everpro

Buyer Persona: Penjelasan, Manfaat Bagi Bisnis dan Cara Membuatnya

Jika kamu memiliki bisnis, tentu kamu ingin mengetahui siapa pelanggan ideal, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana cara menarik minat mereka untuk produk yang kamu pasarkan. Nah, semua itu bisa kamu ketahui dengan membuat buyer persona.

Pada digital marketing, kita mungkin mengenal istilah satu ini. Istilah satu ini digunakan untuk mengetahui pelanggan kamu secara lebih detail dan spesifik. Namun, kenyataannya saat ini banyak yang belum mengerti cara membuatnya bahkan belum mendengar istilah ini sama sekali.

Pada artikel ini kami akan memberikan informasi lengkap seputar buyer persona. Mulai dari penjelasannya, manfaat bagi bisnis yang kamu jalani, sampai cara membuatnya. Simak terus pembahasannya sampai selesai ya!

Penjelasan Buyer Persona

buyer persona
Sumber: HubSpot

Apa itu buyer persona? secara umum buyer persona merupakan representasi gambaran dari pelanggan ideal kamu yang kamu buat berdasarkan data riil dan penelitian tentang karakteristik, perilaku, motivasi, dan tujuan pelanggan kamu. Buyer persona juga dikenal dengan customer persona.

Dengan membuat buyer persona dapat membantu kamu lebih memahami kebutuhan, preferensi, dan tantangan pelanggan kamu secara lebih mendalam. Dengan begitu kamu dapat menyesuaikan strategi pemasan, penjnualan, dan layanan kamu dengan lebih efektif.

Buyer persona umumnya memiliki informasi ini di dalamnya seperti berikut:

  • Nama, usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan lokasi pelanggan
  • Latar belakang, kepribadian, gaya hidup, dan nilai-nilai pelanggan
  • Kebutuhan, masalah, tujuan, dan harapan pelanggan terkait dengan produk atau layanan kamu
  • Sumber informasi, media sosial, dan saluran komunikasi yang digunakan pelanggan untuk mencari solusi
  • Kriteria keputusan pembelian, faktor pengaruh, dan hambatan yang dihadapi
  • Tingkat kesadaran, minat, pertimbangan, dan loyalitas pelanggan terhadap produk atau layanan kamu

Manfaat Buyer Persona Untuk Bisnis

buyer persona
Sumber: google.com

Berikutnya, kami akan membahas manfaat buyer persona untuk suatu bisnis. Setelah membahas penjelasan dari buyer persona, mari kita bahasa mengapa buyer persona penting bagi bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat dari buyer persona untuk bisnis:

  • Manfaat pertama yaitu bisa meningkatkan pemahaman kamu tentang pelanggan kamu dan apa yang mereka inginkan dari produk atau layanan kamu.
  • Selanjutnya memudahkan kamu untuk menentukan posisi pasar, pesan pemasaran, proposisi nilai, dan diferensiasi produk atau layanan kamu.
  • Membantu untuk merancang strategi pemasaran yang sesuai dengan tahapan perjalanan pembelia pelanggan kamu.
  • Memungkinkan untuk menyesuaikan penawaran produk atau layanan kamu dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan kamu.
  • Meningkatkan konversi, loyalitas, dan kepuasan pelanggan kamu.

Baca Juga: Cari Tahu! Buyer adalah Arti, Jenis dan Tanggung Jawabnya

Cara Membuat Buyer Persona

buyer persona
Sumber: unsplash.com

Nah setelah mengetahui pengertian dan manfaat customer persona bagi bisnis, mari kita bahas bagaimana cara membuatnya. Berikut adalah langkah-langkah membuat customer persona:

1. Melakukan Penelitian Tentang Pelanggan 

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat customer persona adalah dengan melakukan penelitian tentang pelanggan dari bisnis kamu. Kamu perlu mengumpulkan data yang relevan dan akurat tentang karakteristik, perilaku, motivasi, dan tujuan pelanggan kamu.

Kamu dapat memanfaatkan berbagai sumber seperti survei, wawancara, analisis website, media sosial atau CRM untuk mendapatkan data terkait pelanggan kamu.

2. Mengetahui Masalah yang Ada pada Pelanggan

Langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah mengetahui masalah pelanggan. Kamu dapat melakukan penelitian untuk mengetahui masalah tersebut melalui penelitian di media sosial dan juga melakukan penelitian langsung kepada konsumen.

Kamu juga dapat melakukan cara cara yang sama seperti langkah pertama ketika penelitian dengan menggunakan survei. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan orang terhadap produk dan layanan yang kamu berikan. Setelah mengetahui masalahnya, kamu bisa langsung mencari solusi atas hal itu.

3. Mengidentifikasi Tujuan Pelanggan

Langkah berikutnya untuk membuat customer persona adalah dengan melakukan pengidentifikasian terhadap tujuan dari pelanggan kamu. Apa yang dicapai pelanggan kamu dengan menggunakan produk atau layanan kamu? Apa yang mereka harapkan dari produk atau layanan kamu?

4. Ketahui Bagaimana Bisnis Kamu Menjadi Solusinya

Setelah mengetahui semua masalah dan tujuan dari pelanggan dari produk atau layanan yang kamu tawarkan. Berikutnya kamu bisa mencari cara untuk memberikan solusi dari masalah tersebu melalui produk atau layanan yang kamu berikan.

Ceritakan bagaimana produk kamu bisa mengatasi masalah dan dapat mencapai tujuan yang mereka inginkan. Dengan begitu, produk dan layanan dapat menjadi pilihan bagi pelanggan dan juga calon pelanggan.

5. Kategorikan Setiap Persona

Langkah terakhir dalam membuat customer persona adalah mengkategorikan setiap persona yang kamu buat. Setelah kamu memiliki setiap informasi yang cukup tentang setiap persona, kamu dapat mulai melakukan klasifikasinya.

Kamu dapat mengklasifikasikan persona berdasarkan demografi, psikografi atau perilaku mereka.Berikut adalah beberapa contoh informasi yang dapat kamu masukkan dalam buyer persona:

  • Demografi: Usia, jenis kelamin, lokasi, penghasilan, pendidikan, dan pekerjaan.
  • Psikografi: Minat, nilai, kepribadian, dan gaya hidup.
  • Perilaku: Perilaku berbelanja, penggunaan media sosial, dan interaksi dengan merek kamu.

Membuat buyer persona membutuhkan waktu dan usaha, tetapi ini adalah investasi yang berharga. Buyer persona dapat membantu kamu memahami pelanggan kamu dengan lebih baik, sehingga kamu dapat membuat produk, layanan, dan kampanye pemasaran yang lebih efektif.

Baca Juga : MOQ Adalah : Arti, Manfaat, dan Contohnya!

Contoh Buyer Persona

contoh customer persona
Sumber: google.com

Berikut adalah contoh buyer persona untuk bisnis online yang menjual pakaian wanita:

Nama: Ani

Usia: 25-34 tahun

Jenis kelamin: Perempuan

Lokasi: Jakarta, Indonesia

Pendapatan: Rp5 juta – Rp10 juta per bulan

Pendidikan: Sarjana

Pekerjaan: Karyawan swasta

Minat: Fashion, kecantikan, dan lifestyle

Nilai: Independen, percaya diri, dan stylish

Kepribadian: Optimis, ceria, dan aktif

Gaya hidup: Memiliki banyak teman dan aktif di media sosial

Perilaku: Sering berbelanja online, terutama untuk pakaian, aksesoris, dan kosmetik

Tantangan: Sulit menemukan pakaian yang sesuai dengan gaya dan kepribadiannya

Tujuan: Tampil stylish dan fashionable

Solusi: Bisnis online ini menyediakan berbagai macam pakaian wanita yang stylish dan fashionable, dengan harga yang terjangkau.

Dengan memahami buyer persona ini, bisnis online tersebut dapat membuat produk, layanan, dan kampanye pemasaran yang lebih efektif untuk menargetkan konsumen wanita berusia 25-34 tahun di Jakarta.

Berikut adalah beberapa contoh informasi lain yang dapat kamu masukkan dalam buyer persona:

  • Preferensi: Apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan kamu?
  • Kebiasaan: Bagaimana pelanggan kamu menghabiskan waktunya?
  • Pengaruh: Siapa yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan kamu?
  • Hambatan: Apa yang menghalangi pelanggan kamu untuk membeli produk atau layanan kamu?
  • Perilaku pembelian: Bagaimana pelanggan kamu menemukan produk atau layanan Anda? Apa yang mendorong mereka untuk membeli?

Dengan memasukkan informasi yang lebih detail, kamu dapat membuat customer persona yang lebih akurat dan bermanfaat.

Demikianlah informasi buyer persona yang bisa kamu terapkan pada bisnis kamu. Dengan melakukan analisis buyer persona dapat membantu kamu untuk mengembangkan strategi dan pengelolaan yang lebih baik untuk mencapai target usaha.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk membangun bisnis kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Nah, biar usaha kamu makin berkembang coba pakai Everpro Marketplace Enabler aja! Everpro Marketplace bisa bantuin bisnis kamu agar mencapai target penjualan!

Emang Everpro Marketplace Enabler bisa kasih apa aja sih?

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Toko Gampang Dicari Pembeli
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Ayo gabung Everpro Marketplace Enabler sekarang!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman