everpro

Inilah Cara Banjir Orderan di Marketplace Facebook, Pasti Laris!

Mencari cari tahu cara banjir orderan di marketplace facebook tidaklah sulit, mungkin inilah saatnya mencari berbagai referensi untuk bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, yuk simak selengkapnya disini.

Baca juga: Tak Perlu Risau! Kini Ada 5 Cara Mudah Meningkatkan Orderan Marketplace 

Apa itu Marketplace Facebook?

cara banjir orderan di marketplace facebook
Sumber: Pinterest.com

Menurut Ad Espresso, Marketplace Facebook adalah fitur yang merupakan toko yang menghubungkan pengguna langsung ke produk yang ingin mereka beli atau jual. Bisa dikatakan platform ini merupakan social e-commerce dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi layaknya menggunakan media sosial.

Namun, Facebook tidak mendorong acara penjualan. Sebaliknya, mereka menawarkan kepada pengguna cara untuk mengiklankan produk mereka tanpa terlibat dalam proses penetapan harga dan pengiriman antara pembeli dan penjual. Platform ini memungkinkan kamu melakukan beberapa hal yang tidak dapat mereka lakukan di toko online lainnya. Contohnya termasuk tampilan berbagai produk ritel seperti kendaraan dan rumah.

Selain itu, kamu juga dapat mengiklankan produk di pasar untuk menjual lebih banyak produk dan menampilkan produk baru atau bekas dari toko halaman Facebook secara gratis. Facebook Marketplace hanya tersedia untuk pengguna berusia di atas 18 tahun. Mereka adalah kelompok usia yang dapat menggunakan fitur ini di perangkat mereka. Platform ini juga terbuka untuk perusahaan otomotif, perumahan, dan fashion.

Bagaimana Cara Membuat Marketplace Facebook?

Bagi kamu yang sudah memiliki facebook, akan sangat mudah bagimu untuk membuat marketplace. Namun jika belum memiliki facebook, jangan khawatir, disini akan di jelaskan caranya, yuk simak di bawah ini:

Cara Membuat Facebook

Berikut cara membuat facebook yaitu:

  1. Download Aplikasi Facebook di Playstore, atau buka website lalu buka web www.facebook.com.
  2. Kemudian pilih “daftar” atau “create new account”.
  3. Lalu isi biodata dan setelah selesai diisi pilih “Sign Up”.
  4. Setelah itu utuk menyelesaikan pembuatan akun, kamu harus mengonfirmasi email atau nomor ponsel Anda.
  5. Setelah berhasil dikonfirmasi pada email maka kamu akan masuk ke halaman facebook.
  6. Facebook siap di gunakan.

Membuat Marketplace Facebook

Berikut cara membuat marketplace di Fcaebook:

  1. Log in pada akun facebook
  2. Kemudian carilah icon yang bentuknya seperti ruko toko icon marketplace pada sisi halaman di bagian.
  3. Setelah itu pilih “Jual Produk”.
  4. Kemudian akan muncul jenis proposal, jika produk yang dijual bukan kendaraan, rumah atau tempat kerja, pilih kategori Penjualan.
  5. Lalu klik tombol tambah foto untuk mengunggah gambar produk dari komputer atau galeri ponsel Anda. Isi deskripsi produk mulai dari nama, harga, ukuran, kondisi produk, lokasi, dll. Ada kolom “Pratinjau” di sebelah kanan deskripsi untuk memastikan informasi produk lengkap sebelum dikirim.
  6. Selain itu platform ini juga bisa menawarkan produk di grup atau komunitas tempat tinggal Anda. Misalnya jual beli warga Bekasi, jual beli Cikarang, jual beli Tambun dan sekitarnya. Ini membuat produk terlihat oleh lebih banyak orang.
  7. Jika sudah, klik Terbitkan untuk menerbitkan produk.
  8. Setelah produk dikirim ke Marketplace, tinggal menunggu calon pembeli yang berminat. Biasanya, notifikasi atau popup Messenger muncul di bagian bawah halaman muka Facebook. Pembeli menanyakan ketersediaan produk dan cara pembayaran.
  9. Kamu juga dapat bertukar nomor WhatsApp sebelum menerima transaksi untuk menghindari penipuan. Obrolan Marketplace di Facebook
  10. Setelah item terjual habis, kamu dapat menghapusnya dari Marketplace. Klik tombol Mark Out of Stock, lalu pilih deskripsi produk yang out of stock, dan klik Next. Item Anda akan dihapus secara otomatis dan Facebook tidak akan terlihat lagi.

Trik Mendapatkan Cara Jualan Online agar Banjir Orderan

cara banjir orderan di marketplace facebook
Sumber: Pinterest.com

Ada banyak platform untuk berbisnis online. Mulai dari aplikasi chat, media sosial, website hingga marketplace. Setiap platform penjualan online pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa pun saluran penjualan yang Anda gunakan, pastikan untuk menggunakan metode banjir pesanan berikut untuk memaksimalkan keuntungan bisnis online Anda!

1. Identifikasi Tren Pasar

Cara membanjiri pesanan saat baru pertama kali memiliki bisnis online yaitu mengetahui tren pasar saat ini. Mengetahui tren pasar saat ini memudahkan untuk menemukan produk yang diminati banyak orang. Dengan cara ini Anda dapat menawarkan produk yang banyak diminati. Produk trendi seperti itu biasanya lebih mudah dipasarkan. Jadi pintar-pintarlah saat menyimpan produk. Jangan sampai ketinggalan karena produk trendi ini sudah tidak laku lagi di pasaran.

2. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar dilakukan untuk mengetahui produk apa saja yang banyak diminati. Selain itu, riset pasar juga dapat membantu Anda menentukan harga jual produk. Faktanya, riset pasar juga cukup ampuh untuk membantu menganalisis pesaing yang beroperasi di industri yang sama. Riset pasar membantu untuk mengetahui kondisi riil industri.

3. Buat Toko Online yang Menarik

Cara selanjutnya untuk membanjiri bisnis online Anda dengan pesanan yang diminta adalah dengan membuat toko online yang menarik. Jadi, Anda perlu membuat deskripsi toko online yang profesional. Dengan tampilan visual yang menarik, pelanggan dapat percaya diri dalam melakukan pembelian. Selain itu, toko online dengan desain yang khas juga dapat memudahkan pelanggan untuk membedakan dirinya dengan kompetitor.

4. Perhatikan Kualitas Foto Cara Membanjiri Toko Online dengan Pesanan

Karena bisnis Anda online, kualitas foto Anda adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan. Tunjukkan semua bagian produk sejelas mungkin. Dengan demikian, calon pelanggan mendapatkan gambaran yang cukup sebelum melakukan pemesanan. Jika perlu, tambahkan gambar tentang penggunaan dan penyimpanan produk. Sehingga gambar produk yang ditampilkan tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga dapat mengedukasi pelanggan.

5. Tambahkan Deskripsi Produk

Jika Anda ingin kebanjiran pesanan pelanggan, Anda perlu menambahkan deskripsi produk pada toko online Anda selain gambar produk. Deskripsi produk ini biasanya berisi informasi penting tentang produk yang Anda jual. Mulai dari nama produk, nama produk, manfaat yang ditawarkan, informasi warna dan ukuran serta cara penyimpanan.

6. Gunakan Media Sosial

Cara lain untuk membanjiri permintaan pesanan saat berbelanja online adalah dengan memanfaatkan media sosial.  Hal ini membuat lebih mudah untuk bertemu pelanggan potensial. Kelola media sosial bisnis ini secara profesional untuk mendapatkan lebih banyak kepercayaan pelanggan. Unggah konten pemasaran yang menarik untuk membuat pelanggan Anda merasa yakin untuk membeli. Jangan lupa sertakan link atau tautan toko online Anda untuk memudahkan audiens Anda berbelanja.

Baca juga: Praktis! Inilah Cara Pasang Iklan di Marketplace Facebook Gratis

7. Penjualan di Situs Web

Salah satu platform penjualan online yang bisa Anda gunakan adalah website. Berjualan melalui toko online dinilai lebih efisien karena persaingannya lebih sedikit. Ini karena sebagian besar audiens yang mengunjungi toko online Anda adalah pelanggan yang sudah tertarik dengan produk atau layanan Anda. Buat toko online dengan user interface (UI) yang tepat agar pelanggan dapat menikmati pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Selain untuk berjualan di toko online, marketplace juga bisa digunakan untuk membuat toko online. Di Indonesia sendiri, sudah banyak pasar tempat Anda bisa berjualan secara online.

Demikian info sekilas mengenai cara banjir orderan di marketplace facebook. Nikmati juga berbagai kemudahan beriklan agar sustainable dan semakin optimal dengan layanan Facebook ads Support, inilah benefit yang Anda dapatkan:

  • Edukasi Facebook ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

Ayo daftarkan usahamu melalui Layanan Everpro dengan bantuanFacebook ads Account Support, nikmati kemudahannya sekarang juga!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya