everpro

Ternyata Begini Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api, Mudah!

Bingung cara kirim barang lewat kereta api? Simak ulasan lengkapnya seputar pengiriman barang lewat keretap di artikel ini!

Ternyata kebutuhan pengiriman barang tidak hanya dapat melalui jasa ekspedisi saja. Anda juga dapat mengirim barang melalui PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Saat ini PT. KAI tidak hanya melayani perjalanan penumpang saja, tapi juga melayani pengiriman barang. Anda dapat mengirimkan barang dari stasiun asal ke stasiun tujuan dengan mudah.

Selain kemudahan dalam mengirim paket, tarifnya juga relatif murah. Jenis barang yang bisa anda kirimkan juga beragam, seperti: dokumen, sepeda, sepeda motor, produk dagangan, hingga hewan peliharaan.

Menarik bukan? Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara kirim barang lewat Kereta Api? Simak lebih lanjut ya.

Baca juga: Wajib Tahu! Cara Kirim Barang Lewat Kargo Pesawat Cepat, Aman, dan Terjamin

Persyaratan Kirim Barang Lewat Kereta Api

cara kirim barang lewat kereta api
Sumber: google.com

Layanan mengirim barang melalui Kereta Api ini bernama Rail Express yang sudah mulai beroperasi sejak Maret 2020. Namun per Januari 2021 layanan Rail Express mengalami peningkatan pelayanan dan beralih menjadi KAI Logistik Express (KALOG).

Melalui Kereta Api Logistik jangkauan pengiriman menjadi lebih luas. Dari yang sebelumnya hanya tersedia di 59 stasiun di Pulau Jawa saja, kini sudah tersebar di 79  titik di Pulau Jawa – Bali. 

Bahkan KAI Logistik merencanakan untuk memperluas jangkauan hingga ke Pulau Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Selain itu barang juga bisa dikirim ke alamat langsung penerima, tidak hanya sampai stasiun saja.

Saat ini juga sudah tersedia layanan packing, sehingga anda tidak perlu repot mengemas sendiri. Misalnya anda ingin mengirimkan motor, anda dapat memilih layanan packing motor dengan harga yang terjangkau, berkisar Rp 50 ribu saja.

Adapun persyaratan yang harus anda perhatikan sebelum mengirim barang melalui Kereta Api Logistik adalah sebagai berikut:

  1. Pengirim wajib menginformasikan isi kiriman dengan sebenarnya.
  2. Pihak Kereta Api Logistik berhak memeriksa (uji petik) atas kiriman yang mencurigakan karena tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara khusus dan/atau secara umum di Indonesia.
  3. Beberapa barang dilarang untuk dikirim, seperti: surat/dokumen berharga bernilai uang, uang tunai, perhiasan dan sejenisnya, barang berbahaya dan mudah meledak, dapat menimbulkan percikan api, beracun, dan dapat merusak  barang lain, serta barang yang mengandung narkotika dan psikotropika.
  4. Barang atau dokumen yang dilarang atas ketentuan hukum dan perundang-undangan, yaitu: barang atau dokumen cetakan, foto, sera barang lain yang dapat melanggar aturan kesusilaan atau pornografi.
  5. Pihak Kereta Api berhak menentukan angkutan tercepat untuk mengirim barang ke tempat tujuan yang bisa jadi tidak sama dengan informasi sebelumnya. Terutama pada kondisi tertentu yang memaksa berlakunya hal ini atau terdapat gangguan transportasi yang menghambat pengiriman ke tempat tujuan.
  6. Mengasuransikan barang atau dokumen berisiko tinggi sesuai nilai sebenarnya.

Cara Cek Tarif Kirim Barang Lewat Kereta Api

cara kirim barang lewat kereta api
Sumber: google.com

Sebelum anda mengirimkan barang, sebaiknya anda cek terlebih dahulu berapa tarif pengiriman yang harus anda bayarkan. Dengan begini anda dapat mengestimasi dan menyipakan biayanya.

