everpro

Cara Jual di Marketplace FB, Ini Tips untuk Perbanyak Cuan!

Ingin dapat untung dengan cara jualan di Facebook Marketplace? Simak artikel cara jual di marketplace FB berikut ini agar dagangan anda laku dan untung.

Keuntungan jualan online sudah tidak diragukan lagi, banyak pengusaha yang sudah beralih ke platform online untuk menjual produknya. Selain karena dapat menjangkau pasar lebih luas, cara kerja transaksinya pun efisien.

Facebook menjadi salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berjualan. Penggunanya yang banyak menjadi salah satu alasannya.

Dalam Facebook tersedia fitur marketplace untuk memudahkan penjual dalam memasarkan produknya. Apakah anda ingin mencoba menjual melalui marketplace FB?

Simak penjelasan mengenai cara jual di marketplace FB berikut ini, agar produk yang anda jual laku dan untung.

Apa Itu Marketplace Facebook?

cara jual di marketplace fb
Sumber: google.com

Facebook Marketplace adalah fitur dari Facebook yang merupakan tempat pengguna untuk menjual, menemukan, dan membeli produk. Melalui fitur ini, penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi secara online.

Sebagai salah satu fitur, maka marketplace tidak terpisah dari aplikasi Facebook. Anda bisa mengakses melalui device apapun yang terhubung dengan internet seperti smartphone dan PC.

Jika anda menggunakan smartphone berbasis iOS, anda dapat menemukan fitur ini di bagian bawah dalam Facebook app. Apabila menggunakan Android, biasanya ada di bagian atas, sedangkan desktop ikon fitur ini tampil di sidebar sebelah kiri dari Facebook.

Dalam menjalankan marketplace FB, terdapat aturan-aturan tertentu untuk penjual. Salah satunya adalah jenis produk yang tidak boleh dijual.

Cara jualan di marketplace FB adalah dengan tidak menjual produk pada daftar berikut ini:

  • Barang fiktif, yaitu barang yang tidak memiliki bentuk fisik.
  • Tiket acara, Facebook melarang pengguna menjual tiket acara kecuali sudah mendapat izin dari pihak Facebook.
  • Hewan, pengguna tidak boleh menjual atau membeli hewan melalui fitur ini.
  • Alat kesehatan, segala benda terkait kesehatan tidak boleh dijual melalui fitur Facebook marketplace ini.
  • Produk yang tidak sesuai gambar, penjual harus menjual produk sesuai dengan apa yang telah dicantumkan pada gambar tampilan. Hal ini untuk menjaga kepercayaan pengguna fitur marketplace Facebook.

Manfaat Jualan di Marketplace FB

cara jual di marketplace fb
Sumber: google.com

Fitur marketplace di Facebook menjadi salah satu media untuk berjualan secara online. Sama seperti manfaat marketplace pada umumnya, penjual dapat memasarkan produknya dengan jangkauan yang lebih luas.

Berikut beberapa manfaat lain dari cara jual di marketplace FB:

  • Menjadi media yang efektif untuk meningkatkan brand awareness.
  • Dapat langsung terhubung dengan calon pembeli potensial.
  • Dapat menjual tanpa mengeluarkan biaya.
  • Menjadi salah satu media untuk memperbanyak pemasaran.
  • Dapat listring harga dan produk dengan mudah apapun jenis device yang digunakan.

Baca juga: Ini Dia, Cara Jualan Online Laris di Facebook dengan Mudah!

Cara Jualan di Marketplace FB

cara jual di marketplace fb
Sumber: pexels.com

Setelah mempelajari apa itu marketplace FB dan manfaat penggunaannya, anda bisa memulai berjualan melalui fitur ini. Cara jualan di FB marketplace pun sangat mudah, yang penting anda sudah memiliki akun Facebook terlebih dahulu.

Melansir dari Help Center Facebook, berikut langkah-langkah menjual produk di Facebook Marketplace:

  • Login ke akun Facebook anda.
  • Masuk ke menu Marketplace, yang berada di sidebar sebelah kiri layar Facebook pada desktop anda.
  • Klik Selling atau “+Jual Sesuatu”.
  • Lalu klik Create New Listing dan pilih kategori produk anda (item, kendaraan, atau rumah), masukkan judul, harga, dan lokasi penjualan produk anda. Tambahkan juga deskripsi produk untuk memudahkan pembeli mendapatkan informasi terkait.
  • Anda juga bisa menambahkan informasi tambahan seperti: tags dan ketersediaan produk.
  • Pilih cara menyelesaikan transaksi, terdapat pilihan : Public Meetup, Door Pickup, atau Door Drop Off.
  • Tambahkan foto produk dengan cara klik Add Photos atau drag langsung foto produk anda ke kolom tersebut. Anda bisa menambahkan hingga 10 foto produk.
  • Setelah itu klik Publish untuk menerbitkan produk jualan anda.

Baca juga: Gunakan 4 Fitur Terbaik Ini, Untuk Cara Jualan di Facebook

Tips Cara Jual di Marketplace FB

cara jual di marketplace fb
Sumber: pexels.com

Bagaimana mudah bukan untuk menjual produk melalui fitur Facebook Marketplace? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda juga perlu mengoptimalkan cara jualan di marketplace FB.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan penjualan dan terus mendapat cuan:

  • Memberikan Informasi Lengkap Terkait Produk

Berikan deskripsi dengan rinci terkait produk yang anda jual. Dengan begitu, calon konsumen dapat lebih mudah mengetahui informasi produk dan tidak banyak bertanya melalui chat

Tuliskan spesifikasi dan kondisi produk, anda juga bisa menambahkan fungsi dan keuntungan dari produk tersebut. Untuk memudahkan produk anda tampil di hasil pencarian calon konsumen potensial, berikan kata kunci pada kolom deskripsi terkait produk. 

Misalnya produk yang anda jual adalah cardigan, anda bisa menambahkan kata kunci “Cardigan OOTD”, “Cardigan Outer”, atau “Cardigan Kekinian”. 

  • Menampilkan Foto Produk yang Menarik dan Orisinil

Pastikan anda mengunggah foto produk anda yang asli, bukan gambar dari penjual lain kecuali telah mendapatkan izin. Gunakan foto yang jelas dan memiliki resolusi yang bagus.

Anda juga bisa mempelajari teknik fotografi dan edit agar foto produk lebih menarik. Karena foto menjadi hal yang paling pertama dilihat, maka berikanlah visual yang menarik agar calon pembeli terpikat.

  • Menggunakan Teknik Copywriting

Selain visual yang menarik anda juga bisa memanfaatkan teknik penulisan atau copywriting agar calon pembeli yang melihat produk anda terpikat dengan produk yang anda jual.

Anda bisa mempelajari teknik penulisan dengan formula AIDA, yaitu: Attention, Interest, Desire, dan Action.

  • Rutin Posting di Facebook

Agar produk yang anda jual tampil di bagian atas dan menjadi rekomendasi di market place FB, anda harus rutin melakukan posting. Setidaknya 5 kali dalam sehari posting di halaman Facebook anda.

Lakukan dengan rutin agar memudahkan produk anda tampil ke calon konsumen potensial. 

  • Konsisten Jual di Markeplace FB

Hal penting yang harus anda lakukan dalam menjalankan usaha adalah konsisten. Mungkin pada awal berjualan di marketplace Facebook anda tidak langsung mendapatkan pembeli.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena ini merupakan hal yang wajar. Dengan rutin melakukan posting dan menerapkan tips dari poin-poin sebelumnya anda bisa mendapatkan hasil yang optimal. Cara jual di marketplace FB, kuncinya adalah konsisten.

  • Responsif Saat Membalas Chat 

Faktanya, lebih dari 90% calon pembeli yang minat dengan produk anda akan menghubungi melalui Inbox atau Facebook Messenger. Anda perlu memanfaatkan situasi ini dengan mengoptimalkan pelayanan konsumen.

Caranya yaitu dengan menjawab pertanyaan secara responsif dan ramah. Karena calon pembeli tentu lebih menyukai penjual yang ramah daripada ketus, sehingga mereka merasa lebih nyaman dalam berkomunikasi.

Anda juga sebaiknya tidak pilih-pilih menjawab pertanyaan yang datang, karena semuanya bisa berpotensi menjadi pembeli. Anda bisa menambahkan nomor ponsel di kolom keterangan produk untuk memudahkan konsumen langsung menghubungi anda.

  • Pasang Facebook Ads

Cara jual di marketplace FB agar mudah mendapatkan cuan adalah dengan memasang iklan berbayar di Facebook Ads. Dengan begitu, anda bisa mempromosikan produk ke konsumen potensial.

Pasalnya, dengan memasang iklan berbayar bisnis dan produk atau layanan anda lebih mudah diketahui, sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Nah, kalau ingin membuat iklan Facebook yang optimal, bisa menggunakan layanan Facebook Ads Support dari Everpro.

Dengan menggunakan layanan ini, beriklan sebagai cara jualan di marketplace FB menjadi lebih mudah dengan hasil yang maksimal. Anda juga bisa mendapatkan berbagai  manfaat berikut ini:

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo tingkatkan penjualan Anda bersama Facebook Ads Support Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti