin engagement

Baca Juga: Inilah Cara Melakukan Duet dan Stitch Video di TikTok

Posting di Waktu yang Tepat

Sebenarnya, nggak ada rumus yang pasti buat nentuin kapan waktu terbaik untuk posting konten di TikTok biar bisa FYP. Tapi, kamu bisa posting di waktu ketika target audiens kamu lagi aktif. 

Kamu bisa mengacu ke hasil laporan yang dibuat oleh Influencer Marketing Hub, tentang waktu terbaik untuk unggah konten TikTok berikut ini: 

  • Senin: pukul 6.00, 10.00, dan 22.00
  • Selasa: pukul 2.00, 4.00, dan 9.00
  • Rabu: pukul 7.00, 8.00, dan 23.00
  • Kamis: pukul 9.00, 12.00, dan 19.00
  • Jumat: pukul 5.00, 13.00, 15.00
  • Sabtu: pukul 11.00, 19.00, dan 20.00
  • Minggu: pukul 7.00, 8.00, dan 16.00

Baca Juga: Jadwal FYP TikTok & Jam Terbaik Upload Agar Viral 2024

Bikin Caption TikTok yang Menarik

Selanjutnya, biar konten kamu FYP jangan lupa bikin caption yang mengundang interaksi pengguna. Misalnya, kamu bisa tambahin kata-kata “kasih pendapat kamu di kolom komen ya!”

Dengan begitu, penonton merasa diajak untuk berinteraksi dengan kamu. Kalau interaksi konten kamu ramai, maka bakal besar kemungkinan konten kamu bisa FYP. 

Terus, jangan lupa juga kasih caption yang informatif dan relevan sama konten kamu. Kalau kontennya tentang tips skincare, berarti kamu harus bikin caption tentang skincare juga. 

Selalu Evaluasi Kinerja Konten

Kalau kamu udah sering upload konten di TikTok, jangan lupa buat terus evaluasi kinerja konten kamu ya! Nggak perlu pakai alat tambahan, cukup manfaatin fitur analitik TikTok aja kok!

Di fitur ini kamu bisa liat performa konten-konten kamu lewat views, likes, shares, dan comments nya. Nah, lewat data ini kamu bakal tahu mana konten yang works dan yang nggak works. 

Biar makin memudahkan kamu evaluasi kinerja konten, pahami maksud metrik di TikTok (Views, Likes, Shares, Comments) ini. Baru deh kamu bisa nentuin strategi konten yang lebih sukses. 

Sesuaikan Strategi Berdasarkan Hasil

Biar konten TikTok kamu bisa FYP, emang nggak dipungkiri bakal ada trial dan error nya. Kamu perlu nyesuain strategi membuat konten TikTok berdasarkan hasil yang kamu dapatkan. 

Kalau beberapa konten kamu gagal FYP, mungkin kamu perlu ubah strategi kontennya dan mulai pahami lagi perubahan algoritma dan tren yang lagi viral di TikTok. 

Yuk terus berkreasi dan berinovasi untuk konten yang lebih menarik!

Pakai Layanan Marketplace Enabler di Everpro 

Last but not least, biar konten TikTok lebih cepat FYP nya, kamu bisa percayakan pembuatan konten kamu di layanan Marketplace Enabler Everpro

Terutama bagi kamu yang bikin akun TikTok untuk promosi bisnis, lewat fitur Live & Content Management nya kamu nggak perlu pusing-pusing mikirin strategi konten biar FYP.

Ini beberapa keuntungan yang bakal kamu dapetin di layanan MPEnabler Everpro: 

  • Akun TikTok bisnis kamu bakal dikelola dengan target meningkatkan followers dan engagement. 
  • Nggak cuma satu konten viral aja, tapi bakal ada posting konten tiap hari pakai teknik cepat FYP/Viral lewat beberapa cara di atas. 
  • Ada content creator profesional yang produksi banyak konten menarik untuk brand kamu.

Bayangin deh, hanya dengan layanan di atas kamu bisa ningkatin brand awareness dan penjualan lewat TikTok karena konten-konten kamu yang FYP. 

Yuk daftar sekarang di layanan Marketplace Enabler Evepro! Dijamin deh #PakaiEverproPastiCuan!

Daftar Sekarang

Artikel Terkait

Daftar GRATIS sekarang atau cari tahu paket berlangganan Everpro