everpro

10+ Peluang Bisnis Online Menjanjikan di Tahun 2023

peluang bisnis online

Menjelang tahun 2023 banyak peluang bisnis online yang menjanjikan. Ingin raih keuntungan dari peluang bisnis online? Simak selengkapnya disini.

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini menjadi faktor utama banyaknya bisnis online bermunculan. Wajar saja, karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari menjalankan bisnis secara online.

Seperti misalnya, anda lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya promosi yang lebih rendah. Selain itu, sistem kerjanya pun lebih otomatis dan efisien.

Maka tak heran banyak bisnis konvensional yang merambah ke dunia online juga. Anda jangan mau ketinggalan untuk meraih penghasilan dengan memulai bisnis online.

Saat ini banyak peluang bisnis online dengan hasil yang menjanjikan untuk anda coba. Ingin tahu apa saja? Baca ulasan artikel ini sampai selesai ya!

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Online

peluang bisnis online
Sumber: pexels.com

Sebelum memulai bisnis tentu ada persiapan tertentu yang harus anda persiapkan. Dengan melakukan persiapan akan membantu anda saat menjalankan proses bisnis. 

Berikut beberapa persiapan yang perlu anda lakukan sebelum memulai bisnis online:

Baca juga: 25+ Ide Bisnis Online Terbaru dan Terbaik, Pasti Untung!

  • Mempersiapkan Modal

Hal pertama yang perlu anda persiapkan sebelum membuat suatu bisnis online adalah modal. Modal tentu dibutuhkan untuk mengurus keperluan bisnis dari peralatan, bahan baku, hingga biaya pemasaran.

Everpro

Selain modal terkait biaya anda juga perlu mempersiapkan modal terkait kemampuan teknik seperti mengelola bisnis, melakukan promosi, dan sebagainya. 

  • Mempersiapkan Mental

Tak hanya modal, untuk menjadi seorang pebisnis anda juga  perlu mempersiapkan mental. Membangun suatu usaha tentu akan ada risiko serta konsekuensinya.

Belum lagi kemungkinan bahwa bisnis tidak berjalan sesuai harapan. Jadi sebagai pebisnis anda perlu mempersiapkan risiko yang mungkin terjadi. Selain itu, anda juga perlu membuat rencana cadangan jika rencana utama tidak berjalan sesuai harapan.

  • Riset Kebutuhan Pasar

Hal penting yang harus anda lakukan adalah melakukan riset. Cari tahu mengenai apa yang pasar butuhkan saat ini. Dengan begitu, anda bisa membuat suatu bisnis yang dapat menjawab kebutuhan pasar.

  • Memilih Supplier

Setelah anda menentukan bisnis apa yang akan anda mulai, maka selanjutnya perlu menentukan supplier yang sesuai dengan budget serta modal anda.

Carilah supplier dari rekomendasi orang yang anda kenal baik agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  

  • Menentukan Nama Bisnis

Nama bisnis menjadi suatu citra atau identitas dari bisnis yang anda jalankan. Jadi penting untuk anda membuat nama bisnis yang mudah diingat serta menarik.

Dengan begitu, anda dapat melakukan branding agar banyak menarik minat calon konsumen.

  • Membuat Strategi Pemasaran

Menjalankan pemasaran merupakan hal yang penting untuk membantu bisnis yang anda jalankan mencapai target. Fokus utama dari pemasaran sendiri memang untuk meningkatkan penjualan, serta melihat kualitas produk anda.

Namun tak hanya itu, strategi pemasaran yang matang dan bagus juga akan meningkatkan brand awareness.

Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

peluang bisnis online
Sumber: pexels.com

Dengan mempersiapkan hal-hal sebelum memulai bisnis diatas, anda akan lebih siap saat akhirnya menemukan peluang bisnis online yang tepat.

Saat ini terdapat berbagai jenis bisnis online yang bisa anda coba. Begitupun dengan modalnya yang bervariasi tergantung dari jenis bisnis yang anda pilih. 

Berikut adalah beberapa peluang bisnis online yang menjanjikan dan layak anda coba:

  • Peluang Bisnis Online Program Afiliasi

Peluang bisnis online menjanjikan pertama yang bisa anda coba adalah dengan menjadi affiliator dari program afiliasi.

Dengan menjalankan bisnis ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Anda hanya perlu memiliki kemampuan persuasif untuk mengajak orang-orang membeli produk menggunakan link atau kode referral yang anda tawarkan.

Selanjutnya anda akan mendapat penghasilan berupa komisi dari produk atau layanan yang terjual melalui kode referral atau link yang anda tawarkan. 

Cara menawarkannya pun beragam, anda bisa membuat konten baik itu di blog atau media sosial lainnya dengan mencantumkan link atau kode referral dari produk atau layanan yang anda promosikan. 

Anda bisa memulainya dengan mendaftar ke affiliate network

  • Jasa Pembuatan Website

Selanjutnya anda juga bisa mencoba jasa pembuatan website yang memiliki prospek bagus. Karena semua bisnis membutuhkan website, mulai dari bisnis perorangan hingga corporate.

Sebagai permulaan menjalankan bisnis ini, anda bisa memberikan layanan gratis sehingga anda memiliki portofolio yang cukup. Harga pembuatan website sendiri beragam dari ratusan ribu hingga puluhan juta.

  • Jasa Penulisan dan Desain Grafis

Jika anda memiliki kemampuan seperti menulis atau membuat desain grafis maka anda dapat memanfaatkannya sebagai modal menjalankan bisnis online.

Anda bisa menawarkan jasa penulisan atau membuat desain grafis yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan. 

Manfaatkan berbagai situs freelance sebagai tahap awal mendapatkan klien. Beberapa situs freelance yang bisa anda coba yaitu seperti freelance.com, fiverr, dan masih banyak lagi.

  • Peluang Bisnis Online Menjadi Konsultan 

Apabila anda memiliki kemampuan atau ahli di suatu bidang dan telah memiliki jam terbang yang cukup tinggi, maka anda bisa memanfaatkan peluang bisnis online sebagai konsultan.

Ada banyak jenis konsultan yang banyak dibutuhkan mulai dari business consultant, konsultan SEO, Digital Marketing, dan lainnya.

Bisnis ini memberikan anda waktu kerja yang fleksibel, selain itu peluang penghasilan juga sangat menjanjikan. 

Untuk menjadi seorang konsultan selain kemampuan terkait bidang pekerjaan, anda juga perlu memiliki kemampuan komunikasi, analisis data, hingga customer service agar klien puas dengan jasa yang anda tawarkan. 

  • Pelatihan atau Les Online

Hampir sama dengan konsultan, anda juga dapat memanfaatkan kemampuan di bidang tertentu dengan memberikan jasa pelatihan atau les online. Jika konsultan biasanya memiliki jenis klien seperti perusahaan atau pebisnis.

Anda dapat membantu memberikan pelatihan dari nol untuk orang-orang yang ingin memulai suatu bidang yang telah anda kuasai. 

Sebagai contoh, jika anda telah lama menekuni digital marketing dan memiliki impact maka anda bisa membuat pelatihan digital marketing.

  • Peluang Bisnis Online Sebagai Dropshipper

Anda juga bisa memulai bisnis online tanpa modal dengan menjadi dropshipper. Cara menjalankan bisnis ini cukup sederhana karena anda tidak perlu mempersiapkan tempat serta stok barang.

Hal yang perlu anda lakukan adalah menjual dan menawarkan barang baik itu melalui marketplace atau cara lainnya, kemudian anda memesankan produk ke supplier untuk langsung dikirim ke alamat pelanggan.

Jadi anda akan mendapatkan penghasilan dari selisih antara penjualan dari produk yang anda jual dengan harga dari supplier.

  • Peluang Bisnis Online Menjadi Reseller

Mirip seperti dropshipper, anda tidak menjual atau memasarkan produk sendiri melainkan dari perusahaan tertentu. 

Namun sebagai reseller, anda perlu menyetok barangnya terlebih dahulu dan mengirimkan ke konsumen langsung oleh anda. Dengan begitu anda juga dapat memastikan kondisi barang sebelum mengirimkannya.

  • Menjual Makanan dan Minuman Online

Peluang bisnis online lainnya yang menjanjikan adalah dengan menjual makanan atau minuman. Anda bisa menjual makanan atau minuman tersebut melalui aplikasi pesan – antar makanan seperti GrabFood, ShopeeFood, hinggan GoFood.

Dengan begitu anda tidak perlu memiliki toko offline, dan bisa memulai usaha dari rumah saja. Jenis bisnis online ini selalu memiliki peluang karena makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok yang tentu banyak orang cari.

  • Peluang Bisnis Online Menjadi Blogger

Hobi dan kemampuan menulis bisa mendatangkan penghasilan yang menjanjikan jika anda tekuni. Salah satu caranya adalah dengan membuat blog.

Berbagai jenis topik dapat anda tulis, untuk memaksimalkan posisi artikel anda di Google optimalkan juga penggunaan SEO. kemudian anda bisa memasang AdSense agar mendapatkan penghasilan.

  • Menjual E-Book

Selain membuat blog hobi dan kemampuan menulis juga bisa anda tuangkan menjadi sebuat buku yang bisa anda jual secara online yaitu E-Book.

Kini menjadi penulis buku tidak harus pergi ke penerbit. Anda bisa membuat, menerbitkan, dan menjualnya sendiri dengan e-book.

Tak hanya buatan sendiri, anda juga bisa menjual e-book karya orang lain. Anda dapat menjualnya melalui ecommerce dan website sendiri.

  • Siaran Game

Anda hobi bermain game online? Ini juga bisa menjadi peluang bisnis online yang menjanjikan lho! Penghasilan yang anda dapatkan juga bisa hingga puluhan juta.

Langkah yang perlu anda lakukan adalah menguasai game yang anda mainkan. Selanjutnya anda juga perlu mempunyai game streamer untuk menjadi acuan.

Kemudian tentukan platform streaming, saat ini yang paling populer adalah melakukan game streaming di Youtube dan Facebook.

Baca juga: 8+ Lowongan Bisnis Online Terbaik, Bisa Kerja dari Rumah!

  • Content Creator

Peluang bisnis online di era digital yang layak anda coba adalah menjadi content creator. Penghasilan yang bisa anda dapatkan beragam hingga ratusan juta rupiah!

Tentunya anda perlu membuat konten menarik yang banyak peminatnya. Selain itu anda juga perlu melakukan branding agar orang mudah mengingat konten anda.

Untuk memulai bisnis ini anda perlu menentukan niche, memahami target audiens, serta konsisten dengan konten berkualitas yang anda buat.

Penghasilan bisa anda dapatkan dari viewers, subscribers/followers, hingga endorsement.

  • Publisher Iklan

Dengan menjadi publisher iklan anda bisa mendapatkan passive income serta membuat konten pada situs anda.

Kemudian anda dapat memasang kode iklan di situs, semakin banyak pengunjung yang melakukan klik iklan anda, maka akan semakin banyak juga penghasilan yang bisa anda dapatkan.

Demikian informasi mengenai peluang bisnis online yang menjanjikan dan patut anda coba agar di tahun 2023 lebih banyak cuan yang anda dapatkan.

Semoga penjelasan dan informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel dari Everpro lainnya yang pastinya informatif!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait