Ini Dia, Cara Jualan Online Laris di Facebook dengan Mudah!

cara jualan online laris di facebook

Ingin tahu cara jualan di Facebook bagi pemula biar dapat untung? Simak penjelasan tentang cara jualan online laris di Facebook berikut ini. 

Perkembangan dunia digital memberi dampak dalam aktivitas ekonomi, salah satunya yaitu kegiatan berjualan online terus meningkat. Faktornya adalah kemudahan dalam mempraktekannya, selain itu keuntungan dari berjualan online juga sudah terbukti terutama untuk yang bersungguh-sungguh menjalankannya.

Jadi tidak heran banyak yang semakin tertarik memulai usaha online. Banyak media yang bisa anda manfaatkan untuk mulai berjualan online, salah satunya adalah Facebook.

Pengguna Facebook di Indonesia tercatat mencapai 129,85 juta per Januari 2022. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai pengguna Facebook terbesar ketiga di dunia.

Bayangkan besarnya peluang yang bisa anda dapatkan dengan berjualan di media sosial tersebut. Apakah anda tertarik untuk memulainya?

Baca sampai tuntas penjelasan mengenai cara jualan online laris di Facebook untuk mulai raih keuntungan.

Cara Jualan Online di Facebook

cara jualan online laris di facebook
Sumber: pexels.com

Sebagai salah satu media sosial terbesar di dunia, yaitu Facebook kian meningkatkan inovasi dan fitur-fitur untuk memberikan kenyamanan penggunanya. Termasuk kepada pengguna yang memanfaatkan platform ini untuk berjualan.

Terdapat beberapa fitur yang bisa anda manfaatkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan dapat meningkatkan penjualan anda. Diantaranya adalah Grup Facebook, Facebook Ads, Facebook Marketplace, dan masih banyak lagi.

Berikut cara jualan online di Facebook untuk anda:

Everpro
  • Membuat Akun Facebook

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memiliki akun Facebook. Jika anda sudah memilikinya, silahkan langsung ikuti langkah kedua. 

Namun jika anda belum membuat akun Facebook, berikut caranya:

  1. Buka aplikasi atau website resmi Facebook.
  2. Klik Create New Account atau Buat Akun Baru.
  3. Lalu masukkan nama, alamat email, nomor telepon, password, tanggal lahir, dan jenis kelamin.
  4. Kemudian klik Sign Up atau Daftar.
  5. Untuk menyelesaikan proses membuat akun, konfirmasi melalui pesan yang dikirim ke email atau nomor telepon yang anda daftarkan.
  6. Anda telah sukses membuat akun Facebook.
  • Mengunggah Produk di Facebook Marketplace

Setelah proses pembuatan akun selesai, anda bisa mulai berjualan dengan mengunggah produk yang akan anda jual melalui fitur Marketplace. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke profil akun Facebook anda.
  2. Kemudian pilih menu berupa enam titik berbentuk kotak di kanan atas Facebook anda.
  3. Pilih menu Marketplace.
  4. Kemudian klik Selling.
  5. Pilih kategori produk yang akan anda jual, isi informasi mengenai nama produk di title, harga, kategori, kondisi, dan deskripsi barang.
  6. Terdapat informasi tambahan yang bisa anda isi juga seperti: ketersediaan, dan tags produk.
  7. Pilih cara bertemu dengan pembeli, apakah Public meetup, Door pickup, atau Door dropoff.
  8. Tambahkan foto produk yang anda jual.
  9. Klik Publish untuk mulai menerbitkan produk jualan anda di Marketplace Facebook.
  • Mulai Berjualan

Apabila anda sudah mengunggah produk jualan anda di fitur Marketplace, maka anda sudah resmi mulai berjualan di Facebook. Anda bisa memanfaatkan jual beli melalui Group. Bergabunglah dengan grup sesuai tipe produk yang anda jual untuk mendapatkan target konsumen potensial.

Pelajari lebih lanjut agar produk yang anda jual laris manis. Simak penjelasan selanjutnya untuk mendapat tips agar jualan online anda laris.

Baca juga: Gunakan 4 Fitur Terbaik Ini, Untuk Cara Jualan di Facebook

Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula

cara jualan online laris di facebook
Sumber: pexels.com

Memulai berjualan terkadang bukan hal yang mudah bagi sebagian orang, apalagi untuk yang masih awam. Namun berjualan di Facebook memiliki keuntungan tersendiri.

Karena cara berjualannya secara online, anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk mulai berjualan khususnya untuk anda yang masih pemula. Jadi tidak perlu khawatir akan rugi besar jika tidak balik modal.

Sebagai pemula anda bisa mengikuti langkah-langkah di poin sebelumnya untuk mulai berjualan di Facebook. Pastikan anda sudah membuat akunnya terlebih dahulu ya.

Cara jualan online di Facebook bagi pemula sangat mudah, karena anda hanya perlu memposting produk yang akan dijual. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengikuti langkah-langkah posting produk yang akan anda jual berikut ini:

  • Klik Groups yang berada pada menu sebelah kiri di beranda, atau kanan atas Facebook. 
  • Pilih Grup Jual Beli yang akan anda promosikan produk untuk dijual. Setelah masuk kedalam grup, klik ‘Jual Sesuatu’.
  • Tulis deskripsi mengenai produk yang anda jual dan klik ‘Berikutnya’.
  • Pilihlah audiens yang anda inginkan untuk melihat produk jualan yang anda promosikan. Sebaiknya anda memposting lebih dari satu grup untuk meningkatkan peluang penjualan.
  • Anda juga bisa saja berjualan dengan memposting di halaman sendiri, namun anda tidak akan melihat pilihan untuk mempromosikan melalui fitur Marketplace.
  • Untuk menjual dengan mengunggah produk di fitur Marketplace, anda bisa mengikuti cara sebelumnya.

Baca juga: Singkat Tapi Menarik! Contoh Caption Jualan Baju di Instagram

Tips Cara Jualan Online Laris di Facebook

cara jualan online laris di facebook
Sumber: pexels.com

Jualan di Facebook memang mudah, karena anda hanya perlu mengunggah foto produk dan mulai menjualnya. Tapi untuk membuat produk anda laris ada tips yang harus anda ikuti.

Dengan begitu anda dapat meningkatkan potensi penjualan dan meraih keuntungan. Berikut cara jualan online di Facebook supaya laris:

  • Membuat Akun Bisnis

Dengan membuat akun bisnis, maka toko anda akan terlihat lebih profesional daripada hanya menjual dengan mengunggah di halaman akun pribadi. Dengan begini, calon pembeli akan merasa akun anda lebih dapat dipercaya.

  • Menggunakan Fitur Marketplace

Salah satu fitur yang bisa anda manfaatkan untuk jualan online di Facebook adalah fitur Marketplace. Dengan mengunggah produk melalui fitur ini, produk yang anda tawarkan ke calon pembeli menjadi lebih efektif.

Penggunaannya pun mudah dan anda bisa memberikan informasi lengkap mengenai produk hingga metode transaksi. 

  • Memanfaatkan Grup Jual Beli di Facebook

Anda juga bisa mengikuti grup jual-beli yang ada di Facebook. Pilihlah grup yang serupa dengan jenis produk yang anda jual. Misalnya, anda menjual makanan ringan, maka pilih grup jual beli makanan ringan untuk bergabung.

Dengan menjual melalui Grup anda menawarkan produk ke calon konsumen potensial yang tentunya akan memberikan peluang besar dalam meningkatkan penjualan.

  • Menggunakan Foto Orisinil dan Menarik

Hal penting yang harus anda perhatikan dalam menjual produk secara online adalah visualisasi produk tersebut. Gunakan foto produk yang memiliki kualitas bagus, terlebih gunakan foto yang nyata bukan hasil mengambil foto produk orang lain karena ini sangat tidak disarankan.

Untuk membuatnya lebih menarik anda juga bisa mengeditnya terlebih dahulu, karena saat ini sudah banyak tools editing baik online maupun aplikasi.

  • Memberikan Respon yang Baik 

Ketika ada calon pembeli yang menanyakan terkait produk yang anda jual, responlah dengan baik. Begitupun kepada pembeli yang memberikan keluhan.

Kualitas pelayanan juga menjadi penentu keberhasilan usaha anda. Dengan memberikan pelayanan yang baik, akan memberi kenyamanan pada pelanggan/calon sehingga mereka tidak ragu untuk membeli produk dari toko anda.

  • Menggunakan Teknik Copywriting

Bukan hanya visual yang menarik, dengan teknik penulisan anda juga bisa membuat calon pembeli melirik produk anda. Caranya adalah dengan menggunakan teknik copywriting. 

Anda dapat membuat tulisan menarik dengan menggunakan teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action). Rangkailah kata-kata menggunakan teknik penulisan tersebut, agar target audiens yang melihat menjadi tertarik, penasaran, dan tentunya membeli produk anda.

  • Menambahkan Teman yang Berpotensi menjadi Target

Cara lain untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menambahkan teman yang berpotensi menjadi pembeli. Untuk cara mengetahuinya, anda bisa menambahkan teman dari grup yang anda ikuti, karena tentu mereka memiliki ketertarikan serupa dengan produk yang anda jual.

  • Melakukan Evaluasi

Dalam segala kegiatan bisnis, evaluasi sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan mengevaluasi, anda bisa melihat kinerja pemasaran dan penjualan yang telah dilakukan.

Hal tersebut dapat menjadi informasi dasar untuk memulai strategi kedepannya. Dengan begitu anda dapat mengoptimalkan cara jualan online anda di Facebook.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara jualan online laris di Facebook yang bisa anda ikuti untuk meraih keuntungan berlimpah.

Semoga artikel ini bermanfaat. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?