Anda dapat mengecek biaya kirim dengan mengakses website KAI Logistik Express. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Kunjungi laman resmi KAI Logistik Express.
  2. Lalu anda scroll atau gulir hingga menemukan kolom ‘Cek Tarif’.
  3. Selanjutnya isikan informasi mengenai pengiriman barang anda. Pilih jenis kiriman, isi kota asal atau stasiun pengiriman, tujuan pengiriman, serta isi berat barang kiriman.
  4. Kemudian akan ada kode yang muncul diatas kolom ‘Masukan kode diatas’ dan isi sesuai kode yang tampil.
  5. Klik ‘Cek’.
  6. Lalu akan tampil informasi estimasi biaya pengiriman.

Baca juga: Tips Efektif dan Akurat! 3 Cara Menghitung Ongkos Kirim Barang

Berapa Lama Kirim Barang Lewat Kereta Api

Jika kamu menggunakan jasa pengiriman bernama One Night Services (ONS) dari Rail Express, barnag yang kamu kirim akan sampai dalam waktu maksimal 1 hari kerja. Waktu pengiriman ini sudah sangat cepat jika dibandingkan dengan jalur darat seperti mobil cargo.

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

cara kirim barang lewat kereta api
Sumber: google.com

Berkat kemudahan layanan kirim barang lewat Kereta Api, kini anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mengirimkan tanaman, barang berat dan jumlah besar, sepeda motor, hingga hewan peliharaan.

Setelah anda mengetahui persyaratan dan tarif pengiriman yang harus anda siapkan, anda dapat langsung mempersiapkan barang yang akan anda kirim. Berikut langkah-langkah untuk mengirim barang melalui layanan KALOG:

  1. Mengemas barang dengan rapi, benar, dan aman. Jika anda akan mengirimkan motor dan tidak bisa mengemas sendiri, bisa juga menggunakan layanan packing yang tersedia. Selanjutnya siapkan uang untuk membayar biaya pengiriman tersebut.
  2. Kunjungi loket KALOG di stasiun yang menyediakan layanan ini. Sampaikan kepada petugas bahwa anda hendak mengirimkan barang.
  3. Kemudian serahkan barang tersebut dan berikan informasi jelas penerima, seperti alamat dan nomor aktif, juga informasi pengirim.
  4. Setelah informasi dianggap lengkap maka barang akan ditimbang untuk menentukan tarif pengiriman.
  5. Selanjutnya barang akan diberikan label pengiriman atau stiker.
  6. Lalu bayarlah biaya pengiriman tersebut sesuai informasi dari petugas yang menangani pengiriman barang anda.
  7. Saat transaksi selesai makan anda akan menerima bukti kirim yang berisi nomor resi untuk kemudian bisa anda lacak.
  8. Informasikan kepada penerima nomor resi tersebut agar memudahkannya dalam melacak status pengiriman.
  9. Bagi penerima, dapat mengambil barang setelah sampai di stasiun tujuan dengan menunjukkan bukti pembayaran (nomor resi) dan/atau KTP di loket KALOG.

Jadi itulah pembahasan lengkap mengenai cara kirim barang lewat Kereta Api. Pengiriman melalui KALOG ini mungkin sedikit berbeda dengan jasa ekspedisi lainnya. Namun, untuk pengiriman barang besar, berat, dan banyak sangat efektif. Karena barang juga bisa sampai lebih cepat. 

Untuk mendapatkan informasi jasa pengiriman terbaik tentu kemudahan teknologi sangat diperlukan.

Anda pasti tidak ingin repot membuka satu persatu website ekspedisi yang akan membuang banyak waktu. Maka dari itu Everpro hadir untuk memudahkan kebutuhan pengiriman anda.

Benefit Everpro Shipping

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Yuk, mudahkan aktivitas pengiriman produk dan perluas jangkauan bisnis Anda dengan mendaftar ke layanan Everpro Shipping sekarang!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan