everpro

Sederet Perusahaan Ekspedisi Terbaik Saat Ini, Cek Disini!

perusahaan ekspedisi

Perusahaan ekspedisi adalah sektor logistik yang kian meningkat, apakah anda sedang mencari pilihan terbaik? Simak penjelasan perusahaan ekspedisi berikut ini untuk menemukan jawabannya.

Kegiatan jual beli mengalami perubahan signifikan di era digitalisasi ini. Dari yang dahulu hanya bisa anda lakukan dengan datang langsung ke tempat menjadi transaksi online.

Perusahaan ekspedisi sangat penting untuk proses pengiriman barang dari jual beli online. Maka dari itu industri logistik penyedia jasa pengiriman semakin berkembang.

Namun kebutuhan ekspedisi ini tidak sekedar untuk mengantarkan barang dari jual beli online, juga sangat dibutuhkan untuk memudahkan operasional perusahaan. Misalnya mengirimkan alat berat, pindahan kantor, dan sebagainya.

Mencari pilihan terbaik dari perusahaan ekspedisi adalah hal yang cukup sulit di tengah banyaknya pilihan penyedia jasa pengiriman saat ini. Artikel ini telah merangkum beberapa pilihan jasa pengiriman terbaik yang paling sering digunakan.

Jadi simak penjelasannya sampai selesai ya.

Perusahaan Ekspedisi Adalah?

perusahaan ekspedisi
Sumber: pexels.com

Perusahaan ekspedisi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang, kurir ekspress, dan logistik. Cara kerja perusahaan ini adalah dengan memberikan jasa pengumpulan, pengurusan, pergudangan, dan penyerahan barang ke alamat tujuan.

Sebelum tahun 2000, pilihan perusahaan ini hanya sedikit. Dengan berkembangnya perdagangan secara online menyebabkan meningkatnya perusahaan ekspedisi.

Perusahaan ekspedisi tidak sama dengan cargo. Namun keduanya adalah bagian dari perusahaan logistik yang merupakan lingkup besar untuk memenuhi kegiatan logistik. 

Everpro

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Baca juga: Apa Itu Ekspedisi Pengiriman Barang Dalam Bisnis? Yuk, Simak!

Perbedaan Perusahaan Ekspedisi dan Cargo

perusahaan ekspedisi
Sumber: google.com

Secara umum keduanya memang memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengirimkan barang. Namun terdapat perbedaan mendasar dari ketentuan muatan pengiriman barangnya.

Cargo adalah jenis jasa pengiriman muatan besar yang biasanya memiliki minimal berat barang dari 10 kg hingga 50 ton. Cara menghitung tarifnya pun berbeda, yaitu dengan menyesuaikan muatan dari truk yang digunakan. 

Sedangkan ekspedisi adalah jasa pengiriman logistik dengan muatan yang lebih kecil. Cara menghitung tarif ongkirnya adalah berdasarkan kelipatan berat dan jarak tempuh. 

Jasa ekspedisi sering anda temukan sebagai pilihan pengiriman saat anda berbelanja online

Peranan Perusahaan Ekspedisi

perusahaan ekspedisi
Sumber: pexels.com

Hadirnya jasa ekspedisi dapat membantu aktivitas seperti perdagangan secara online. Perusahaan ini berperan sebagai sarana dalam mendistribusikan pesanan yang dikirim penjual kepada pembeli.

Selain itu, untuk kebutuhan mengirim paket atau barang perorangan juga semakin mudah dengan menggunakan jasa ekspedisi. Hal ini tentu lebih praktis dan efisien daripada mengirimkannya sendiri.

Berikut beberapa keuntungan dalam penggunaan jasa ekspedisi:

  • Dapat mengirim barang yang ukurannya besar dan banyak.
  • Mengirim barang menjadi lebih cepat.
  • Dapat mengirim barang sesuai kebutuhan.
  • Efisiensi waktu dan tenaga.
  • Dapat anda lakukan dengan mudah.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Lokasi Ekspedisi Terdekat

Perusahaan Ekspedisi yang Paling Sering Digunakan di Indonesia

Dengan meningkatnya aktivitas perdagangan online, memberikan peluang untuk perusahaan ekspedisi mendapatkan keuntungan dengan membantu mengirimkan barang.

Tak heran jika saat ini terdapat banyak pilihan jasa ekspedisi. Jika dahulu hanya mengenal POS dan TIKI, kini sudah ada lebih dari 10 perusahaan serupa.

Semakin ketatnya persaingan perusahaan di bidang logistik, menjadikan perusahaan tersebut menginovasi dengan memberikan layanan terbaik dan tarif yang bersaing. Berikut beberapa perusahaan ekspedisi yang memiliki pengguna paling banyak di Indonesia:

  • JNT Express

perusahaan ekspedisi
Sumber: google.com

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2015 ini merupakan pendatang baru di bidang jasa pengiriman. Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang dengan kemampuannya untuk bersaing dalam memberikan layanan terbaik dan tarif yang relatif murah.

Melansir hasil survei Populix (Platform Market Research) mengenai tren jasa ekspedisi, sebanyak 44% dari 5.920 responden memilih JNT sebagai jasa pengiriman terbaik. Hal ini berkat kualitas pengiriman, tarif, jenis layanan, dan cakupan wilayah kiriman di seluruh Indonesia. 

Selain itu perusahaan ini beroperasi setiap hari, melalui layanan khusus anda bisa menerima paket walaupun hari Minggu dan tanggal merah. Tentu merupakan pilihan yang baik terkait kecepatannya.

  • JNE

jne
Sumber: google.com

Masih berdasarkan hasil survei yang sama, JNE menempati peringkat kedua untuk perusahaan terbaik yang memiliki banyak pelanggan. Tidak asing lagi bahwa perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1990 ini mampu mempertahankan kinerjanya di tengah persaingan perusahaan sejenis.

Alasan utama banyak yang mempercayai jasa ekspedisi ini adalah karena kecepatan pengirimannya, perusahaan yang telah lama berdiri ini memiliki jaringan distribusi yang luas.

Tak hanya itu, terdapat banyak pilihan jenis layanan dengan jaminan keamanan yang tersedia. Tarif pengiriman dari jasa kirim ini pun terbilang murah.

  • Sicepat

sicepat
Sumber: google.com

Sicepat merupakan perusahaan ekspedisi yang telah berdiri sejak 2014, jasa pengirimannya mencakup seluruh wilayah Indonesia. Selain itu perusahaan ini telah berekspansi ke benua Asia hingga Australia (sumber: Wikipedia).

Berdasarkan review dari ID Express, perusahaan ini memiliki keunggulan dalam hal kemudahan memilih jenis layanan. Selain itu wilayah cakupan jasa ini juga luas meliputi seluruh Indonesia dan beberapa negara di Asia dan Australia.

Hal lain yang tentu saja penting adalah terkait kecepatan pengiriman, dalam jenis layanan tertentu perusahaan ini dapat mengirimkan barang mulai dari 15 jam untuk sampai ke lokasi penerima.

  • POS Indonesia

pos indonesia
Sumber: google.com

Tak hanya untuk mengirim surat, perusahaan ini juga populer dengan kualitas pengiriman barangnya. Perusahaan BUMN yang telah hadir sejak tahun 1995 ini, terus berkembang sampai saat ini.

Alasan banyak yang menggunakan jasa pengiriman ini adalah karena tarif ongkir yang relatif murah dengan proses pengiriman yang cukup cepat. Bahkan anda juga bisa mengirim barang ke luar negeri melalui layanan EMS. 

Selain itu kantornya tersedia di seluruh kecamatan di Indonesia, tentu anda lebih mudah untuk mengirim paket dengan keberadaan dan cakupan yang luas.

  • TIKI

tiki
Sumber: google.com

Salah satu perusahaan yang telah sejak lama berdiri di Indonesia, tepatnya pada tahun 1970 ini juga menjadi salah satu pilihan jasa kirim terbaik untuk anda. Saat ini jaringan operasional TIKI telah mencakup 65 kota besar, yaitu lebih dari 500 kantor perwakilan, 3.700 gerai, dan 6.000 karyawan yang tersebar di Indonesia.

Hal tersebut menjadi alasan untuk kemudahan proses pengiriman yang cepat. Selain itu TIKI memiliki tarif pengiriman kompetitif dan pelayanan yang bergaransi.

  • Indah Logistik

perusahaan ekspedisi
Sumber: google.com

Terakhir, Indah Logistik menjadi perusahaan ekspedisi yang juga memiliki pengguna paling banyak. Keunggulan dari jasa pengiriman ini adalah mampu mengirimkan barang dengan skala kecil hingga besar.

Selain itu, proses pengirimannya didukung dengan moda transportasi yang lengkap melalui jalur darat, laut, dan udara. 

Pada tahun 2002, Arizal Aziz sebagai pendiri membuat CV Indah Travel. Namun permintaan titipan yang semakin meningkat melebihi kapasitas.

Dinas Perhubungan setempat menegur hal tersebut dan menyarankan untuk mendirikan perusahaan logistik yang berbeda. Pada tahun 2007 hadirlah Indah Logistik sebagai jasa pengiriman barang.

Demikian penjelasan mengenai perusahaan ekspedisi dan rekomendasi terbaik berdasarkan banyaknya pengguna.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. 

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?