everpro

10+ Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar, Pasti Cuan!

Ada banyak ide bisnis online untuk pelajar, mau dapat penghasilan tambahan? Simak ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang menguntungkan.

Menjalankan bisnis online sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari muda hingga tua, ibu rumah tangga, pekerja, bahkan pelajar. 

Sebagai pelajar, anda mungkin ingin menambah uang jajan dengan mencari pekerjaan atau memulai bisnis. Tapi tak jarang yang merasa memulai bisnis adalah hal yang sulit karena keterbatasan modal.

Namun saat ini terdapat beberapa bisnis online yang bisa anda mulai walau tanpa modal. Tanpa modal disini maksudnya tidak perlu mengeluarkan biaya, namun anda perlu memiliki device yang terkoneksi dengan internet.

Sudah siap menambah uang saku dengan memulai bisnis online? Baca artikel mendapatkan ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini sampai selesai ya.

Baca juga: 25+ Ide Bisnis Online Terbaru dan Terbaik, Pasti Untung!

Ide Bisnis Online untuk Pelajar

ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar
Sumber: pexels.com

Untuk menjalankan bisnis online bagi pelajar dapat anda lakukan walaupun tanpa modal. Anda bisa memanfaatkan device seperti laptop, PC, smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Dengan begitu anda bisa menambah uang saku serta menggunakannya untuk keperluan lain. Berikut adalah beberapa ide bisnis online untuk pelajar tanpa modal:

  • Bisnis Online Tanpa Modal – Admin Media Sosial

Ide bisnis online untuk pelajar yang pertama adalah dengan menjadi admin media sosial. 

Peran admin media sosial dalam bisnis cukup penting mengingat sarana pemasaran hingga penjualan produk atau layanan sering menggunakan platform media sosial.

Tingginya pengguna media sosial menjadi alasan penting untuk bisnis memanfaatkannya, namun masih banyak yang belum bisa memaksimalkan penggunaan media sosial tersebut, sehingga banyak membutuhkan admin.

Maka dari itu anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi admin media sosial di suatu perusahaan atau brand. 

Tugasnya mencakup merancang konten dan menjadwalkan waktu tayang konten, membangun serta menjaga interaksi dengan followers, membalas pesan masuk, dan sebagainya.

  • Jualan Akun Premium Netflix dan Spotify

Netflix adalah sebuah aplikasi yang menyediakan beragam film dan tontonan dengan kualitas bagus. Sedangkan Spotify adalah platform untuk mendengarkan musik dengan daftar lagu yang lengkap. 

Sebagai media hiburan untuk menonton dan mendengarkan musik, kedua aplikasi ini memiliki banyak pengguna. Namun, untuk dapat menikmati kedua aplikasi tersebut secara penuh harus menggunakan akun premium yang berbayar. 

Maka dari itu banyak yang mencari penjual akun premium dengan harga lebih murah daripada harus membuat akun premium sendiri.

Anda bisa memanfaatkan kebutuhan yang banyak orang cari ini dengan menjual akun premium Netflix dan Spotify. 

  • Jual Pulsa Online

Ide selanjutnya yang dapat anda coba adalah dengan menjual pulsa online. Untuk menjual pulsa anda bisa bergabung dengan distributor dan memilih media untuk melakukan promosi.

Anda dapat memanfaatkan media sosial, menjual di marketplace, hingga menawarkannya ke teman sesama pelajar. 

Tak hanya pulsa, anda juga bisa menambahkan berbagai voucher game yang saat ini banyak dibutuhkan.

  • Jasa Penerjemah

Jika anda adalah mahasiswa jurusan bahasa atau memiliki kemampuan bahasa asing, anda bisa mengasah kemampuan dan mendapatkan penghasilan dengan membuka bisnis jasa terjemahan.

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan subtitle film, jurnal, serta dokumen lainnya.

Anda bisa bergabung dengan komunitas penulis serta bergabung di platform freelance yang telah banyak tersedia saat ini.

  • Penulis Konten

Jika anda memiliki kemampuan menulis atau hobi, bisa anda jadikan penghasilan yang menjanjikan dengan membuka jasa penulisan konten sebagai ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang lainnya.

Anda hanya perlu melakukan iklan atau promosi tentang jasa yang anda tawarkan melalui media sosial serta platform online lainnya.

Selain itu, manfaatkan juga website freelancer yang saat ini telah banyak menyediakan pekerjaan online seperti menulis konten.

Pastikan anda telah menyiapkan device seperti laptop atau PC juga jaringan internet agar mudah mendapatkan referensi terjemahan.

Daftar Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

bisnis online tanpa modal untuk pelajar
Sumber: pexels.com

Selain ide bisnis online untuk pelajar diatas, masih terdapat berbagai ide lainnya. Berikut adalah daftar bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang layak anda coba:

  • Bisnis Online Tanpa Modal – Dropshipper

Daftar yang pertama untuk memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar adalah dengan menjadi dropshipper. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, yang penting telah memiliki akun media sosial saja.

Saat ini platform marketplace juga banyak yang membutuhkan dropshipper. Maka anda bisa menggunakan peluang ini dengan menawarkan produk dari supplier kepada calon pelanggan.

Setelah mendapatkan pembeli anda bisa meneruskan ke penjual utama atau supplier yang akan mengirimkan produk langsung ke alamat pembeli. Kemudian anda akan mendapat komisi dari selisih harga jual produk di supplier dan yang anda tawarkan.

  • Pemasaran Afiliasi

Hampir mirip seperti dropshipper, anda hanya perlu menawarkan produk kepada calon pembeli saja. Namun sebagai affiliator, anda akan mendapatkan komisi dari pembeli yang menggunakan kode referral atau menggunakan link yang anda berikan.

Komisi akan anda dapatkan dari setiap transaksi melalui link atau kode referral anda. Untuk bisa menjadi affiliator, anda bisa bergabung dengan program afiliasi yang kini telah banyak dibutuhkan perusahaan.

Kemudian anda bisa menawarkan link atau kode referral tersebut melalui review produk di blog, media sosial, dan platform lainnya.

  • Survei Online

Dengan mengisi survei secara online anda bisa mendapatkan uang, lho! Ini adalah ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar selanjutnya yang layak anda coba.

Anda hanya perlu mencari situs survei online berbayar, kemudian melakukan registrasi dan mengisi survei yang telah ada.

Kumpulkan poin dari setiap survei yang anda isi. Setelah poin terkumpul, anda bisa menukarkannya dengan sejumlah uang.

  • Jasa Desain Grafis

Anda mahir membuat desain grafis? Manfaatkan hal tersebut untuk meraih penghasilan yang menguntungkan.

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk membuat poster, gambar konten, iklan, dan lainnya. 

Ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini bisa anda lakukan dengan bergabung di situs freelancer serta komunitas desain grafis yang ada di media sosial.

Harga dapat anda tentukan sendiri sesuai dengan tingkat kesulitan membuat desain. Anda juga bisa melakukan riset tarif harga di internet atau menanyakannya di komunitas desain grafis.

  • Jasa Fotografi

Hobi dan kemampuan yang anda miliki memang bisa menjadi ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang menguntungkan, salah satunya adalah dengan membuka jasa fotografi.

Hasil jepretan yang telah anda buat bisa menjadi cuan dengan menjualnya ke berbagai situs seperti Shutterstock, Pixabay, Adobe Stock, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan situs tersebut menggunakan mata uang Dollar Amerika Serikat. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu agar bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar kedepannya.

  • Video Editing

Apabila anda mahir dalam menggunakan software untuk edit video seperti Adobe Premiere, Vegas Pro, atau Filmora, maka bisa menjadi ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar selanjutnya.

Sekarang ini, banyak yang membutuhkan jasa edit video baik itu untuk perorangan maupun perusahaan. Keperluan edit video bisa dalam berbagai jenis seperti video pernikahan, video konten iklan, profil perusahaan, dan masih banyak lagi.

Kebutuhan jasa edit video ini semakin meningkat seiring perkembangan dunia digital. Anda bisa mendapatkan klien dari berbagai situs freelancer hingga media sosial.

  • Pembuatan Website

Apabila anda adalah seorang pelajar yang memiliki kemampuan dalam membuat website serta membutuhkan banyak pengalaman untuk portofolio, maka bisnis online jasa pembuatan website sangat cocok untuk anda.

Anda dapat bergabung dengan komunitas pembuat website serta melalui situs freelancer. Tak jarang calon klien akan meminta portofolio untuk melihat kemampuan anda.

Sebagai awal bisnis, anda bisa menyediakan jasa membuat website secara gratis, kemudian menggunakannya sebagai referensi klien berikutnya.

Baca juga: 10+ Peluang Bisnis Online Menjanjikan di Tahun 2023

Tips Sukses Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

tips sukses usaha
Sumber: pexels.com

Ada banyak ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang bisa anda coba. Perhatikan juga beberapa tips berikut ini agar bisnis online yang anda jalankan menjadi sukses.

  1. Mengetahui apa yang akan anda jual, dengan melihat kebutuhan pasar.
  2. Melakukan riset kompetitor untuk analisis kelebihan dan kekurangan, kemudian menciptakan unique selling point dari bisnis anda.
  3. Menentukan target pasar yang sesuai dengan jenis bisnis anda.
  4. Menentukan supplier yang terbaik.
  5. Memilih platform atau media yang tepat untuk bisnis online anda.
  6. Lakukan promosi baik itu melalui media sosial ataupun lainnya, dan pelajari digital marketing untuk mengoptimalkannya.
  7. Pertahankan pelanggan dengan menjaga kepuasannya serta menjalin hubungan baik.
  8. Melakukan evaluasi bisnis.
  9. Konsisten dengan bisnis yang anda jalankan.

Demikian penjelasan dari ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar serta tips suksesnya yang layak anda coba.

Jadi bagaimana ingin coba berbisnis online dengan memilih produk di Everpro Product Sourcing! Banyak loh berbagai kemudahan yang bisa di ambil,

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan