everpro

16 Jasa Pengiriman Motor Paling Juara di Indonesia

Ingin kirim motor tapi belum tahu jasa pengiriman motor yang terbaik? Simak artikel ini untuk mengetahui jasa pengiriman motor terbaik di Indonesia!

Hadirnya jasa ekspedisi telah memudahkan berbagai jenis kebutuhan pengiriman. Mulai dari pengiriman berskala kecil hingga besar.

Begitupun jika anda ingin mengirim kendaraan motor bisa menggunakan jasa ekspedisi. Dengan begitu anda tidak perlu repot lagi dan pastinya menghemat tenaga.

Bahkan anda bisa mengirim motor ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa pengiriman yang menyediakan layanan kirim barang skala besar. Saat ini telah tersedia berbagai pilihan jasa pengiriman motor yang bisa anda pilih.

Namun anda juga perlu memperhatikan syarat dan dokumen wajib untuk kirim motor, karena prosedurnya memang lebih ketat. Lantas apa saja yang harus dipersiapkan dan jasa ekspedisi apa yang menyediakan layanan kirim motor?

Baca artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan penjelasan dan rekomendasi jasa pengiriman motor terbaik.

Baca juga: Sederet Perusahaan Ekspedisi Terbaik Saat Ini, Cek Disini!

Cara Pilih Jasa Kirim Motor Terbaik

jasa pengiriman motor
Sumber: google.com

Sebelum mengirimkan motor anda perlu menentukan jasa pengiriman apa yang akan anda pilih. Dalam memilih jasa kirim motor terdapat beberapa kriteria yang perlu anda perhatikan seperti berikut ini:

  • Memilih yang sudah terpercaya berdasarkan track record nya. Jangan hanya memilih karena tarif ongkir yang murah, anda juga perlu memperhatikan kualitas pengiriman dari jasa ekspedisi tersebut.
  • Memberikan informasi tarif pengiriman yang jelas sejak awal. Dengan begitu anda bisa mempersiapkan biaya pengiriman, anda tentu tidak ingin saat membayar ternyata terdapat biaya lain-lain yang belum diinformasikan. 
  • Estimasi pengiriman. Saat mencari jasa kirim motor ketahui juga kecepatan pengiriman untuk sampai ke lokasi tujuan. Biasanya jasa ekspedisi akan memberi informasi estimasi pengiriman, dan anda bisa menyesuaikan dengan keperluan.
  • Memiliki asuransi pengiriman. Pastikan anda memilih jasa ekspedisi yang terdapat asuransi pengiriman, sehingga terjamin keamanannya. Anda juga dapat mengajukan klaim jika terjadi kerusakan atau cacat pada motor.
  • Memilih jasa yang memiliki tarif ongkir sesuai dengan budget anda.
  • Terdapat sarana lacak paket secara real-time. Dengan begitu anda bisa memantau proses pengiriman sampai ke lokasi tujuan dengan jelas dan mudah, baik itu melalui aplikasi dan situs resmi atau cek resi di situs alternatif lainnya.

Daftar Dokumen untuk Mengirim Motor 

jasa pengiriman motor
Sumber: google.com

Mengirim motor memiliki risiko yang cukup besar. Untuk itu terdapat informasi dan dokumen yang perlu anda lengkapi agar pengiriman lebih aman. Berikut daftar formulir dokumen yang harus anda lengkapi:

  • Jenis dan Berat Motor

Anda perlu memberikan informasi terkait jenis dan berat sepeda motor yang hendak dikirim. Kemudian pihak jasa kirim akan memasukkan data tersebut untuk kebutuhan pengiriman serta asuransi. 

Perlu anda perhatikan bahwa berat motor mempengaruhi tarif ongkir, semakin berat tentu biaya kirimnya pun akan semakin besar. 

  • Kapasitas Mesin

Dalam keadaan tertentu, seperti jarak dekat (antar kota), kapasitas mesin dari sepeda motor yang anda kirimkan dapat menjadi faktor penting yang perlu anda perhatikan. Karena hal ini dapat mempengaruhi tarif pengiriman sepeda motor.

  • Waktu dan Lokasi Pengambilan

Alamat serta waktu kapan motor akan diambil sudah menjadi tanggung jawab pengirim untuk mengisinya di dalam formulir. Tentu saja hal ini informasi penting dalam proses pengiriman.

Tips Mengirim ke Jasa Pengiriman Motor yang Benar

jasa pengiriman motor
Sumber: google.com

Setelah anda memahami cara memilih jasa terbaik dan apa saja dokumen yang harus anda lengkapi, selanjutnya dapat langsung menyerahkan motor ke jasa kirim motor pilihan anda. 

Namun anda juga perlu memperhatikan tata cara mengirim motor yang baik dan benar agar kondisi motor tetap aman. Karena terdapat beberapa pengalaman buruk seperti body motor yang lecet atau rusak dari yang pernah kirim motor menggunakan jasa ekspedisi.

Untuk itu gunakan beberapa tips berikut ini untuk kirim motor lebih aman:

  • Packing Motor yang Baik dan Aman

Kemaslah motor yang hendak anda kirimkan dengan aman, yaitu melapisi setiap bagian body motor tertutup dengan baik dan tidak mudah lepas. 

Sebaiknya pilih jasa pengiriman yang menyediakan layanan packing motor, sehingga dapat mengemas dengan profesional dan anda juga tidak perlu repot mengurusnya sendiri.

  • Lumasi Bagian Penting dari Motor

Lumasi bagian-bagian penting yang Anda perkirakan akan berkarat, aus, dan terkorosi. Misalnya pada bagian rantai, persneling, roda gigi, shockbreaker, hingga rem.

  • Memastikan Motor dalam Kondisi Mati (Off)

Anda tidak dapat menjamin bahwa sepeda motor yang Anda kirimkan tidak akan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu, pastikan kunci kendaraan telah anda matikan (dalam kondisi off), bila perlu cabut aliran listrik mesin.

  • Periksa Kondisi Motor Sebelum dan Sesudah Dikirim

Saat mendapatkan kiriman dari jasa pengiriman sepeda motor, lakukan pemeriksaan menyeluruh sebagai cara terbaik untuk mengirimkan sepeda motor Anda dengan aman dan tidak rusak. 

Jika perlu, foto bagian-bagiannya dan kirimkan ke penerima akhir sepeda motor (alamat tujuan) agar penerima sepeda motor juga dapat segera memeriksanya. 

Bagian motor yang sebaiknya anda foto sebelum mengirimkan adalah seperti sisi kiri dan kanan body motor, speedometer, roda, velg, cakram, dan bagian belakang motor.

Baca juga: 5+ Jasa Pengiriman Barang Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Jasa Pengiriman Motor yang Bagus

jasa pengiriman motor
Sumber: google.com

Pengiriman sepeda motor saat ini bukanlah hal yang mustahil. Anda dapat memilih dari beberapa layanan jasa kirim motor. Proses pengiriman lebih cepat, mudah dan mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

Berikut adalah rekomendasi jasa pengiriman motor terbaik yang bisa anda pilih:

  • Jasa Pengiriman Motor – TIKI

Rekomendasi jasa kirim motor pertama adalah TIKI menggunakan layanan Trucking Service atau TRC. melalui layanan ini anda dapat mengirimkan barang apa saja yang memiliki bobot diatas 10kg.

Anda juga dapat mengandalkan jasa pengiriman ini karena keamanan terjamin dan memiliki tarif ongkir yang cukup terjangkau untuk kirim barang ke berbagai wilayah.

  • Jasa Pengiriman Motor JNE

Selanjutnya anda juga bisa mengirim motor menggunakan JNE melalui layanan trucking yang dapat mengangkut barang kiriman dalam jumlah atau volume besar.

Jasa pengiriman motor JNE  ini juga menawarkan tarif yang kompetitif, serta jangkauan pengirimannya yang luas mencakup seluruh wilayah Indonesia. 

Anda juga dapat menambahkan asuransi pengiriman agar lebih aman dan terlindungi. Selain itu estimasi pengiriman juga relatif cepat, yakni 3 hari untuk jalur pengiriman darat maupun laut.

  • Indah Cargo Logistik

Jasa pengiriman motor terbaik lainnya adalah dengan menggunakan layanan dari Indah Cargo Logistik. Jasa ekspedisi ini memberikan layanan kirim motor melalui jalur darat yang dapat anda andalkan.

Bahkan beberapa dealer motor juga sering menggunakan jasa pengiriman ini untuk kirim antar kota hingga antar pulau. Selain itu tarif pengiriman juga terjangkau dan tidak ada terdapat asuransi sebagai perlindungan untuk kirim motor murah dan aman.

  • Kereta Api Logistik (KALOG)

Kereta api tidak hanya menyediakan layanan transportasi penumpang, anda juga bisa mengirimkan motor menggunakan layanan KALOG. Layanan pengiriman ini tersedia khusus untuk Pulau Jawa.

Tarif pengiriman juga bervariasi berdasarkan jenis kendaraan yang hendak anda kirim. Biaya pengiriman tersebut berkisar dari Rp 400 ribu hingga Rp 970 ribu diluar biaya pengemasan.

  • Jasa Pengiriman Motor J&T

Alternatif lainnya adalah dengan memilih jasa pengiriman motor dari JNT. anda bisa menggunakan layanan J&T Cargo untuk kirim motor ke seluruh wilayah Indonesia.

Selain jangkauan yang luas, J&T juga memberikan sarana pelacakan akurat dan mudah. Jadi anda bisa cek resi JNT melalui situs resmi hingga situs lainnya yang memiliki fitur lacak paket.

  • Cargonesia

Jasa kirim motor Cargonesia Express telah dikenal lama sebagai jasa pengiriman motor terbaik. Karena Cargonesia sudah berpengalaman dan banyak perusahaan ternama yang menggunakan jasa ekspedisi ini untuk kirim motor ke berbagai wilayah.

Tarif ongkir jasa kirim motor ini cukup terjangkau untuk berbagai kalangan serta pengiriman yang terjadwal. Kelebihan utamanya adalah anda dapat mengklaim asuransi dengan mudah.

  • Rosalia Express

Rosalia Express menawarkan biaya pengiriman yang murah dan berasuransi. Maka tak heran banyak yang telah menggunakan jasa pengiriman motor ini karena selain murah, anda juga dapat mengirim berbagai jenis motor dengan estimasi waktu sampai cepat.

Jasa kirim motor ini juga menyediakan layanan packing sehingga anda tidak perlu repot mengemasnya sendiri. Terkait keamanan tidak perlu anda khawatirkan, karena tersedia juga fasilitas customer service selama 24 jam.

  • Himeji Express

Rekomendasi jasa kirim motor lainnya adalah Himeji Express dengan memiliki jangkauan pengiriman yang luas. Biaya pengiriman juga cukup murah, karena hitungannya per unit. 

Anda dapat mengirimkan motor kapasitas 125cc hingga diatas 250cc dengan mudah. Selain itu terdapat asuransi dengan premi 0,2% dari harga motor.  

  • POS Indonesia

Yang terakhir adalah menggunakan layanan Paketpos Jumbo dari POS Indonesia. Anda dapat mengirimkan motor dengan kapasitas mesin hingga 250cc.

Anda dapat mengirimkan berbagai jenis motor mulai dari motor bebek (100kg), sport (150kg), hingga vespa (200kg). Biaya pengiriman berdasarkan berat dan jenis motor, PPN 1%, asuransi, serta ongkos packing.

  • Dakota Cargo

Dakota Cargo adalah salah satu jasa pengiriman terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman motor dan kendaraan lainnya. Dakota Cargo memiliki berbagai pilihan paket pengiriman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti layanan reguler, cepat, dan super cepat.

  • RPX

RPX adalah jasa pengiriman yang telah beroperasi sejak tahun 1982. RPX menawarkan berbagai layanan pengiriman termasuk pengiriman motor dan kendaraan lainnya. RPX menawarkan layanan pengiriman door to door, yang memudahkan pelanggan dalam mengirimkan motor tanpa perlu repot mengirimkannya ke kantor pengiriman.

  • ESL Express

ESL Express adalah jasa pengiriman yang menyediakan layanan pengiriman motor dan kendaraan lainnya dengan berbagai pilihan paket pengiriman, seperti layanan reguler, ekonomis, dan super ekonomis.

ESL Express juga menawarkan layanan asuransi untuk melindungi barang kiriman dari kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman.

  • Indah Jaya Express (IJX)

Indah Jaya Express merupakan salah satu rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengirim motor kesayang kamu. IJX merupakan salah satu jasa pengiriman yang menyediakan layanan yang memungkinkan kamu untuk mengirim motor.

IJX juga sering memberikan diskon dan promo menarik, lho untuk para pelanggannya, bisa banget nih kamu jadikan pilihan biar harga kirim jadi lebih murah.

  • BIA Trans

Selanjutnya yaitu BIA Trans, rekomendasi jasa pengiriman motor yang bisa kamu pertimbangkan. BIA Trans saat ini hanya menyediakan pengiriman dari Jakarta dan Tangerang ke berbagai daerah di Indonesia.

Cargo ini menggunakan sistem door to door dengan harga yang kompetitif. Harga pengiriman mulai dari Rp. 200.000/unik dengan estimasi waktu sampai mulai dari dua hari saja.

  • Troben

Troben adalah jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman motor. Layanan ini bisa kamu coba untuk keperluan kirim motor. Troben juga terpercaya jika dilihat dari berbagai review yang ada di internet.

  • Saga Movers

Nah, untuk rekomendasi kami yang terakhir yaitu Saga Movers. Mungkin banyak di antara kamu yang masih belum familiar dengan nama ini. Saga Movers bisa menjadi salah satu pilihan untuk kirim motor kamu dengan cepat.

Tapi Saga Movers merupakan salah satu jasa pengiriman yang melayani pengiriman barang-barang besar di Indonesia dengan berbagai kelebihan seperti harga terjangkau, jaminan asuransi, sampai armada pengiriman yang berkualitas.

Demikian penjelasan serta rekomendasi jasa pengiriman motor terbaik yang bisa anda pilih untuk mengirimkan ke berbagai wilayah dengan aman.

Agar lebih mudah dalam pengiriman yuk coba rekomendasi terbaru layanan jasa pengiriman dari Everpro.

Everpro bisa kasih kamu banyak kemudahan dan keuntungan untuk kirim paket, lho.

Berikut kemudahan dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Everpro

Benefit Everpro Shipping

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 35%
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 20+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1×24 jam setiap hari
  • Data penjualan dan pengiriman di tersaji di satu dashboard lengkap
  • Jemput paket di mana saja tanpa minimal jumlah atau berat
  • Mudah klaim bila paket bermasalah
  • Fitur Ticketing antara user, tim Everpro dan tim 3PL
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Tunggu apalagi? Segera beralih ke layanan Shipping Everpro sekarang juga!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan