5 Cara Kelola Pesanan Dalam Jumlah Banyak dengan Mudah!

Kesulitan saat pesanan datang jumlah yang banyak? Jangan khawatir! Simak artikel ini untuk mengetahui 5 cara kelola pesanan dalam jumlah banyak dengan mudah! 

Dalam berbisnis ada kalanya menghadapi berbagai tantangan dan masalah yang datang. Apalagi saat bisnis sedang berkembang dan banyak pesanan, pasti para pebisnis mengalami rasa kewalahan untuk mengelola pesanan.

Pesanan masuk yang banyak pasti membuat para pebisnis kesulitan untuk mengelola semuanya agar bisnis tetap berjalan semestinya. Apalagi jika semua hal yang dilakukan untuk mengelola pesanan dilakukan dengan cara manual.

Cara manual ini kadang yang membuat bisnis mengalami kesulitan dan masalah. Mulai dari kesulitan melacak status pesanan, pencatatan stok yang kurang baik hingga risiko terjadinya kesalahan pengiriman dan cetak resi.

Nah, jika kamu mengalami hal yang demikian pada bisnis yang kamu jalani, jangan khawatir karena masih banyak orang yang mengalami hal yang sama denganmu. 

Di era teknologi yang berkembang sangat pesat ini kamu bisa menggunakan fitur yang dapat membantu kamu untuk mengelola pesanan dengan lebih cepat dan efektif tanpa perlu takut ada kesalahan.

Penasaran dengan fitur tersebut yang bisa membantu memudahkan proses pengelolaan pesanan? Simak penjelasan cara kelola pesanan dalam jumlah banyak selengkapnya di bawah ini!

Cara Kelola Pesanan Dalam Jumlah Banyak dengan Mudah & Efektif

cara kelola pesanan dalam jumlah banyak
Sumber: pexels.com

Untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada bisnis seperti yang sudah bahas sebelumnya, berikut 5 cara kelola pesanan dalam jumlah banyak yang mudah dan efektif untuk bisnis:

1. Awasi Persediaan Barang

Stok barang merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis apapun. Nah, biar kamu gak merasa kesulitan ketika banyak pesanan masuk ada baiknya untuk memperhatikan persediaan atau stok barang.

Pasalnya jika stok tidak terkelola dengan baik, kamu akan mengalami masalah lainnya seperti pesanan jadi tertunda atau bahkan jadi gagal terkirim. Ini bisa menyebabkan review kepada bisnis kamu jadi menurun.

Nah, biar itu gak kejadian kamu harus memastikan dengan cara memonitor stok barang secara rutin, baik melalui sistem manajemen stok atau software yang bisa memperbarui stok secara otomatis.

Fitur tersebut sangat membantu bisnis menghindari masalah kehabisan stok atau terlalu banyak stok yang menumpuk. Cocok banget digunakan untuk bisnis berskala menengah hingga besar.

2. Menggunakan Cara Pre-Order 

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan cara pre-order. Cara ini efektif untuk bisnis yang punya banyak pesanan tapi sering kehabisan stok.

Dengan menggunakan sistem ini, kamu bisa membuat pelanggan bisa membeli barang yang dipesan tapi kamu juga memiliki waktu untuk mempersiapkan pesanan tersebut. Sehingga pesanan bisa lebih terorganisir meskipun banyak pesanan.

Waktu persiapan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membuat pelanggan tetap puas dan tidak mengalami kendala pengiriman karena masalah pengelolaan barang yang kurang baik pada bisnis kamu.

3. Perbarui Stok di Marketplace

Jika bisnis kamu menggunakan marketplace untuk memasarkan produk, pastikan untuk terus melakukan update stok di marketplace. Hal ini sangat penting untuk memberikan informasi stok barang kepada para pelanggan. 

Pembaruan stok yang akurat bisa membuat bisnis kamu menghindari situasi ketika pelanggan memesan produk yang stoknya sudah habis atau salah informasi stok. 

Jika tidak ingin hal itu terjadi dan membuat kamu makin kesulitan, kamu harus perbarui stok di marketplace secara real-time.

4. Pakai Fitur Multi Order Processing

Biar makin mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan fitur multi order processing yang bisa memproses pesanan sekaligus dalam waktu singkat.

Nah, daripada bingung milih fitur multi order processing, Everpro Shipping sebagai platform pengiriman menawarkan fitur ini untuk para pebisnis yang ingin mengoptimasi bisnis agar semakin naik level.

Fitur yang tersedia di Everpro Shipping ini memungkinkan pebisnis untuk memproses pesanan secara massal, jadi proses pesanan bisa jadi lebih cepat dan mengurangi risiko kesalahan. Kalau pakai ini kamu gak perlu lagi ngurus pesanan secara manual yang bikin lama!

Gak cuma itu fitur ini juga mempermudah bisnis untuk mencatat status pengiriman dalam setiap pesanan.

5. Menggunakan Fitur Cetak Resi Massal

Pesanan yang banyak pastinya akan berbanding lurus dengan proses pengiriman yang juga banyak. Nah, pengiriman ini juga harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan pengiriman ke para pelanggan. 

Resi menjadi bagian penting dari proses pengiriman. Sebagai pengirim bisnis harus mencetak resi dalam setiap pesanan. Tapi karena banyak pesanan yang masuk, kamu pasti langsung kewalahan dalam mencetak resi.

Kini ada fitur cetak resi massal yang memungkinan bisnis untuk mencetak resi dengan massal secara otomatis. Everpro juga menawarkan fitur ini untuk memudahkan para pebisnis dalam mencetak resi.

Fitur ini tuh berguna banget untuk memastikan bahwa setiap pengiriman tercatat dengan benar, sehingga mengurangi risiko kesalahan pengiriman. Ngapain capek-capek cetak secara manual kalau bisa pake fitur ini di Everpro Shipping?

Mengelola pesanan dalam jumlah yang banyak memang bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi jika bisnis kamu masih berskala kecil yang tidak punya sumber daya manusia yang cukup. 

Tapi dengan fitur-fitur dan teknologi yang tersedia saat ini, semua kesulitan tersebut bisa diatasi dengan lebih mudah dan efektif. Disinilah peran Everpro Shipping yang menawarkan berbagai solusi untuk bisnis. 

Ada berbagai solusi di Everpro untuk membantu kamu memproses pesanan secara massal, mulai dari pengelolaan stok hingga pencetakan resi otomatis, sehingga kamu bisa fokus pada hal-hal penting lainnya dalam menjalankan bisnis.

Selain itu Everpro Shipping juga menawarkan banyak keunggulan berikut ini:

  • Rendah RTS yang bikin angka retur lebih rendah
  • Data Terpercaya yang selalu di-update secara real-time sesuai dengan data dari tiap ekspedisi
  • Dashboard Lengkap dengan data yang akurat dan lengkap, analisa bisnis jadi lebih tajam
  • Manajemen Tiket & Klaim jadi bikin gampang kelola order dan klaim paket dengan bantuan langsung dari tim Everpro dan ekspedisi
  • Fitur cek ongkir dan bisa dapet cashback yang bisa bikin bisnis makin cuan!

Jika bisnis kamu ingin lebih efektif, cepat dan menghilangkan risiko kesalahan, fitur-fitur dan teknologi yang ditawarkan Everpro untuk bikin bisnis jadi naik level.

Nah, itulah lima cara kelola pesanan dalam jumlah banyak yang bisa kamu lakukan agar bisnis jadi lebih optimal dan bisa meraup cuan lebih banyak lagi. Yuk, segera pakai fitur canggih dari Everpro Shipping biar bisnis makin banyak pesanan supaya makin cuan!

Picture of Adhitya Rivaldi
Adhitya Rivaldi
Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya
CRM Marketing

Everpro CRM bantu para pebisnis untuk kelola data pelanggan jadi auto rapi dan tersegmentasi. Jualan juga jadi makin laris dengan fitur notifikasi hingga kirim pesan

Aplikasi CRM Indonesia

Kelola dan tingkatkan hubungan dengan pelanggan pakai aplikasi CRM terbaik dari Everpro. Dengan sistem berbasis data, fitur broadcast, hingga fitur WA notifikasi, kamu jadi lebih

Jasa Buat Landing Page

Sekarang bikin landing page nggak harus ribet dan bisa cepat lewat layanan Everpro. Dari desain yang bikin mata betah, halaman yang ngebut, bisa revisi sampai