everpro

Kenali! Blogging Bisnis: Definisi, Pemilihan Topik dan Teknisnya

Pentingkah Blogging untuk Bisnis?  Dalam era digital seperti sekarang, bisnis memerlukan cara untuk menjangkau audiens secara online. Kali ini akan di jelaskan langkah-langkah penting dalam memulai blog bisnis yang sukses, termasuk cara memilih topik dan target audiens yang tepat, memilih platform blogging yang sesuai, mengoptimalkan konten blog, mempromosikan blog, dan menganalisis kinerja blog. Yuk simak info selengkapnya di sini.

Baca juga: Terbaik! 5 Jenis Analisis pada Digital Marketing

Apa itu Blogging?

blogging bisnis
Sumber: Google.com

Blogging adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis, membangun merek, meningkatkan visibilitas di mesin pencari, dan membentuk koneksi dengan pelanggan potensial.

Melalui blogging, bisnis dapat menyampaikan informasi berguna, memperkenalkan produk atau jasa mereka, dan membangun hubungan dengan audiens mereka. Blogging juga membantu bisnis untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas mereka di pasar.

Pemilihan Topik dan Target Audiens

Cara memilih topik yang relevan dengan bisnis Anda:

  • Perhatikan kategori bisnis yang Anda jalankan dan kembangkan topik yang relevan dengan bisnis Anda.
  • Tinjau kebutuhan dan keinginan audiens Anda untuk menentukan topik yang akan di minati.
  • Teliti topik yang sedang tren di bidang bisnis Anda dan buat konten yang relevan.
  • Lakukan riset keyword untuk menemukan topik yang dapat meningkatkan SEO bisnis Anda.

Menentukan target audiens untuk memaksimalkan pengaruh blog Anda:

  • Identifikasi siapa yang ingin Anda jangkau dengan blog Anda, seperti usia, gender, minat, dan preferensi mereka.
  • Pelajari kebiasaan dan gaya hidup audiens Anda untuk membuat konten yang menarik dan relevan.
  • Buat avatar atau gambaran ideal dari audiens Anda dan gunakan sebagai acuan saat membuat konten.
  • Lakukan riset pesaing Anda dan lihat siapa yang mereka targetkan dan bagaimana mereka menyampaikan pesan mereka kepada audiens mereka.
  • Teruslah memantau audiens Anda untuk memastikan bahwa blog Anda tetap relevan dan memberikan nilai tambah bagi mereka.

Begini Cara Pilih Platform Blogging yang Tepat

Terdapat beberapa platform blogging populer untuk bisnis, dan berikut adalah beberapa di antaranya beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing platform serta pertimbangan teknis yang perlu dipertimbangkan saat memilih platform:

WordPress.org

Kelebihan: WordPress.org memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol penuh atas situs web mereka, termasuk desain, fungsionalitas, dan hosting. Pengguna juga dapat menambahkan plug-in dan tema tambahan untuk meningkatkan fungsionalitas dan penampilan situs web mereka.

Kekurangan: Pengguna harus membeli hosting dan domain mereka sendiri, dan harus memahami dasar-dasar teknis seperti instalasi dan konfigurasi CMS (content management system).

Wix

Kelebihan: Wix menyediakan drag-and-drop interface yang mudah di gunakan dan pengguna dapat memilih dari berbagai template desain. Wix juga menyediakan hosting dan domain gratis, serta fitur seperti e-commerce dan SEO tools.

Kekurangan: Beberapa fitur dan fungsionalitas terbatas pada versi gratis, dan Wix memiliki kecenderungan untuk memperlambat kecepatan situs web.

Squarespace

Kelebihan: Squarespace menyediakan desain template yang modern dan profesional, serta fungsionalitas e-commerce yang kuat. Pengguna juga tidak perlu memiliki keahlian teknis dalam mengelola situs web mereka.

Kekurangan: Harga Squarespace lebih mahal daripada platform lain, dan pengguna terbatas pada pilihan template yang di sediakan.

Medium

Kelebihan: Medium merupakan platform blogging gratis yang mudah di gunakan, dengan fokus pada konten kualitas tinggi dan interaksi antar penulis dan pembaca. Medium juga memiliki audiens yang besar dan terus berkembang.

Kekurangan: Pengguna tidak memiliki kontrol penuh atas situs web mereka, dan fitur dan fungsionalitas terbatas pada platform Medium.

Baca juga: A/B Testing Adalah: Definisi, Tujuan, Contoh dan Tips Suksesnya, Pasti Sukses!

Pertimbangan Teknis Saat Memilih Platform

blogging bisnis
Sumber: Google.com

Berikut pertimbangan teknis saat memilih platform:

Kemampuan teknis

Pertimbangkan kemampuan teknis Anda dan tim Anda dalam mengelola situs web dan platform blogging.

Kebutuhan bisnis

Pastikan platform yang di pilih dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda, termasuk fungsionalitas e-commerce, SEO tools, dan integrasi dengan platform pemasaran digital lainnya.

Biaya

Pertimbangkan biaya hosting, domain, dan biaya platform blogging itu sendiri, dan pastikan sesuai dengan anggaran bisnis Anda.

Desain dan tampilan

Pastikan platform yang dipilih dapat menghasilkan desain dan tampilan yang sesuai dengan merek dan bisnis Anda.

Skalabilitas

Pertimbangkan apakah platform yang di pilih dapat di tingkatkan seiring pertumbuhan bisnis Anda dan mampu menangani volume pengunjung yang lebih besar.

Tak hanya tips di atas saja, agar bisa membuat blog yang berkualitas, namun perlu juga mengoptimalkan terlebih dahulu promosi blog dengan iklan yang di tayangkan.

Oleh karena itu melakukan optimasi iklan pada blog secara teratur  dan juga penting untuk senantiasa mengikuti tren dan iklan pun dapat berubah seiring waktu, sehingga blog akan semakin berkualitas dan terpantau sesuai dengan target dan kebutuhannya.

Dengan melakukan optimasi iklan secara terus-menerus, dapat memastikan kampanye pemasaran tetap efektif dan relevan seiring berjalannya waktu.

Yuk optimalkan performamu dengan iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama  Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Tunggu apalagi? Segera beralih ke layanan  Google Ads Account Support Everpro sekarang juga!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya