everpro

13 Cara Meningkatkan CTR Facebook Ads Biar Makin Untung!

Jika kamu menjalankan Facebook Ads, kamu pasti ingin tahu seberapa baik kinerja dan cara mengoptimalkannya untuk hasil yang lebih baik. Salah satu metrik terpenting yang harus kamu pantau dan tingkatkan adalah CTR (click-through rate) Facebook Ads kamu.

Karena dengan CTR yang tinggi bikin iklan kamu lebih optimal dan nantinya akan berdampak untuk penjualan kamu, lho. Penasaran gimana cara meningkatkan CTR Facebook Ads kamu? Yuk, simak informasi selengkapnya!

Apa itu CTR pada Facebook Ads?

Everpro
Sumber: google.com

 

CTR adalah persentase orang yang melihat iklan kamu dan mengkliknya. Ini menunjukkan seberapa relevan dan menarik iklan kamu bagi audiens target kamu. CTR yang lebih tinggi berarti lebih banyak lalu lintas ke situs web kamu, lebih banyak prospek, dan lebih banyak konversi.

Tapi apa sih CTR yang baik untuk Facebook ads? Dan bagaimana cara meningkatkannya? Dalam artikel ini, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan memberi kamu beberapa tips dan praktik terbaik untuk meningkatkan CTR pada Facebook Ads.

Baca juga: Inilah Manfaat Facebook Ads yang Perlu di Ketahui!

CTR yang Baik Untuk Facebook Ads?

ctr facebook ads
Sumber: pexels.com

Tidak ada jawaban pasti untuk CTR yang baik untuk Facebook ads. Ini tergantung pada berbagai faktor, seperti industri, tujuan kampanye, format iklan, kreatif, dan audiens.

Menurut beberapa sumber, rata-rata CTR untuk Facebook ads di seluruh industri adalah sekitar 0,9%. Namun, angka ini bisa bervariasi tergantung pada industri kamu.

Misalnya, rata-rata CTR untuk industri pendidikan adalah 0,73%, sedangkan rata-rata CTR untuk industri hukum adalah 1,61%.

Selain itu, tujuan kampanye dan format iklan yang berbeda bisa memiliki CTR yang berbeda. Misalnya, rata-rata CTR untuk kampanye lalu lintas adalah 0,86%, sedangkan rata-rata CTR untuk kampanye konversi adalah 0,77%2

Demikian pula, rata-rata CTR untuk iklan gambar adalah 0,87%, sedangkan rata-rata CTR untuk iklan video adalah 0,84%.

Untuk rumus menghitungnya yaitu seperti berikut:

CTR = (jumlah klik / jumlah impresi) %

Contoh:

  • Iklan A tayang 1000x dengan jumlah klik 100x, CTR 10%
  • Iklan B tayang 1000x dengan jumlah klik 10x, CTR 1%

Apabila melihat contoh diatas maka harga per klik iklan A 10x lebih murah dibandingkan iklan B.

Oleh karena itu, alih-alih membandingkan CTR kamu dengan rata-rata industri, kamu harus membandingkannya dengan data dan patokan historis kamu sendiri.

Kamu juga harus memantau CTR kamu dari waktu ke waktu dan di berbagai segmen audiens dan kampanye kamu.

Baca juga: Simak! Ini 5 Tempat Belajar Facebook Ads Gratis

Alasan Mengapa CTR Facebook Ads Tinggi Diperlukan

Everpro
Sumber: unsplash.com

Kenapa CTR perlu sangat perlu untuk iklan kamu? jawabannya karena semakin tinggi CTR, semakin rendah CPCnya. Semakin rendah CPC dari iklan semakin tinggi ROI (Return of Investment).

Berikut adalah penjabarannya:

  • CTR tinggi menunjukkan iklan kamu mendapatkan impresi dan berkesan bagi pengguna Facebook, hal ini mempengaruhi jumlah klik yang tinggi.
  • CTR tinggi membuat biaya iklan menjadi jauh lebih murah.
  • Semakin tinggi CTRnya, dapat membawa potensi yang besar terhadap brand dan produk jualan kamu menjadi meningkat.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara meningkatkan CTR? Simak informasi selanjutnya.

Bagaimana Cara Meningkatkan CTR pada Facebook Ads?

ctr facebook ads
Sumber: pexels.com

Meningkatkan CTR pada Facebook ads bisa berdampak positif pada kinerja dan ROI kampanye kamu secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tips dan praktik terbaik yang dapat membantu kamu mencapai hal itu:

1. Gunakan Call to Action Dalam Judul dan Salinan Iklan 

Kata kerja aksi adalah kata-kata yang mendorong pembaca untuk melakukan sesuatu, seperti beli, pelajari, gabung, temukan, dll. Mereka bisa membuat iklan kamu lebih menarik dan persuasif, dan meningkatkan kemungkinan klik.

Misalnya, alih-alih mengatakan “Sepatu kami nyaman dan bergaya”, kamu bisa mengatakan “Temukan bagaimana sepatu kami bisa membuat kamu merasa nyaman dan bergaya”.

2. Gunakan fitur Promoted Post Ads

Kemudian salah satu yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan CTR adalah penggunaan fitur. Salah satu fitur yang harus kamu gunakan adalah Promoted Post Ads.

Dengan ini iklan kamu akan lebih mudah dilihat dan dapat mencakup lebih banyak pengguna Facebook. Karena postingan kamu akan Facebook prioritaskan tampil pada halaman News Feed.

3. Gunakan Penawaran CPC

Selanjutnya yaitu penggunaan CPC, Hal ini dilakukan untuk mendapatkan CTR yang tinggi hanya dalam waktu yang cukup singkat. Jadi jangan lupa ya penggunaan CPC untuk iklan kamu.

4. Pilih Newsfeed Mobil untuk Iklan Kamu

Terdapat 4 placements pada Facebook ads, diantaranya adalah Audience Network, Desktop Right Column, Desktop News Feed dan Mobile News Feed. Untuk tujuan meningkatkan CTR sebaiknya pilihlah Desktop News Feed dan Mobile Newsfeed.

Hal ini disarankan agar iklan kamu lebih banyak dilihat oleh pengguna Facebook. Karena pengguna Facebook saat ini lebih banyak online melalui handphone mereka.

5. Promosikan ke Fans Saja

Kenapa promosikan ke fans saja? jawabannya karena fans akan mengenal brand dan produk yang kamu jual sehingga fans dapat meningkatkan CTR iklan kamu dengan mengklik.

6. Sertakan Angka dan Statistik dalam Salinan Iklan 

Angka dan statistik bisa menarik perhatian audiens kamu dan membuat iklan kamu lebih kredibel dan spesifik. Mereka juga bisa menunjukkan nilai dan manfaat dari penawaran kamu, dan menciptakan rasa urgensi atau kelangkaan. 

Misalnya, alih-alih mengatakan “Kami memiliki penawaran terbaik untuk laptop”, kamu bisa mengatakan “Hemat hingga 50% untuk laptop hari ini saja”.

7. Gunakan Sedikit Teks Dalam Gambar dan Video

Facebook lebih menyukai iklan yang memiliki kurang dari 20% teks dalam gambar dan video mereka. Ini karena terlalu banyak teks bisa membuat iklan kamu berantakan dan mengalihkan perhatian dari pesan kamu. 

Untuk memeriksa apakah iklan kamu memenuhi persyaratan ini, kamu bisa menggunakan alat overlay teks Facebook. Jika iklan kamu memiliki terlalu banyak teks, kamu bisa mencoba menguranginya atau memindahkannya ke judul atau deskripsi.

8. Uji Format dan Penempatan Iklan yang Berbeda

Facebook menawarkan berbagai format dan penempatan iklan yang bisa kamu gunakan untuk memamerkan produk atau layanan kamu. 

Beberapa yang paling populer adalah iklan gambar, iklan video, iklan karusel, iklan koleksi, iklan pengalaman instan, iklan cerita, iklan messenger, iklan jaringan audiens, dan iklan pasar. 

Setiap format dan penempatan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, jadi kamu harus mengujinya untuk melihat mana yang paling cocok untuk audiens dan tujuan kamu.

9. Gunakan Gambar dan Video Berkualitas Tinggi yang Sesuai Dengan Merek dan Pesan Kamu

Gambar dan video adalah elemen paling terlihat dari iklan kamu, jadi mereka harus menarik dan relevan. Mereka juga harus sesuai dengan identitas dan nada suara merek kamu, serta salinan dan penawaran iklan kamu. 

Untuk membuat gambar dan video berkualitas tinggi untuk iklan kamu, kamu bisa menggunakan alat seperti Canva, Animoto, atau Lumen5.

10. Pilih Segmen Audiens dan Gunakan Kreativitas yang Dinamis

Tidak semua orang yang melihat iklan kamu akan memiliki minat, kebutuhan, atau preferensi yang sama. Itulah sebabnya kamu harus melakukan segmentasi audiens berdasarkan faktor seperti demografi, perilaku, minat, atau audiens khusus1

Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan iklan kamu untuk setiap segmen dan membuatnya lebih personal dan menarik.

kamu juga bisa menggunakan fitur kreatif dinamis Facebook1, yang secara otomatis menguji kombinasi berbeda dari judul, gambar, video, deskripsi, dan tombol panggilan ke aksi untuk menemukan yang paling baik untuk setiap segmen.

11. Optimalkan Halaman Arahan atau Landing Page 

CTR kamu bukanlah tujuan akhir dari Facebook ads kamu. kamu juga ingin pengunjung kamu melakukan tindakan di halaman arahan kamu, seperti mengisi formulir, mendaftar untuk uji coba, atau melakukan pembelian. 

Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa halaman arahan kamu konsisten dengan iklan kamu, relevan dengan penawaran kamu, dan mudah di navigasi.

kamu juga harus menggunakan judul, salinan, gambar, video, dan tombol panggilan ke aksi yang jelas dan menarik di halaman arahan kamu.

12. Setup Conversion Website

Facebook akan memprioritaskan audiens yang sebelumnya telah melewati proses tracking pixel yang lain sebagai target audiens sebuah campaign dengan pilihan objective “website conversion“.

Objective ini merupakan pilihan terbaik dari seluruh pilihan yang Facebook sediakan.

Baca juga: Objective Facebook Ads: Cara Memilih Tujuan Iklan yang Sesuai dengan Bisnis Kamu

13. Pantau dan Analisis Data CTR Iklan

Untuk meningkatkan CTR pada Facebook ads, kamu perlu melacak dan mengukur hasil kamu. kamu bisa menggunakan Ads Manager Facebook untuk melihat bagaimana kinerja iklan kamu dalam hal impresi, klik, CTR, biaya per klik, konversi, dan lainnya. 

kamu juga bisa menggunakan alat seperti Google Analytics atau Madgicx untuk mendapatkan lebih banyak wawasan tentang perilaku dan preferensi audiens kamu.

 Dengan menganalisis data CTR kamu, kamu bisa mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak, dan membuat keputusan berbasis data untuk mengoptimalkan kampanye kamu.

Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa meningkatkan CTR pada Facebook ads dan mendapatkan lebih banyak dari kampanye kamu.

Nah itu tadi ulasan lengkap dan cara meningkatkan CTR Facebook Ads. Jangan lupa ya lakuin apa yang disaranin tadi untuk bikin CTR Facebook Ads kamu meningkat dan bisnis kamu makin melesat!

Masih bingung soal iklan di Facebook Ads? Ingin naikin CTR iklan di Facebook Ads tapi minim edukasi? Tenang, ada Everpro Facebook Ads Account Support yang bisa bantuin kamu!

Benefit Everpro Facebook Ads Account Support

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis

Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung dengan Everpro Facebook Ads Account Support!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya